Dorong Penjualan dan Lebih Dekat dengan Customer Menggunakan WhatsApp

Dorong Penjualan dan Lebih Dekat dengan Customer Menggunakan WhatsApp
24 Juli 2015

Inovasi adalah kunci dalam dunia ecommerce saat ini, dimana persaingan semakin tajam dari hari ke hari. Teknik baru untuk meningkatkan customer experience dan mengurangi biaya selalu ada di benak para perusahaan ecommerce. Banyak platform media sosial yang digunakan para perusahaan ecommerce untuk memasarkan produk mereka.

Whatsapp adalah aplikasi instant messaging yang bisa di download secara gratis. WhatsApp memungkinkan Anda terhubung ke pengguna pada platform mobile lainnya tanpa batasan, baik itu Windows Phone, iOS, Android, BlackBerry atau bahkan Symbian. Saat ini platform Whatsapp mulai dilirik para perusahaan ecommerce sebagai marketing tool mereka.
WHATSAPP ANGKA

Berikut adalah tiga cara di mana Whatsapp dapat membantu kegiatan bisnis online Anda.

Improvisasi sistem pengiriman

Perusahaan ecommerce mencari keluar untuk mekanisme pengiriman baru untuk mengurangi biaya mereka, mengoptimalkan pengeluaran dan mengurangi total siklus pengiriman pesanan. Whatsapp juga dapat membantu improvisasi sistem pengiriman perusahaan ecommerce. Pelanggan dapat didorong untuk berbagi lokasi mereka di Whatsapp. Mendapatkan koordinat yang tepat dari lokasi pengiriman dapat membantu perusahaan dalam pengiriman lebih cepat dengan memilih rute terpendek untuk mengoptimalkan biaya operasional mereka. Mereka dapat merencanakan beberapa pengiriman sepanjang rute untuk lebih mengoptimalkan mekanisme pengiriman.

Lebih dekat dengan customer

Whatsapp sangat populer di kalangan pengguna ponsel dan memiliki basis 450 juta pengguna aktif dan meningkat setiap hari. Dengan Whatsapp chat yang mudah digunakan dan fasilitas telepon, perusahaan ecommerce dapat menjangkau customer lebih cepat dengan cara yang efisien. Customer dapat berbagi gambar atau foto-foto barang yang rusak tanpa harus melalui prosedur yang merepotkan seperti menulis email ke customer service. Dengan Whatsapp, para customer dapat secara efektif berkomunikasi melalui chatting. Jika bisnis Anda kecil atau menengah, menggunakan Whatsapp adalah cara yang sangat mudah untuk menjangkau customer Anda.
Whatsapp

Membuat grup untuk mendorong pemasaran

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membentuk kelompok beranggotakan hingga 100 orang. Anda dapat menggunakan hal tersebut untuk tetap terhubung dengan basis customer Anda. Anda dapat membuat grup WhatsApp Anda sendiri dan mengundang customer Anda untuk bergabung. Hal ini dapat membantu Anda tetap terhubung dengan basis customer Anda setiap saat.
WA Group
Sebuah grup dapat dibuat pada Whatsapp atas dasar segmen customer didefinisikan dan pemasaran yang ditargetkan dapat dicapai dengan biaya minimal. Misalnya:
Kupon diskon dapat dikirim langsung ke customer dan mereka mendapat informasi tentang penjualan, diskon dan penawaran promosi yang berlaku pada brand favorit mereka. Grup pada Whatsapp dapat dibuat atas dasar wilayah geografis dan lokasi informasi spesifik. Misalnya, Anda dapat memberikan suatu kupon diskon khusus hanya untuk orang-orang yang berdomisili di Jakarta dalam grup Whatsapp yang hanya beranggotakan customer yang berdomisili di Jakarta.

Untuk membantu kegiatan marketing Anda dengan Whatsapp, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:
1. Cantumkan kontak Whatsapp Anda secara detail pada website Anda dan akun media sosial Anda yang lain.
2. Gunakan Whatsapp dengan customer yang mempunyai hubungan sangat baik dengan Anda atau brand Anda.
3. Selalu jaga kesopanan dengan customer saat chatting melalui Whatsapp.
4. Tanggapi segera permintaan customer. Komunikasi yang tepat waktu penting untuk bisnis apapun.
5. Anda bisa mengirim gambar dan video produk Anda dengan Whatsapp.
6. Sertakan beberapa lelucon atau meme pada pesan Anda.
7. Jika Anda tidak bisa melayani sepanjang waktu, sebutkan waktu dimana para customer bisa berinteraksi dengan Anda.
8. Pilih target Anda secara hati-hati.
9. Posting sebuah penawaran produk pada akun Facebook Anda dan follow up dengan Whatsapp kunci untuk komunikasi yang telah ditargetkan.

Selain beberapa hal di atas, Ada juga beberapa hal yang jangan Anda lakukan dengan Whatsapp.
1. Jangan asal mengirim pesan ke semua nomor ponsel yang Ada. Jika Anda mengirim pesan yang tidak relevan, Anda akan diblokir.
2. Jangan mengirim pesan terlalu sering. Terlalu banyak informasi tidak bagus untuk image brand Anda.
3. Jangan mengabaikan feedback atau pertanyaan customer. Customer mungkin cenderung kehilangan minat pada merek Anda.
4. Profil yang tidak aktif juga dapat mengirim sinyal bahwa Anda tidak tertarik untuk mempromosikan brand Anda. Perbarui profil Whatsapp Anda secara teratur.
5. Hindari membuat grup orang yang tidak dikenal. Sebuah grup harus memiliki sebuah kesamaan pada anggotanya, mungkin lokasi, sekolah, atau ketertarikan yang sama.

Cara baru untuk menangkap perhatian customer yang selalu mobile perlu dieksplorasi. Beberapa hal di atas hanya sebagian untuk membantu sebuah marketing campaign. Whatsapp pasti memiliki potensi lebih untuk menangkap perhatian customer di waktu yang akan datang.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik menggunakan Whatsapp untuk marketing tool Anda? Atau Anda sudah menggunakannya? Anda bisa berbagi pendapat Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom di bawah ini.

Related Posts