Beberapa Cara yang Patut Anda Coba untuk Meningkatkan Traffic Website

Increase Your Traffic
1 Juni 2015
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Memang, berbisnis melalui online sangatlah menjanjikan, selama Anda tahu trik dan tahapan-tahapan yang membuatnya sukses. Untuk itulah, mengapa Anda telah mempunyai website atau blog untuk bisnis Anda. Mempunyai website atau blog dalam bisnis online sangatlah penting. Terkadang, ketika calon customer Anda mencari informasi lebih dalam terkait dengan produk bisnis Anda, maka mereka akan mengunjungi website utama Anda. Mereka akan mempelajari bisnis Anda dan segala informasi yang mereka butuhkan.

Namun, itu semua akan sia-sia jika Anda tidak mempunyai sumber traffic untuk mengarahkannya ke website utama Anda. Jika itu yang terjadi, bagaimana Anda akan meningkatkan profit jika tidak ada kunjungan ke website Anda?

Untuk meningkatkan traffic website Anda, maka Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini:

1.) Berbagi Konten Lebih dari Sekali

Memang, dengan berbagi konten-konten edukatif yang menarik merupakan suatu keharusan jika Anda ingin meningkatkan traffic websiteb Anda. Ya, semua orang tahu tentang hal ini. Namun, yang menjadi penekanan utama bukanlah pada poin ini, melainkan seberapa sering Anda membagikan konten pada website Anda melalui berbagai saluran media sosial Anda?

Mungkin, sebagian besar dari Anda hanya membagikan konten sekali untuk tiap-tiap saluran media sosial. Dan itu Anda lakukan, sesaat setelah konten yang tersebut Anda publish di website. Mungkin Anda telah menganggap bahwa hal tersebut merupakan langkah yang sudah benar, padahal belum tentu (baca juga: Bagaimana Menarik Lebih Banyak Customer dengan Content Marketing?)

Dengan membagikan konten Anda lebih dari sekali, maka kesempatan bagi Anda meningkatkan traffic juga semakin besar.

Pertanyaannya, bukankah jika kita melakukan posting yang sama berkali-kali hal itu akan di anggap sebagai spamming?

Ya, itu benar. Tapi, maksud postingan yang sama bukanlah melakukan posting dengan pesan yang sama secara berulang-ulang. Melainkan, melakukan postingan dengan link yang sama, namun dengan pesan yang berbeda-beda. Misalnya seperti ini:

Pertama, buat tweet dari judul artikel yang dilengkapi dengan link

JUDUL

Kedua, gunakan model pertanyaan untuk tweet Anda

Tanya

Ketiga, pilih salah satu kalimat yang menarik dalam artikel dan jadikan quote

Kutipan Penulis

Terakhir, masukan informasi berdasarkan fakta ke dalam tweet Anda

Kutipan Fakta

2.) Dapatkan Seorang Copywriter

Taktik selanjutnya untuk meningkatkan traffic website Anda adalah dengan mencari seseorang yang ahli dalam hal tulis menulis untuk mengisi konten website Anda. Dengan cara ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan konten yang luar biasa untuk website Anda, melainkan juga akan mendapatkan keterlibatan yang baik dengan calon customer Anda, baik itu langsung melalui website Anda ataupun saluran media sosial lainnya.

Cpywriter

Jika Anda tidak mampu untuk membayar jasa penulis, maka itu bukan menjadi masalah Anda dapat memilih pekerja lepas untuk hal ini. Atau memilih cara-cara berikut untuk mendapatkan penulis yang ahli untuk mengisi konten website Anda:

  • Menawarkan berbagi konten dengan blogger di situs mereka (Ini dapat Anda lakukan jika blog mereka mempunyai banyak pengikut)
  • Menggunakan jasa freelance yang isi konten menambahkan link ke website Anda.
  • Menawarkan produk atau jasa secara gratis dengan imbalan konten yang Anda minta

Jika pilihan Anda adalah menggunakan jasa freelance, maka Anda harus menemukan orang yang tepat untuk itu. Caranya, Anda dapat memanfaatkan website Projects.co.id. Ya, ini adalah website semacam Jobstreet, hanya saja Projects.co.id lebih menekankan pada penyedia jasa freelance. Dengan bantuan website tersebut, Anda akan menemukan orang-orang hebat dengan kualifikasi sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Mengapa kita membutuhkan seorang copy writer untuk mengisi konten website Anda? Memang benar, Anda pun sebenarnya bisa untuk menulisnya sendiri. Namun, sebelumnya Anda harus mampu mengetahui seni untuk mengajak orang melalui tulisan-tulisan yang telah Anda buat. Karena, itu merupakan senjata utama bagi Anda untuk memengaruhinya.

 

3.) Kenali Algoritma Hummingbird Google

Dua tahun yang lalu, tepatnya pada 30 Agustus 2013, Google telah menerapkan algoritma pencarian terbaru yang dinamai dengan Hummingbird. Hummingbird sendiri merupakan salah satu nama dari algoritma pencarian baru yang digunakan oleh Google, dimana Google harus mengembalikan hasil pencarian dengan hasil yang lebih baik.

GoogleHummingbird

Nantinya, Hummingbird inilah yang akan memberikan peringkat kepada setiap website di halaman pencarian dari mesin pencari Google berdasarkan keyword atau kata kunci yang sebelumnya telah dimasukkan oleh pengguna.

Lalu, apa yang terjadi jika Anda tidak mengikuti perkembangan Google melalui Hummingbird ini? Seperti yang Anda tahu, Google telah melakukan perubahan besar-besaran. Maka, setuju atau tidak, Anda wajib untuk mengikuti apa yang diinginkan oleh Google. Sebaliknya, jika Anda bersikeras bertahan dengan teknologi yang lama, maka bisa dipastikan Anda akan jauh tertinggal dan bisnis Anda pun akan berjalan di tempat, bahkan hingga gulung tikar.

Lalu, apakah nantinya algoritma dari Hummingbird ini dapat menonaktifkan PageRank?

Tidak. Karena, page rank masih masuk ke dalam faktor penentu SEO. Itulah sebabnya, SEO menjadi penunjang yang paling penting untuk meningkatkan traffic Anda. Untuk mengoptimasi SEO, Anda dapat melakukan pencarian kata kunci yang banyak dipakai, namun dengan persaingan yang lebih rendah. Salah satu cara sederhana untuk memaksimalkan kinerja SEO, Anda dapat memanfaatkan Google Adwords.

Selanjutnya, dengan lahirnya Algoritma Hummingbird, apakah akan terjadi penurunan lalu lintas pengunjung pada website saya?

Selama Anda mengikuti aturan dan ketepatan yang telah dibuat oleh Google Hummingbird, maka Anda tidak perlu khawatir tentang penurunan traffic website Anda.

Untuk itu, lakukan hal ini untuk menghindari masalah yang sebelumnya Anda khawatirkan di atas:

a.) Jangan Melakukan spam

Seperti yang telah kita ketahui, spam merupakan penggunaan perangkat alat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Untuk itulah, orang yang melakukannya disebut juga dengan spammer. Tindakan-tindakan yang termasuk ke dalam spam misalnya meliputi spam surat elektronik, spam pesan instan, web search engine spam, spam blog, dan masih banyak lagi lainnya.

b.) Perbanyak Konten Bukannya Kata Kunci

Jika Anda ingin menaikan jumlah traffic Anda, maka konten adalah salah satu komponen yang wajib Anda perhitungkan. Ya, hal itu akan lebih sempurna jika konten yang telah Anda buat di tambah dengan kata kunci yang banyak dicari oleh pengunjung. Untuk itulah SEO begitu diperlukan . Namun, hal ini bukan berarti dalam satu artikel, Anda memasukkan banyak kata kunci secara membabi buta. Hal ini akan lebih baik jika Anda memperbanyak konten dan menyisipinya dengan kata kunci sewajarnya.

Namun, bukan berarti kata kunci tidaklah penting. Seperti yang sebelumnya disinggung, kata kunci berkaitan erat dengan optimasi SEO, dan hal itu akan mampu meningkatkan traffic Anda. Hanya saja, Anda harus memberikan konten yang lebih banyak daripada kata kunci. Ingat, website yang memiliki pembahasan yang lebih spesifik akan lebih disukai oleh Google Hummingbird dari pada website dengan tema yang campur aduk. Misalnya, seperti DuniaFitnes.com yang hanya mempunyai bahasan mencakup seputar fitnes dan kebugaran dan juga DigitalMarketer.id yang mempunyai cakupan seputar digital marketing.

c.) Otoritas dan Oroginalitas Konten

Hummingbird Google begitu menjunjung tinggi dan sangat menghargai ototritas. Dengan kepemilikan sebuah website, maka algoritma ini mengakui kredibilitas akan konten yang sebelumnya telah Anda buat. Namun, langkah ini tampaknya tidak lagi digunakan oleh Google. Secara khusus, Google berhenti menampilkan penulis dan hasil pencarian, serta beberapa perubahan lainnya. Ini digunakan untuk menciptakan tampilan yang baik untuk versi mobile.

4) Berbagai Macam Pilihan Model Konten

Konten tidak selamanya hanya berupa teks yang memanjang dari ujung atas hingga bawah. Membosankan. Itulah kata yang tepat jika pengunjung website Anda dihadapkan dengan konten-konten tersebut setiap harinya.

Memang, melalui SEO Anda dapat mengoptimalkan konten Anda yang berujung pada meningkatnya traffic. Namun itu semua bukanlah cara utama yang dapat Anda pakai.

CDl43qgVIAEsIfg.png large

Lalu, apa yang harus saya lakukan agar pengunjung tertarik dengan website saya?

Tentu, Anda dapat membuat konten-konten dengan jenis yang berbeda-beda. Itu tergantung pada kreativitas Anda dalam membuatnya. Melalui format konten lain, Anda bukan hanya dapat mem-publishnya melalui website Anda. Melainkan, juga dapat Anda publikasikan melalui saluran lainnya. Sebagai contoh, Anda dapat mengubah posting blog ke:

  • Podcast: Merekam sendiri materi yang Anda buat dan membuatnya tampak lebih jelas. Setelah itu, Anda dapat upload ke iTunes.
  • Melalui Video: Ini sedikit banyak telah digunakan sebagai model konten yang lebih menarik. Biasanya, konten bersifat tutorial yang kemudian dapat Anda publish ke website Anda ataupun meng-uploadnya ke YouTube.
  • Slide Presentasi: Membuat konten dengan bentuk slide juga dapat menjadi salah satu pilihan Anda dan kemudian menguploadnya ke SlideShare. Umumnya, materi yang dibuat melalui slide lebih singkat dan padat.
  • Ebook: Meskipun ini merupakan sebuah konten yang biasanya di pakai sebagai iming-iming agar pengunjung mau menyerahkan alamat email, namun ebook juga yang berformat PDF juga merupakan bentuk lain dari konten yang begitu banyak diminati.
  • Membuat Infografik: Dengan memilih materi konten dan membuatnya menjadi infografik merupakan salah satu cara untuk meraih perhatian pembaca. Desain yang apik merupakan satu-satunya senjata ketika Anda memilih membuat jenis ini untuk konten Anda.

Dari semua pilihan jenis konten di atas, ingat Anda harus memilih materi konten yang benar-benar menarik yang ingin diketahui oleh pembaca. Dengan begitu, usaha Anda untuk meningkatkan traffic website Anda akan mudah terlaksana.

Itulah mengapa sebagian besar pelaku bisnis online sering kali mendewakan traffic. Ya, kata ‘mendewakan’ ini bukan berarti Anda menganggap traffic adalah tujuan Anda, melainkan sebagai strategi untuk mencapai tujuan Anda.

mengapa demikian? Sederhananya, jika Anda memiliki website dengan model penawaran produk atau service dan hal-hal lainnya yang menyangkut dengan bisnis online Anda, apakah Anda hanya ingin mereka mengunjungi website Anda dan selanjutnya pergi begitu saja? Tidak ‘kan? Anda tentu mengharapkan mereka untuk membeli produk atau jasa yang sudah Anda tawarkan. Untuk itu, traffic adalah strategi terbaik untuk bisnis Anda. Namun, Anda juga harus melakukan strategi-strategi lainnya untuk semakin meningkatkan bisnis online Anda.

Bagaimana, menarik bukan penjelasan strategi untuk menaikan traffic website Anda? Apakah beberapa langkah yang telah kita bahas di atas Anda lakukan untuk meningkatkan traffic Anda? Jika ya, bagaimana efeknya? Mari berbagi pengalaman melalui kolom komentar di bawah ini. DigitalMarketer.id sangat antusias untuk mendengarkan cerita Anda.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

One thought on “Beberapa Cara yang Patut Anda Coba untuk Meningkatkan Traffic Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>