Dongkrak Ranking SEO dengan Media Sosial

Dongkrak Ranking SEO dengan Media Sosial

Tertarik dengan cara memaksimalkan SEO dengan akun media Sosial?

Media sosial mempunyai dampak signifikan dalam hasil pencarian Anda. Eksis dalam dunia maya seperti media sosial dapat mendongkrak ranking pencarian Anda.

Anda akan mengetahui beberapa cara menggunakan media sosial untuk meningkatkan ranking pencarian Anda.

Bangun Link dengan media sosial Anda

Google menempatkan nilai yang tinggi pada pembuatan link dalam ranking pencarian mereka, tidak peduli kualitas dari link yang Anda buat. Ketika orang-orang tahu dan mulai memanipulasi ranking dengan link yang palsu atau kualitas rendah Google mulai fokus terhadap link yang berkualitas lebih bagus.

Link di media sosial sering dianggap link dengan kualitas yang lebih tinggi, karena situs sosial memiliki otoritas web tinggi. Bahkan jika halaman Facebook Anda baru, mungkin akan mendapat peringkat tinggi (dan mungkin bisa melampaui website Anda) berkat otoritas tinggi Facebook secara keseluruhan.

Mungkin ini terdengar jelas, tetapi tetap pastikan bahwa Anda menyertakan link url ke website Anda yang bekerja tidak hanya dalam konten Anda tetapi juaga di setiap profil media sosial yang Anda miliki. Selain meningkatkan traffic ke website Anda, hal tersebut juga sangat berharga untuk membangun sebuah “rangkaian”.

seo medsos 1

Dalam hal pembuatan link url dalam konten, posting konten seperti produk baru atau posting blog ke profil media sosial untuk mendorong follower di Twitter atau teman di Facebook Anda untuk berbagi konten tersebut. Misalnya, Anda bisa membuat video YouTube yang relevan atau berhubungan dengan topik yang dibahas pada setiap postingan blog Anda. Cara ini memanfaatkan otoritas web yang tinggi untuk mengirim traffic ke situs Anda dan meningkatkan rangking pencarian.

Tumbuhkan basis follower Anda

Halaman dengan banyak follower berkualitas tinggi lebih baik dalam sebuah pencarian. Follower berkualitas tinggi adalah follower yang benar-benar nyata pada channel media sosial Anda dan sebagian besar dari mereka terlibat atau berinteraksi dengan Anda dalam beberapa bentuk.

Interaksi tersebut mungkin retweeting konten atau mengirimkan tweet di Twitter, menempatkan ulasan (review) di Google+ atau terlibat dengan posting Anda di Facebook dengan member komentar atau mengklik “like”.

seo medsos 2

Sinyal sosial adalah faktor yang sangat nyata ketika membahas tentang SEO. Search Engine melihat sinyal sosial untuk mengetahui seberapa sering Anda posting ke akun media sosial Anda, berapa banyak orang yang berinteraksi dengan Anda dan adanya sebuah elemen sosial sharing yang tersedia untuk pengunjung website Anda.

Tak ada gunanya mencoba untuk mengakali algoritma dengan akun-akun palsu di Facebook. Follower berkualitas rendah tidak baik untuk bisnis online Anda. Facebook tidak hanya akan memberikan penalti karena likes palsu, search engine seperti Google akan menghukum Anda dengan peringkat yang lebih rendah juga.

Jadi, pastikan Anda terus mendapatkan basis follower yang solid berinteraksi dengan Anda, dengan konten Anda, dan mendorong mereka untuk berbagi dan terlibat dengan Anda.

Buat konten anda mudah dicari dan mudah dibagikan

Pinterest adalah contoh yang bagus dari platform media sosial yang membuat konten Anda mudah dicari dan mudah untuk dibagikan. Pinterest mendorong suatu bentuk sharing  menjadi suatu hal yang besar. Para pengguna Pinterest memposting pin yang mereka suka mereka dalam sebuah board, dan membaginya dengan para pengguna lain di Pinterest.

sosmed seo

Banyak platform media sosial yang memberikan Anda pilihan untuk menjaga konten Anda secara privat atau rahasia. Di YouTube, Anda dapat memiliki video tidak terdaftar, dan hanya orang-orang yang memiliki link ke video tersebut dapat menontonnya. Pinterest mempunyai secret boards, dan Twitter memberi Anda pilihan untuk memiliki private profile.

Ketika diterapkan ke dalam bisnis Anda, Anda ingin semua akun media sosial Anda dapat di lihat orang banyak dan konten Anda mudah untuk dicari.

Misalnya, untuk profil Facebook Anda, Anda memiliki pilihan untuk membuat posting Anda mudah untuk dicari di search engine. Untuk melakukan pengaturan tersebut, pergi ke pengaturan privasi Facebook dan aktifkan pilihan Apakah Anda Ingin search engine yang lain terhubung dengan Timeline Anda? Berikut caranya.

ag-facebook-search-settings

Semakin banyak orang yang melihat posting Anda, semakin banyak orang yang mungkin berbagi posting tersebut. Mendorong orang untuk sharing (termasuk seperti kontes di Facebook) adalah cara yang bagus untuk meningkatkan rangking pencarian Anda.

Gunakan keywords dalam post anda

Kata kunci (keywords) sangat penting untuk website Anda, blog dan campaigns iklan berbayar, sehingga tidak mengherankan bahwa keywords juga sangat penting bagi konten sosial Anda.

Pada Pinterest, cara yang bagus untuk mendapat peringkat tinggi di search engine adalah dengan menggunakan keywords dalam pin atau boards. Demikian pula, melakukan penelitian kata kunci untuk video YouTube dapat membawa traffic tidak hanya untuk channel YouTube Anda, tetapi juga ke website Anda dan blog jika tercantum dalam profil Anda. Bahkan dengan menggunakan keywords dalam posting Anda di Facebook.

Hal tersebut kembali pada memastikan konten Anda bagus ataupun mudah untuk dicari. Dengan cara ini, ketika para pengguna dari media-media sosial yang lain mencari keywords tersebut, konten Anda akan muncul.

Buat local listing

Pastikan bisnis Anda memiliki local listing di Google+ menyertakan alamat Anda atau bisnis Anda dan informasi terkait lainnya. Hal ini memungkinkan para customer untuk meninjau (review) perusahaan Anda secara langsung di Google. Google akan merekomendasikan bisnis yang mempunyai tingkat review yang tinggi.

sosmed seo m

Demikian pula, pastikan bahwa Anda memiliki daftar lokasi atau map untuk bisnis Anda pada halaman Facebook Anda. Tidak hanya dapat membantu untuk media sosial Anda, tetapi juga membuat para customer lebih mudah untuk menemukan bisnis Anda dan untuk check in di tempat Anda. Hal Ini bagus untuk SEO lokal.

sosmed seo o

Kesimpulan

Menggunakan media sosial sebagai marketing tool adalah suatu yang sangat berharga, selain itu media sosial dapat menawarkan nilai lebih ketika Anda memanfaatkannya untuk meningkatkan SEO. Satu hal yang jelas adalah bahwa media sosial dapat membuat dampak besar pada peringkat pencarian Anda.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda pernah mencoba salah satu dari taktik tersebut untuk meningkatkan SEO? Atau ada taktik lain yang telah membantu Anda untuk meningkatkan peringkat di search engines? Anda bisa berbagi bersama DigitalMarketer.id tentang pengalaman atau pendapat Anda pada kolom di bawah ini.