Plugin WordPress Terbaik untuk Membangun Toko Online Anda

Plugin wordpress terbaik
4 Mei 2016
Bagikan artikel ini :

Apakah Anda ingin membangun sebuah toko online? Ingin tahu plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda?

Memilih plugin eCommerce yang tepat sangat penting untuk bisnis Anda karena platform yang lebih baik berarti lebih banyak kesempatan untuk berkembang dan efektif.

Pada artikel ini, kita akan membandingkan 5 plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda.

Yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Plugin WordPress Terbaik untuk Toko Online Anda

Ada banyak plugin eCommerce di WordPress. Tapi tidak semua dari plugin tersebut memiliki dari fitur penting yang Anda butuhkan untuk memulai toko online Anda.

Beberapa plugin eCommerce ada yang lebih pas untuk menjual produk-produk digital seperti eBook, foto, musik, dll. Sementara yang lain lebih cocok untuk menjual barang fisik, yang membutuhkan pengiriman dan manajemen persediaan. Ada juga plugin eCommerce yang bekerja dengan baik pada kedua hal tersebut.

Dalam memilih plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda, itu tergantung pada apa yang akan Anda jual dan fitur apa yang Anda akan perlukan agar lebih efisien menjalankan toko online Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan budget yang Anda alokasikan untuk plugin ini dan metode pembayarannya.

Pastikan bahwa plugin yang Anda pilih mendukung cara atau metode pembayaran yang bisa Anda gunakan.

Plugin eCommerce Anda tidak akan menjadi satu paket dengan tema. Anda perlu untuk melihat bahwa plugin yang Anda pilih dapat bekerja secara baik dengan tema yang ingin Anda gunakan juga.

Tidak mungkin untuk plugin eCommerce memiliki semua fitur. Sebagian besar dari para web developer memecahkan masalah ini dengan plugin addons.

Addonss ini memperluas fungsi plugin eCommerce Anda. Pastikan bahwa ada cukup addons plugin untuk menghubungkan situs eCommerce WordPress Anda dengan layanan lainnya.

Terakhir namun juga penting, Anda perlu melihat bagaimana Anda bisa mengelola plugin tersebut. Apakah Anda akan menggunakan jasa web developer untuk mengelola website atau toko online Anda.

Dan pastikan juga bahwa, plugin yang akan Anda gunakan memiliki sistem pendukung atau customer support di mana Anda bisa mendapatkan bantuan ketika plugin tersebut tidak bekerja dengan baik.

Apa yang Anda perlukan untuk Menjalankan Website eCommerce atau Toko online?

Website e-commerce yang intensif sumber daya, sehingga hal pertama yang Anda akan butuhkan adalah Wordpress hosting yang bagus dan kuat untuk menyimpan banyak data dari toko online Anda nantinya.

Apa itu WordPress hosting? Jika Anda belum tahu, Anda bisa mengetahuinya pada pembahasan berikut >>> Cara Membuat Blog: Panduan Membuat Blog/Website Profesional

Jika Anda masih mempertimbangkan tentang budget , maka Anda bisa mulai dengan Bluehost. Hosting ini mempunyai paket yang bernama E-commerce plan dilengkapi dengan SSL Certificate yang Anda butuhkan untuk mengumpulkan pembayaran dengan aman, dedicated IP, dan customer support yang cukup bagus.

Mereka juga memasang plugin WooCommerce secara default. Kita akan membahas lebih lanjut tentang plugin WooCommerce nanti.

Jika tidak ada masalah dengan budget, dan Anda ingin performa terbaik, server yang kuat, maka kami sarankan menggunakan penyedia Wordpress Hosting eperti WPEngine, BigScoots, atau Rackspace.

Berikutnya, Anda akan perlu memilih nama domain untuk website Anda. Setelah itu, Anda perlu memilih plugin bisnis yang penting dan akan Anda butuhkan seperti OptinMonster yang membantu Anda mengurangi keranjang belanja ditinggalkan dan meningkatkan penjualan.

Karena itu, mari kita lihat beberapa plugin WordPress terbaik berikut untuk toko online Anda.

WooCommerce

Plugin wordpress terbaik

WooCommerce adalah salah satu plugin WordPress terbaik dan yang paling populer.Diakuisisi oleh Automattic (perusahaan di balik Wordpress.com, layanan hosting website) pada tahun 2015.

Ada banyak addons dan tema yang tersedia untuk WooCommerce. Mereka juga memiliki pengguna dan komunitas pengembang yang besar.

Kelebihan Menggunakan WooCommerce

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan WooCommerce sebagai salah satu plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda:

Ekstensi dan Tema – Ada ratusan ekstensi dan tema yang tersedia untuk WooCommerce, yang mempermudah Anda untuk menambahkan fitur baru ke website eCommerce atau toko online Anda. Banyak koleksi tema, berarti Anda memiliki banyak pilihan ketika memilih desain untuk website dan toko online Anda.

Mendukung penjualan produk Digital dan Fisik – Dengan WooCommerce Anda dapat menjual produk fisik maupun digital (seperti eBook, musik, software, dll). Dengan integrasi WooCommerce Envira Gallery , Anda dapat dengan mudah menjual foto dari website Anda.

Jual Affiliate atau Produk Eksternal – Menggunakan WooCommerce, Anda dapat menambahkan afiliasi atau produk eksternal ke situs Anda. Affiliate marketer dapat membuat halaman produk dan memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik.

Inventarisasi Manajemen Lengkap – WooCommerce dilengkapi dengan tool-tool untuk dengan mudah mengelola persedian produk Anda.

Pembayaran dan Pilihan Pengiriman – WooCommerce memiliki dukungan builtin untuk metode pembayaran populer seperti paypal, dan Anda dapat menambahkan banyak pilihan pembayaran lainnya menggunakan ekstensi. Ini juga dapat menghitung biaya pengiriman dan pajak.

Dukungan dan Dokumentasi – dokumentasi yang sangat baik tersedia secara online untuk WooCommerce. Terlepas dari dokumentasi, ada juga help desk, knowledge base, dan forum komunitas yang tersedia.

Kekurangan Menggunakan WooCommerce

Terlalu Banyak Pilihan – WooCommerce sangat mudah untuk digunakan, tetapi jumlah pilihan yang tersedia di halaman pengaturan bisa sangat membingungkan bagi pengguna baru.

Menemukan Addonss – Ada banyak addonss yang tersedia untuk WooCommerce, kadang-kadang pengguna mungkin tidak menemukan addons yang tepat untuk fitur yang mereka butuhkan.

Dukungan tema – WooCommerce bekerja dengan tema WordPress, tetapi tidak selalu mudah untuk mengaturnya serasi dengan tema yang digunakan. Anda membutuhkan tema yang sudah siap atau sudah mendukung plugin WooCommerce agar Anda bisa menggunakan semua fitur-fiturnya tanpa terlalu banyak kerumitan.

WooCommerce adalah pilihan yang sempurna untuk setiap jenis situs eCommerce.

WooCommerce memiliki komunitas pengembang dan pengguna yang besar, banyak addonss dan tema, dukungan yang sangat baik untuk website multibahasa , dan pilihan yang bagus untuk plugin gratis dan berbayar.

Easy Digital Downloads

Plug in wordpress terbaik

Easy Digital Downloads memungkinkan Anda untuk dengan mudah menjual produk digital secara online menggunakan WordPress.

Hal ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur canggih untuk membuat toko produk digital yang indah dan fungsional.

Kelebihan Menggunakan Easy Digital Downloads

Dirancang Untuk menjual produk Digital  – Easy Digital Downloads (EDD) memang dibuat dari setiap detailnya untuk menjual download digital. Tidak seperti plugin eCommerce yang dapat digunakan untuk menjual semua jenis produk, EDD memberikan pengalaman yang jauh lebih baik untuk menjual produk-produk digital.

Mudah Gunakan – Easy download digital sangat mudah digunakan, dari awal Anda akan langsung ditunjukan cara untuk menambahkan produk dan menampilkan produk. Ini benar-benar berguna bagi para pemula dan pengguna pertama dari plugin tersebut.

Ekstensi – Ada ratusan ekstensi yang tersedia untuk Easy Digital Downloads. Addonss untuk banyak metode pembayaran, platform, servis, dan untuk menambahkan fitur tambahan.

Tema – Easy Digital Downloads dapat bekerja dengan baik pada hampir semua tema WordPress, namun jika Anda belum memilih tema WordPress, maka Easy Digital Downloads mempunyai tema yang khusus dibuat dibangun plugin ini.

