5 Point Penting untuk Memulai Bisnis Online

5 Point Penting untuk Memulai Bisnis Online
27 Juli 2016

Di jaman seperti sekarang ini, masyarakat dimanjakan dengan fasilitas teknologi yang sudah masuk dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Banyak bidang industri yang sudah beralih dari offline menjadi online (ada juga industri yang menjalankan bisnisnya secara offline dan online).

Salah satu industri yang paling terlihat menonjol perubahannya adalah bidang perdagangan.

Orang-orang tidak perlu bersusah payah melakukan kegiatan jual beli barang secara bertatap muka, pergi ke pasar tradisional atau mall untuk melihat barang yang mereka inginkan lalu melakukan purchase.

Melalui online, semuanya menjadi sangat praktis.

Fenomena beralihnya kegiatan jual-beli ini memberikan peluang besar untuk orang awam untuk ikut terjun berbisnis di dunia digital online.

Apakah Anda salah satunya? Anda ingin terjun ke dalam bisnis online? Kalau begitu Anda telah membaca artikel yang tepat.

Di dalam artikel ini, Anda akan diajak untuk mengetahui serta memahami 5 point penting untuk memulai bisnis online.

Apa sajakah 5 point penting tersebut?

Mari kita mulai pembahasannya…

5 Point Penting untuk Memulai Bisnis Online

Ok, ada pertanyaan untuk Anda sebelum masuk pada pembahasan. Apakah Anda sudah memiliki gambaran kira-kira jika mau memulai bisnis online, apa yang terlintas dalam pikiran Anda terlebih dahulu?

Mungkin kebanyakan dari Anda akan muncul kalimat seperti ini, “Bisnis apa ya yang cocok untuk saya?” atau “Produk apa ya yang laku untuk dijual?”

Jika itu yang terlintas di pikiran Anda pertama kali, berarti Anda memang siap untuk memulai bisnis online. Dan beruntungnya, 2 hal ini termasuk dalam 5 point penting untuk memulai bisnis online!

Wow! Mari kita mulai point pertama.

  1. Ide Bisnis

Ide-Bisnis-Jasa

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ide bisnis dan dari mana asalnya ide bisnis?

Ide bisnis merupakan sekumpulan pemikiran yang berhubungan dengan bisnis dan masih dalam benak Anda.

Ide untuk bisnis itu bisa datang dari mana saja. Ada yang muncul secara spontan, entah dalam kondisi dan situasi seperti apa, ada juga yang muncul setelah Anda mencari tahu atau membaca sumber dari media.

Sebuah ide bisnis yang baik itu sudah biasa, jika Anda memiliki ide yang unik itu baru luar biasa.

Jika Anda ingin menjalankan bisnis online yang telah ada, Anda perlu tahu dan mempertimbangkan jenis bisnis online seperti :

  • Website
  • Toko online atau marketplace
  • Blog
  • Social media

Buat list khusus untuk ide yang muncul, tuangkan ke dalam bentuk tulisan atau gambar sehingga Anda tidak melupakannya.

Setelah ide dirasa cukup terkumpul, mulailah menyaring semua ide untuk dipilih menjadi beberapa saja. Dari beberapa yang terpilih, eliminasi dan akhirnya akan ada 1 ide unik yang dapat Anda eksekusi.

  1. Produk

se-products-icon

Produk menjadi point penting berikutnya. Jika Anda sudah memiliki ide bisnis, sudah pasti Anda harus tahu dan menentukan produk seperti apa yang akan dipasarkan serta dijual ke masyarakat.

Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.

Dapat disimpulkan bahwa hampir semua yang termasuk produksi adalah benda nyata yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan.

Memilih produk bukan hal yang mudah di dalam bisnis online, terutama bagi orang yang baru pertama kali terjun ke dunia digital.

Tidak perlu khawatir, jika Anda bingung memilih dan mencari produk untuk bisnis online berikut ini ada caranya :

  • Menemukan peluang dengan manfaatkan kata kunci (keywords)
  • Membangun merek produk semenarik mungkin
  • Memilih produk yang dapat mengatasi rasa sakit customer
  • Menyediakan produk sesuai minat dan kebiasaan customer
  • Memilih produk dengan mengikuti minat dan kemauan Anda
  • Menemukan peluang dalam kesenjangan
  • Memanfaatkan pengalaman dan keahlian Anda sendiri
  • Mengetahui dan memanfaatkan trendlebih awal

Anda dapat mengetahui secara lengkap tentang cara-cara di atas di artikel Mencari Produk Bisnis Online: 8 Tipe Produk untuk Dijual Online

  1. Persona Pembeli

Group_people_icon

Ide bisnis sudah ada, cara memilih produk yang tepat untuk dijual sudah dibahas, sekarang kita masuk ke persona.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apa itu persona?

Persona pembeli adalah sebuah representasi gambaran dari customer ideal Anda berdasarkan riset pasar dan data real tentang customer yang ada.

Persona pembeli bisa diidentifikasikan dari berbagai hal :

  • Lokasi
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Minat
  • Kategori
  • Koneksi
  • Bahasa
  • Pendidikan, dan banyak lagi.

Persona pembeli yang solid sebenarnya hanya mengoleksi hal-hal paling umum yang dapat Anda temui di customer Anda saat ini :

  • Kebutuhan mereka yang paling umum dan pain point yang berkaitan dengan solusi Anda,
  • Karakteristik demografi,
  • Psikografis dan,
  • Ciri-ciri perilaku pembeli.

Sebenarnya boleh saja Anda tidak melakukan research atau membuat persona tapi risiko terbesarnya adalah seperti gambling, karena Anda hanya menebak-nebak siapa persona dari bisnis Anda.

Berbicara soal persona pembeli, Anda juga harus mengetahui faktor apa yang membuat seseorang dalam mengambil sebuah keputusan. Ini juga penting untuk pegangan Anda ke depan ketika sudah memulai bisnis online.

Pertama, faktor eksternal, seperti ; budaya, kelas sosial, kelompok, keluarga, usaha pemasaran

Kedua, ada faktor internal yang lebih menekankan pada faktor psikologi customer, seperti ; pengalaman, kepribadian, sikap dan keyakinan, dan self concept.

Dengan mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam membeli produk online, Anda bisa lebih mendapat gambaran untuk menghubungkan produk yang akan Anda jual dengan persona pembeli.

  1. Strategi

5 Point Penting untuk Memulai Bisnis Online

Apa jadinya sebuah bisnis tanpa ada strategi?

Pastinya bisnis Anda menjadi berantakan. Tujuan dari strategi selain untuk mengarahkan bisnis agar tetap pada track, minimal Anda sudah menyiapkan plan for the worst, hope for the best, bersiap menghadapi kondisi terburuk dan berharap yang terbaik.

Dalam bisnis online, terdapat 2 strategi untuk mempromosikan produk yang Anda jual dari yang gratis sampai berbayar.

Cara promosi yang gratis, Anda hanya membutuhkan akses internet untuk berkunjung ke beberapa blog iklan baris, pasang iklan di blog iklan baris gratis, atau posting promosi ke group-group social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll.

Cara promosi ini memakan waktu dan menguras tenaga dan pikiran, berbicara hasil juga belum bisa di pastikan, Banyak yang sukses banyak juga yang gagal.

Cara promosi berbayar ini praktis, tinggal membayar bisnis berjalan dengan sendirinya, tapi menggunakan cara promosi berbayar ini Anda harus berani berspekulasi.

Maksudnya meski sudah beriklan bisa saja iklannya efektif bisa juga iklannya kurang efektif, kalau diperhitungkan antara untung dan rugi, jika banyak yang beli berarti iklannya efektif, kalau tidak berarti biaya iklannya sia-sia.

Anda perlu memilih strategi untuk promosi secara hati-hati untuk keberlangsungan bisnis online Anda.

  1. Modal

Mendapat-Modal-Usaha-dari-Venture-Capital

Point terakhir adalah tentang modal. Kalau bisnis secara offline sudah pasti Anda perlu mengeluarkan modal yang sangat banyak, entah berupa uang, materi peralatan dan perlengkapan serta tenaga kerja.

Bagaimana dengan bisnis online? Apa keuntungan yang Anda dapatkan jika menjalankannya?

Terdapat 10 benefit, yaitu ;

  • Mengatasi keterbatasan geografis
  • Anda dapat memulainya dengan modal terbatas
  • Bisa dipelajari otodidak tanpa mempermasalahkan latar belakang
  • Mendapatkan customerbaru hanya dengan search engine
  • Menghemat biaya
  • Membantu menyediakan barang lebih cepat
  • Efisiensi waktu dan biaya perjalanan
  • Memberikan perbandingan harga dengan lebih cepat
  • Perbanyak income, bahkan anda akan dibayar dalam dollar
  • Anda dapat menjadi bos untuk diri Anda sendiri

Walaupun semua benefit telah disebutkan, mungkin diantara Anda masih saja ada yang ragu untuk menjalankan bisnis online, terutama menyangkut modal.

Ada alternative lain jika Anda ingin mendapatkan modal lebih, seperti mengajukan proposal kerjasama, atau bisa meminjam uang ke bank.

Jangan jadikan modal yang minim sebagai penghalang Anda untuk mulai berbisnis online!

Kesimpulannya…

Ketika Anda sudah mengetahui serta memahami 5 point penting untuk memulai bisnis online, artinya Anda sudah siap untuk menjalankannya.

Berbisnis online itu menyenangkan! Jika Anda sudah memiliki niat, pengetahuan, dan langsung melaksanakannya sebenarnya Anda telah membuka jalan untuk meraih kesuksesan.

Perlu diingat, bisnis online juga memiliki risiko dan pasti ada moment yang membuat diri Anda drop. Tapi jadikan hal yang tidak menyenangkan itu sebagai pengalaman dan pembelajaran agar terus maju.

Selamat berbisnis!

Baca juga artikel yang berhubungan dengan memulai bisnis online :

Bagikan cerita menarik Anda kepada Digitalmarkerter.id dan para pembaca lainnya tentang pengalaman memulai bisnis online Anda atau yang berhubungan dengan topik ini pada kolom di bawah ini!

Related Posts