8 Cara Ampuh Content Marketing untuk Meningkatkan Traffic!

Content Marketing
9 Mei 2015
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika Anda sedang suka dengan seseorang, maka usaha apa yang Anda lakukan? Tentu, hal pertama yang Anda lakukan adalah mengenal orang tersebut dengan mencari segala informasi tentangnya. Seperti itu ‘kan? Lalu, apa usaha yang Anda lakukan untuk meraih perhatian orang tersebut? Pasti Anda akan bersikap baik padanya, sekaligus mencari segala cara untuk menarik perhatiannya.

Tidak. DigitalMarketer.id tidak akan mengajari Anda tentang bagaimana cara jitu untuk menggaet pujaan hati Anda. Kami tidak ahli untuk itu. Hanya saja, apakah Anda sadar, bahwa untuk menarik keputusan membeli customer, tekniknya hampir sama dengan meraih hati kekasih Anda?

Bagaimana bisa keputusan membeli seorang customer disamakan dengan orang pacaran?

[well]Itu sederhana. Ketika seorang calon customer memutuskan untuk membeli, maka dirinya akan mencari informasi tentang produk (product knowledge) yang dibelinya. Bahkan, mereka juga akan membandingkan produk Anda dengan produk sejenis lainnya. Untuk itu, sebagai pelaku bisnis Anda harus bergerak sigap dengan menjelaskan keunggulan produk beserta kemudahan-kemudahan lainnya yang dapat mempengaruhi seseorang untuk membeli produk Anda.[/well]

Bukan hanya itu, untuk memberikan nilai lebih di mata customer, Anda perlu untuk memberikan konten-konten yang menarik. Konten tidak selamanya hanya berupa artikel-artikel dengan banyak teks. Itu akan sangat-sangat monoton. Lalu, konten yang seperti apa yang menarik itu? Berikut adalah berbagai materi konten yang dapat Anda terapkan untuk membantu meningkatkan traffic website Anda!

⦿Ubah Konten Blog yang Sudah Ada ke Infografik

Infografik merupakan salah satu cara terbaik untuk mengemas konten secara visual agar tampak lebih menarik dan sangat mudah untuk dibagikan. Bukan hanya itu, infografik juga merupakan langkah strategis untuk menarik traffic. Menurut AnsonAlex.com, sebuah website yang menerapkan infografik sebagai konten, bisnis Anda jauh akan dapat tumbuh rata-rata 12% lebih banyak daripada mereka yang tidak menggunakannya.

Anda tidak perlu bingung untuk menentukan topik yang sekiranya akan Anda angkat menjadi infografik. Anda dapat mencari konten di website Anda atau blog, dan kemudian mengubahnya menjadi sesuatu yang secara visual tampak menarik bagi pembaca. Atur susunan infografik dengan baik, hal itu agar mudah untuk dibaca dan membuatnya lebih mudah untuk dibagikan (sharable).

DuniaFitnes
Pada DuniaFitnes.com, banyak di antara artikel-artikel yang ada menggunakan model Infografik untuk menarik pembaca.

Jika Anda tidak mau repot berurusan dengan desain infografik, maka Anda dapat menggunakan jasa freelance desain grafis. Tidak hanya itu, untuk memudahkan Anda, maka Anda dapat menggunakan website platform yang membantu Anda membuat infografik secara instan dan cepat, misalnya seperti Askrypt atau DIyers yang menyediakan berbagai template gratis untuk infografik.

Setelah berhasil membuatnya, maka yang perlu Anda lakukan selanjutnya yakni dengan mengaktifkan beberapa fitur di blog atau website Anda. Misalnya, seperti menyertakan kode embed, sehingga orang lain dapat dengan mudah membagikan infografik Anda di situs mereka. Kemudian, lanjutkan dengan mempromosikannya melalui media sosial dan email newsletter. Bisa juga, Anda membagikan sekaligus mengunggahnya ke salah satu website berikut:

Setelah melalui langkah-langkah di atas, Anda akan memiliki infografik yang dapat menghubungkan orang lain (melalui link) ke website Anda, dan hal itu tentunya akan meningkatkan traffic Anda.

⦿Memilih Video Sebagai Konten di Blog dan YouTube

Meskipun YouTube mendapatkan nomor urutan kedua yang paling populer setelah search engine seperti Google. Namun, banyak pula pelaku bisnis yang memanfaatkannya untuk memperkaya materi konten pemasaran. Selanjutnya, Anda dapat memublikasikannya melalui landing page yang sebelumnya telah Anda buat dengan topik-topik menarik yang telah Anda tentukan.

Memanfaatkan konten marketing dengan video dapat Anda buat sendiri dengan menggunakan kreativitas Anda. Misalnya, Anda dapat merekamnya sendiri dan berbicara tentang salah satu postingan Anda pada blog atau website yang Anda rasa  sangat populer. Atau, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan wawancara on cam dengan seorang ahli melalui Skype.

Video Dunia Fitnes
Konten di DuniaFitnes.com tidak hanya terpaku pada teks, melainkan juga terdapat dalam bentuk video.

Misalnya, Anda sedang melakukan wawancara terhadap owner DuniaFitnes.com yang telah mempunyai banyak subscriber dan pengunjung setiap harinya. Maka, Anda dapat berbincang dengan Denny Santoso terkait dengan rahasia sukses membesarkan website DuniaFitnes.com. Atau, Anda dapat menceritakannya kembali berdasarkan sumber yang didapat melalui wawancara Anda dengan narasumber.

Tapi, yang harus Anda perhitungkan ketika membuat video ini adalah pencahayaan yang baik dan memastikan memilih tempat setenang mungkin. Setelah Anda membuatnya, maka optimalkan SEO pada judul video tersebut dan kemudian posting di blog atau website Anda. Selanjutnya, bagikan pula ke situs berbagi video berikut ini.

 ⦿Membuat Konten Slide Deck untuk Blog atau Website Anda

SlideShare telah menjadi cara yang sangat populer bagi para profesional untuk melihat dan menikmati konten. Bahkan, melalui SlideShare, Anda juga dapat memberikan peringkat dan dapat mengarahkan traffic jangka panjang ke situs Anda.

Untuk membuat slide deck yang bagus, Anda dapat memilih konten dengan bahasan yang cukup dalam, sekitar 10-20 poin, dan mengubahnya menjadi lebih singkat untuk di masukan ke dalam slidedeck. Ketika Anda memanfaatkan slide deck untuk kebutuhan konten marketing Anda, maka desain slide deck juga harus memanjakan mata.

Slide Share
Menggunakan slide untuk dijadikan konten merupakan cara lain untuk membuatnya lebih simpell, namun menarik.

Artinya, keahlian Anda dalam mendesain slide juga harus diperhitungkan. Untuk itu, tidak ada salahnya menggunakan jasa desain grafis.  Sebelum materi slide deck masuk ke bahasan inti, masukan 1-2 pengantar untuk mengenalkan bahasan yang ingin Anda sampaikan ke pembaca. Juga, jangan lupa untuk menyertakan identitas Anda (logo  website, atau icon bisnis lainnya). Kualitas gambar pun juga harus mempunyai resolusi yang tinggi. Ini untuk mengantisipasi agar ketika gambar diletakkan pada slide deck, gambar tidak pecah dan dapat dibaca dengan sangat jelas.

Setelah Anda memiliki slide deck yang telah Anda rancang dengan apik, maka upload ke SlideShare dan jadikan slide deck tersebut sebagai bahasan utama untuk membuat konten blog atau website Anda.

⦿Masukan Audio dalam Konten Website atau Blog

Menurut penelitian Edison Research, diperkirakan 39 juta orang Amerika telah mendengarkan sekaligus menyimak Podcast pada bulan Juli, 2014. Podcast sendiri adalah episode program yang tersedia di internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video. Namun, tak jarang juga hasil dari rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lainnya. Podcast biasanya menawarkan tiap episode dalam format file yang sama. Sehingga, seseorang bisa menikmati program tersebut secara berkala.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan Podcast ini untuk konten pada website atau blog Anda. Tapi apa yang harus saya lakukan, bahkan saya bukanlah seorang ahli? Jika memang itu masalahnya, Anda tidak perlu memosisikan diri Anda sebagai seorang ahli. Namun, bentuklah diri Anda selayaknya seorang ahli.

Untuk materinya, Anda dapat menyimak pada konten-konten yang sebelumnya telah Anda buat di website atau blog Anda. Simpel ‘kan? Ketika Anda menjelaskan dengan melihat materinya pada suatu buku atau sumber lain, rekam dengan menggunakan smartphone Anda. Lalu, berdasarkan rekaman suara tersebut, Anda dapat republish konten dengan format yang berbeda. Tambahkan deskripsi singkat untuk menjelaskan gambaran rekaman suara yang Anda jelaskan. Pada akhir kalimat, berikan ajakan untuk menyimak rekaman tersebut menggunakan kalimat yang persuasif.

Setelah semua itu Anda lakukan, selanjutnya bagikan rekaman suara Anda pada Soundcloud dan kode URL yang Anda dapatkan melalui Soundcloud, dapat Anda bagikan ke media sosial untuk mengarahkan traffic ke website Anda. Bisa juga, Anda mengupload rekaman Anda pada website-website berikut ini:

⦿Gunakan Konten yang Sudah Ada di Website untuk E-Book

Beberapa orang, kini bukan hanya mencari referensi melalui buku-buku yang dijual di toko-toko, dunia digital kini telah mengubah kebiasaan tersebut. Perlahan tetapi pasti, kini banyak orang yang mencari sebuah referensi melalui dunia internet. Ya, referensi tersebut terkemas dalam sebuah ebook. Lebih praktis dan profesional.

Tentunya, jika Anda mengandalkan konten untuk menarik sebuah traffic website, maka ebook ini dapat Anda coba untuk menarik ketertarikan pengunjung website ataupun pengguna di media sosial.

Masalahnya, pembahasan ebook selalu panjang. Jelas, untuk membuat isi konten membutuhkan waktu beberapa hari, dan itu sangat melelahkan. Ya, itu mungkin Anda lakukan jika Anda sama sekali tidak mempunyai sebuah konten dalam website Anda. Tapi, bukankah website Anda telah banyak konten yang tersedia? Ambil saja beberapa konten dengan topik menarik di website Anda, dan ringkas menjadi lebih singkat, namun dengan pembahasan yang lebih dalam.

Jika hal tersebut telah Anda lakukan, maka Anda dapat memberikan secara Cuma-Cuma kepada  pengunjung website Anda. Atau, Anda dapat menguploadnya ke situs-situs seperti SlideShare, Docstoc, dan Scribd untuk memublikasikannya.

 ⦿Publikasikan Konten Pada Jaringan Eksternal, Misalnya Pada ‘Linkedln’

Apakah Anda sering membuat konten dan kemudian hanya mem-postingnya melalui website atau blog utama Anda? Jika hanya bermodalkan cara itu, mana bisa Anda meningkatkan traffic  website Anda?

Untuk itu, Anda harus mempublikasikannya ke jaringan eksternal. Misalnya dengan membagikannya ke jaringan Linkedln Anda. Melalui Linkedln, konten yang telah Anda buat akan berada di jangkauan eksternal jaringan Linkedln Anda. Itu artinya, konten Anda akan ditampilkan di banyak saluran banyak topik di jaringan Linkedln. Coba saja, maka konten Anda akan ramai pengunjung dan dilihat oleh ribuan pasang mata di Linkedln.

Dan itu semua hanyalah konten yang pernah Anda publish di website. Ya, hanya mempublikasikan ulang! Gampang ‘kan?

 ⦿Aktif Memberikan Komentar Pada Situs Quora

Apakah Anda sudah mengenal Quora? Bukan, Quora bukanlah nama orang atau sejenis penganan yang lezat. Quora sendiri adalah situs  diskusi tentang pengetahuan yang diluncurkan pada tahun 2009 silam. Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya mengenai topik-topik tertentu dan memperbolehkan pengguna untuk ikut memberikan komentar.

Quora Konten Marketing
Berbagi konten melalui Quora merupakan salah satu cara untuk menyebarkan link website utama Anda.

Lalu, apa hubungannya Quora dalam artikel ini? Tentu ada hubungannya. Melalui Quora, Anda dapat memilih topik yang sesuai dengan bahasan dalam website Anda. Selanjutnya, apabila terdapat pertanyaan-pertanyaan terkait, maka Anda dapat merekomendasikannya melalui link yang menghubungkan ke artikel yang menjadi topik pertanyaan.  Melalui hal tersebut, Anda sama saja menggiring seseorang yang mulanya hanya bergabung pada forum diskusi untuk mampir dan membaca konten pada website Anda. Dengan demikian, traffic Anda tentunya juga semakin meningkat.

 ⦿Memperluas Konten yang Ada dengan Melakukan Wawancara

Memang, banyak cara untuk menambahkan materi konten yang sudah Ada. Dan untuk membuat bahasan konten menjadi lebih dalam, Anda dapat menambahkan grafis, desain yang menarik, atau dengan wawancara. Namun, menurut DigitalMarketer.id, wawancara adalah cara yang mudah untuk mengembangkan materi konten yang sudah ada.

Lalu, siapa kandidat yang akan diwawancara? Bukankah sebelumnya kita harus memilih narasumber yang benar-benar expert di bidangnya?

Startupbisnis Konten Marketing
Wawancara dengan seorang ahli merupakan cara yang tepat untuki meraih kepercayaan pembaca.

Tentu saja, wawancara hanya Anda bisa lakukan jika Anda menemukan kandidat narasumber yang sudah mempunyai dan mumpuni sesuai dengan bidangnya. Misalnya, jika Anda menginginkan konten dengan topik digital marketing, maka saya ingin melakukan wawancara dengan owner pemilik situs yang banyak membahas digital marketing. Tidak harus ketemu langsung dengan orangnya secara langsung, Anda dapat mengajukan pertanyaan melalui telepon ataupun email.

Dengan begitu, konten Anda akan tampak meyakinkan, karena data benar-benar berasal dari seseorang yang telah expert di bidangnya. Selanjutnya, publikasikan konten tersebut ke banyak saluran media sosial Anda.

Bagaimana, cukup mudah ‘kan mengelola konten yang sudah Anda untuk memaksimalkannya agar traffic Anda semakin meningkat? Cobalah, percaya atau tidak hal itu benar-benar bekerja dengan baik! Lalu, apakah Anda punya pertanyaan untuk ditanyakan, atau Anda mempunyai cara lain selain cara-cara di atas? DigitalMarketer.id akan sangat bersemangat untuk mendengar komentar Anda pada kolom di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

One thought on “8 Cara Ampuh Content Marketing untuk Meningkatkan Traffic!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>