25 Cara Simpel untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Meningkatkan Traffic
12 Juni 2016
Bagikan artikel ini
  • 51
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    51
    Shares

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini, semua menjadi lebih mudah melalui online.

Tidak ketinggalan, para pebisnis online pun menggunakan kecanggihan dunia digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Lalu bagaimana caranya mereka mengembangkan usaha?

Salah satu caranya adalah dengan membuat website. Tujuannya adalah agar dapat menampilkan konten yang mereka buat di website, selain itu guna website bagi mereka adalah tempat untuk promosi produk dan jasa bisnis mereka.

Setelah memiliki website, tantangan yang dihadapi para pemilik situs adalah bagaimana dapat menaikkan traffic pengunjung untuk website mereka.

Terdengar sulit? Ya memang betul. Tidak mudah dilakukan tapi jika Anda mengetahui cara yang paling tepat untuk meningkatkan traffic website, semua akan menjadi lebih mudah untuk dijalani.

Anda salah satu pebisnis yang ingin meningkatkan traffic untuk website Anda?

Kalau begitu Anda membaca artikel yang tepat.

Artikel kali ini akan membahas 25 cara jitu untuk meningkatkan traffic.

Mari kita mulai saja.

Hal yang Disukai oleh Marketer & Pemilik Bisnis

Anda bisa menebak apa jawaban mereka?

Coba seandainya Anda yang ditanya seperti itu, kira-kira apa jawaban Anda?

Yes! Hal yang paling disukai oleh marketer dan pemilik bisnis (bahkan Anda sendiri) di dunia adalah mendapatkan lebih banyak lagi customer!

Cara jitu untuk meningkatkan traffic situs Web ada bermacam-macam, berikut diantaranya…

  1. Advertising

Yang satu ini begitu jelas, kita akan melihatnya terlebih dahulu.

Pencarian yang berbayar, iklan social media dan tampilan iklan adalah cara-cara yang sangat baik untuk menarik pengunjung, membangun brand Anda dan menghidupkan situs Anda di depan banyak pengunjung.

Sesuaikan strategi berbayar Anda tujuan Anda : apakah Anda hanya ingin mendapatkan lebih banyak traffic, atau Anda ingin meningkatkan konversi juga?

Setiap channel yang berbayar memiliki pro dan kontra, jadi pikirkan baik-baik tentang tujuan Anda sebelum Anda sampai pada keputusan untuk menggunakan kartu kredit Anda.

Jika Anda berharap mendapatkan lebih banyak traffic untuk website Anda yang juga nantinya akan menghasilkan lebih banyak penjualan, Anda harus menargetkan kata kunci yang memiliki nilai komersial tinggi sebagai bagian dari strategi pencarian berbayar Anda.

Yang perlu Anda ketahui, kompetisi untuk pencarian ini sangat ganas (dan mahal), tetapi imbalan yang akan diperoleh juga setimpal.

  1. Bersosialisasi

increase-traffic-to-your-website-social-media

Tidak cukup jika Anda hanya membuat sebuah konten yang bagus dan berharap kalau orang-orang akan menemukan serta membaca konten tersebut – Anda harus menjadi proaktif.

Salah satu cara jitu untuk meningkatkan traffic website Anda adalah menggunakan channel social media untuk mempromosikan konten Anda.

Twitter cocok digunakan jika Anda menggunakan kalimat promosi yang pendek, tajam dan menggoda. Sedangkan promosi melalui Google+ dapat membantu situs website Anda agar muncul di hasil pencarian pribadi dan tampaknya sangat efektif.

Raksasa social media seperti Facebook cocok digunakan untuk jenis bisnis B2B. Jika Anda perusahaan B2C, Anda mungkin menemukan daya tarik yang besar dengan situs sosial yang banyak menggunakan gambar seperti Pinterest dan Instagram.

  1. Kombinasikan Semuanya

Tidak ada formula ajaib untuk content marketing yang sukses, meskipun ada beberapa yang bisa Anda percayai.

Berikan variasi untuk content Anda. Buat jadi semenarik mungkin untuk berbagai jenis pembaca.

Anda dapat menyelingi content dengan postingan berita, video, infografis dan potongan data untuk memberikan dampak yang maksimal.

  1. Menulis Headline yang Menarik

Headline adalah salah satu bagian yang paling penting dari content. Tanpa headline yang menarik, postingan dari blog yang paling komprehensif sekalipun belum tentu dibaca. Kuasailah seni menulis headline.

Sebagai contoh, penulis di BuzzFeed dan Upworthy sering menulis lebih dari 20 headline yang berbeda sebelum akhirnya menetapkan salah satu yang akan menghasilkan lebih banyak traffic.

Jadi pikirkan baik-baik tentang headline Anda sebelum Anda menekan “publish.”

  1. Perhatikanlah SEO On-page

Anda berpikir kalau SEO itu tidak penting? Pikirkan lagi.

Mengoptimalkan content Anda dengan search engine masih merupakan praktik yang bernilai dan bermanfaat.

Apakah Anda membuat sebagian besar gambar alt teks? Apakah Anda menciptakan link internal untuk content baru? Bagaimana meta deskripsi?

Mengoptimalkan untuk SEO on-page tidak harus memakan waktu, dan itu merupakan salah satu cara jitu untuk meningkatkan traffic organik Anda.

  1. Long-Tail Keywords

Keyword nilai komersial tinggi Anda tidak bekerja dengan baik? Saatnya Anda menggunakan long-tail keyword.

Long-tail keyword biasanya digunakan untuk pencarian web, yang berarti bahwa jika Anda tidak menargetkan mereka sebagai bagian dari pencarian berbayar atau SEO, maka Anda akan kehilangan kesempatan yang bagus.

  1. Memulai Guest Blogging

Anda berpikir kalau guest blogging itu tidak bermanfaat? Kalau begitu Anda salah besar.

Pernah mendengar hal ini? Mengisi guest blogging di sebuah situs terkemuka dapat meningkatkan traffic blog ke situs web Anda dan membantu membangun brand Anda ke dalam kegiatan tawar-menawar.

Anda harus memperhatikan hal ini, standar untuk guest blogging telah berubah secara drastis, dan taktik spam bisa memberikan Anda teguran keras. Jadi berhati-hatilah.

  1. Mengundang Guest Blog Lain di Situs Anda

Guest blogging bersifat 2 arah. Selain memposting content ke blog lain, Anda dapat mengundang orang di niche Anda ke blog di situs milik Anda sendiri.

Mengapa cara ini dianjurkan? Karena mereka cenderung untuk berbagi dan menghubungkan guest article mereka, yang bisa membawa pembaca baru ke situs Anda.

Pastikan bahwa Anda hanya memposting content berkualitas tinggi, original, tanpa link spam, jika tidak Google akan menilai content Anda sebagai salah satu guest blogging yang memiliki kualitas rendah.

  1. Mencoba Referral Traffic

Daripada mencoba untuk mempersuasi situs lain untuk me-link kembali ke Anda (sangat membosankan dan prosesnya memakan waktu), buatlah content yang mencantumkan permohonan untuk dihubungkan.

Ketika Larry, salah satu penulis di Wordstream membuat artikel tentang “The Kick In The Proverbial Teeth That Ebay Took From Google’s Panda Update”, Wordstream berhasil mendapatkan link dari Ars Technica di bagian Pick Editor yang secara bersamaan terhubung ke The New York Times dan National Geographic.

Hasilnya? Tidak terlalu buruk – tapi juga tidak ada hasil yang melonjak dalam referral traffic.

increase-traffic-to-your-website-referral-link

Pelajari jenis link apa yang paling banyak mengirimkan referral traffic, dan bagaimana cara untuk mendapatkan mereka, di postingan ini.

  1. Posting Content ke LinkedIn

LinkedIn bukan hanya sebagai tempat untuk menemukan pekerjaan baru. Jaringan sosial profesional terbesar di dunia saat ini merupakan platform publishing yang berharga.

Anda harus posting content ke LinkedIn secara rutin. Ini juga merupakan cara jitu untuk meningkatkan traffic ke situs Anda, serta meningkatkan profil Anda dalam industri Anda.

increase-traffic-to-your-website-linkedin

  1. Menerapkan Skema Microdata

Menerapkan skema (atau format microdata lain) belum tentu akan meningkatkan traffic ke situs web Anda sendiri, tapi itu akan memudahkan search engine untuk menemukan dan mengindeks page Anda.

Manfaat lain dari menggunakan skema untuk SEO adalah dapat membuat potongan website yang lebih baik, dimana Anda bisa meningkatkan klik melalui rates.

  1. Link Internal

Kekuatan profil link Anda tidak semata-mata ditentukan oleh berapa banyak situs yang link back ke Anda, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh struktur link internal Anda.

Saat membuat dan mempublikasikan content, pastikan Anda tetap menggunakan kesempatan yang ada untuk link internal.

Hal ini tidak hanya akan membantu SEO, tetapi juga menghasilkan yang lebih baik, pengalaman yang bermanfaat untuk pengguna – hal yang terpenting dalam meningkatkan traffic ke situs Web Anda.

