Mengatur WhatsApp Business dan Integrasi Iklan Facebook

23 Oktober 2018
Bagikan artikel ini
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Bagikan artikel ini :

Apakah prospek dan pelanggan Anda lebih memilih WhatsApp sebagai aplikasi Messenger?

Anda ingin tahu cara membuat iklan Facebook yang terintegrasi dengan WhatsApp Business?

Di artikel ini, Anda akan menemukan cara menyiapkan akun WhatsApp Business dan menggunakan iklan Facebook untuk memudahkan pelanggan Anda untuk menelepon atau mengirim pesan kepada admin Anda hanya dengan sekali klik.

 

Mengapa Menggabungkan Facebook Boost Post Dengan Bisnis WhatsApp?

WhatsApp memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap hari. Banyak pemilik usaha kecil menggunakan platform ini untuk menangani pesanan, menjawab pertanyaan layanan pelanggan, dan mengelola hubungan pelanggan. Namun, prosesnya bisa memberatkan jika kita menggunakan akun pribadi.

Maka dari itu, hadirlah WhatsApp for Business. Dengan akun ini memungkinkan Anda mempersonalisasi merek bisnis Anda di platform dan berhenti menggunakan nomor telepon pribadi untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Akun untuk bisnis ini awalnya diluncurkan di Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris, dan AS, tetapi pengguna di sebagian besar negara lain dapat mengunduhnya sekarang.

Aplikasi ini adalah upaya pertama Facebook untuk membantu usaha kecil dan menengah meningkatkan layanan pelanggan mereka di WhatsApp. Anda dapat membuat profil bisnis dengan informasi yang relevan untuk pelanggan Anda seperti informasi kontak, deskripsi, kategori bisnis, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengatur pesan otomatis dan membuat label khusus untuk mengatur percakapan.

Dan selain itu, Facebook memiliki kelebihan untuk mengirimkan iklan traffic ke nomor WhatsApp mereka dengan menggunakan boost post. Ketika pengguna mengklik tombol Kirim Pesan di iklan, aplikasi WhatsApp akan terbuka di perangkat seluler mereka di mana mereka dapat mengobrol langsung di aplikasi tersebut. Ketika ada pesan dari orang yang mengklik iklan, mereka dapat langsung memulai percakapan.

 

# 1: Mengatur Akun Bisnis WhatsApp

Anda dapat mengunduh aplikasi WhatsApp Business secara gratis. Setelah Anda menginstal aplikasi dan menyetujui persyaratan, masukkan nomor telepon untuk akun Anda. Pendaftaran ini harus menggunakan nomor telepon yang dapat menerima pesan melalui SMS. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat menggunakan nomor telepon yang sama untuk akun pribadi dan bisnis WhatsApp.

Setelah selesai melakukan pendaftaran, kemudian akan mengirim pesan SMS ke telepon Anda. Masukkan kode enam digit di aplikasi untuk memverifikasi nomor Anda.

 

# 2: Isi Profil untuk Bisnis Anda

Setelah Anda membuat akun untuk bisnis Anda, selanjutnya adalah menyiapkan profil Anda. Ketuk ikon menu (dengan titik tiga) di sudut kanan atas layar dan pilih Pengaturan. Pada halaman Pengaturan, arahkan ke Pengaturan Bisnis lalu pilih Profil.

Ketika Anda mengisi profil bisnis Anda, sertakan informasi yang akan membantu pelanggan dan prospek seperti deskripsi bisnis, URL, alamat email, dan lokasi. Setelah selesai, ketuk Simpan di kanan atas.

Sekarang Anda siap untuk mulai menggunakan akun bisnis Anda, dan bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan Anda.

 

# 3: Mengatur Respons Otomatis untuk Pertanyaan yang Sering Diajukan

Di Bisnis settings, Anda akan menemukan opsi untuk menyiapkan balasan cepat, dan meninggalkan pesan sapaan. Menyiapkan pesan otomatis membantu Anda meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan memberikan informasi yang mereka cari.

Misalnya, Anda dapat mengirim balasan otomatis dengan menu dan pesanan, atau memberikan informasi penting lainnya yang sering diminta oleh pelanggan.

 

# 4: Buat Label untuk Mengatur Percakapan

Label percakapan adalah fitur praktis untuk mengatur pesan Anda dengan pelanggan saat ini. Menggunakan label khusus Anda sendiri memungkinkan Anda memindahkan percakapan di sepanjang funnel penjualan dan menyiapkan proses untuk tim layanan pelanggan Anda untuk mengelola percakapan di platform.

Misalnya, jika Anda penjual online, Anda dapat menggunakan label untuk mengidentifikasi pelanggan mana yang belum membayar dan harus diingatkan. Jika Anda seorang marketing real estate, label dapat membantu Anda mengatur prospek dengan lebih baik.

Tip: Perlu diingat bahwa akun bisnis WhatsApp juga memiliki opsi untuk digunakan di desktop untuk menerima dan membalas pesan. Jika Anda memiliki banyak orang di tim layanan pelanggan Anda, WhatsApp Web mungkin menjadi cara yang lebih efektif untuk merespons pelanggan daripada aplikasi seluler.

 

# 5: Buat Facebook Boost Post untuk Promosikan WhatsApp Anda

Facebook sekarang mengeluarkan iklan baru yang dapat menggabungkan Facebook dengan platform WhatsApp. Saat Anda mengiklankan post dari halaman Facebook atau grup Anda, Anda memiliki opsi untuk menambahkan tombol kirim pesan klik ke WhatsApp.

Untuk mengatur jenis iklan ini, buka post yang ingin Anda gunakan dan klik tombol Boost Post di bagian bawah. Di jendela Boost Post yang muncul, pilih Send WhatsApp Message dari daftar drop-down dan tekan Tombol untuk Posting Anda.

Selanjutnya, ketik nomor telepon yang terlampir pada akun WhatsApp Anda. Facebook kemudian mengirimkan kode konfirmasi 5-digit ke telepon Anda. Saat Anda menerimanya, masukkan kode di kotak pop-up (ditampilkan di bawah) dan klik Konfirmasi.

Setelah nomor Anda terhubung ke halaman Facebook Anda, Anda akan melihat pesan konfirmasi bersama dengan tanda centang hijau.

Selanjutnya, tetapkan penargetan, anggaran, dan durasi untuk iklan Anda. Kemudian klik Boost untuk mengirimkannya ke Facebook.

Ketika pengguna mengklik tombol Kirim Pesan di iklan Anda, WhatsApp akan terbuka di ponsel mereka dan mereka dapat mengobrol langsung dengan akun bisnis Anda.

 

# 6: Lihat Statistik untuk Pesan Anda

Untuk melihat gambaran umum kinerja layanan pelanggan Anda, buka akun bisnis WhatsApp Anda, buka Pengaturan Bisnis, dan klik tautan Statistik. Anda dapat melihat jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dibaca, dan diterima di platform.

 

Kesimpulan

Dengan peluncuran WhatsApp Business, Anda dapat membangun kehadiran bisnis dan mengelola interaksi pelanggan di platform tanpa menggunakan akun pribadi WhatsApp. Aplikasi ini masih dalam tahap awal dalam hal fungsi, tetapi fitur tambahan akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.

Dan bersama dengan akun bisnis Anda, Anda dapat menjalankan iklan Facebook dengan tombol klik-untuk-WhatsApp untuk memudahkan pengguna WhatsApp untuk mengirim pesan kepada tim Anda.

Jadi apakah Anda berencana untuk menggunakan tombol klik-untuk-WhatsApp untuk meningkatkan posting Facebook Anda?

Jika Anda ingin mempelajari lagi mengenai Digital Marketing, Anda bisa join di DM Labs dan bisa belajar bersama member lainnya.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *