6 Cara Ampuh Meningkatkan Referral Traffic dan Mendapatkan Banyak Leads

Meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads
24 November 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads lebih banyak merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh setiap marketer.

Ada berbagai macam taktik yang digunakan untuk mencapai goal ini, termasuk menggunakan search engine optimization (SEO), iklan pay per click (PPC), blogging, social media marketing, dll.

Anda tahu, setiap taktik yang digunakan juga memiliki kelemahannya masing-masing.

Seperti, SEO membutuhkan waktu, menggunakan PPC akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang mahal, Google akan menjenuhkan karena terlalu banyak content blog, dan social media selalu bermasalah dalam membuktikan ROI.

Tetapi masih ada satu taktik yang dapat berpotensi memberikan efek yang besar, yaitu referral traffic.

Apa itu referral traffic dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk menghasilkan leads lebih banyak lagi?

Artikel ini akan mengajak dan menjawab semua pertanyaan Anda seputar meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads.

Mari kita mulai pembahasannya!

Apa Itu Referral Traffic?

Pengunjung yang datang ke situs website Anda karena dari website lain dibandingkan dari search engine lebih disebut sebagai referral traffic.

15152467_10210072135393346_425393074_oKetika seseorang mengklik sebuah link pada website atau jaringan social media dan membawa mereka ke situs webs lain, software tracking seperti Google Analytics menghitung pengunjung sebagai referral traffic.

Website asal disebut sebagai “referrer” karena mengarahkan traffic dari satu website ke website lain.

Mengapa Referral Traffic Itu Penting?

Referral traffic penting untuk inbound marketer, karena hal ini berpotensial untuk mengirimkan pengunjung berkualitas ke website Anda dari situs website lain yang terpercaya.

Ini merupakan sebuah kesempatan untuk menampilkan content-content Anda ke pengunjung atau orang baru, memberikan kesempatan kepada website Anda untuk mengkonversi pengunjung menjadi lead.

Ini juga merupakan sebuah kesempatan bagi tim sales Anda untuk mengkonversi lead menjadi customer baru.

Bukan hanya itu saja! Referral traffic juga mempunyai benefit SEO.

Ketika seseorang mengunjungi website Anda dari situs web lain, mereka biasanya mengklik pada link atau menyelesaikan beberapa jenis aktivitas sosial.

Google dan search engine lainnya akan mempertimbangkan link ini dan akan menjadi sinyal sosial yang positif untuk menaikkan ranking website Anda selama datangnya dari situs web terpercaya.

Kedengarannya sangat bagus, kan? Ok, kalau begitu sebaiknya kita mulai mencari tahu cara untuk meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads. Simak terus artikel ini!

Meningkatkan Referral Traffic dan Mendapatkan Leads dengan 6 Cara Ini!

  1. Dipublikasikan pada Review Website

Review website merupakan sumber yang bagus untuk mendapatkan referral traffic.

Pengunjung di sini telah melalui tahap awareness dan consideration pada buyer journey.

Sekarang mereka telah sampai pada tahap mengambil keputusan dan pastinya mereka akan membandingkan vendor atau produk.

Inilah waktu yang tepat untuk menunjukkan produk atau service Anda di hadapan mereka agar masuk menjadi pertimbangan pilihan mereka!

Masuk dan tercantum pada review website bisa tergantung pada apakah Anda termasuk di perusahaan B2B atau B2C.

Misalnya Anda melakukan pencarian untuk “review perusahaan roofing” akan muncul 3 website yang Anda inginkan untuk dimasukkan sebagai list website relevan sesuai dengan industri Anda ; HomeAdvisor, BBB dan AngiesList.

contoh 2Dengan menambahkan website Anda ke 3 direktori ini, Anda akan meningkatkan kemungkinan ditemukannya website Anda oleh para calon customer selama mereka masih dalam tahap pengambilan keputusan saat proses buyer journey.

Kalau Anda menjalankan perusahaan dengan memberikan rasa respect dalam memperlakukan customer secara adil, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam terlihat beda diantara pesaing sejenis yang tidak memiliki review yang positif.

Bisnis B2B akan menyadari bahwa akan jauh lebih susah untuk tampil di review website.

Anda harus “pay to play,” yang artinya Anda harus bersedia untuk mengocek biaya untuk membayar agar dapat tampil pada list review teratas.

Contohnya saat Anda searching di Google untuk “top mobile app development” maka hasil pertama yang muncul adalah Clutch.co.

Mereka menampilkan daftar perusahaan pengembangan aplikasi mobile dengan review. Tapi jika Anda melihat lebih jelas lagi, Anda bisa melihat kalau mereka sebenarnya “diurutkan oleh sponsor.”

Jadi pada dasarnya, perusahaan ini membayar untuk dapat masuk pada tampilan pertama review di website.

Ini menjadi cara yang melicinkan Clutch dalam memperoleh uang tapi juga menjaga reputasi mereka sebagai source yang dihormati untuk review.

Clutch_Sponsored_Results

  1. Publikasi Guest Blog Post

guest_blog_posts

Guest blog post menciptakan banyak kesempatan untuk meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads ke website Anda.

Link eksternal (seperti yang diselipkan pada paragraf kalimat) biodata penulis, dan call to action biasanya memang selalu ada pada kebanyaan blog.

Kalau Anda dapat menampilkan postingan pada website yang dikenal dalam bidang industrinya, maka Anda bisa memperoleh benefit dalam meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads serta menghubungkannya ke website Anda.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan sekarang adalah fokus pada website-website yang memang merupakan situs yang terdepan dalam bidang industri Anda.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda ingat ketika melakukan guest blogging :

  • Fokus pada website yang berhubungan dengan bidang industri Anda – Tidak ada orang yang ingin membaca postingan tentang cara bercocok tanam di blog digital marketing karena hal ini sama sekali tidak ada hubungannya, bukan?
  • Tetapkan target audiens dalam pikiran Anda saat menulis – kebanyakan blog memiliki aturan yang ketat dalam menempatkan guest blogger.
  • Tulis nama Anda di bawah content – tujuannya untuk menghindari seseorang mencuri hasil kerja Anda.
  • Hubungkan ke influencer – mereka akan menyadari dan mungkin akan membantu Anda dalam mempromosikan guest blog post Anda, di mana akan membantu Anda dalam meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads.
  1. Dampak Social Media

Sebuah laporan menunjukkan, 89% dari marketer menyatakan bahwa social media menghasilkan lebih banyak perhatian untuk bisnis mereka.

Selain itu, 75% menemukan bahwa traffic website meningkat dikarenakan upaya mereka di social media.

Facebook, Twitter, LinkedIn, YouTube, Google+, Instagram, dan Pinterest ada 7 platform social media teratas yang digunakan marketer.

Aktif di social media bukan hanya menjadi sekedar tren, tetapi juga menjadi sebuah taktik yang digunakan para marketer untuk memperoleh lebih banyak traffic, leads, dan penjualan.

Benefits-of-Social-Media-MarketingSetiap kali Anda share, like, tweet, atau pin potongan content, sebenarnya Anda telah menciptakan sebuah kesempatan untuk mengarahkan traffic ke website Anda.

Plus, anda meningkatkan kemungkinan untuk menampilkan content Anda pada bagian top di Google.

58% dari marketer yang menggunakan social media melaporkan adanya peningkatan peringkat pada pencarian.

Seperti yang dibilang sebelumnya, referral traffic tidak hanya memberikan customer yang potensial tetapi juga membantu Anda dalam hal SEO.

  1. Memberi Komentar Pada Blog

Moderasi-Komentar-di-Blog-website

Sebuah pertanyaan muncul, “Apakah memberikan komentar membantu SEO?” dan yang perlu Anda ketahui adalah bukan hanya membantu SEO, tetapi juga menghasilkan referral traffic untuk website Anda.

Menurut Neil Patel, 240+ komentar pada blognya menghasilkan 4000 pengunjung untuk mampir websitenya.

Memberikan komentar pada blog akan meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads : hanya pastikan kalau Anda tidak memenuhinya dengan spam.

Berikut ini ada beberapa tips untuk para newbie yang ingin memberikan komentar pada blog :

  • Pastikan kalau komentar Anda memiliki value – tidak ada yang menyukai tukang komplain atau bragger. Jika komentar Anda negatif dan hanya berupa promosi, sebaiknya simpan untuk Anda sendiri.
  • Fokus pada blog yang mengijinkan Anda untuk menyertakan link pada komentar – ingat, Anda mencoba untuk mendapatkan lebih banyak traffic. Untuk itu, Anda perlu menambahkan link ke website Anda.
  • Jika Anda bukan yang pertama, maka Anda tertinggal – seperti search engines, jika link Anda pada urutan teratas pada list komentar, Anda bisa menghasilkan lebih banyak klik dan traffic.
  1. Menjadi Aktif pada Forum Diskusi Bisnis Anda

Diskusi

Forum diskusi online adalah source bagus yang berisi leads potensial dan customer tetapi seringkali dilihat taktik marketing untuk menghasilkan traffic.

Mirip dengan memberikan komentar pada blog, Anda harus fokus pada forum dalam niche Anda dan cobalah untuk selalu menambahkan value tanpa terdengar sedang melakukan kegiatan promosi.

Berikut ini ada beberapa langkah dan tips untuk forum diskusi marketing :

  • Pastikan kalau forum aktif – jangan buang waktu Anda pada forum yang tidak ada updatean baru dalam sebulan.
  • Lakukan register menggunakan nama brand Anda – Anda pasti ingin memastikan orang-orang yang melihat komentar Anda akan ingat juga dengan nama brand bisnis Anda.
  • Buat tandatangan dengan link call to action – inilah salah satu cara Anda untuk mengarahkan traffic ke website.
  • Waktunya untuk berpartisipasi – Anda akan ingin berpartisipasi dalam forum yang memang sesuai dengan bidang keahlian Anda.
  • Gunakan contoh yang berdasarkan real life – jangan hanya menawarkan advice Anda. Tidak ada yang ingin mengetahui itu semua. Cobalah untuk memberikan value dengan berdasarkan pengalaman pribadi Anda.
  • Share sumber Anda – mulai pembahasan baru Anda dengan menghubungkannya ke sumber yang Anda pikir bisa memberikan benefit. Jika Anda suka dengan potongan content tersebut maka orang-orang akan menikmatinya juga.

Anda bisa mengakses Qoura untuk ikut mulai bergabung dan aktif dalam forum diskusi bisnis Anda.

  1. Gunakan Infografik

37% dari marketer memilih visual sebagai unsur terpenting dalam menyajikan content bisnis mereka.

Alasannya sangat simpel. Manusia memiliki rentang perhatian lebih pendek daripada ikan mas dan lebih mudah bagi otak untuk mengkonsumsi gambar dibandingkan sekumpulan teks.

Anda pasti menyadari kalau gambar hewan peliharaan jauh lebih banyak mendapat like dan share dibandingkan dengan 100 halaman laporan industri.

Attention-Span-InfographicHal yang bagus tentang infografik adalah ini akan membantu orang-orang untuk memahami data yang rumit dengan visual yang simpel.

Tujuannya adalah agar infografik Anda lebih banyak dishare, like, dan pin pada jaringan social media serta diembed pada article. Ini menciptakan link ke website Anda.

Selain website Anda sendiri, Pinterest merupakan sebuah website di mana Anda dapat memposting infografik.

Pinterest bertanggung jawab sekitar 5% untuk semua referral traffic ke website, sedangkan Facebook ada diurutan berikutnya.

Pinterest memberikan Anda pilihan untuk menghubungkan infografik Anda ke website dan memudahkan untuk dishare ke board lain.

Langkah Selanjutnya?

Jadi, sekarang kita sudah pada di penghujung artikel. Yang bisa disimpulkan pada artikel kali ini adalah sekali Anda mulai menerima tambahan referral traffic, tandanya website Anda siap untuk dikunjungi oleh pengunjung baru.

Lalu apa langkah selanjutnya? Anda bisa mempelajari lebih lanjut hal-hal yang berhubungan dengan meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads melalui artikel lainnya seperti

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik atau pengalaman dalam meningkatkan referral traffic dan mendapatkan leads, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>