Belajar Facebook Ads untuk Bisnis Anda di 2018

9 Agustus 2018
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Untuk Anda yang mempunyai keinginan memperluas jangkauan pasar atau memperbanyak daya jual toko offline, beriklan adalah jawabannya. Salah satu media beriklan yang paling efektif dalam membantu Anda untuk mempromosikan bisnis anda adalah Facebook.

Sebelum Anda memulai Facebook ads pertama Anda, Anda perlu mengetahui cara agar berhasil beriklan di Facebook dan mengapa beriklan di platform sosial media tersebut bisa memberikan Anda keuntungan berkali lipat.

Mengapa beriklan di Facebook ?

Banyak keuntungan yang Anda dapatkan saat menggunakan Facebook Ads dalam menunjang bisnis Anda. Beberapa hal yang perlu Anda ketahui seperti :

  • Facebook menjadi salah satu media sosial paling populer di banyak negara

Ada 2,17 miliar pengguna aktif Facebook yang berada diseluruh dunia dan salah satu pengguna aktif terbesarnya adalah Indonesia. Dengan memasang iklan di Facebook memiliki banyak peluang untuk melihat iklan Anda.

  • Facebook mempuyai iklan yang tertarget sangat spesifik

Dengan menggunakan Facebook ad targeting, Anda bisa menargetkan calon customer mulai dari umur, gender, hubungan, pendidikan, pekerjaan, dan banyak lagi. Iklan Anda akan ditayangkan kepada calon customer yang tepat.

Facebook bahkan memungkinkan pengiklan untuk menjangkau audiens berdasarkan browsing mereka. Dengan wawasan mengenai pengguna, iklan Facebook Anda dapat ditargetkan kepada pengguna yang akan membeli produk Anda.

  • Bisa menawarkan promosi melalui Instagram

Trend beriklan di Instagram kini semakin popular karena banyaknya jangkauan audiens di platform social media yang sekarang memiliki jumlah pengguna mencapai 50 juta setiap bulannya. Kini, beriklan di Instagram dapat dilakukan lewat Facebook yang menambahkan di bagian pemasangan iklan untuk dapat ditargetkan untuk audiens di Instagram, tidak hanya di Facebook.

  • Organic Reach Sudah Tidak Lagi Efektif Dalam Menjangkau Audience (Pengikut) Anda di Facebook Seperti Sebelumnya

Organic reach sendiri adalah jumlah audiens yang unik berdasarkan post Anda melalui distribusi yang belum dibayar. Ini termasuk semua pengguna yang melihat post Anda karena seseorang dari mereka membagikannya pada halamannya.

Perbedaannya dengan paid reach yaitu daya tarik audiens paid reach diterima post Anda melalui metode berbayar, melalui peningkatan atau menjalankan iklan.

  • Facebook memiliki Beragam Jenis Tujuan Beriklan yang Dapat Digunakan untuk Penawaran Anda

Facebook memberikan banyak pilihan tujuan beriklan yang dapat Anda tentukan. Mulai dari tujuan beriklan untuk Branding, Selling, hingga mengumpulkan data Subsciber/Email List. Untuk lengkapnya, akan diulas di bagian tujuan beriklan di Facebook di artikel ini.

  • Facebook Ads jauh lebih murah

Biaya yang jauh lebih murah, namun tepat sasaran inilah yang dilakukan Facebook lakukan. Karena Facebook mempunyai target yang lebih fokus dan terarah, maka dengan menggunakan Facebook lebih memungkinkan menjangkau target pasar.

  • Iklan Anda bisa muncul kembali di halaman orang yang pernah berkunjung di Iklan/Website Anda

Facebook dapat membuat iklan Anda muncul kembali kepada orang yang pernah berkunjung atau meng-klik iklan Anda, hal ini disebut sebagai Retargeting. Dan hal tersebut menjadi keuntungan untuk Anda karena memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan perhatian

  • Facebook Ads lebih fleksibel dibandingkan Google Adwords

Facebook Ads memudahkan Anda dalam menjalankan iklan dikarenakan Facebook memiliki pengaturan yang lebih mudah dipahami dan dijalankan, sedangkan Google Adwords memiliki pengaturan yang lebih panjang. Facebook juga memiliki kelebihan dimana mempunyai karakter yang lebih panjang untuk deskripsi iklan.

Macam – Macam Facebook Ads

Ketika Anda ingin membuat iklan Facebook, Anda harus mengetahui jenis – jenis iklan yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan iklan Anda :

facebook new p.2

Facebook Image Ads

facebook new p.3

Menyiapkan iklan gambar sangat mudah dan efektif dalam meningkatkan traffic Anda. Iklan gambar yang berhasil menggunakan judul yang menarik, gambar dinamis, dan ajakan bertindak yang jelas.

Facebook Video Ads

facebook new p.10

Iklan video Facebook memungkinkan Anda membuat video yang muncul di feed pengguna target Anda. Video lebih membuat daya tarik yang lebih besar daripada gambar, sehingga iklan video lebih mungkin dilihat daripada iklan dengan gambar. Iklan video di Facebook menerima sekitar 10-30% lebih banyak penayangan dibandingkan iklan gambar.

Iklan video yang menarik adalah cara yang tepat untuk membangun kepercayaan dengan produk Anda.

Facebook Carousel Ads

facebook new p.5

Iklan Carousel Facebook memungkinkan Anda menampilkan hingga 10 gambar atau video dalam satu iklan. Setiap gambar yang termasuk dalam iklan bertujuan untuk mengarahkan pengguna ke halaman tertentu.

Facebook Offer Ads
facebook new p.8

Facebook offer Ads memungkinkan Anda berbagi diskon dengan pelanggan Anda. Iklan dalam bentuk seperti ini memberitahu mengiklankan penjualan dengan promosi untuk retail/ reseller.

Facebook Canvas Ads

facebook new p.4

Facebook Canvas Ads adalah format baru yang ada di facebook. Iklan kanvas unik karena dirancang khusus untuk dilihat di seluler. Facebook Canvas Ads muncul karena dipicu dari ponsel pengguna dengan meng-klik iklan seperti yang ditampilkan di halaman target pasar Anda.

Facebook Lead Ads

facebook new p.11

Iklan Lead Facebook digunakan oleh bisnis untuk mengumpulkan informasi beruapa kontak calon pelanggan. Dengan iklan Facebook lead, pengguna facebook akan memberikan informasi mereka (seperti nama, nomor telepon, atau email) dan mendaftar untuk info lebih lanjut atau meminta untuk mengunduh produk yang dijadikan lead Anda.

Facebook Collection Ads

facebook new p.12

Facebook Collection Ads adalah format visual yang memungkinkan Anda untuk membuat satu iklan yang menampilkan koleksi produk atau layanan Anda. Dengan format iklan seperti ini, Calon customer dapat menjelajahi dan membeli berbagai produk. Pengumpulan iklan melibatkan gambar atau video diikuti oleh gambar produk thumbnail. Ketika seseorang meng-klik iklan koleksi – mereka akan tersambung dengan iklan kanvas Anda.

Facebook Page Like Ads
facebook new p.13

Iklan Facebook page like adalah format iklan yang unik dari format iklan lain karena mereka berfokus pada interaksi, bukan hanya pembelian. Dengan format iklan ini, Anda dapat membangun kepercayaan terhadap produk Anda dengan membuat pos yang melibatkan pengguna dan berbagi cerita tentang bisnis Anda.

Dapatkan GRATIS Rangkuman Panduan Facebook Ads Lengkap >>DISINI<<

Tujuan Beriklan di Facebook 

Saat menyiapkan campaign (kampanye) iklan Facebook Anda, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah tujuannya. Misalnya, jika produk Anda baru di Facebook, Anda dapat memiliki tujuan mendapatkan like Facebook dari campaign. Jika bisnis Anda lebih sudah berhasil, Anda harus fokus pada penjualan. Tujuan Anda bisa berubah tergantung perjalanan bisnis Anda.