  1. Wawancara dengan Para Pemimpin Industri

increase-traffic-to-your-website-thought-leadership

Anda berpikir bahwa wawancara hanya untuk anggota persatuan yang besar saja?
Anda akan kagum berapa banyak orang akan bersedia untuk berbicara dengan Anda jika Anda meminta mereka.

Kirimkan email yang berisi permintaan wawancara kepada para pemimpin dalam industri Anda, dan publikasikan hasil wawancara di blog Anda.

Anda tidak hanya akan mendapat pengakuan nama untuk meningkatkan kredibilitas Anda dan meningkatkan traffic ke situs web Anda, orang yang diwawancara mungkin akan berbagi content juga, perluas jangkauan.

  1. Jangan Abaikan Email Marketing

Banyak pebisnis fokus pada menarik customer baru melalui content marketing dan mereka lupa tentang metode tradisional.

Email marketing bisa menjadi tool yang sangat kuat, dan bahkan email blast yang cukup sukses dapat menghasilkan kenaikan kecil yang signifikan dalam traffic.

Yang perlu Anda perhatikan adalah berhati-hati untuk tidak membombardir orang dengan email tanpa henti tentang setiap updatean dalam bisnis Anda.

Juga, jangan mengabaikan kekuatan word-of-mouth marketing, terutama dari orang-orang yang sudah menikmati produk atau jasa.

Sebuah email reminder yang ramah tentang layanan baru atau produk dapat membantu Anda dan merupakan cara jitu untuk meningkatkan traffic Anda juga.

  1. Pastikan Website Anda Responsive

Saat-saat browsing internet dilakukan secara eksklusif pada PC desktop sudah lama berlalu.

Hari ini, lebih banyak orang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses web, dan jika Anda memaksa pengunjung untuk mampir atau mengunjungi website Anda, pada dasarnya adalah Anda meminta mereka untuk pergi ke website lain.

Pastikan bahwa website Anda dapat diakses dan nyaman dilihat di berbagai perangkat, termasuk smartphone yang lebih kecil.

  1. Pastikan Website Anda Cepat

Anda pernah menunggu loading sebuah webpage selama 30 detik? Jika pernah, hal yang sangat tidak menyenangkan bukan?

Jika situs Anda membutuhkan waktu yang untuk loading, tingkat bouncing Anda bisa meninggi.

Pastikan bahwa page Anda secara teknis telah dioptimalkan sedemikian mungkin.

Termasuk ukuran file gambar, struktur page dan fungsi plugin pihak ketiga. Semakin cepat loading website Anda, akan jauh lebih baik.

increase-traffic-to-your-website-loading-bar

  1. Membangun Komunitas

Orang-orang ingin menyampaikan apa yang ada dalam pikiran mereka dan pasti pada subjek berbobot yang membangkitkan semangat mereka.

Membangun komunitas ke situs Anda adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan dan merupakan cara jitu meningkatkan traffic ke situs Web Anda.

Terapkan sistem komentar yang kuat melalui solusi pihak ketiga seperti Facebook commenting atau Disqus, atau membuat forum khusus di mana pengunjung dapat mengajukan pertanyaan.

Jangan lupa untuk mengelola komunitas Anda untuk memastikan bahwa standar minimum terpenuhi.

  1. Bergabunglah di Comment Section

increase-traffic-to-your-website-comments

Anda pasti sering mengunjungi setidaknya beberapa situs yang relevan dengan bisnis Anda secara rutin, jadi mengapa tidak bergabung dalam percakapan?

Mengomentari tidak selalu memberikan dorongan langsung kepada pengguna lainnya untuk segera mampir ke website Anda, tapi membangun diri Anda sendiri dengan memberikan wawasan.

Berkomentar tentang pemikiran Anda di blog industri dan situs adalah cara yang bagus untuk membangun nama Anda di luar sana – yang kemudian dapat mengarahkan traffic ke situs Anda sendiri.

Anda hanya perlu ingat, seperti guest posting, kualitas dan relevansi adalah kuncinya – Anda harus terlibat dengan orang lain dalam niche Anda, tidak memberikan link spam di situs yang tidak ada kaitannya sama sekali.

  1. Periksa Analisis Data Anda

Google Analytics merupakan source data yang sangat berharga pada hampir setiap aspek di situs Anda, dari page yang paling populer sampai demografi pengunjung.

Tetap perhatikan analisis data Anda, dan gunakan informasi ini untuk memberitahukan strategi promosi dan content Anda.

Perhatikan juga postingan dan page apa yang terbukti paling populer. Periksa data pengunjung untuk asal dari traffic Anda.

  1. Aktif di Social Media

Tidak cukup jika Anda hanya berbagi content melalui social channels – Anda juga perlu untuk aktif berpartisipasi dalam komunitas.

Punya akun Twitter? Bergabunglah dalam diskusi kelompok dengan hashtag yang relevan.

Apakah audiens Anda meninggalkan komentar pada postingan Facebook Anda? Jawaban pertanyaan dan libatkan diri Anda dengan audiens.

Tidak ada yang dapat mengubah seseorang jauh lebih cepat daripada menggunakan media sosial sebagai broadcast channel – gunakan social media seperti yang dijelaskan dan berinteraksilah dengan fans Anda.

  1. Submit Content Anda ke Situs Aggregator

increase-traffic-to-your-website-aggregator-sites

Pertama, mengenai penolakan. Jangan lakukan spam Reddit dan situs serupa lainnya untuk mendapatkan banyak traffic, karena itu tidak akan terjadi.

Anggota komunitas seperti Reddit yang cerdas akan meng-hide spam Anda dan menanggap apa yang dilakukan oleh mereka sebagai tindakan yang sah-sah saja.

Saat ini, tidak ada salahnya mengirimkan link yang menurut audiens akan benar-benar berguna untuk mereka.

Pilih subreddit relevan, kirimkan content Anda, kemudian lihatlah traffic akan mengalir masuk ke website Anda.

  1. Memasukkan Video ke Strategi Content Anda

Content berisi teks memang baik, namun video dapat menjadi aset berharga lain yang akan menggugah pengunjung baru dan membuat situs Anda jauh lebih menarik.

Data menunjukkan bahwa retensi informasi secara signifikan lebih tinggi untuk materi visual dibandingkan dengan teks, yang berarti bahwa video adalah cara terbaik untuk mengambil (dan menahan) perhatian audiens Anda, dan meningkatkan traffic ke situs web Anda pada saat yang bersamaan.

  1. Melakukan Research Kompetisi

Jika Anda belum pernah menggunakan situs seperti BuzzSumo untuk memeriksa apa pesaing Anda, Anda pada kerugian besar.

BuzzSumo akan memberikan Anda tampilan sekilas dari topik apa yang beresonansi dengan pembaca saat ini dengan cara menggabungkan kinerja sosial situs tertentu dan konten.

increase-traffic-to-your-website-buzzsumo

Cari tahu apa yang orang baca (dan topik pembicaraan apa yang sedang hangat), dan tiru jenis kontennya untuk membawa traffic ke situs Anda.

  1. Host Webinar

Orang yang suka belajar, dan webinar adalah cara yang baik untuk berbagi wawasan Anda dengan audiens yang sabar menunggu.

Dikombinasikan dengan kampanye promosi sosial yang efektif, webinar adalah cara yang bagus untuk meningkatkan traffic ke situs Web Anda.

Kirimkan email pemberitahuan seminggu sebelum webinar serta tuliskan “kesempatan terakhir untuk mendaftar”.

Pastikan untuk mengarsip presentasi Anda agar dapat dilihat lagi dan promosikan webinar Anda secara luas melalui social media.

  1. Menghadiri Konferensi

Apapun industri Anda, kemungkinan ada setidaknya satu atau dua konvensi utama dan konferensi yang relevan dengan bisnis Anda.

Menghadiri acara ini adalah ide yang baik (jika Anda dapat berbicara dengan para peserta yang hadir dalam acara bahkan lebih baik.)

Ikut terlibat dalam pembicaraan adalah cara terbaik untuk menetapkan diri sebagai pemimpin dalam industri Anda dan mendapatkan eksposur yang signifikan untuk situs Anda.

Akhirnya!

Akhirnya Anda sampai pada penghujung artikel. Bagaimana? Sekarang Anda sudah memperoleh wawasan baru tentang 25 cara jitu untuk meningkatkan traffic website Anda.

Jangan biarkan terkubur dalam pikiran Anda! Ingat untuk dipraktikkan! Mungkin awal-awal Anda akan menghadapi kesulitan, tapi tidak ada yang tidak mungkin.

Ketika Anda berusaha dan berusaha lagi, sebenarnya Anda sedang menanamkan investasi untuk menuai kesuksesan di kemudian hari.

Kalau saatnya sudah tiba, Anda hanya tinggal duduk santai sambil menikmati pemandangan traffic yang terus mengalir deras ke dalam wesite Anda.

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  • 51
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    51
    Shares

Related Posts

3 thoughts on “25 Cara Simpel untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>