Alasan Mengapa Pemula Disarankan Membuat Toko Online dengan Shopify

membuat toko online dengan shopify
17 Maret 2017
Bagikan artikel ini

Jika Anda berniat untuk memulai bisnis online, Anda bisa membuat toko online dengan Shopify.

Banyak platform yang tersedia untuk membuat website, ada Bigcommerce, Magento, Shopify dan lain-lain.

Sebagai platform ecommerce, Shopify mungkin merupakan platform ecommerce yang paling banyak terdengar gaungnya di kalangan pelaku bisnis online.

Platform ecommerce berbayar yang berasal dari Kanada ini mengembangkan sayapnya ke Indonesia melalui Singtel Singapore pada tahun 2013 lalu.

Bisnis Internasional dropship

Bagi Anda para pemula disarankan untuk membuat toko online dengan Shopify.

Mengapa Membuat toko online dengan Shopify?

Berikut alasannya mengapa para pemula disarankan untuk membuat toko online dengan Shopify:

1. Mudah dan cepat

Alasan pertama para pemula disarankan menggunakan shopify adalah mudah dan cepat

Sebagai salah satu platform eCommerce terbesar di dunia saat ini, Shopify memang lebih fokus untuk pembuatan toko online.

Untuk membuat toko online dengan shopify, Anda tidak akan dipusingkan dengan hal-hal teknis.

Anda tidak perlu menyediakan hosting, pusing dengan teknis instalasi, tanpa coding dan kemampuan teknis lainnya. Istilahnya tinggal pakai!

Dalam satu platform, Shopify bahkan menyediakan banyak tampilan, hosting, manajemen produk, tool-tool penjualan, fitur pengiriman barang dan berbagai metode pembayaran.

Anda hanya berlangganan, memilih tampilan, memasukkan produk satu per satu, dan mulai menjual produk Anda dengan toko online Anda nantinya.

2. Kecepatan Loading website bagus

Saya yakin Anda sudah paham bahwa kecepatan loading sebuah website sangat berpengaruh baik bagi pengguna maupun bagi ranking di mesin pencari.

Beberapa toko online yang menggunakan Shopify, kecepatan loading yang ada sangat mengagumkan.

Anda bisa cek kecepatan loading dan performanya website yang berplatform shopify dengan tool seperti, GTMetrix, Google Pagespeed Insights, ataupun Pingdom.

Berikut statistik kecepatan loading salah satu website yang berplatform shopify dites menggunakan Pingdom:

membuat toko online dengan shopify

Dari hasilnya, hanya 3,90 detik loading time website tersebut agar terbuka seluruhnya.

Cukup cepat, hal tersebut dipengaruhi oleh performa toko online yang dioptimalkan dengan baik dan hosting yang bagus disediakan oleh Shopify.

3. Bantuan Pelanggan yang cukup bagus

membuat toko online dengan shopify

Shopify memberikan bantuan pelanggan yang sebenarnya lengkap dan mudah diakses. Bantuan pelanggan yang reliable sangat dibutuhkan oleh setiap pengguna, apalagi yang masih sangat baru, dan Shopify memilikinya.

Terdapat juga fitur Live Chat, email, dan telepon selama 24 jam.

Harga Berlangganan

Shopify memasang harga dasar yakni mulai dari $29 per bulan dengan fitur standar, $79 atau sekitar per bulan untuk fitur yang lebih canggih, hingga $299 per bulan dengan semua fitur yang disediakan Shopify.

Anda bisa mulai dengan paket Basic seharga $29 untuk mendapatkan fitur-fitur dasar. Ketika bisnis Anda sudah makin berkembang, Anda bisa meningkatkan paket langganan Anda untuk membutuhkan fitur tambahan.

membuat toko online dengan shopify

Jika Anda ingin mencoba-coba membuat sebuah toko online dengan Shopify sambil menikmati fiturnya secara gratis, Anda bisa daftar free trial selama dua minggu.

Selanjutnya kita akan membahas fitur-fitur umum digunakan pada toko online yang ditawarkan shopify.

Fitur yang Ditawarkan Shopify

Shopify memiliki beragam fitur untuk memudahkan Anda membuat toko online dan mengoperasikannya. Diantaranya adalah:

1. Tampilan Profesional

Shopify menawarkan lebih dari 100 tampilan atau theme untuk toko online Anda nantinya, ada yang gratis maupun yang berbayar.

2. Custom Domain

Di Shopify Anda bisa menggunakan domain bisnis Anda sendiri sesuai nama perusahaan Anda.

3. Website Builder

Fitur built-in website builder sangat mudah untuk digunakan. Bahkan hanya dalam beberapa menit saja, toko online Anda sudah bisa digunakan untuk menjual produk Anda.

Tampilan

3. Fitur Blogging & SEO

Blogging juga sangat berguna untuk membantu mempromosikan bisnis ataupun produk Anda.

Jika Anda membuat toko online dengan shopify, mereka menyediakan panel blogging yang bisa kita manfaatkan untuk kegiatan online marketing, karena setiap bisnis online tidak melulu harus berisi produk.

membuat toko online dengan shopify

Dengan panel blogging dengan built-in SEO ini, Anda bisa menulis content marketing yang baik untuk toko online Anda, sehingga mampu menjaring lebih banyak pelanggan.

Dengan Shopify, upaya content marketing Anda akan dipermudah dengan fitur SEO secara built-in, mulai dari halaman produk dan keseluruhan toko online Anda.

Berikut salah satu contoh toko online yang menggunakan Shopify di hasil pencarian Google:

membuat toko online dengan shopify

Dari gambar di atas, kita bisa melihat hasil pencarian untuk salah satu produk yang ada di toko online tersebut. Meta title dan description dioptimasi dengan baik, dengan review bintang, jumlah vote dan harga juga muncul di hasil pencarian.

Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwa platform eCommerce Shopify memang ramah SEO.

Di setiap panel produk, Anda bisa menentukan judul dan deskripsi produk lengkap dengan kata kunci yang Anda butuhkan untuk membuat setiap produk dan halaman toko online Anda menjadi lebih ramah SEO.

membuat toko online dengan shopify

Shopify bahkan menyediakan fitur online marketing yang penting seperti Email marketing dan Google AdWords, jualan di Facebook, integrasi dengan media sosial, membuat sitemap.xml, review produk, kupon diskon, dan masih banyak lagi.

4. Sertifikat SSL & Metode Pembayaran

Demi memastikan agar data Anda tetap aman, Shopify memberikan fitur SSL. Selain itu, data Anda dan pelanggan dienkripsi demi menjamin keamanan.

Seluruh halaman, konten, kartu kredit dan informasi mengenai seluruh transaksi dilindungi menggunakan tingkat keamanan yang sama seperti yang diterapkan pada bank.

Jadi, perlindungan yang diberikan Shopify terhadap data Anda dan pelanggan setara dengan yang digunakan oleh bank. Shopify bahkan memiliki sertifikat keamanan Level 1 PCI compliant.

Untuk, metode pembayaran yang disediakan juga terdiri sekitar 70 metode pembayaran. mulai dari Paypal hingga kartu kredit dan dengan beragam bahasa yang tersedia.

5. Pengiriman Barang & Pajak

Shopify menyediakan opsi pengiriman barang yang sangat fleksibel.

Mulai dari pengiriman barang secara gratis dan memudahkan Anda menentukan kurir pengiriman.

Selain itu, jika Anda mengenakan pajak untuk pembelian produk dari toko online Anda, Shopify juga menyediakan fitur kalkulasi otomatis untuk menghitung pajak setiap produk yang terjual.

6. Manajemen Toko yang Lengkap

Mulai dari mengatur inventori dan SKU hingga mengkategorikan pelanggan, menyimpan data pelanggan, dropship, kebijakan pengembalian, hingga template email yang dikirimkan kepada pelanggan Anda.

Produk yang ingin Anda jual juga tidak dibatasi jumlahnya. Anda bebas menjual produk Anda dengan toko online Anda nantinya.

7. Server & Analytics

Shopify menyediakan server yang cepat dan tangguh dengan uptime sebesar 99,99%. Platform eCommerce ini juga menyediakan fitur analisis yang membantu Anda untuk menganalisa aktivitas pelanggan dan penjualan lainnya. Bisa juga diintegrasikan dengan Google Analytics.

toko online shopify 6

8. Full Branding & Edit HTML/CSS

Anda bisa kustomisasi toko online Shopify Anda sesuka hati untuk membentuk sebuah branding, dengan mendesainnya sesuai dengan merk Anda. Anda bahkan bisa menggunakan coding HTML & CSS untuk menyesuaikan tampilan sesuai selera Anda.

9. Mobile Commerce

Shopify membuat toko online Anda nantinya menjadi mobile-friendly, ramah bagi pengguna mobile. Jadi, baik pengguna PC, Tablet, hingga smartphone nantinya bisa sangat mudah membeli produk dari toko online Anda.

10. Aplikasi Mobile & Integrasi dengan WordPress

Shopify menyediakan aplikasi mobile untuk membantu penjualan Anda, mulai dari mengatur pesanan di mana pun Anda sedang berada.

Jika Anda ingin mengintegrasikan toko online Shopify Anda dengan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Shopify eCommerce.

Itulah beberapa fitur yang kami highlight, fitur-fitur tersebut umum digunakan oleh website-website toko online.

Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk membangun sebuah toko online pada umumnya sudah tersedia pada paket basic.

Memasukkan produk untuk dijual sangat mudah, dan jumlah produk sudah unlimited pada paket basic. Anda bisa langsung menggunakan beragam tombol yang tersedia dengan label yang ada, tidak perlu kemampuan teknis yang ribet.

Anda bahkan bisa menjual produk Anda di Shopify terintegrasi  dengan Pinterest dan Facebook.

Untuk membangun bisnis dengan Shopify, Anda bisa mulai membuat logo, mencari nama bisnis yang tepat, slogan dan sebagainya dengan alat gratis yang disediakan oleh Shopify.

Dan masih banyak lagi fitur menarik yang disediakan Shopify. Tersedianya juga Add-Ons yang beragam untuk mempercantik maupun membuat fitur toko online Anda jadi lebih canggih.

Take Action

Setelah Anda mengetahui fitur-fitur dan kemudahan membuat toko online dengan Shopify, Anda ingin menjalankan bisnis online? Tapi masih belum tahu bisnis online yang seperti apa?

Anda bisa menjalankan bisnis internasional dropship dengan Shopify. Melalui bisnis internasional dropship ini, Anda bisa mendapat keuntungan berupa dollar.

Bahkan Denny Santoso mendapatkan penghasilan sampai 1 juta USD di akhir tahun 2016 dengan bisnis Internasioal dropship menggunakan shopify!!

Ingin tahu bagaimana bisnis Internasional dropship menggunakan Shopify? Anda bisa belajar cara dropship internasional dari Denny Santoso.

CARA DENNY SANTOSO-01


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>