Trik menggunakan Instagram untuk keberhasilan penjualan Anda

23 Juli 2018
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Apa Anda setuju bahwa Instagram adalah salah satu jejaring sosial yang sedang hits pada saat ini?

 

Jawabannya pasti Ya. Mungkin dari Anda yang sedang membaca artikel ini juga telah menggunakan Instagram untuk kepentingan pribadi Anda. Lalu bagaimana bila Instagram bisa dioptimalkan untuk membantu penjualan produk Anda?

 Instagram

Bagaimana bisa Instagram membantu penjualan dari bisnis Anda?

Banyak fitur yang Anda bisa gunakan untuk memaksimalkan penjualan Anda. Instagram memiliki fitur dengan manfaat berbeda-beda. Nah disinilah kita akan membahas fitur apa saja yang bisa membantu Anda.

Sebelum lanjut, Anda harus tahu dahulu sistem yang membantu memaksimalkan penjualan produk Anda di Instagram yaitu:

  1. Awarness (Kesadaran): Kenalkan bisnis anda dengan menggunakan tehnik pemasaran Influencer (orang yang berpengaruh) di Instagram.
  2. Engagement (Keterlibatan): Buatlah perhatian/interaksi antara pengikut dengan Lead Magnet yang sudah anda buat.
  3. Conversion (Transaksi): Buatlah transaksi yang anda inginkan terhadap pengikut. Tidak harus melulu tentang pembelian dengan menggunakan tehnik Call to Action (CTA).

Kesimpulannya adalah Anda harus mengenalkan bisnis Anda kepengguna luas yang menggunakan Instagram. Lalu setelah itu Anda harus mendapatkan perhatian/interaksi dari mereka. Lalu Anda akan mendapatkan transaksi yang Anda inginkan dari mereka.

Mudah kan? Bayangkan bila teori tersebut Anda lakukan dengan baik. Lalu berapa penghasilan yang akan Anda dapatkan dari teori tersebut? Bagaimana bila Anda memiliki 1000 pengikut? 10.000? atau 1.000.000 pengikut?

 

Langkah 1: Dapatkan lebih banyak pengikut Instagram

Ya, bila Anda tidak memiliki pengikut Instagram di akun Anda, mau dengan cara bagaimana pun tidak akan berhasil untuk mendapatkan penjualan. Maka dari itu Anda butuh mendapatkan pengikut sebanyak-banyaknya. Bukankah Anda juga ingin mendapatkan penjualan sebanyak-banyaknya?

grow-followers-760x400

Begitu banyak orang yang menggunakan Instagram maka semakin banyak juga karakteristik pengguna Instagram tersebut. Bukan berarti Anda harus menjaring semua pengguna tersebut. Anda hanya membutuhkan pengguna yang berkaraketer dan berfikiran sama dengan produk yang ingin Anda jual. Secara langsung mereka membutuhkan produk Anda.

Lalu bagaimana cara menjaring pengguna tersebut?

Salah satu caranya adalah dengan menjaring pengguna yang sudah memiliki pengikut yang cukup besar. Dengan cara ini Anda bisa menjaring pengguan yang memiliki karakter dan pikiran yang sama sekaligus karena bisnis atau produk Anda direkomendasikan oleh figure berpengaruh terhadap pengikutnya dengan kredibilitas yang dia miliki.

Nah, ini juga penting mengenai kredibilitas influencer tersebut. Anda juga harus mengetahui apakah kredibilitasnya dengan produk yang Anda jual sesuai. Mengapa? Karena keefektifan pemasaran tersebut bergantung dengan hal tersebut. Bayangkan bila influencer tersebut tidak menggunakan hijab, dan non-muslim lalu produk yang Anda jual adalah hijab. Apakah efektif?

 Influencer

Jadi siapa itu Influencer?

Influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar bagi pengikutnya. Mereka bisa public figure, actor, musisi, atlet, politisi, bahkan pemilik bisnis juga. Namun perlu Anda tahu juga influencer bukan berarti orang yang harus terkenal, namun hanya seseorang yang memiliki pengikut yang menyukai dan mempercayai orang tersebut.

Bagaimana system pemasaran Influencer?

Anda hanya membayar sesuai dengan tarif yang mereka bentuk untuk memperkenalkan dan mempromosikann perusahaan Anda atau produk yang Anda jual. Anda juga bisa membayarnya hanya dengan memberi produk yang ingin Anda promosikan untuknya tidak harus melulu dengan uang. Atau anda juga bisa memintanya untuk promosi dengan gratis melaui cara, Anda juga membantu mereka promosi kontennya juga. Tehnik ini bisa disebut Shout Out for Shout Out(SFS).

 

DOWNLOAD GRATIS EBOOK
5 Cara Efektif untuk menambahkan ribuan followers instagram dan mengembangkan omzet bisnis anda

book-instagram-for-web

 

Langkah 2: Buatlah interaksi pengikut Instagram

Langkah selanjutnya setelah Anda melakukan langkah pertama adalah buatlah interaksi dari setiap konten yang Anda buat sehingga Anda mendapatkan perhatian mereka untuk mengunjungi website Anda.

Bagaimana caranya?

Ada beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk menarik interaksi/perhatian pengikut Anda yaitu:

  1. Bio Instagram

Kesan pertama seseorang selalu tergambarkan dengan bagaimana pertemuan dipertama kali. Nah, diInstagram pertemuan tersebut ada di fitur Bio akun Anda. Buatlah Bio akun Anda terlihat baik dan jelas.

Bio instagram

Biasanya para pengguna Instagram sering memperhatikan Bio terlebih dahulu sebelum menyimpulkan apakah mereka menyukai perusahaan tersebut. Baru mereka melihat beberapa konten yang Anda post.

Buatlah kalimat yang singkat, jelas, dan langsung tidak perlu yang berlarut-larut dan panjang lebar. Buatlah Call to Action (CTA) yang langsung kearah URL website Anda. Nah, barulah diwebsite Anda berikan penjelasan yang cukup diwebsite Anda.

  • Catatan: Anda juga bisa meminta pengikut untuk menggunakan fitur TAG (menandai) teman mereka.
  1. Instagram Stories

Instagram Stories ini berfungsi untuk menambah interaksi/perhatian pengikut akun Anda. Sehingga lebih banyak lagi interaksi/perhatian yang Anda dapatkan dari mereka yang juga bisa memberikan Call to Action (CTA) didalamnya.

Ada beberapa fitur di Instagram stories ini yaitu :

  1. Swipe Up

Fitur ini memungkinkan untuk pengikut akun Anda berinteraksi dengan cara menggeser keatas layar handphonenya yang menuju Call to Action (CTA) yang AAnda buat didalamnya.

 6

Fitur ini juga bisa Anda manfatkan untuk konversi terhadap produk yang Anda jual didalam website Anda. Atau juga Anda dapat gunakan untuk menambah database di landing page website Anda.

  1. Polling

Fitur ini juga berfungsi meningkatkan interaksi/perhatian yang cukup tinggi. Fitur ini mengharuskan pengikut untuk memilih sebuah pilihan yang telah Anda buat. Fitur ini juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui berapa besarnya pengikut untuk memberi interaksi/perhatian terhadap Anda.

 Polling

Langkah 3: Buatlah conversi pengikut Instagram anda

Setelah Anda mendapatkan banyak pengikut dan mereka memberikan banyak juga interaksi/perhatian terhadap Anda berarti tahap terakhir adalah membuat mereka menjadi pelanggan setia binis Anda.

 

Lalu bagaimana caranya?

Konten seperti apa yang membuat conversi?

Apakah berbeda konten untuk menimbulkan interaksi dan konversi?

 

Jadi untuk menjawab semua pertanyaa tersebut adalah Anda harus membuat konten yang menimbulkan emosi terhadap pengikut akun Anda tersebut. Jadi gunakan design yang kreatif dan gambar visual yang baik untuk mendapatkan interaksi/perhatian mereka. Konten yang Anda buat juga harus memicu respon yang besar dari pengikut Anda dan membuat mereka meningkatkan keingintahuannya cukup tinggi.

Anda juga harus memiliki strategi yang baik dalam memposting sebuah konten Anda. Jangan terlalu banyak untuk membuat konten penjualan Anda. Mengapa? Karena pengikut Anda akan terganggu dengan konten yang Anda buat. Lalu Anda juga hilangkan kebiasaan menggunakan kata-kata yang langsung seperti “Beli Produk Saya”. Ini akan membuat pengikut Anda meninggalkan Anda.

 

Yuk Gabung Digital Marketer Labs

sliderbaru

Baca juga artikel menarik lainnya seperti :

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita atau pengalaman menarik berhubungan dengan topik ini atau tentang social media, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *