13 Digital Marketing Tools untuk Meningkatkan Produktivitas Anda

tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja
28 Desember 2016
Bagikan artikel ini

Tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja bisa membantu Anda dalam menghemat waktu, sehingga Anda dapat menyelesaikan proyek yang sudah ditetapkan deadlinenya.

Berbagai tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja ini juga membantu Anda untuk memperoleh keseimbangan hidup antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Jadi Anda tetap menjadi seorang yang professional!

Bukan hanya itu saja, berbagai tools ini bisa membantu Anda untuk menciptakan presentasi yang menarik, memungkinkan Anda untuk mendapatkan promosi!

Dan tidak perlu berpanjang lebar lagi dalam pembukaan, mari kita kupas selangkapnya pada paragraph berikut ini!

Segera kita mulai pembahasannya!

Tools yang Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sebenarnya ada banyak sekali tools online yang “bertebaran” di mana-mana kalau Anda menyempatkan waktu untuk searching di Google, tapi tidak semua tools yang Anda temukan bisa efektif kalau ternyata tidak sesuai dengan yang bidang pekerjaan Anda di dunia digital marketing.

Untuk membantu Anda, artikel kali ini akan menyaring 13 tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda.

1. PDF to PPT Converter

1Membuat PowerPoint dari nol itu merupakan hal cukup rumit, terutama ketika Anda ingin memasukkan PDF ke dalam slide.

Dengan converter ini, Anda bisa mengubah PDF menjadi slide PowerPoint. Hanya upload PDFnya dan file tersebut akan terconvert secara online.

Jika Anda khawatir soal privasi, semua file yang Anda upload akan terhapus dari tool 1 jam setelah diconvert.

2. RFP Monkey

2Tool ini merupakan solusi otomatisasi yang baik dan membantu Anda dalam merespon lebih cepat serta lebih baik untuk RFP (request for proposal) atau RFI (request for information).

Ini akan membantu Anda dalam menggunakan kembali, menggabungkan, mengkategori, bahkan mencari sumber data pengetahuan yang kemudian akan diolah menjadi sebuah informasi untuk Anda.

Anda bisa melakukan tracking tugas proyek dari anggota tim dan melihat kemajuan RFP atau RFI.

3. Awesome Screenshot

3

Salah satu tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda ini akan membantu Anda untuk meng-capture screenshot untuk semua atau beberapa bagian dari web page.

Anda bisa menambahkan penjelasan, dimasukkan ke dalam komentar, memblur informasi yang sensitive, menyimpan dan mengatur image, mendapatkan feedback desain dari rekan kerja Anda pada screenshot.

Anda juga dapat menambahkan tool ini sebagai ekstensi di web browser Chrome Anda.

4. SnagIt

4

Website ini mirip dengan Awesome Screenshot, Snagit akan membantu Anda untuk meng-capture image pada komputer dengan beberapa klik saja.

Anda bisa mengkustomasi screen yang Anda capture dengan markup tools. Anda juga bisa menciptakan video cepat dengan merekam screen Anda dan kemudian memberikan narasi serta merapikannya.

Snagit juga dapat diakses dari Android dan iOS dengan Fuse app, jadi Anda dapat mengirim foto dan video dari mobile ke Snagit editor Anda.

5. Pixlr Express

5Editor foto online ini bisa membantu Anda untuk mengatur ulang size dan memotong gambar melalui browser web Anda.

Selain itu Anda juga bisa mengaplikasikan perbaikan secara cepat pada gambar, menambahkan efek, dan border.

6. Tomato Timer

6

Tool yang mobile-friendly ini membantu Anda agar dapat mengambil waktu untuk istirahat sejenak ketika Anda menggunakan teknik Pomodoro yang fleksibel, yaitu metode manajemen waktu untuk memecah pekerjaan ke dalam interval (biasanya 25 menit untuk fokus pada pekerjaan dan 5 menit untuk istirahat sebentar).

Dengan timer ini, Anda bisa menghentikan dan me-reset waktu, mendapat pemberitahuan pada desktop dengan notifikasi audio, dan mengubah volume serta sound alertnya.

Kalau Anda ingin mengatur dan menambah lebih banyak waktu istirahat di hari kerja Anda, ini adalah salah satu tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda.

7. Toggl

7Tool ini adalah aplikasi untuk mentracking waktu. Ketika Anda klik tombol Toggl, waktu akan mulai berjalan dan Anda dapat melacak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai tugas.

Anda bisa melakukan semua ini melalui web browser Anda atau Anda bisa menginstallnya di desktop.

8. Rescue Time

8Mirip dengan Toggl, tetapi tool ini lebih banyak bell dan pemberitahuannya. Salah satu tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja ini akan menunjukkan kepada Anda berapa lama waktu produktif Anda dalam sehari.

Bukan hanya harian, Anda akan meihat kapan waktu terbaik dan terburuk Anda dalam mingguan/bulanan/tahunan.

Tinggal install pada desktop dan kemudian Anda dapat mulai mentracking waktu produktif Anda.

9. Email Future

9

Tools ini akan mengirimkan email ke diri Anda sendiri di masa depan. Entah apakah itu email pengingat dalam setengah jam atau pesan untuk diri Anda sendiri dalam 5 atau 10 tahun.

Merupakan cara yang bagus untuk mengingatkan diri Anda tentang hari-hari yang penting (seperti ulang tahun, hari jadi, event olahraga, kapan tiket konser akan mulai dijual, dealine proyek) atau mengingatkan Anda untuk membeli sesuatu di toko swalayan.

Anda dapat mengirimkan link bermanfaat yang Anda temukan di internet atau mengirimkan email tentang daftar goal yang ingin Anda capai dalam 5, 10, atau 15 tahun dari sekarang.

10. List.ly

10Kita semua menyukai list. Ada beberapa orang suka menciptakan list dari hal-hal yang mereka favoritkan. Jika Anda seorang blogger dan Anda ingin menjaga list yang Anda buat, ini adalah salah satu tool yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda.

Ini memberikan Anda format list yang interaktif dan menarik bagi pembaca Anda.

11. Readability Score

11Ingin tahu seberapa baiknya tingkat keterbacaan konten Anda? Kalkulator online ini akan membantu Anda untuk menentukan tingkat kemudahan konten dalam dibaca, dengan skala 0-100.

Tool ini akan memberitahu berapa jumlah karakter, suku kata, jumlah kata, jumlah kalimat, karakter per kata, suku kata per kata, dan kata-kata per kalimat.

12. Grafik Social Media by Canva

12Anda ingin membuat grafis keren untuk di platform social media seperti Facebook, Pinterest, Twitter, Google+ dan Instagram? Kalau begitu, tool ini cocok digunakan!

Di Canva, Anda bisa mengakses 100 layout! Buka Canva, pilih layout untuk channel social media tertentu, upload stok gambar Anda sendiri atau dari stok image pada aplikasi tersebut, perbaiki gambar, edit teks, dan kemudian save.

13. Pablo by Buffer

13Mirip dengan Canva, Pablo adalah tool yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda dengan menciptakan gambar yang meng-engange di jaringan social media.

Dengan tool ini, Anda tidak perlu sign in dan pengalaman dalam desain.

Anda hanya mengetik teks (ada sekitar 130 kutipan inspirasi untuk dipilih), gambar sebagai background dari foto atau dari gambar-gambar professional seperti UnSplash.

Kemudian, Anda dapat berbagi gambar melalui Twitter, Facebook atau menambahkannya ke ke antrian Buffer Anda.

Mana yang Anda Pilih?

Baik, sekarang kita sudah sampai pada penghujung artikel. Dari sekian banyak tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda, kira-kira mana yang Anda gunakan terlebih dahulu?

Apa pun yang Anda pilih, setidaknya Anda langsung mempraktikkannya untuk menguji apakah tools tersebut cocok dengan gaya kerja Anda.

Jika Anda ingin mendapat wawasan lagi tentang tools bermanfaat, berikut ini ada beberapa artikel menarik lainnya untuk Anda :

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik atau pengalaman dalam menggunakan tools yang dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>