Google Adwords Express : Seberapa Efektifkah Platform Ini untuk Bisnis Lokal?

memasang iklan
7 September 2016
Bagikan artikel ini
  • 27
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    27
    Shares

Memasang iklan adalah salah satu elemen penting dalam sebuah bisnis, terutama jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki bisnis lokal.

Seperti yang kita ketahui, fungsi dari memasang iklan adalah selain memperkenalkan brand juga untuk mempromosikan produk atau jasa dari bisnis.

Dan sekarang ini banyak platform yang bermunculan untuk membantu para pebisnis memasang iklan di internet.

Salah satunya adalah Google. Perusahaan besar dalam bidang teknologi pencarian, komputasi web, software dan ads ini menyediakan apa yang dicari oleh para pebisnis di dunia digital saat ini.

Beberapa waktu yang lalu, Google telah meluncurkan sebuah platform Google Adwords Express.

Anda bertanya apa perbedaannya dengan Google Adwords biasa? Kalau begitu Anda telah berada dalam artikel yang tepat.

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu Google Adwords Express, apa perbedaannya dengan generasi sebelumnya, dan juga kita akan mencari tahu seberapa efektikah platform ini untuk bisnis lokal.

Penasaran? Mari segera kita mulai pembahasannya.

Memasang Iklan Menggunakan Google Adwords Express

Apa Itu Google Adwords Express?

Top-5-Reasons-Why-You-Need-Banner-Ads

Banyak sekali postingan yang berisi tentang cara praktik dan mengefektifkan Adwords yang bertujuan mendrive traffic serta lead untuk semua jenis bisnis.

Tetapi masih sedikit yang postingan yang berfokus pada Adwords Express (AWE) dan mengecek keefektivitasannya untuk bisnis lokal, pro dan kontranya, serta langkah praktik untuk menggunakannya.

Sebelum membahas ke dalam inti, ada baiknya kita bahas dari hal yang paling dasar dulu, yaitu mengenal AWE.

Adwords Express atau AWE pada dasarnya adalah versi simple dari Google Adwords (alias PPC ads atau pencarian ads berbayar).

Google berjuang untuk memperkenalkan serta mengajak para pemilik bisnis kecil untuk menggunakan Adwords karena terlalu kompleks.

Hal ini membutuhkan waktu dan pengetahuan agar dapat membuatnya bekerja secara efisien dari segi cost, dan pemiliki bisnis kecil adalah orang-orang yang kekurangan waktu.

AWE dirancang khusus untuk bisnis lokal kecil. Terdapat panduan untuk proses set-up yang membuatnya cepat serta mudah untuk dibangun dan dijalankan dengan ads yang berbayar di Google.

Sebuah bisnis dapat menargetkan customer potensial berdasarkan minat, lokasi dan bahasa hanya dalam 3 klik dan memasang iklan mereka live di bawah 5 menit.

Terdengar terlalu bagus untuk menjadi nyata, bukan? Mari kita cek…

Berikut ini adalah beberapa fakta tentang AWE yang perlu Anda ketahui.

awexpress-logo-text

  1. Bisnis harus memiliki akun Google My Business (GMB)

Untuk menggunakan AWE, bisnis harus memiliki akun Google My Business yang aktif. Ketika Anda membuat AWE campaign, pertama Anda pilih profil bisnis GMB dan membuat ad campaign.

Sekali campaign berjalan, Anda dapat melihat top-level campaign ditampilkan dalam dashboard GMB Anda dan dapat mengklik dashboard AWE Anda untuk melihat data view, klik dan keyword.

  1. Di mana iklan Adwords Express muncul?

Mereka muncul di semua tempat iklan Adwords yang biasanya muncul, di bagian atas halaman Google Search, pada halaman Google Maps & di seluruh jaringan situs partner Google.

Iklan AWE juga terlihat sama dengan iklan Adwords normal, jadi tidak ada membedakan mereka.

  1. Apakah terdapat minimum budget dan durasi untuk menjalankan Adwords Express?

Minimum budgetnya sangat rendah, kira-kira $1,5/hari atau $45/bulan (19 ribu rupiah/hari atau 593 ribu rupiah/bulan).

Anda mengatur anggaran harian dan Google mengubahnya menjadi jumlah bulanan. Jadi campaign Anda akan berlangsung selama 1 bulan dengan menampilkan iklan Anda setiap hari sampai mengena budget harian Anda.

Pada titik ini, iklan akan berhenti menampilkan gambar sampai di hari berikutnya ketika Anda memperbaharui budget harian lagi.

AWE juga menyediakan panduan untuk mengetahui aktivitas kompetitor Anda, seperti untuk apa saja mereka melakukan spending. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui ukuran maksimum market Anda.

Apakah Adwords Express Memberikan ROI untuk Bisnis Lokal?

Pada bulan Maret 2016 BrightLocal melakukan survei online, mereka menanyakan tentang penggunaan AWE dan pengalaman yang didapat oleh UKM serta marketer lokal.

Mereka mengontak lebih dari 2000 orang, tetapi yang menyelesaikan survei hanya 305 orang. Alasan utama untuk respon yang rendah sangat simple, tidak banyak orang yang menggunakan AWE. Jadi tidak bisa berkomentar tentang hal itu.

Berikut ini 5 grafik yang memberikan gambaran jelas tentang apa yang pengguna AWE pikirkan.

Seberapa Familiarkah Anda dengan Google Adwords Express?

HOW-FAMILIARHasil temuan :

  • 64% responden sangat familiar dengan Google AdWords Express.
  • 26% responden tidak yakin bagaimana cara kerja Google AdWords Express.
  • 10% responden tidak pernah mendengar tentang Google AdWords Express.

Apakah Anda Menggunakan AdWords atau AWE untuk Bisnis / Klien Anda?

AWE = Google Adwords Ekspres (lihat penjelasan di atas)

Adwords = layanan regular Google Adwords

DO-YOU-USE-ITHasil temuan :

  • 51% responden menggunakan Google AdWords untuk semua dan sebagian besar klien mereka.
  • 29% responden menggunakan AWE untuk setidaknya beberapa dari klien mereka.
  • 9% mengatakan mereka gagal menggunakan Google AdWords vs 30% dengan Google AdWords Express

Analisis :

Jadi jelas bahwa lebih banyak orang yang menggunakan Adwords dibandingkan AWE. Untuk alasannya bisa Anda eksplor di bagian bawah.

Menariknya, lebih dari 3x orang berpendapat bahwa AWE tidak berhasil dibandingkan dengan Adwords.

Sejauh ini, Adwords lebih menjadi favorit dibanding AWE.

Seberapa Efektif Adwords Express dalam Menghasilkan Traffic Website?

GENERATING-TRAFFIC

Hasil temuan :

  • 57% mengatakan AdWords Express TIDAK EFEKTIF untuk menghasilkan traffic.
  • 39% mengatakan AdWords Express EFEKTIF untuk menghasilkan traffic.
  • Hanya 4% mengatakan AdWords Express SANGAT EFEKTIF untuk menghasilkan traffic.

Analisis :

Di sini dapat dilihat mengapa Adwords mengalahkan AWE. AWE sangat tidak efektif dalam mendrive klik untuk sebagian besar orang yang telah menggunakannya.

Hanya 4% dari responden yang mengatakan hal itu sangat efektif untuk membawa customer ke situs mereka.

Apakah AdWords Express Memberikan ROI yang Baik untuk Bisnis / Klien Anda?

ROIHasil temuan :

  • 78% responden mengatakan Adwords Express memberikan ROI yang rendah.
  • 20% responden mengatakan Adwords Express memberikan ROI yang sedang.
  • 2% responden mengatakan Adwords Express memberikan ROI yang tinggi.

Analisis :

Faktanya, hasil di atas membuktikan bahwa kinerja AWE dalam mendrive traffic website sangat buruk dan diterjemahkan melalui ROI.

78% orang mengatakan AWE memberikan ROI yang rendah! OPS!!

Mana yang Lebih Efektif untuk Bisnis / Klien Anda, Adwords atau Adwords Express?

ADWORDS-VS-AWE-1Hasil temuan :

  • 88% responden mengatakan bahwa Adwords lebih efektif.
  • Hanya 8% responden mengatakan bahwa Google Adwords Express lebih efektif.

Analisis :

Kita sudah tahu siapa pemenangnya, sudah jelas Adwords.

Tapi masih ada 8% orang yang mengatakan bahwa AWE lebih baik dari Adwords. Jadi jelas beberapa orang berhasil menggunakan AWE.

Selanjutnya mari kita bahas soal pro dan kontra dari Adwords Express.

Pro dan Kontra dari Adwords Express

Dalam survei, responden juga diminta untuk menyampaikan apa yang terbaik dan terburuk dari AWE. Dan banyak sekali yang memberikan komentar untuk hal ini.

Dari semua komentar yang diberikan, terdapat sejumlah poin yang telah disaring ke dalam pro dan kontra utama dari AWE.

Pro

  • Cepat dan mudah untuk memulainya.
  • Simple dalam memanagenya.
  • Masukan PPC yang baik untuk UKM.

Kontra

  • Buang-buang budget dan ROInya buruk.
  • Kontrol memasang iklan (penempatannya) yang akan muncul terbatas.
  • Google menyebarkan iklan Anda ke seluruh jaringan mitra yang memiliki kualitas rendah.
  • Terbatasnya peluang untuk mencocokkan keyword.
  • Tidak ada lokasi yang berdasarkan pilihan keyword.
  • Tidak ada pilihan keyword yang negatif.
  • Tidak ada penentuan hari dalam memasang iklan.
  • Tidak dapat mengatur tingkat PPC untuk keyword tertentu.
  • Maksimum radiusnya 40 mil untuk menargetkan pengguna.
  • Tidak ada ekstensi iklan untuk membantu iklan agar terlihat standout.

Apakah AWE Musuh Terburuk?

Google mendisain AWE menjadi lebih simple dan memudahkan pemilik bisnis untuk menggunakannya.

Dengan melakukan ini, mereka melepaskan beberapa kontrol yang sudah ada dan fitur targeting yang dapat digunakan praktisioner PPC dalam mengoptimalkan Adwords untuk mengefektifkan cost.

Semua kontra yang disebutkan pada bagian atas berhubungan dengan “missing” kontrol dan fitur. Tanpa kontrol ini, sulit bagi Adwords memberikan ROI yang positif.

Jadi AWE berada dalam situasi yang disebut catch 22.

  • Simple untuk digunakan.
  • Karena begitu simple, menjadi sangat sulit untuk memberikan ROI.

Jadi Cara Mana yang Baik untuk Diterapkan oleh Pemilik Bisnis Lokal?

Anda memilliki 4 opsi :

  1. Biarkan iklan PPC mengiklankan secara sendiri
  2. Investasi waktu dalam belajar menggunakan Google Adwords
  3. Anda perlu mengerti bahwa dibutuhkan uang untuk menghasilkan uang dan untuk menghire seseorang yang professional (agency atau freelancer) untuk memanage semuanya.
  4. Berikan AWE kesempatan dan lihat apakah itu bekerja, tapi berikan limit pada budget Anda sampai hasilnya terlihat.

Praktik Terbaik untuk Menggunakan Adwords Express agar Dapat Menarik Customer?

Jika Anda memilih untuk mencoba AWE, apa yang dapat Anda lakukan agar kesempatan ini menjadi sukses?

  1. Baca semua panduan ‘Help’ sebelum Anda mulai

Google menyediakan beberapa docs ringkas dan berguna untuk membantu Anda dalam menggunakan serta mendapatkan hasil terbaik dari AWE.

Jadi sebelum Anda terjun dan berkomitmen untuk menghabiskan uang yang Anda dapat, sebaiknya sediakan waktu 30 menit untuk membaca docs.

Mulai dari sini – Help Guide untuk Google Adwords Express.

  1. Batasi pengeluaran Anda atau jadikan ‘Pro’

AWE sangat baik hanya untuk bisnis yang pengeluarannya kurang dari 6 juta rupiah / bulan untuk PPC.

Jika Anda menyadari bahwa diri Anda menghabiskan lebih banyak uang, maka seharusnya Anda mempertimbangkan untuk beralih ke Adwords regular dan menghire seseorang yang professional untuk membantu Anda mengoptimalkan campaign agar memperoleh ROI yang lebih baik.

  1. Hubungkan akun AWE Anda ke akun Google Analytics

Google mempermudah Anda dengan menghubungkan akun AWE Anda ke Google Analytics.

Melakukan hal ini memungkinkan Anda untuk melihat sejumlah kunjungan situs dan konversi yang dihasilkan oleh iklan AWE Anda, sehingga Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja AWE.

Untuk melihat konversi, Anda perlu memiliki pengaturan ‘Goals’ dalam GA untuk melihat titik-titik konversi yang berbeda. Seperti form Contact Us, page Contact Us, dll.

Untuk melihat cara mengubungkan Adwords Express ke Google Analytics klik langsung di sini.

  1. Memonitoring keyword secara teratur dan menghapus terms yang berperforma buruk

Jika Anda menghubungkan AWE ke GA, Anda dapat melihat performa data untuk semua keyword yang mendrive klik melalui AWE.

Hal ini bernilai karena Anda dapat mengidentifikasi terms yang berkinerja buruk dan terms yang relevan.

Setelah Anda memiliki data ini Anda dapat kembali ke dashboard AWE dan menghilangkan terms yang tidak diperlukan, sehingga Google tidak akan menggunakannya lagi.

Lakukan secara teratur, jangan hanya sekali saja dan berpikir bahwa Anda telah selesai.

Google dapat memberitahu Anda terms baru yang tidak bekerja untuk Anda. Idealnya, Anda harus menjadwal review mingguan dari terms dan men-cut yang tidak bekerja untuk Anda.

AdWords-Express-2-1024x408

  1. Manfaatkan free call reporting

AWE dilengkapi fitur yang memungkinkan Anda untuk memasukkan free call-tracking number ke dalam iklan Anda. Anda bisa melacak berapa klik & panggilan untuk iklan Anda sehingga Anda mendapatkan gambaran total bagaimana kinerjanya.

  1. Gunakan AWE sebagai test dan upgrade ke Adwords jika sukses

Jika Anda berhasil dengan AWE, hal yang bagus. Artinya Anda berharap bisa lebih sukses dengan menggunakan Adwords regular. Mungkin saat ini Anda bisa mempertimbangkan untuk terjun dan berinvestasi lebih banyak ke Adwords.

Apa yang Anda Pilih?

Jadi, sekarang Anda sudah di penghujung artikel dan selamat, wawasan Anda tentang produk Google semakin bertambah.

Memasang iklan di AWE dan Adwords regular menjadi pilihan bagus yang bisa Anda pertimbangkan untuk kegiatan promosi bisnis Anda.

Dan memang setiap platform pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, tapi tidak ada salahnya mencoba. Dengan mencoba hal baru Anda bisa mendapat pengalaman dalam memasang iklan di internet. Seandainya gagal pun tidak menjadi masalah, yang penting Anda sudah berani mengambil langkah ke depan.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya mengenai Google seperti :

banner-FB-tanpa-link-CTA

Bagikan pengalaman Anda atau cerita menarik tentang memasang iklan atau yang berkaitan dengan topik ini kepada  Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!


Bagikan artikel ini
  • 27
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    27
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>