WordPress : Tool Content Marketing yang Sempurna untuk Entrepreuneur

Wordpress : Tool Content Marketing yang Sempurna untuk Entrepreuneur
12 Agustus 2016

Tool Content Marketing yang Baik untuk Bisnis

Merupakan sebuah realitas bahwa kita hidup dalam perkembangan teknologi.

Perkembangan ini semakin hari semakin besar dan terlihat, terutama dalam dekade terakhir saat internet mendominasi setiap aspek dari kehidupan kita.

Dari segi aspek kehidupan pribadi atau profesional, internet telah memberikan kemudahan dalam berbisnis kepada para penggunanya.

Sekarang, untuk bersaing dalam bisnis, jika hanya melalui dunia fisik tidaklah cukup. Kompetisi telah berlanjut ke dunia digital.

Orang yang beralih dari bisnis offline ke online mulai membangun web atau blog untuk mendukung kegiatan mereka dalam berbisnis.

Memiliki web dan blog juga memiliki tantangan tersendiri, karena mereka harus memahami tool Content Management Systems sebelum menjalankan web / blog.

WordPress merupakan salah satu CMS yang terkenal saat ini.

Artikel kali ini akan membahas tentang WordPress. Bukan hanya itu saja, kita juga melihat fitur-fitur yang luar biasa dari WordPress yang dicap sebagai tool yang paling unik dari semua CMS.

Mari disimak…

Presentase CMS

Sekarang ini, internet host ada lebih dari miliaran website. Dan 22.5% dari website di dunia dasarnya menggunakan WordPress.

Presentase yang besar, mengingat lebih dari 60% situs di seluruh dunia tidak menggunakan Content Management System.

Jadi, dari sisa 40%, jika WordPress sendiri memiliki 22.5% pasti mereka memiliki sesuatu yang sangat luar biasa.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal fitur-fitur WordPress, ada baiknya kita tahu tentang Content Management System (CMS).

Apa itu CMS?

cms-content-management-system-hosting

CMS adalah sebuah platform yang sangat cerdas dan canggih, yang membantu dalam mengelola konten dan tampilan website Anda dengan cepat dan mudah.

Apakah Anda ingin membuat, mengelola atau mempublikasikan content, CMS akan membantu Anda untuk melakukan semua itu.

Dengan menggunakan tool ini, Anda tidak hanya dapat menambah atau menghapus elemen dari situs Anda, tetapi juga dapat memberi perintah yang sangat baik untuk struktur dan tampilan.

Hal yang terbaiknya adalah semua ini tidak memerlukan coding.

Jadi, ketika Anda mengembangkan website Anda pada suatu CMS, Anda tidak perlu menjadi web developer yang professional dengan pengetahuan lebih mengenai code.

CMS akan secara otomatis bertindak seperti private developer Anda, dan menunggu instruksi untuk melakukan code.

Sebagai CMS, WordPress telah mendominasi komunitas internet. Nah, sekarang mari kita bahas mengenai WordPress sebelum berbicara lebih dalam lagi.

Sejarah Singkat WordPress

sejarah

Anda mungkin sering mendengar tentang WordPress tapi belum memahami betul apa itu WordPress.

Awal mula WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh progammernya yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.

Dan akhirnya rilis perdana pada 27 Mei 2003, WordPress merupakan sebuah tool open source online untuk membuat website.

WordPress mungkin menjadi tool yang paling mudah sekaligus platform yang paling kuat bagi blogger dan web developer yang ada sekarang.

Tool yang luar biasa ini mulanya sebagai platform blogging dan sekarang telah berkembang menjadi Content Management System yang cerdas, yang memungkinan penggunanya untuk membuat website yang sepenuhnya fungsional.

Walaupun sekarang ini banyak sekali jenis platform CMS yang tersedia di market, WordPress telah berhasil masuk posisi teratas dalam kategori CMS terbaik.

Kesuksesan yang dicapai ini sering dikaitkan dengan kesederhanaan dan fleksibilitas.

Dengan WordPress, website yang dapat up dan running secara otomatis saat Anda sama sekali tidak sempat untuk mengelolanya.

Yang Anda butuhkan adalah nama domain dan berbagai hosting provider yang tersedia dengan harga terjangkau.

Jenis WordPress

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit.

WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip.

Apa yang Membuat WordPress Menjadi Tool Content Marketing Terbaik?

Tool-Kit

Ada banyak alasan mengapa WordPress dianggap sebagai tool terbaik untuk content marketing Anda. Mari kita lihat secara step by step.

a. Menciptakan Platform

tampilan wp

Tampilan dalam WordPress

Ketika Anda ingin memasarkan content secara online, entah itu berupa artikel atau suatu produk atau jasa yang ditulis, Anda harus terlebih dahulu memiliki platform di mana Anda dapat mempublikasikannya. Di situlah gunanya WordPress.

Anda dapat menggunakan WordPress untuk mengembangkan beberapa bagian dari blog menjadi lebih menarik dan user-friendly maupun seluruh situs web di mana Anda dapat mempublikasikan content atau mengiklankan produk dan jasa Anda.

Dan semua ini tidak membutuhkan kemampuan coding sama sekali. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat account di WordPress.com dan mulailah menulis.

b. Membuat Postingan Anda Menarik Secara Visual

WordPress-Post-Attractive-768x951

Tidak ada orang yang ingin membaca article yang membosankan. Tapi bagaimana caranya Anda dapat membuat content menjadi menarik, untuk menangkap perhatian pembaca Anda?

Well, ternyata WordPress membuatnya menjadi lebih mudah dan simple untuk Anda.

Melengkapi blog Anda dengan theme yang indah dan cocok akan menjadikannya sebagai niche.

Ada banyak Themes dan Plugins yang tersedia dan mudah untuk diinstal.

Tema-tema ini sangat mudah dihandle dan ketika mengkustomasi blog atau content, Anda akan dapat mengaturnya sesuai dengan yang Anda inginkan.

Pluggin akan membantu Anda untuk mengakses fungsionalitas tambahan yang memudahkan Anda untuk memanage dan menghandle situs Anda.

Sebagian besar resource ini dilengkapi dengan panel pilihan sendiri, yang memungkinkan Anda untuk mengedit setiap bagian kecil dari postingan Anda, dengan inbuilt color, font, slider, etc, tanpa coding!

Anda juga bisa menambahkan beberapa link untuk menghubungkan situs lain, image, dan video untuk membuat blog atau situs web Anda menjadi lebih menarik. Semua itu cukup untuk mendapatkan pembaca.

Tapi ada yang harus diingat, semua yang disebutkan di atas hanya berperan sebagai hiasan saja. Belum tentu akan selalu membantu Anda untuk memenangkan game.

Anda perlu menulis content yang menarik dan berkualitas serta bermanfaat untuk mendapatkan pembaca yang baik.

Tapi ya memang harus diakui, tidak peduli sebagus apapun content yang Anda tulis, tanpa adanya image, rasanya belum lengkap.

WordPress membantu Anda dengan membuat postingan dan situs yang menarik.

Anda dengan mudah menambahkan image dengan meng-upload dari directory dan menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.

c. Mengoptimasi Postingan Anda

Langkah ketiga dalam strategi marketing, Anda perlu mengoptimasi postingan. Sekarang Anda sudah siap untuk menulis, dan pastinya Anda ingin apa yang ditulis diketahui semua orang.

Jadi, agar orang-orang dapat menjangkau postingan Anda, yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan post tersebut supaya search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing bisa menampilkannya pada result mereka.

Tetapi untuk mengoptimalkan posting Anda untuk search engine, Anda harus tahu cara yang tepat bagaimana Anda dapat melakukannya.

Banyak orang yang rela untuk mengikuti kelas khusus untuk belajar hal ini. Namun tidak sedikit dari mereka gagal untuk menguasainya.

Platform yang cerdas dan canggih seperti WordPress sudah sangat friendly dengan SEO.

Jika Anda masih meragukannya, Anda dapat langsung menginstal plugin SEO seperti Yoast dan pastikan sendiri bahwa content Anda dioptimalkan.

Plugin ini membantu Anda untuk menghasilkan postingan yang friendly dengan SEO. Seperti menentukan keyword research, menambah meta description, mengoptimasi image Anda atau memastikan postingan Anda agar mudah dibaca.

Terdapat indikasi warna yang akan memberitahu Anda apakah content Anda sudah baik dan siap untuk dipublish.

indikasi WP

semakin banyak warna hijau, semakin baik kualitas content Anda.

d. Mempublikasikan Content Anda

Yang terakhir dan merupakan proses yang paling penting dari strategi marketing Anda yaitu melibatkan publikasi content.

Mengingat bahwa kita hidup di jaman social media, mem-broadcast content Anda bukanlah hal yang sulit.

Yang perlu Anda lakukan adalah men-share content Anda di Platform Social Media. Content Anda bisa mendapat lebih banyak perhatian di situs social daripada platform lain.

Hal ini bisa berpotensi membuat content Anda menjadi viral dalam hitungan jam.

Bagaimana caranya? Anda bisa menginstal Social Media Plugins dan mulai men-sharing content Anda hanya dengan beberapa klik.

Keuntungan Menggunakan WP

benefits

Edit & Upgrade

Setiap orang pasti sering mengalami yang namanya kesalahan dalam mengetik, sebuah ketidaktelitian statistic atau salah eja pada postingan mereka setelah mengklik tombol publish.

Kesalahan kecil seperti itu pun berisiko sangat besar untuk content yang kita buat, bisa jadi penurunan minat baca dari para pengunjung.

Jadi bagaimana cara untuk memperbaiki semuanya?

WordPress membiarkan Anda untuk memperbaiki semua kesalahan dan meng-update postingan Anda sangat cepat dari dashboard Anda tanpa memberikan kesulitan yang berarti.

Sekali Anda mengklik tombol update, postingan yang telah diedit secara otomatis akan mengganti postingan yang sebelumnya.

Ini berlaku untuk semua postingan, tidak peduli berapa banyak content yang telah Anda share.

Anda juga dapat meng-upgrade Theme dan Plugin yang telah Anda install. Setiap kali ada versi baru dari Theme dan Plugin maka secara otomatis akan Anda akan diberitahu dan diingatkan untuk memperbaruinya dari dalam Dashboard Admin Anda.

Support

Komunitas dari pengguna WordPress jumlahnya tidak terbatas. Lingkaran sangat aktif ini terus bekerja untuk memodifikasi dan melakukan upgrade.

Selain itu banyak tutorial, forum, dokumentasi, dan Questions & Answers yang tersedia di internet.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan WordPress, Anda dapat mengakses ke salah satu dari yang sudah disebutkan pada paragraph sebelumnya untuk mendapat support dan bantuan.

Anda pasti akan mendapat bantuan.

Open Source dan Free

Yang menarik orang untuk menggunakan WordPress adalah selain terdapat banyak feature dan fungsi, software ini Free.

Karena open source, Anda dapat membaca, mempelajari dan memodifikasi code.

Oh, iya! Bukan hanya free, kebanyakan theme dan plugin dapat diinstal di situs manapun tanpa harus mengeluarkan uang.

Selanjutnya…

Anda membaca sampai di penghujung artikel ini? Berarti Anda sudah mendapat gambaran bagaimana menggunakan software ini kan?

Yang dapat ditarik kesimpulan dari artikel kali ini adalah memang tidak semua orang memiliki skill yang cukup untuk meng-code sebuah situs agar menjadi menarik dan user-friendly.

Tapi WordPress muncul sebagai tool content marketing dan memudahkan para pengguna. Bukan hanya itu saja, software ini ibaratnya seperti asisten pribadi yang akan membantu Anda untuk mengurus semua content secara otomatis.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuat website atau blog untuk bisnis serta mencoba untuk menggunakan WordPress sebagai CMS dan tool content marketing?

Selamat mengeksplorasi!

Baca juga artikel mengenai :

Bagikan pengalaman Anda dalam menggunakan WordPress atau yang berhubungan dengan topik ini kepada Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!

Related Posts