Support yang bagus – Plugin ini didokumentasikan dengan sangat baik, Anda memiliki forum bebas dukungan, video, tutorial, dan bahkan chatroom IRC. Ada juga pilihan dukungan prioritas bagi pengguna premium.

Kekurangan Menggunakan Easy Digital Downloads

Hanya Download produk Digital – Seperti namanya, Easy Digital Downloads membuatnya lebih mudah untuk membuat situs eCommerce yang menjual produk digital. Tetapi jika Anda ingin menjual barang non-digital dengan Easy download digital maka akan menjadi sangat rumit.

Jual Produk Eksternal – Jika Anda ingin menambahkan produk eksternal atau produk afiliasi ke toko EDD Anda, maka Anda perlu menginstal add on pihak ketiga untuk itu.

Ketika Anda ingin menjual produk digital secara online, Easy Digital Downloads adalah plugin terbaik untuk melakukan hal tersebut. Banyak website-website lain yang sukses menjual produk digital mereka dengan plugin EDD ini.

iThemes Exchange

Plug in wordpress terbaik

Dibuat oleh orang-orang di belakang Plugin BackupBuddy, Ithemes Exchange adalah plugin di WordPress yang cukup menjanjikan.

Kelebihan Menggunakan iThemes Exchange

Beberapa Jenis Produk – iThemes Exchange mendukung penjualan produk digital dan produk fisik. Plugin ini juga memiliki addons berbayar untuk memberships dan subscriptions untuk website Anda.

Pengaturan  Mudah dan Cepat – Setelah aktivasi, Anda akan di bawa langsung ke setup wizard (pengaturan) di mana Anda dapat dengan cepat membuat website atau toko online Anda dengan memilih apa yang akan dijual dan bagaimana Anda akan menerima pembayaran (metode pembayaran).

UI  yang Intuitif – iThemes Efek menawarkan interface pengguna yang sangat bagus untuk menambah produk dan mengelola toko online Anda.

Gratis Stripe Add on – Kebanyakan plugin lainnya ditawarkan dengan harga sekitar  $40- $80 untuk Stripe addons, iThemes Exchange memiliki stripe yang addons tersedia secara gratis dan untuk unlimited website.

Kekurangan Menggunakan iThemes Bursa

Komunitas yang lebih kecil – iThemes Exchange lebih muda dari kebanyakan plugin eCommerce populer lainnya. Meskipun ada banyak dokumentasi, dukungan, dan addonss yang tersedia. Anda mungkin merasa bahwa komunitas mereka masih terus berkembang.

Plugin ini mempunyai potensi yang bagus. Kami akan merekomendasikan untuk pengguna yang tahu apa yang mereka akan jual, dan metode pembayaran apa yang mereka gunakan.

Instalasi yang mudah dan cepat membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi pengguna baru yang tidak ingin diganggu oleh terlalu banyak pilihan.

Shopp

Plug in wordpress terbaik

Plugin WordPress terbaik yang keempat untuk toko online Anda adalah plugin Shopp. Mari kita lihat beberapa pro dan kontra itu.

Kelebihan Menggunakan Shopp

Tabel terpisah di database – Pengembang dari plugin Shopp, percaya bahwa dengan menggunakan tabel terpisah dalam database, mereka dapat meningkatkan kinerja database, yang hasilnya dapat divalidasi lebih cepat dan kecepatan memuat halaman (page load) jadi lebih cepat bagi pengguna.

Beberapa Jenis Produk – Shopp Plugin mendukung jenis produk fisik, digital, dan virtual. Tidak seperti plugin lain yang disebutkan pada artikel ini, Subscription jenis produk di Plugin Shopp memungkinkan Anda untuk menjual produk dengan metode pembayaran recurring payment, tanpa menggunakan tambahan ekstensi lagi.

Keamanan – Plugin Shopp ini dirancang dengan berstandar PCI DSS. PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) adalah sebuah standar keamanan data pemegang kartu baik kartu kredit, ATM, debit, maupun e-money. PCI DSS ini dipelopori dan didirikan oleh 5 jaringan pembayaran internasional American Express, Discover, JCB, Mastercard, dan Visa. Plugin ini memberikan perhatian khusus untuk keamanan dan keselamatan yang membantu Anda membuat toko online yang bertsandar PCI-DSS.

Kekurangan Menggunakan Shopp

Dukungan gratis yang Terbatas – Kekurangan yang paling berpengaruh dari menggunakan Shopp Plugin adalah bahwa mereka tidak memiliki forum dukungan gratis. Anda harus membayar untuk dukungan (support) dan akses ke forum komunitas mereka.

Membuat Tabel terpisah – memang sebelumnya ini bisa menjadi kelebihan, tapi bisa juga menjadi kekurangan. Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan database tabel yang terpisah secara signifikan mempengaruhi kecepatan sebuah website.

Tema terbatas – pada dasarnya Plugin Shopp dapat bekerja dengan banyak tema WordPress. Namun, jika Anda mencari tema yang memang dirancang khusus untuk plugin ini, maka sangat sedikit pilihan yang tersedia.

Shopp adalah plugin yang bagus untuk menjual apa pun yang Anda inginkan. Tetapi jika Anda adalah pengguna baru, maka Anda mungkin akan perlu membeli premium support subscription mereka. Anda juga mungkin ingin menggunakan Shopp, jika Anda merasa bahwa plugin lainnya tidak berstandar PCI-DSS.

Shopify

Plug in wordpress terbaik

Shopify adalah platform eCommerce yang berkembang pesat dan menangani segala sesuatu yang berhubungan dengan toko online Anda. Bahkan DigitalMarketer.id pernah mengulas bagaimana membuat toko online dalam 15 menit menggunakan shopify

Meskipun sebelumnya shopify adalah platform yang berdiri sendiri, Shopify kini juga menyediakan plugin yang terintegrasi dengan WordPress. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan plugin Shopify ini.

Kelebihan Menggunakan Shopify

Super Mudah untuk Pemula – Tidak perlu khawatir tentang aspek teknis dari sebuah website eCommerce atau toko online seperti mengatur SSL, mengintegrasikan dengan metode pembayaran yang berbeda, pengiriman, pajak, dan lain-lain, Shopify akan menangani itu semua.

Mendukung penjualan produk Digital maupun produk Fisik – Apakah Anda menjual produk fisik seperti kaos atau produk digital seperti download musik, Shopify dapat menangani itu semua.

Inventory Manajemen yang Lengkap – Shopify dilengkapi dengan inventory editor dan bulk importer dikombinasikan dengan order tracker yang membuat pengelolaan persediaan produk menjadi lebih mudah.

Pilihan Pembayaran dan Pengiriman – Shopify mempermudah Anda untuk menerima pembayaran kartu kredit baik online dan secara langsung. Sistem pengiriman juga bisa integrasi langsung dengan USPS (Kantor pos Amerika).

Facebook Store, Buyable Pins, dan Twitter Buy Button – Shopify terintegrasi dengan banyak platform lain. Apakah Anda ingin membuat toko di Facebook, menambahkan tombol beli di Twitter, atau membuat buyable Pins di Pinterest, Anda dapat melakukan semuanya dengan Shopify.

Kekurangan Menggunakan Shopify

Biaya bulanan – Shopify mengenakan Anda biaya bulanan untuk menggunakan platform tersebut. Itu sebanding dengan pembelian hosting dan addonss individu plugin lainnya dalam daftar ini.

Pembayaran Shopify – Shopify mendorong Anda untuk menggunakan platform pembayaran mereka yang didukung oleh Stripe dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula. Namun jika Anda ingin menggunakan sistem eksternal, maka Shopify akan mengenakan Anda biaya tambahan.

Jika Anda ingin memiliki platform yang kuat tanpa harus berurusan dengan masalah teknis, maka Shopify adalah solusi untuk Anda. Sementara biaya bulanan pada awalnya terlihat bukan sebuah perhitungan yang bagus, tanpa dipusingkan dengan masalah teknis itu bisa menjadi hal yang sebanding. Karena, memungkinkan Anda untuk fokus melakukan yang terbaiku untuk bisnis Anda!

Kesimpulan

Jika Anda ingin kontrol yang maksimum, fleksibilitas, dan fitur, maka WooCommerce adalah solusi terbaik untuk Anda.

Jika Anda hanya menjual produk-produk digital, maka Anda harus mempertimbangkan Easy Digital Downloads.

Jika Anda ingin pengaturan yang cepat dan penggunaan yang mudah terbebas dari kerumitan teknis, maka Shopify adalah plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan plugin WordPress terbaik untuk toko online Anda. Anda bisa berbagi pengalaman dan pendapat Anda tentang plugin WordPress untuk toko online bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Related Posts