Facebook memberikan sejumlah pilihan iklan untuk Anda pilih. Agar memahami campaign iklan mana yang terbaik untuk bisnis Anda. penting untuk Anda agar  memahami campaign mana yang tepat. Iklan Facebook membagi 3 campaign yaitu : Awareness, Consideration, Conversion.

Awareness

facebook new8

Awareness campaign sangat cocok untuk bisnis baru. Jika halaman Facebook Anda memiliki kurang dari 1000 like, Anda sebaiknya mencoba untuk menggunakan Awareness campaign.

Tujuan dari Awareness campaign adalah untuk menjalin interaksi kepada calon customer. Iklan seperti halaman adalah jenis terbaik untuk campaign Awareness. Karena Anda meraih like halaman, iklan ini sempurna untuk memperkenalkan produk Anda dan memberikan statistik yang jelas dan terukur untuk pelaporan keberhasilan.

Dengan campaign Awareness, Anda ingin menghindari penjualan langsung kepada calon customer. Untuk saat ini, Anda ingin menunjukkan kepada calon customer kepercayaan mengenai produk anda. Untuk melakukan ini, fokuskan produk Anda untuk membuat konten yang menarik dan relevan. Campaign Awareness adalah tentang membuktikan kepada calon customer bahwa Anda layak diikuti.

Consideration

facebook new9

Jika Anda sudah memiliki pengikut Facebook, Campaign Consideration memungkinkan Anda membangun interaksi yang lebih dalam dengan audiens Anda.

Dalam Campaign Consideration, Anda akan menargetkan calon customer dengan konten yang sesuai dengan produk anda. Untuk menargetkan calon customer yang paling sesuai, disarankan Campaign Consideration untuk mengikuti campaign Awareness yang sebelumnya dijalankan. Ini akan memastikan bahwa Facebook memiliki cukup data pengguna untuk dapat menerapkan strategi iklan khusus pengguna.

Lead ads adalah jenis iklan terbaik yang dapat digunakan untuk Campaign Consideration. Biasanya campaign Consideration dijalankan untuk menawarkan produk atau layanan gratis (seperti webinar, ebook, dll.) sebagai ganti dari mendapatkan alamat email/database pengikut.

Seperti halnya campaign Awareness, hindari meminta pengikut secara terus menerus,menawarkan diskon pada tahap ini dan membuat pengguna sadar bahwa Anda menjual, tetapi tetap fokus Anda terutama pada konten berkualitas. Ini adalah tahap dalam hubungan pedagang-pelanggan di mana pengguna dengan mudah kehilangan minat.

Conversion

facebook new10

Setelah Anda mengembangkan kepercayaan di antara pengikut, Anda dapat menjalankan campaign conversion. Sasaran campaign conversion adalah mengambil pengikut setia Anda menjadi pelanggan.

Untuk tahap ini, cobalah menawarkan diskon atau mempromosikan penjualan, uji coba produk, dan penawaran lainnya. Taktik ini memungkinkan pengguna untuk berpindah dari calon pelanggan ke pelanggan yang sebenarnya. Pada tahap ini, Anda menciptakan kepercayaan karena pengikut Anda terlibat dengan produk Anda. Pengikut Anda sudah memahami nilai produk Anda dan telah mengetahui melalui studi kasus, webinar, posting blog, dll. Jadi sekarang mereka siap untuk membuat keputusan pembelian.

Kesimpulannya, Facebook memberikan banyak kemudahan dengan biaya yang murah dan dapat membantu Anda untuk memperkenalkan produk dan mengembangkan toko Anda.

Jadi untuk Anda yang masih pemula, tak usah bingung mulai darimana, karena dengan memulai iklan pertama Anda dan terus uji coba (testing) adalah kunci menguasai Facebook Ads.

Selamat praktek!

 

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *