Panduan Lengkap Membuat Facebook Ads di 2018 (Tutorial)

9 Agustus 2018
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Beriklan di Facebook adalah salah satu alat paling penting yang wajib dimiliki seorang pemasar (marketer) online. Dengan lebih dari 1 miliar orang mengunjungi Facebook setiap hari, iklan Facebook yang ditargetkan dapat membantu usaha kecil menjangkau pemirsa yang cukup besar dengan biaya iklan tradisional yang kecil. Selain itu, ada beragam banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari beriklan di Facebook.

Artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat facebook ads pertama Anda dan mengatur campaign facebook. Informasi dan cara ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan keuntungan dari facebook ads.

Jika Anda sudah berpengalaman dengan penggunaan facebook ads, maka melalui artikel ini Anda akan lebih mudah mengelola, memaksimalkan fitur Facebook Ads, dan membaca hasil iklan Anda.

Membuat Facebook Ads Pertama Anda Dari Nol

Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah untuk membuat iklan pertama anda, disarankan untuk membuat Business Manager terlebih dahulu sehingga Anda bisa mengelola akun iklan Anda dengan lebih mudah dan terorganisir kedepannya.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun iklan Anda terlebih dulu sebelum memulai campaign iklan pertama Anda :

1. Pertama, masuk ke ‘pengaturan akun’ dengan login ke facebook terlebih dahulu

facebook new p.19
2. Selanjutnya isi form mulai dari atas ke bawah

Untuk yang pertama Anda diharuskan untuk mengisi nama akun. Disarankan memberi nama akun yang sederhana, misalnya seperti mengunakan nama bisnis Anda atau page yang yang sebelumnya telah Anda buat.

facebook baru banget

Lalu isi informasi- informasi lainnya seperti zona waktu, mata uang, dsb untuk digunakan sebagai tagihan pembayaran. Pada halaman ini Anda juga akan dijelaskan mengenai pemberitahuan email iklan, pemberitahuan iklan facebook, dan masih banyak lagi lainnya. Pelajari terlebih dahulu sebelum anda benar- benar menyimpan perubahan.

3. Selanjutnya dari pengaturan akun masuk ke menu ‘pengaturan pembayaran’,

tampilannya akan seperti dibawah ini:

facebook new p.17

Untuk menambahkan kartu kredit untuk Anda, klik kotak ‘Tambahkan Metode Pembayaran’ pada tab ‘metode pembayaran’
facebook new p.18

Kapan waktu pembayaran ditagih ?

Cara menghitung biaya iklan facebook ads dibagi dua model yakni Cost Per Click (CPC) dan Cost Per Impressions (CPM).

CPC

Penjelasan singkat mengenai CPC, dimana iklan Anda akan dikenakan biaya untuk setiap kali iklan yang Anda pasang di klik oleh customer. Berarti jika iklan Anda tidak di klik, maka Anda tidak perlu membayar. Facebook akan melihat beberapa hal sebagai pertimbangan seperti apa bidang pemasaran Anda, kemana Anda akan mengarahkan ( Ex: Fanpage atau website), dan juga tingkat persaingan kompetitor. Umumnya biaya yang dikeluarkan sekitar $0.5 – $1.0 atau Rp.7,199 – Rp.14,398.

CPM

Merupakan iklan tayang dimana Anda harus membayar setiap iklan Anda yang ditayangkan muncul. Berarti Anda akan membayar iklan, jika iklan Anda dilihat sebanyak 1000 impresi atau tampilan, walaupun iklan Anda hanya dilihat dan tidak di klik untuk mengunjungi website Anda. Facebook juga mempertimbangkan biaya yang akan Anda keluarkan terkait dengan bisnis, target pasar, dan lainnya. Umumnya biaya yang dikeluarkan sekitar $0.5 – $1.0 atau Rp.7,199 – Rp.14,398.

Dapatkan GRATIS Rangkuman Panduan Facebook Ads Lengkap >>DISINI<<

Membuat Campaign Iklan di Facebook

Untuk membuat iklan yang menarik Anda harus tau cara untuk mengelola dan mengatur dengan tepat agar Anda mendapatkan keuntungan besar dari iklan facebook/ facebook ads. Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti untuk mengatur campaign:

1. Klik garis tiga di pojok kiri atas lalu klik Ads manager / Pengelola Iklan

facebook new

Ads manager / pengelola iklan mempunyai tugas mengatur setiap iklan mulai dari jenis iklan hingga isi iklan yang mau dijalankan.

2. Klik buat / create campaign yang ada pada menu bar Ads Manager / Pengelola Iklan
facebook new1

3. Selanjutnya, pilih jenis campaign (kampanye) yang sesuai dengan tujuan Anda beriklan

facebook new2
Ada beberapa jenis campaign yang bisa Anda gunakan:

  • Awareness / Kesadaran

    facebook new8

Awareness campaign sangat cocok untuk bisnis baru. Jika halaman Facebook Anda memiliki kurang dari 1000 like, Anda sebaiknya mencoba untuk menggunakan Awareness campaign.

Tujuan dari Awareness campaign adalah untuk menjalin interaksi kepada calon customer. Iklan seperti post di page Anda adalah jenis terbaik untuk campaign Awareness. Karena Anda akan mendapatkan banyak like di page Anda, iklan ini sempurna untuk memperkenalkan produk Anda dan memberikan statistik yang jelas dan terukur untuk pelaporan keberhasilan.

Dengan campaign Awareness, Anda ingin menunjukkan kepada calon customer kepercayaan mengenai produk anda. Untuk melakukan ini – fokuskan produk Anda untuk membuat konten yang menarik dan relevan. Campaign Awareness adalah tentang membuktikan kepada calon customer bahwa Anda layak diikuti.

Jika Anda sudah memiliki pengikut Facebook, Campaign Consideration memungkinkan Anda membangun interaksi yang lebih dalam dengan audiens Anda.

  • Consideration / Pertimbangan

    facebook new9

Dalam Campaign Consideration, Anda akan menargetkan calon customer dengan konten yang sesuai dengan produk anda. Untuk menargetkan calon customer yang paling sesuai, disarankan Campaign Consideration untuk mengikuti campaign Awarenes yang sebelumnya dijalankan. Ini akan memastikan bahwa Facebook memiliki cukup data pengguna untuk dapat menerapkan strategi iklan khusus pengguna.

Seperti halnya campaign Awareness, hindari meminta pengikut secara terus menerus,menawarkan diskon pada tahap ini dan membuat pengguna sadar bahwa Anda menjual, tetapi tetap fokus Anda terutama pada konten berkualitas. Ini adalah tahap dalam hubungan pedagang-pelanggan di mana pengguna dengan mudah kehilangan minat.

  • Conversion / Konversi

    facebook new10

Setelah Anda mengembangkan kepercayaan di antara pengikut, Anda dapat menjalankan campaign conversion. Sasaran campaign conversion adalah mengambil pengikut setia Anda menjadi pelanggan.

Untuk tahap ini, cobalah menawarkan diskon atau mempromosikan penjualan, uji coba produk, dan penawaran lainnya. Taktik ini memungkinkan pengguna untuk berpindah dari calon pelanggan ke pelanggan yang sebenarnya. Pada tahap ini, Anda menciptakan kepercayaan karena pengikut Anda terlibat dengan produk Anda. Pengikut Anda memahami nilai produk Anda dan telah mengetahui melalui studi kasus, webinar, posting blog, dll. Jadi sekarang mereka siap untuk membuat keputusan pembelian.

4.  Setelah Anda memilih jenis campaign yang ingin Anda jalankan, Anda akan diminta untuk membuat list audience yang ingin Anda target.

Anda akan memasukan data audience mulai dari lokasi, jenis kelamin, usia, dan minat. Intinya pada tampilan ini adalah untuk menentukan target pasar yang sesuai dengan bisnis anda. Kelebihannya Anda bisa membuat target pasar yang lebih spesifik.
facebook new3

Beberapa fitur yang bisa Anda gunakan saat mentarget calon customer :

Broad targeting :
Saat Anda menargetkan audience secara luas, berarti Anda mengandalkan sistem pencarian Facebook untuk menemukan Audience yang cocok. Dimana anda akan mengarahkan keberbagai macam calon customer untuk mengetahui respon mereka. Setelahnya anda dapat menjalankan campaign yang lebih sempit. Setelah Anda memiliki kesempatan untuk memeriksa di audience insight dan ads manager, Anda dapat mengidentifikasi siapa yang memberikan respon positif terhadap iklan Anda dan menayangkan kembali iklan kepada mereka.

Specific targeting :
Anda menargetkan audience secara spesifik membuat Facebook  mendapatkan target pasar yang tepat. Penargetan dapat disesuaikan berdasarkan demografi untuk target tertentu. Dengan penargetan spesifik, audience umumnya lebih kecil tetapi lebih relevan dengan kebutuhan Anda.

Dalam mentarget audience, prinsip utamanya adalah menempatkan pesan/penawaran Anda pada audience yang tepat, agar iklan berhasil dan efektif.

