Loading...

Tips Membangun Strategi Digital Marketing Bagi Bank

Tips Membangun Strategi Digital Marketing Bagi BankSaat ini, mayoritas konsumen ( 81% dari populasi AS ) menggunakan media sosial. Dengan 2,14 miliar pengguna internet , 80% di antaranya meneliti produk dan membeli secara online, bank harus menjadi cerdas secara digital.

Tips Membangun Strategi Digital Marketing Bagi Bank

digitalmarketer – Konsumen sudah mengadopsi digital dan mobile banking, mengakibatkan perampingan cepat bank fisik di AS bersamaan dengan merajalelanya pertumbuhan organisasi digital-native (misalnya, Ant Financial Services dari Alibaba kini memiliki aset lebih dari $100 miliar hanya dalam 2 tahun setelah diluncurkan). Menciptakan strategi pemasaran digital untuk bank tidak hanya membantu institusi beradaptasi dengan digital tetapi juga tetap bertahan di industri.

Mengembangkan strategi pemasaran online untuk bank Anda adalah langkah pertama untuk membangun kehadiran digital yang nyata, tetapi ini adalah salah satu yang sering diperjuangkan oleh bank tradisional.

Baca Juga : Apa Saja Komponen Sistem Informasi Pemasaran Digital?

Strategi Pemasaran Digital yang Kuat untuk Bank Menghasilkan Pertumbuhan

Bank secara tradisional menghabiskan sedikit uang untuk pemasaran, mengandalkan kebutuhan untuk mendorong pendapatan. Sebagai contoh, studi terhadap 256 bank di AS mengungkapkan bahwa sebagian besar dari mereka membelanjakan 0,077% dari total pendapatan untuk pemasaran, sedangkan median pemasaran untuk semua bisnis adalah 13%.

Pada saat yang sama, penjualan digital dapat mencapai 40% dari pendapatan bank baru(terbuka di tab baru)dalam waktu 5 tahun. Di Eropa Barat, bank sudah melaporkan setengah dari pendapatan baru dari penjualan digital. AS mengikuti angka-angka ini, tetapi tidak sejauh ini. Singkatnya, bank hanya memiliki beberapa tahun untuk masuk dan memanfaatkan pasar digital yang berkembang dan menciptakan strategi pemasaran digital untuk layanan keuangan sangat penting untuk mengembangkan kehadiran merek.

Berikut tips membangun strategi digital marketing:

Terhubung dengan konsumen Anda

Strategi pemasaran digital bank Anda harus memungkinkan Anda bergerak melampaui titik kontak sederhana untuk menciptakan hubungan berkelanjutan dengan konsumen. Digital memungkinkan untuk membuat perjalanan pelanggan khusus yang berpusat pada pengguna dengan konten web, UX, dan proses melalui layanan pelanggan, termasuk menetapkan manajer hubungan individu ke setiap akun pelanggan. Layanan yang dipersonalisasi ini adalah salah satu daya tarik besar pemasaran digital untuk bank, dan penting bagi Anda untuk memanfaatkannya.

Nilai penawaran

Pemasaran digital untuk bank lebih dari sekadar iklan. Ini tentang layanan pelanggan melalui obrolan dan media sosial, menawarkan personalisasi, kemudahan penggunaan, dan aplikasi online atau manajemen akun. Pengalaman pengguna yang baik akan memasarkan dirinya sendiri. Lebih penting lagi, setiap aspek pengalaman online Anda terkait dengan pemasaran. Tidak masalah seberapa bagus iklan Anda jika pengguna tidak dapat mengakses situs web Anda di ponsel mereka atau layanan pelanggan di Facebook gagal dengan respons yang kurang tepat waktu.

Personalisasi

Perbankan online memungkinkan organisasi untuk mengumpulkan data dalam volume yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pemasaran digital untuk bank harus melibatkan pemanfaatan data dan analitik untuk membuat penawaran yang sangat tertarget, baik untuk menciptakan pelanggan baru maupun penjualan silang – pada titik penjualan, dan sepanjang umur pelanggan. Ketersediaan data besar memungkinkan untuk menghasilkan dan menggunakan wawasan pelanggan untuk pemasaran, penjualan silang dan penjualan, dan bahkan manajemen hubungan pelanggan. Ini juga berarti memahami demografi pasar Anda, mensegmentasikan dan menargetkan upaya pemasaran Anda, serta membuat konten dan nilai untuk setiap demografis.

Otomatisasi

Pemasaran digital memberi Anda alat untuk mengotomatiskan tugas pemasaran seperti menawar iklan, mengirim email saat pengguna mengklik tautan, membuat rencana yang dipersonalisasi menggunakan pilihan kontekstual, dan bahkan iklan A/B atau pengujian terpisah untuk melihat mana yang berfungsi dan yang tidak. Otomasi harus menjadi elemen penting dari strategi pemasaran digital bagi bank, hanya karena dapat memangkas biaya, dapat meningkatkan kualitas keluaran, dan sangat mengurangi jumlah pakar pemasaran bank yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

Diversifikasi

Anda mungkin akrab atau tidak akrab dengan kata-kata seperti omnichannel, tetapi masa depan pemasaran online untuk bank mengarah ke sana. Pengguna mengakses situs web dari berbagai perangkat dan membuat pengalaman yang melacak pengguna di seluruh perangkat untuk memberikan satu pengalaman yang seragam. Strategi pemasaran digital untuk bank harus berinvestasi di ponsel, media sosial, aplikasi, situs web, dan kemungkinan berbagai konten untuk berbagai media.

Membawa Ahli

Jika tim pemasaran Anda tidak cukup siap menghadapi tantangan membangun strategi pemasaran digital, itu masalah. Jika Anda ingin sukses secara online, Anda harus tahu cara menggunakan SEO, PPC, pemasaran konten digital, iklan, dan media sosial. Pertimbangkan untuk membawa penduduk asli digital atau bermitra dengan perusahaan yang dapat menyediakan layanan teknis yang dapat membuat dan memelihara strategi pemasaran digital untuk bank.

Alat untuk Strategi Pemasaran Digital

Sebagian besar bank sudah memiliki teknologi dan bahkan data untuk mewujudkan strategi pemasaran digital bagi bank. Yang hilang adalah kemampuan untuk berorientasi pada digital, mengembangkan strategi online yang kuat, serta membuat dan menjalankan kampanye pemasaran online. Itu berarti kehilangan kesempatan untuk terhubung dengan pelanggan yang mencari layanan dan lebih sedikit waktu untuk membangun hubungan dengan klien Anda yang sudah ada. Keenam tip kami adalah langkah bagus untuk menggunakan sumber daya yang tersedia untuk membangun strategi pemasaran digital yang kuat bagi bank.

Powered By WordPress | Flawless Recipe