5 Tools YouTube yang Perlu Diketahui Oleh Marketer Guna Membantu Mendongkrak Bisnis

youtube-lets-viewers-watch-in-3d-but-will-they--8bb4ae8a43
16 Maret 2016
Bagikan artikel ini
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Bagikan artikel ini :

Social media sekarang banyak diminati dan dapat dengan mudah diakses oleh para pecinta dunia digital dimanapun mereka berada.

Selain Facebook dan Twitter, YouTube juga merupakan salah satu social media yang diminati oleh para pengguna internet.

Di YouTube, Anda tidak hanya dapat menikmati musik, film, ataupun berita.

Anda dapat membuat video Anda sendiri dan menguploadnya di YouTube.

Dari sinilah para pebisnis dan marketer melihat peluang yang menjanjikan untuk meningkatkan bisnis mereka.

Apakah Anda salah satu orang yang menggunakan YouTube sebagai strategi marketing social media?

Jika belum pernah mencoba, ini saatnya Anda untuk memperhatikan bagaimana YouTube dapat membantu Anda untuk mendongkrak bisnis melalui video.

Kalau Anda sudah pernah menggunakannya, tahukah Anda terdapat tools yang dapat memaksimalkan video Anda agar dapat meningkatkan bisnis?

Apakah Anda ingin menjangkau lebih banyak viewers dan mengoptimalkan kualitas video Anda?

Dalam artikel ini Anda akan diajak untuk menggunakan tools ini untuk meningkatkan waktu menonton, menarik subscribers dan mengarahkan lebih banyak traffic ke situs Web Anda.

Mari kita mulai saja.

  1. YouTube Audio Library

Anda pernah menonton atau menemukan sebuah video online, dan selesai menonton, Anda berpikir “Wah, musiknya bagus!”

Dalam membuat video, terutama iklan atau promosi sejenisnya, Anda perlu memerhatikan musik. Karena, musik dapat membangkitkan respon emosional yang kuat dalam audience.

Jika salah pilih audio untuk video, Anda akan berisiko menghilangkan mood audience dalam sekejap mata.

Sulit untuk menemukan musik yang tepat untuk video, terutama jika Anda sudah memiliki budget.

YouTube Audio Library akan membantu Anda dengan membuat pekerjaan jauh lebih mudah.

1

Akses YouTube Audio Library melalui menu Creation Tools di bagian Video Manager dari akun YouTube Anda.

Filter list berdasarkan genre, mood, instrument atau durasi, kemudian preview track yang dipilih. Klik ikon download saat Anda telah menemukan lagu yang cocok untuk video yang akan Anda buat.

YouTube Audio Library menawarkan lebih dari 150 instrumental tracks untuk Anda agar dapat digunakan pada video yang telah diupload ke situs Anda (atau kemanapun, tergantung pilihan Anda).

Ini merupakan jalan yang sempurna untuk meningkatkan impact dari video-video Anda.

  1. YouTube Fan Finder

Bagaimana jika YouTube menawarkan Anda ruang iklan gratis di situsnya, dan mengarahkannya ke orang-orang yang cenderung untuk menikmati konten Anda?

Nah, itulah apa yang mereka lakukan dengan Fan Finder.

Program YouTube Fan Finder mengundang Anda untuk mengirimkan hingga 5 “channel ads” yang akan menargetkan orang pada situs, orang yang diyakini dan paling mungkin untuk menyukai konten Anda dan menjadi regular viewers.

Channel ads adalah video pendek yang memperlihatkan brand Anda dan konten, dalam upaya untuk mendapatkan viewers untuk lebih mengklik dan mengecek Anda.

Untuk memulainya, yang perlu Anda lakukan adalah meng-upload channel ads seolah-olah itu sebuah video biasa.

Kemudian mengirimkannya untuk di-review melalui halaman Finder Fan, yang dapat ditemukan di bawah menu Channel Settings di bagian Video Manager dari akun YouTube Anda.

Klik pada Select Your Channel Ad dan pilihlah video yang ingin Anda gunakan.

2

YouTube akan merekomendasikan Anda untuk menjaga channel ads dengan menggunakan video pendek dan menarik.

Gunakan Clear dan Repeat seluruh brand sehingga viewers dapat mengingat Anda.

Kategorikan channel Anda (apakah termasuk lucu, eduksai, inspirasi, dll?) Dan masukkan call to action (baik lisan atau sebagai anotasi) untuk menjelaskan mengapa viewers yang ditargetkan harus berlangganan.

Ingat, orang mungkin tidak pernah mendengar tentang channel Anda sebelumnya, jadi sebaiknya memperkenalkan diri dan tarik perhatian mereka dalam 5 detik pertama.

  1. Associated Website Annotations

Semua orang tahu bahwa Anda dapat memasukkan call to action dan link ke situs web dalam deskripsi video YouTube.

Namun, Anda juga dapat menambahkan link yang dapat diklik untuk website pilihan Anda dengan menggunakan anotasi dalam video player itu sendiri.

Anda dapat melakukannya dengan associated website annotations. Begini caranya :

Pertama, verifikasi akun YouTube Anda melalui proses dua-langkah telepon cepat di  http://www.youtube.com/verify.

Selanjutnya, tambahkan situs Anda sebagai situs web yang terkait di Google Webmaster Tools.

Selesaikan proses verifikasi singkat kedua untuk mengkonfirmasi bahwa Anda memiliki domain sebelum Anda dapat menghubungkannya ke akun YouTube Anda.

3

Setelah itu, ke bagian Advanced di menu Channel Settings akun YouTube Anda (melalui halaman Video Manager).

Tambahkan URL website Anda ke kotak di samping Associated Website. Jika semuanya sudah benar, Anda akan melihat lingkaran hijau bertulis Success di samping kotak Associated Website.

3a

Sekarang Anda dapat menambahkan link yang dapat diklik langsung ke URL yang di dalam video.

Masukkan jenis anotasi, menandainya sebagai link website yang terkait dan ketik URL lengkap situs web Anda ke dalam kotak yang disediakan, seperti yang digambarkan di bawah ini.

3b

Jika Anda menambahkan watermark ke video Anda, ada 2 alternatif.

Pertama, tempatkan associated website annotation yang transparan tepat pada bagian atas selama durasi konten Anda.

Atau, jika anotasi terdapat pada video Anda, yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengarahkan viewers untuk klik sebagai cara untuk mengarahkan traffic ke situs Web Anda.

  1. InVideo Programming

Setelah Anda menarik viewers untuk menonton salah satu video Anda, langkah penting berikutnya adalah untuk menjaga mereka agar terus menonton.

Anda tentu tidak ingin mereka untuk mengklik off dan malah menonton pesaing Anda.

Kuncinya adalah untuk menciptakan identitas brand yang kuat, serta konten yang menarik.

InVideo Programming, membantu Anda memperkuat channel branding dan meningkatkan penayangan.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menanamkan thumbnail yang akan diklik pada channel logo atau video, di semua video YouTube Anda.

Untuk memulai, kunjungi halaman Video Manager dan pilih InVideo Programming dari menu Channel Settings.

Dari sana, Anda akan dapat meng-upload watermark untuk menampilkan lebih banyak video atau video yang ingin disorot kepada viewers.

Untuk watermark, YouTube menganjurkan Anda agar menggunakan gambar transparan dengan hanya satu warna, sehingga tidak mengalihkan perhatian terlalu banyak dari video yang aktif.

Contoh :

4

Anda juga dapat menambahkan video unggulan, dan tambahkan dengan keterangan untuk lebih mendorong viewers untuk mengklik dan mengecek.

4a

Anda dapat memilih kapan gambar akan muncul; pada awal, akhir atau kustom durasi dalam video Anda.

  1. YouTube Live Events

Meskipun Google+ Hangouts on Air telah menawarkan kemampuan live streaming di YouTube selama beberapa waktu, terdapat layanan terpisah yang disebut YouTube Live Events.

Apa yang membuat YouTube Siaran Langsung berbeda dari Google+ Hangouts on Air adalah set perlengkapan dari fitur yang ditawarkan.

Penambahan ini dapat membuat siaran Anda jauh lebih profesional daripada hanya menggunakan webcam dan built-in mic.

Selain opsi penjadwalan dasar yang tersedia untuk hangouts, di YouTube Live Event Anda dapat mengatur beberapa kamera dan memilih encoder, termasuk Program Wirecast YouTube sendiri.

Versi gratis dari Wirecast termasuk basic switching, transisi dan picture-in-picture.

Anda juga dapat menambahkan caption live tertutup dan melihat data real-time, seperti jumlah stream secara bersamaan dan rata-rata lama sesi menonton, selama siaran Anda.

5

Untuk mengaktifkan Live Event, ke Video Manager dan klik Fitur link di bawah bagian Channel Settings. Di sini, scroll ke bawah untuk menemukannya dan aktifkanlah.

Jika Anda ingin menjadwalkan dan membangun siaran langsung, kembali ke Video Manager, pilih Live Event dari menu kiri, kemudian ikuti petunjuknya.

5a

Jika Anda berencana untuk menggunakan fitur set lengkap yang tersedia, pastikan untuk memeriksa Custom di bawah Type of Broadcast setelah memasuki semua basic info.

Praktikkan!

Menggunakan tools di atas bisa membuat perbedaan nyata untuk konten dan strategi marketing YouTube Anda.

Mulailah dengan satu tool atau Anda bisa mencoba semuanya.

Pastikan untuk melakukan tracking dan menganalisis dampaknya menggunakan YouTube dan Google Analytics. Anda akan segera melihat hasilnya!

Jika Anda ingin lebih mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang melalui YouTube, Anda dapat melakukannya dengan 4 tips YouTube Marketing.

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>