International Dropshipping : Produk Apa yang Bagus untuk Dijual Secara Online?

International Dropshipping : Produk Apa yang Bagus untuk Dijual Secara Online?

Memilih produk untuk dijual secara online memang susah-susah gampang karena sudah banyak pilihan dan seringkali membuat kita sebagai penjual kebingungan.

Makanya banyak orang yang bertanya “Produk apa yang bagus ya untuk dijual secara online?” dan “Dimana platform yang menyediakan produk yang akan saya jual nantinya?”

Jika Anda salah satu pebisnis yang baru memulai bisnis dropshipping dan baru memiliki toko online seperti Shopify, ini adalah artikel yang tepat untuk Anda baca!

Artikel kali ini akan menyajikan panduan untuk menemukan dan memilih produk untuk dijual secara online, ide-ide dropshipping, dan juga informasi tentang produk Google Trends.

Mari kita mulai pembahasannya…

Memilih Produk untuk Dijual Secara Online

Anda pernah membuka atau menggunakan Google Trends? Dari situ ternyata Anda juga bisa mengimport lusinan produk Google Trends dari AliExpress ke dalam store Shopify Anda hanya dalam waktu beberapa menit!

Bagian yang sulit adalah mengetahui bagaimana menemukan produk untuk dijual online karena Anda juga harus memasukkannya ke marketing campaign atau ke homepage store Anda.

Produk Google Trends yang harus Anda fokuskan disebut ‘Alpha Products’. Ini adalah produk yang akan membawa banyak traffic ke store Anda.

Setelah Anda tahu Alpha Products, Anda tidak perlu membuang waktu untuk mengisi store dengan cross-sell, upsell, dan produk-produk yang terkait.

Itu sekilas tentang Google Trends.

Kita fokus lagi ke topik utama. Artikel ini terbagi menjadi 2, yaitu menghasilkan ide dropshipping dan memfilter produk. Mari kita gali lebih dalam. Ayo kita gali lebih dalam lagi!

  1. Menghasilkan Ide-Ide Dropshipping

a. Tulis ide-ide Anda

tulis ide

Anda tidak akan memulai sesuatu tanpa persiapan (dan sebaiknya selalu ada plan). Kepala Anda sudah dipenuhi oleh ide dropshipping yang bagus : yang berkaitan dengan hobi Anda atau menemukan sesuatu yang baru.

Tulis semua yang datang ke pikiran Anda. Tidak masalah kalau Anda berpikir kalau produk tersebut akan menjadi best seller atau sebaliknya. Jangan melewatkan hal ini!

b. Browsing ke Store Lain

observasi

Ketika Anda browsing ke store lain, lihat pada penawaran mereka, daftar penjualan terbaik, dan produk yang dipromosikan.

Banyak store yang memiliki data dalam jumlah besar dan mempekerjakan seluruh departemen untuk mengatur penjualan dan memilih produk mereka.

Gunakan informasi itu sebagai benefit untuk Anda, hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan ide-ide dropshipping yang bagus.

Browsing sebanyak mungkin, sesering mungkin.

Berikut ini ada daftar link yang worth-it untuk diresearch :

Tambahkan lagi ide-ide dropshipping yang menurut Anda menarik ke daftar produk yang potential.

c. Browsing Situs Belanja Sosial

tempat belanja

Anda bisa memilih produk untuk dijual secara online dengan mengecek Polyvore dan Wanelo. Tambahkan juga Fancy dan Pinterest.

Sekarang Anda memiliki produk dalam jumlah besar dari seluruh dunia yang dapat dengan mudah diurutkan berdasarkan popularitas, tren, kategori, dan masih banyak lagi.

Buat akun untuk setiap website ini, subcribe untuk kategori yang berbeda dan ikuti apa saja yang disukai orang-orang dan tambahkan ke list Anda.

Cara ini ampuh untuk mendatangkan ide-ide bagus serta dapat membantu Andaa dalam menentukan produk dropshipping terbaik.

d. Diskusi dengan Teman

brainstorming

Saat bertemu dan ngopi bersama teman-teman Anda, berdiskusilah dengan mereka.

Jangan membatasi diri Anda, dalam artian, bicarakan hal ini dari semua umur dan latar belakang untuk mendapat ide-ide segar untuk dropshipping Anda.

Ketika Anda mendiskusikan dengan mereka tentang apa yang Anda lakukan saat ini, mereka akan memberikan masukan yang bermanfaat untuk store Anda ke depan.

e. Lihat ke Sekitar Anda untuk Menemukan Produk

observasi

Dalam memilih produk untuk dijual secara online, Anda bisa mulai dari hal yang kecil terlebih dulu. Lihat ke sekitar Anda, di rumah, kantor, hidup Anda.

Adakah produk yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari diri Anda? Produk apa yang mempermudah hidup Anda? Apakah produk itu sulit untuk ditemukan di supermarket?

Misalnya seperti Howard Schultz. Ketika ia sedang jalan-jalan di Italy, muncul ide untuk membuka coffee shop, yang sekarang lebih kita kenal sebagai Starbucks.

Tetap siaga dan jeli dalam melihat peluang. Anda melihat ratusan dari produk dan ide dropshipping setiap hari.

Jadilah orang yang observant, membawa notebook dan selalu ingat untuk menulis semuanya.

Langkah Berikutnya

Sekali daftar Anda sudah terisi, tidak ada hal yang perlu ditambahkan lagi (untuk sementara). Mari kita lanjut ke bagian berikutnya!

  1. Memfilter Produk

a. Niche

choosing-a-profitable-niche-market

Sekarang dropshipping berada di titik puncaknya, otomatis semua berlomba-lomba untuk menjalankan bisnis ini.

Persaingan yang ketat ini bisa Anda atasi dengan menggunakan strategi yang tepat. Tapi bukan hanya itu, Anda juga perlu untuk memfilter niche!

Sarannya adalah sebaiknya Anda tidak bersaing dengan toko-toko besar. Hindari kategori yang terlalu luas atau umum. Masyarakat sudah terkena ribuan penawaran setiap hari!

Temukan niche Anda. Karena sekali Anda memfilter niche, Anda bisa memilih produk untuk dijual secara online.

b. Kategori Produk

kategori produk

Beberapa kategori produk tumbuh secara signifikan selama 1 dekade terakhir. Sudah banyak pemain yang kuat dan toko kecil di luar sana yang menyuplai produk ini.

Coba lihat tingkat pertumbuhan berikut ini. Penjualan buku sangat datar dan pasar perhiasan menurun.

80% orang mengatakan mereka telah membeli barang elektronik atau pakaian secara online dalam 3 bulan terakhir. Artinya, mereka sudah menetapkan pilihan ke toko yang mereka percaya.

Coret katagori yang sudah umum, seperti buku, perhiasan, elektronik dan pakaian. Anda harus lebih spesifik dan temukan niche.

c. Price atau Harga Produk

pricing

Andrew dari eCommerceFuel mengatakan kalau untuk price produk di eCommerce mulai dari $100 sampai $200. Sedangkan Richard dari ABLS menyatakan $75 sampai $150. Tapi price yang cocok menurut Tomas Šlimas dari Oberlo adalah $40 sampai $60.

Ada beberapa aturan umum yang perlu diingat, semakin rendah harga, semakin baik tingkat konversi. Semakin tinggi harga, semakin banyak dukungan yang harus Anda berikan.

Dengan kisaran harga $40 sampai $60, profit akan relative tinggi dan Anda bisa menutupi marketing cost hingga $20 per penjualan.

Biasanya, tingkat konversi lebih tinggi karena pembeli memutuskan untuk membeli suatu produk tanpa berpikir panjang.

Anda meningkatkan peluang keberhasilan toko dalam mengembangkan market. Dengan dropshipping dari China, Anda bisa menjual darimana pun.

Walaupun $30 mungkin dinilai kecil untuk orang-orang yang tinggal di US, tapi harga itu dinilai besar oleh seseorang yang berada di Amerika Selatan atau Eropa Tengah/Timur.

Cek daftar Anda dan coret ide-ide yang lebih dari $60.

d. Marketing Channel

Setelah Anda mempelajari cara untuk menemukan dan memilih produk untuk dijual secara online, Anda harus memikirkan tentang strategi marketing sebelum Anda melaunching toko Anda.

Anda harus punya rencana untuk produk yang Anda jual secara online.

Untuk mempermudah, gunakan marketing channel yang berbeda. Sekali Anda memilih produk, Anda harus mencari tahu marketing channel mana yang bagus untuk produk tersebut.

Anda bisa melihat table di bawah ini untuk membantu Anda dalam menentukan strategi marketing.

table

Anda harus mengingat hal ini, pikirkan tentang resources Anda (waktu, uang, pengetahuan). Pilih satu atau 2 marketing channel Anda. Kemudian, coret semua ide dropshipping yang tidak sesuai dengan channel tersebut.

e. Copyright

copyright

Hati-hati ketika Anda menggunakan source produk bermerk untuk store Anda. Bukan hal yang mudah untuk menemukan suplier yang menjual produk asli.

Kalau Anda menggunakan source dari suplier yang tidak dikenal oleh masyarakat luas, ada kemungkinan bahwa Anda menjual produk palsu.

Lebih baik Anda membangun brand milik Anda sendiri. Itu akan lebih berkelanjutan dalam jangka panjang.

f. Kompetisi

Kompetisi

Dengan mencoret kategori yang umum, Anda menghindari persaingan retailer yang besar. Tapi, jangan berpikir bahwa tidak ada toko kecil di luar sana yang menjual produk yang sama seperti Anda.

Mengevaluasi pesaing Anda adalah tugas yang tidak ada habisnya. Anda perlu memeriksa apakah iklan produk Anda sudah tersebar di situs-situs lain.

Anda bisa melakukan trik simpel seperti googling sebuah produk dan coba cari gambarnya juga. Lihat berapa banyak toko yang memiliki produk yang serupa.

Yang pasti jika Anda menjalankan bisnis dropshipping adalah pemilik toko lain memiliki gambar yang sama.

Temukan kompetitor Anda, kemudian cek strategi penetapan harga, popularitas / traffic mereka (Anda bisa menggunakan Alexa.org atau SpyFu.com), dan marketing channel apa yang mereka gunakan.

Dan akhirnya, coret lagi semua ide produk yang memiliki kompetitor besar.

Kesimpulannya?

Yes! Kita sudah sampai di penghujung artikel dan selamat! Pengetahuan Anda sudah bertambah lagi! Jadi apa yang bisa disimpulkan?

Sebagai entrepreneur ecommerce, Anda perlu proses seleksi produk yang jelas untuk ditempatkan pada store Anda. Tujuannya? Sudah pasti untuk mendapatkan hasil terbaik.

Kebanyakan orang salah dalam mengeksekusi ide dropshipping karena terlalu mengikuti kemauan mereka saja, mereka hanya membuang waktu dan uang. Hasilnya? Tidak ada yang positif.

Yang harus Anda lakukan adalah luangkan waktu Anda untuk penelitian yang mendalam dan lakukan pengujian ide sebelum Anda benar-benar menjalankan store Anda.

Waktu yang Anda investasikan akan terbayar cepat atau lambat, jadi tidak perlu khawatir!

Selamat mempraktikkan dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Masih penasaran dengan bisnis international dropship? Kalau begitu, artikel ini akan bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda :

Kalau Anda memiliki kesulitan dalam memilih produk untuk dijual secara online atau punya cerita menarik berhubungan dengan topik ini sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.