Snapchat dan Instagram: Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda?

Perbedaan Snapchat dan Instagram
25 Mei 2016
Bagikan artikel ini
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Bagikan artikel ini :

Snapchat dan Instagram adalah dua jejaring sosial yang mempunyai tujuan sharing yang sama, mendistribusikan gambar dan video, tetapi melakukannya dengan cara yang berbeda. Mari kita bahas perbedaan Snapchat dan Instagram.

Snapchat dan Instagram, masing-masing platform memiliki kelebihan, kekurangan masing-masing, dan cara penggunaan terbaik. Ketika Anda ingin menggunakan Snapchat dan Instagram, itu tergantung pada bisnis Anda.

Jadi mana yang lebih baik untuk bisnis Anda, Snapchat atau Instagram? Mari kita cari tahu perbedaan Snapchat dan Instagram.

Snapchat Marketing

Diluncurkan pada 2011, Snapchat adalah platform media sosial yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dan video, menambahkan teks pada video tersebut, dan mengirim video tersebut ke salah satu teman atau berbagi dengan semua orang yang mengikuti atau follow Anda.

Sebelum melanjutkan lebih jauh, untuk mengetahui bagaimana Snapchat bekerja dan istilah-istilah pada Snapchat, Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut ini>>> Mengenal Snapchat Lebih dekat Sebagai Sarana Mengembangkan Bisnis Anda

Snapchat dan Instagram

Meskipun Snapchat tidak digunakan sesering beberapa platform media sosial lainnya, sangat memungkinkan Snapchat akan lebih berkembang, dan dapat mengambil tempatnya dalam social media marketing.

Metrik & Statistik Penting

Untuk mengetahui hal terbaik apa dari platform yang akan Anda gunakan berarti mengetahui statistik dan metrik yang membantu menentukan potensi Snapchat ini secara keseluruhan dan untuk bisnis khusus Anda. Berikut adalah statistiknya:

  • Diperkirakan setiap hari pengguna aktif Snapchat sekitar 100 juta
  • Jumlah Snaps dikirim setiap hari: 400 juta
  • Persentase pengguna perempuan: 70%
  • Rata-rata pengguna Snapchat berusia 13-24 tahun
  • Hanya 1% dari yang beriklan menggunakan Snapchat untuk pemasaran (yang berarti tidak ada banyak kompetisi, dan ada banyak ruang untuk Anda!)
  • Ada lebih dari 8 miliar penayangan video setiap hari di Snapchat.

Kelebihan

Snapchat memiliki beberapa kelebihan yang sangat bagus sebagai pertimbangan untuk para marketer ketika akan menggunakannya.

Meskipun Snapchat adalah sebuah platform yang relatif baru, jejaring sosial ini menjadi sangat populer dan berkembang dengan cepat.

Menjadi salah satu yang pertama pada bidang bisnis yang Anda jalani untuk membangun brand, bisa menjadi hal yang bagus. Bahkan, mungkin relatif mudah, karena sekarang ini di Snapchat kompetisi masih sedikit dengan merk dan pengiklan yang lain.

Snapchat juga sering digunakan oleh orang yang memiliki aplikasi di handphone mereka. Ini adalah hal yang bagus.

Ini berarti bahwa mereka, para penggunanya aktif dan lebih mudah menerima pesan yang Anda kirim; mereka juga lebih mungkin untuk melihat pesan yang Anda kirim.

Snapchat ini juga cocok untuk menciptakan rasa urgensi. Karena Snaps hanya berlangsung 10 detik, lebih mudah untuk menjaga perhatian penuh orang sebelum Snap itu hilang (bahkan jika mereka akan menggulir melewati gambar yang sama di Instagram tanpa memberikan pandangan kedua).

Perasaan mendesak tersebut dapat mendorong pengguna untuk mengambil tindakan lebih cepat, dan dapat menjadi motivator yang kuat.

Kekurangan

Kelemahan utama Snapchat adalah audience mereka  yang terbatas. Dibandingkan dengan mayoritas platform media sosial lainnya, audience mereka sangat sempit, meskipun memang sangat unik (ini bagus jika Anda menargetkan remaja dan mahasiswa).

Meskipun mereka memperluas dan lebih banyak pengguna dari kategori pemirsa yang berbeda bisa dengan mudah menetes dari (berpikir tentang seberapa cepat Facebook diperluas dari siswa hanya college-aged), sekarang Anda sedang melihat remaja, college berusia siswa , dan mungkinpengguna yang baru saja keluar dari perguruan tinggi -dan banyak dari mereka adalah perempuan .

Saya juga akan meletakkan gambar secara otomatis menghapus sebagai kelemahan; meskipun fitur ini memiliki manfaat dan dapat dianggap sebagai kekuatan, 10 -Kedua-satunya waktu lihat memang memiliki beberapa kekurangan, juga.

Jika seseorang tidak memiliki perhatian yang cukup, jika mereka ingin menunjukkan teman Snap mereka, atau jika mereka sengaja membukanya tanpa disadari, pesan Anda akan hilang dan potensi pemasaran untuk Snap tertentu akan hilang.

Waktu adalah segalanya bagi Snapchat, karena gambar tidak akan tersimpan dalam server mereka. Tidak ada keabadian. . Gambar dan video akan hilang selamanya. Inilah perbedaan Snapchat dan Instagram.

Cara terbaik menggunakan Snapchat

Penggunaan terbaik Snapchat ini termasuk menargetkan anak muda dan remaja. Jika itu adalah target audience bisnis Anda, Anda bisa segera menggunakan Snapchat.

Snapchat juga digunakan juga untuk kampanye yang berusaha untuk memanfaatkan atau menciptakan rasa urgensi atau ketepatan waktu.

Memiliki posting yang hanya berlangsung sepuluh detik membuat pengguna lebih banyak mungkin untuk mengambil tindakan di atasnya sekarang, tepat pada kedua ini, sebelum foto itu hilang dan mereka lupa-terutama jika kode kupon atau promosi yang diposting pada Snap.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda 2
Sebuah perusahaan mengirimkan Snaps yang mempunyai kode kupon.

Untuk cara-cara menggunakan Snapchat untuk memasarkan bisnis dan produk Anda bisa menyimaknya pada ulasan berikut ini >>> Snapchat : Mengupas Aplikasi Populer ini dari Sejarah sampai Fitur Terbarunya

Instagram Marketing

Instagram sekarang ini adalah anak perusahaan Facebook. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar dan video online untuk pengguna berikut mereka (atau, dalam kasus profil publik, kepada semua orang yang melihat profil mereka atau hashtag yang digunakan).

Deskripsi dari gambar juga bisa diposting, dan sering terdapat link yang bisa diklik dan sebuah topic bisa dalam bentuk hashtags.

Instagram menawarkan banyak fitur editing termasuk filter dan editing foto (yang memungkinkan Anda untuk mengedit hal-hal seperti saturasi warna atau kecerahan gambar).

Hal ini mendorong kualitas gambar yang bagus dan lebih artistik.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  3
Hashtags dapat membantu penargetan audience.

Perbedaan Snapchat dan Instagram yang paling utama, gambar di sini akan tersimpan seperti posting Facebook, dapat diakses setiap saat kecuali gambar atau video tersebut dihapus.

Metrik & Statistik Penting

Berikut metrik penting dan statistik Instagram memiliki pemasar harus mengambil melihat …

  • Instagram sekarang memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif bulanan
  • 80 + juta foto diupload per hari
  • Rata-rata 70 juta foto diposting setiap hari
  • 5 miliar like sehari
  • Rata-rata pengguna menghabiskan 21 menit sehari di Instagram
  • 41% dari pengguna usia 16-24, 35% dari pengguna usia 24-34
  • Engagement mereka telah melampaui Twitter.

Kelebihan

Salah satu perbedaan Snapchat dan Instagram adalah hashtag. Seperti di Twitter (dan Facebook, meskipun fitur ini jarang digunakan di FB), pengguna Instagram dapat menggunakan satu atau banyak hashtags untuk masing-masing gambar mereka.

Hashtag Ini menjadi link yang dapat diklik, mengarahkan pengguna ke feed gambar yang menggunakan tag yang sama. Ini adalah bonus besar, karena memungkinkan marketer untuk menggunakannya dengan cerdas. Menggunakan hashtags yang tidak hanya membantu meningkatkan branding Anda maupun bisnis Anda, tetapi juga menghubungkan dengan pengguna lain yang berpotensi menghasilkan engagement.

Jadi, Anda dapat menggunakan hashtag ini untuk menargetkan pengguna serta untuk meningkatkan keterlibatan dan percakapan tentang konten dan bisnis Anda. Itu adalah kelebihannya.

Dengan hubungan mereka dengan Facebook , Instagram juga menyediakan integrasi dan memungkinkan Anda untuk promosi silang di beberapa platform.

Perbedaan Snapchat dan Instagram yang lain, gambar dari Instagram juga mempunyai kualitas yang lebih tinggi, ada banyak filter yang dapat Anda gunakan untuk mengedit gambar.

Sehingga gambar gambar tersebut bisa terlihat lebih indah di Instagram. Gambar produk Anda secara otomatis akan terlihat lebih menarik di sini.

Keterlibatan (engagement) dan interaksi. Orang dapat mengomentari atau menyukai video Anda secara terbuka, bukannya menanggapi secara pribadi.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan momentum dan keterlibatan, serta menghasilkan interaksi lebih lanjut. Anda bahkan dapat menandai (tag) pengguna dalam deskripsi atau komentar.

Instagram akan menyimpan yang Anda upload kecuali Anda memutuskan untuk menghapus foto atau video tersebut. Ini berarti bahwa pengguna dapat melihat semua yang Anda upload, seminggu atau bahkan bertahun-tahun setelah itu diposting.

Produk yang Anda promosikan sekali masih akan terlihat oleh pengguna baru yang mengikuti Anda, atau orang yang ingin melihatnya kembali.

Ini adalah keuntungan besar dari Instagram, dan ini adalah hal yang berbeda dengan apa yang ditawarkan oleh Snapchat.

Kekurangan

Instagram tidak bekerja dengan baik untuk posting yang bersifat sangat mendesak, atau setidaknya mereka tidak bekerja seefektif Snapchat. Postingan yang berhubungan dengan deadline bekerja lebih baik di Snapchat .

Instagram juga  hanya bekerja dengan baik jika Anda menjual produk visual. Platform Snapchat (dan Pinterest) membuat pesan tertulis lebih menarik daripada yang ditampikanl di Instagram.

Instagram berhubungan dengan semua tentang gambar, sehingga memiliki sebuah produk yang menonjol secara visual dan estetis itu penting.

Gambar Anda juga diharapkan untuk memiliki kualitas yang lebih tinggi di Instagram, yang berarti membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuat dan mengeditnya.

Instagram juga jauh lebih populer di kalangan marketer. Gambar produk Anda akan memiliki lebih banyak kompetisi. Sangat mudah bagi pengguna untuk  tidak melihat gambar yang Anda posting hanya melewatinya begitu saja, sedangkan tata letak Snapchat dapat menuntut perhatian penggunanya, jika mereka klik.

Cara terbaik menggunakan Instagram

Instagram sangat ideal untuk produk yang secara visual lebih menonjol, atau gambar lain yang tampil baik (seperti di belakang gambar adegan atau video). Gambar berkualitas tinggi telah menemukan sebuah rumah di Instagram. Inilah salah satu perbedaan Snapchat dan Instagram.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda 4

Platform Ini juga ideal ketika Anda ingin terhubung dengan banyak audience baru, hal itu berkat hasthag. Hashtag juga dapat menjadi fitur yang sangat berharga untuk membangun brand Anda dan menghasilkan keterlibatan pengguna di sekitarnya.

Gambar yang digunakan membutuhkan lebih banyak deskripsi pada Instagram, terutama jika Anda dapat menandai (tag) banyak orang.

Update 2016

Dalam satu tahun terakhir, baik Snapchat dan Instagram telah memperbarui berbagai fitur yang berbeda pada masing-masing platform. Perbedaan Snapchat dan Instagram dalam fitur-fitur tersebut dapat menjadi faktor pengambilan keputusan penting ketika Anda akan menggunakan kedua platform ini.

Fitur baru untuk Instagram

Instagram telah menyediakan beberapa fitur baru yang powerful, dan developer software pihak ketiga juga menyediakan fitur lain untuk mengisi kekosongan layanan yang dibutuhkan.

Fitur baru di Instagram meliputi:

Iklan Instagram. Iklan Instagram tersedia untuk bisnis melalui Facebook Ads Manager, dan sebagai fitur tambahan dari iklan Facebook yang sangat efektif. Tujuan dari iklan Instagram ini termasuk meningkatkan pengguna untuk melihat, keterlibatan (engagement), traffic dan konversi di website Anda. Anda bisa menyimak lebih jauh tentang iklan Instagram pada ulasan berikut ini>>> Peluang Baru, Pasang Iklan di Instagram dengan Mudah untuk Raih Profit Lebih

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda 5

Instagram Analytics. Instagram sendiri tidak menyediakan tool analytic, ada berbagai layanan dari pihak ketiga yang menyediakan. Ada dari termasuk Simply Measured dan Sprout Social. Kami belum melihat yang seperti ini, dan menjadi salah satu perbedaan Snapchat dan Instagram.

Instagram Shop Front. Sejalan dengan tujuan baru Iklan Instagram, satu-satunya cara sebuah bisnis bisa mengarahkan traffic ke website mereka dari Instagram adalah single link yang tersedia di bio profil mereka. Selling Tool Instagram dapat dimanfatkan seperti pada Have2Have.IT ini.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  6

Sebuah algoritma baru.Anda tahu bagaimana di Facebook, Anda tidak melihat setiap hal yang teman Anda posting, dalam posting yang berurutan di newsfeed bukan? Instagram telah  memperkenalkan suatu algoritma yang akan memprioritaskan konten muncul di newsfeed Anda, memberikan setiap pengguna akun/ brand / konten lain yang paling relevan dengan mereka.

Support beberapa account.Instagram telah resmi meluncurkan kemampuan untuk satu aplikasi instagram di handphone bisa login dengan beberapa account. Bagi mereka yang mempunyai bisnis, atau brand yang lebih dari satu, ini membuat mereka memanage akun-akun tersebut menjadi lebih mudah.

Landscape dan portrait mode. Alih-alih hanya mampu mengambil gambar dan crop ke dalam kotak Instagram, Anda sekarang dapat berbagi gambar dalam mode portrait atau landscape. Hal ini dapat membantu membuat gambar Anda lebih beragam, terlihat di newsfeed.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  7

Ini menunjukkan seberapa cepat platform Instgram berkembang, dukungan dan fokus untuk bisnis juga telah muncul pada platform ini.

Fitur baru Snapchat

Sementara fitur baru Instagram ini telah membawa banyak penambahan besar untuk bisnis dan pemasar menggunakan platform (yang juga menguntungkan pengguna), fitur baru Snapchat adalah hampir secara eksklusif untuk pengguna.

Berikut ini fitur baru Snapchat:

Platfom Update.Sementara ini lebih untuk pengguna, memiliki lebih banyak pilihan kreativitas pada platform tidak pernah merupakan hal yang buruk. Snapchat baru saja meluncurkan Snapchat 2.0, yang menawarkan banyak fitur pengguna baru, termasuk stiker di chat, filter baru dan lensa, replay, dan banyak lagi.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  8

Pilih durasi video. Anda dapat menambah atau mengurangi waktu yang teman Anda miliki untuk melihat Snaps Anda. Jika Anda menggunakan Snapchat sebagai kampanye, meningkatkan waktu untuk melihat Snaps dapat membantu.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  9

Video dan audio chatting. Mirip dengan Video Facebook calling sistem di dalam pesan pribadi, Anda dapat memiliki video atau audio chatting dengan pengguna lain di pesan pribadi Snapchat ini. Jika pengguna lain yang Anda ingin ajak bicara tidak tersedia, Anda dapat meninggalkan mereka video yang singkat atau pesan audio yang direkam melalui pesan obrolan pribadi.

Mengenal Snapchat Lebih dekat Sebagai Sarana Mengembangkan Bisnis Anda6

Auto-advance stories. Sekarang, ketika pengguna telah menonton stories dari tampilan Snap dari pengguna tertentu, akan segera ditampilkan setiap Snaps atau Stories selanjutnya yang masih tersedia untuk ditonton.Ini adalah cara yang bagus untuk mendorong pengguna untuk melihat lebih banyak Stories Anda; mereka harus klik untuk tidak menontonnya, bukannya mengklik untuk menontonnya masing-masing.

Geofilters. Geofilters dapat memungkinkan pengguna untuk berbagi Snap di mana mereka berada, tanpa berbagi lokasi geografis eksplisit mereka. saat ini geofilter hanya tersedia di beberapa pilih tempat, tapi ini bisa menjadi sangat mengagumkan untuk bisnis di masa yang akan datang. Anda bisa menyimak ulasan lebih lengkap tentang Geofilter ini pada artikel berikut ini >>> Memanfaatkan On-Demand Geofilter Snapchat Untuk Event Bisnis Anda

Perbedaan Snapchat dan Instagram

Iklan Snapchat. Snapchat sekarang memiliki fitur iklan, di mana unit iklan disebut iklan 3V. Iklan 3V memungkinkan stories dibagikan di premium; bahkan jika pengguna tidak menjadi follower Anda, mereka dapat memilih untuk melihat iklan Anda. Brand seperti CNN telah sukses besar menggunakan ini untuk menghubungkan dengan audience baru.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  11

 

Penggunaan terbaik Snapchat dan Instagram

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keberhasilan kampanye Anda pada Snapchat dan Instagram. Berikut ini ulasan tentang penggunaan terbaik dari Snapchat dan Instagram.

Instagram

Sementara beberapa alat yang berbeda sekarang memungkinkan Anda untuk menjual di Instagram, keterlibatan (engagement) masih menjadi kelebihan untuk platform ini. Engagment di instagram masih sangat tinggi. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan audience Anda.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda  12
2.210 suka dan 33 komentar dalam 13 menit. Itu cukup mengesankan.

 

Menggunakan Instagram sebagai wadah untuk menjual produk dapat menjadi hal yang bagus. Sejak sebuah bisnis berbagi link untuk mendapatkan traffic ke website menjadi begitu langka karena ada begitu sedikit pilihan untuk melakukan hal itu, beberapa link yang dilihat pengguna bisa menjadi lebih efektif.

Selain itu, mendorong audience untuk menginstal aplikasi mobile melalui Iklan Instagram, juga telah terbukti berhasil bagi banyak perusahaan.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda 13

Snapchat

Penggunaan terbaik Snapchat adalah untuk terhubung dengan generasi milenial (remaja, anak muda, kekinian) dengan cara yang menyenangkan.

Interaksi dan kampanye diarahkan kelompok usia ini akan menjadi yang paling sukses. Gambar diambil dengan cepat, tidak perlu (dan tidak harus) memiliki tampilan yang dipoles dengan baik, tidak sama seperti yang dilihat di Instagram.

Snapchat dan Instagram Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda 14
Video Snapchat hidup ini tidak berfokus pada kualitas video, tetapi hanya untuk menarik pengguna dan membangun sensasi melalui platform.

 

Anda bisa manfaatkan semua fitur yang ditawarkan oleh Snapchat pada saat yang tepat. Jika pengguna sudah terhubung dan berinteraksi dengan Anda, Anda dapat menggunakan fitur chat untuk mengirim mereka kode promo pribadi misalnya. Snapchat berfokus pada berbagai jenis kreatifitas, sesuatu yang unik.

Perbedaan Snapchat dan Instagram: Mana yang lebih Pas untuk Bisnis Anda?

Anda telah mengetahui perbedaan Snapchat dan Instagram, mana yang lebih pas untuk bisnis Anda, itu akan berbeda pada masing-masing bisnis. Beberapa bisnis kecil hanya akan menggunakan untuk Instagram, beberapa yang lain secara otomatis akan menggunakan Snapchat. Akan ada juga beberapa bisnis yang menggunakan Snapchat dan Instagram. Itu semua tergantung pada jenis bisnis Anda.

Jika bisnis Anda memiliki audience yang rata-rata berusia 13-24, sangat disarankan untuk mengunakan Snapchat, terutama jika Anda dapat menargetkan remaja dan perempuan.

Snapchat juga bermanfaat untuk sudut pemasaran yang unik, kampanye dengan rasa urgensi/mendesak mengandalkanbatas waktu, misalnya diskon produk yang hanya berlaku hari ini sampai jam 12 malam.

Instagram menawarkan hal yang lebih permanen, fokus yang lebih artistik, gambar yang lebih berkualitas dan dapat di-edit. Lebih banyak teks dan deskripsi dapat ditambahkan, dan hashtags sering digunakan, yang berarti akan lebih mudah untuk menemukan target audience Anda, dan mereka dapat menemukan Anda dengan cukup mudah.

Dikombinasikan dengan integrasi ke Facebook, konten Instagram dapat dilihat di dua paltform, dua audience yaitu di instagram dan facebook, itu hal yang bagus.

Foto-foto yang di upload di Instagram akan tersimpan selamanya, sehingga pengguna dapat melihat kembali posting lama Anda.

Anda telah mengetahui perbedaan Snapchat dan Instagram, juga bagimana cara penggunaan terbaik dari masing-masing platform tersebut. Lalu, platform mana yang telah bekerja dengan baik untuk bisnis Anda, Snapchat atau Instagram? atau bahkan Anda menggunakan keduanya, Snapchat dan Instagram?

Anda bisa berbagi bersama DigitalMarketer.id tentang Snapchat dan Instagram ini pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>