Dan ada beberapa tipe audience pada facebook ads yang bisa Anda gunakan untuk RETARGETING, yaitu mentarget kembali audience yang sudah pernah membeli/melakukan aksi pada iklan Anda :

a. Custom Audience
adalah sekelompok pengguna Facebook yang Anda buat untuk menargetkan Campaign iklan tertentu. Facebook memiliki sejumlah pilihan berbeda untuk menyesuaikan audiens yang dapat Anda pilih.

b. Lookalike Audience
yaitu audience yang memiliki interest (ketertarikan) serupa dengan audiens Anda sekarang sehingga lebih cenderung membeli dari perusahaan Anda berdasarkan kesamaan minat / interest mereka dengan daftar pelanggan Anda yang ada. Saat Anda membuat daftar audience, Anda akan diminta menentukan ukurannya. Ukuran audiens yang lebih kecil akan lebih mirip dengan audiens utama Anda, tetapi audiens yang lebih besar akan memiliki jangkauan yang lebih luas. Facebook merekomendasikan audiens utama 1.000 hingga 50.000 orang.

c. Fitur Facebook Pixel
Facebook pixel adalah potongan kode yang dapat Anda tambahkan ke situs web Anda yang memberikan informasi ke Facebook. Digunakan bersama-sama dengan fitur Custom Audience, Pixel Facebook mampu mengirimkan iklan ke pengguna yang lebih cenderung melakukan konversi/pembelian berdasarkan informasi apa yang dikumpulkan pixel tentang perilaku mereka.

Selain itu, masih banyak ragam fitur-fitur menarik lainnya dalam beriklan di Facebook yang akan membantu Anda memaksimalkan keuntungan dari kampanye iklan Anda.

5. Tambahkan creative (images) di iklan Anda

Selanjutnya adalah mengatur Creative iklan Anda, pada bagian ini Anda akan mengatur gambar yang akan Anda pakai, caption yang akan Anda gunakan, sehingga akan lebih menarik banyak orang yang melihat iklan tersebut.
Capture

Karena salah satu inti dari pengaturan campaign adalah memilih campaign yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan tujuan Anda. Facebook menyediakan beragam jenis Creative untuk membuat campaign yang menarik daya tarik / interest audience Anda.

facebook new4

Pada pemilihan gambar Anda bisa mencari di internet atau Anda bisa menyewa fotografer profesional untuk gambar pada iklan Anda.

Di tahap ini, perlu diingat bahwa strategi pemasangan creative (images) yang tepat sangat berpengaruh untuk memaksimalkan performa iklan Anda

Dapatkan GRATIS Rangkuman Panduan Facebook Ads Lengkap >>DISINI<<

Budget dalam pembuatan Facebook Ads

Pengaturan budget juga sangat diperlukan agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat. Anda juga harus memperhatikan budget yang akan dikeluarkan untuk facebook ads. Ada beberapa hal mengenai budget yang perlu Anda ketahui :

  • Daily Budget

    Facebook memberikan Anda pilihan budget harian. Dimana, lebih banyak menghabiskan budget, jika mempunyai potensial keuntungan yang tinggi. Dikemudian harinya, tidak banyak menghabiskan budget. Budget harian bukanlah membatasi budget yang akan dikeluarkan perhari saja, melainkan jumlah harian rata-rata yang dikeluarkan selama periode campaign iklan. Misalnya, jika Anda menetapkan budget $ 10 / Rp. 314 dan Facebook menyarankan menghabiskan $ 12 / Rp.173.177 lalu beberapa hari kemudian menghabiskan budget $ 8 / Rp. 115.451 untuk iklan.

  • Lifetime Budget

    Dengan budget lifetime, facebook menjumlahkan hasil akhir budget campaign Anda dan mencoba menghabiskan setiap campaign tersebut berjalan. Dan hasilnya sedikit berbeda dari hari ke hari, tergantung kesempatan setiap harinya.

Anda tidak bisa mengubah pengaturan budget iklan setelah anda memilihnya, jadi pilihlah pilihan yang tepat. Jika ini pertama kalinya Anda mencoba beriklan di facebook, cobalah mengunakan daily budget dan mengunakan waktu campaign tak terhingga. Ini semua dapat Anda atur mulai dari budget harian hingga pemberhentian campaign.

Bukan hanya budget saja yang perlu anda ketahui, Anda juga harus mengetahui bidding untuk iklan facebook. Dalam bidding facebook dibagi menjadi dua :

  • Automatic bidding

    Dimana anda mengatur jumlah penawaran dengan tujuan mendapatkan lebih banyak klik untuk harga yang menarik.

  • Manual bidding

    Anda memberitahukan informasi mengenai klik kepada facebook dan Facebook membantu anda untuk mendapatkan sebanyak mungkin klik untuk jumlah tertentu.

Bagi Anda yang memulai facebook ads mulailah dengan mengunakan automatic bidding. Jika menggunakan manual bidding untuk mendapatkan lebih banyak klik itu kurang, tetapi sebelum Anda dapat menilai klik, Anda pasti ingin tahu berapa tawaran rata-rata dan biaya per-hasil rata-rata untuk iklan Anda.

Manual bidding Facebook yang sudah ada sebelumnya cenderung tinggi, jadi pastikan untuk selalu menyesuaikan saran. Misalnya, jika Facebook menyarankan bidding sebesar $ 1 per klik tautan dan kisaran tawarannya adalah $ 0,40 hingga $ 0,80 sebaiknya Anda menawar di suatu tempat antara $ 0,40 dan $ 0,60.

Membaca Hasil Report Facebook Ads
monitor fb

(Menggunakan gambar sebagai contoh)

Jika iklan anda telah dijalankan langkah selanjutnya anda memonitor atau mengawasi iklan mulai dari audiens Anda, penjualan produk Anda, jangkauan kampanye Anda dan banyak lagi, seperti:

> Melihat hasil dari campaign anda pada overview section.

> Menyesuaikan hasil melalui waktu perhari untuk melihat seberapa besar iklan itu berpengaruh seperti klik, jumlah reach dan impressions.

> Gunakan overview section untuk menentukan produk mana yang cocok dalam pembentukan campaign.

> Lihat siapa yang terkait dengan iklan Facebook Anda. Hingga memungkinkan Anda untuk memperluas atau menargetkan audiens yang lebih spesifik, berdasarkan pada kondisi apa yang lebih memungkinkan pengguna untuk mengeklik.

> Lihat berapa banyak konversi terjadi sebagai hasil dari iklan Anda dan ukur keberhasilan iklan.

monitor fb 2

(Menggunakan gambar sebagai contoh)

Tips Membaca Laporan Beriklan : Begin with the End in Mind

Saat membaca laporan beriklan, mulailah dengan melihat tujuan akhir Anda beriklan. Setelah itu, ukurlah hasil iklan sesuai dengan tujuan tersebut.

Contohnya: jika target pasar adalah tertarik pada produk Anda dan iklan yang Anda jalankan berbentuk video, yang paling Anda fokuskan adalah biaya per  tampilan video 3 detik karena itu akan menjadi ukuran yang baik untuk efek iklan Anda.

Jika Anda menjalankan conversions campaign (kampanye konversi), maka perhatian Anda akan lebih terfokus pada biaya per pemasangan aplikasi atau biaya per konversi.

Membandingkan campaign Anda yang paling berhasil dan paling tidak berhasil selama periode yang ditetapkan akan membantu Anda memahami audience, penempatan, dan jadwal waktu mana yang paling efektif untuk produk yang Anda iklankan. Perlu diingat bahwa untuk mendapatkan gambaran kinerja yang baik. Anda dapat membandingkan iklan dengan: audiens serupa, anggaran, optimasi, dan panjang campaign.

monitor fb 3

Kesimpulan

Facebook ads adalah salah satu cara untuk menjangkau audience yang besar, tetapi untuk berhasil di iklan pastinya memerlukan banyak percobaan (test dan trial). Sukses pada campaign Facebook ads akan bergantung pada kemampuan Anda untuk menganalisa data yang dikumpulkan dari iklan Anda sebelumnya dan sesudah mengiklan.

Jika Anda belum sepenuhnya mengerti ilmu beriklan, tetap beranilah  memulai iklan pertama Anda terlebih dulu. Karena seiring jalan, ditambah dengan Rangkuman Panduan Lengkap Facebook Ads dari Digitalmarketer.id, maka Anda akan semakin mahir membuat iklan yang efektif.

Dapatkan GRATIS Rangkuman Panduan Facebook Ads Lengkap >>DISINI<<

Penting untuk diingat, mencoba dan belajar dari banyak trial and error adalah kunci dari keberhasilan iklan Facebook Anda. Jika kampanye iklan Anda tidak berhasil sepenuhnya, lihat laporan iklan Anda, lihat apa yang berhasil dan apa yang tidak dan gunakan informasi itu untuk membuat kampanye Anda berikutnya menjadi lebih baik.

Selamat mencoba, ingat : Done is Better Than Perfect 🙂

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *