Panduan Penempatan Iklan Facebok Bagi Anda yang Beriklan di Facebook

penempatan iklan facebook
5 Mei 2017
Bagikan artikel ini
  • 14
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    14
    Shares

Bagikan artikel ini :

Bagi Anda yang ingin beriklan di Facebok ada beberapa hal yang perlu dipahami. Salah satunya adalah penempatan iklan Facebook.

Saat membuat iklan, Anda bisa memilih menjalankan iklan Anda nantinya beberapa penempatan yang memenuhi syarat di Facebook, Instagram, dan Audience Network. Anda juga dapat memilih penempatan secara manual saat proses pembuatan iklan.

Berikut ini panduan penempatan iklan facebook bagi Anda yang pemula dan ingin membuat iklan Facebook.

Penempatan Iklan Facebook

Saat Anda beriklan di Facebook, Anda bisa memilih menempatkan iklan di enam area. Pilihan penempatan iklan Facebook Anda meliputi:

  • News feed desktop Facebook
  • News feed mobile Facebook
  • Kolom kanan Facebook
  • Audience Network
  • Artikel instan
  • Instagram

Anda memiliki dua metode untuk memilih penempatan iklan Facebook Anda:

  • Penempatan Otomatis -Facebook secara otomatis memilih penempatan yang disarankan,  layak diterima iklan Anda, bergantung pada tujuan dan kreatifitas Anda. Ini adalah pilihan default.

penempatan iklan facebook

  • Edit Placement- Anda memilih penempatan Anda secara manual.

penempatan iklan facebook

Meskipun Facebook menawarkan enam penempatan, iklan Anda mungkin tidak memenuhi syarat untuk semua penempatan karena kelayakan bergantung pada sasaran iklan Anda.

Misalnya, jika Anda memilih mobile app install sebagai tujuannya, iklan Anda akan layak dipasang di Instagram, news feed mobile, dan Audience network dan tidak memenuhi syarat untuk penempatan di news feed desktop dan kolom kanan.

Jika iklan Anda tidak memenuhi syarat untuk penempatan tertentu, akan ada tulisan “ineligible” di sampingnya.

penempatan iklan facebook

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang setiap penempatan iklan Facebook.

News Feed Desktop Facebook 

Jika Anda memilih menempatkan iklan di news feed desktop Facebook , iklan Anda akan muncul di umpan berita, bagian Facebook tempat pos oleh teman dan keluarga Anda muncul.

Penting untuk diingat, bagaimanapun, menempatkan iklan Anda di news feed desktop berarti iklan Anda hanya akan muncul di news feed yang diakses melalui perangkat desktop, termasuk laptop.

Jangan bingung dengan news feed mobile, yang diakses melalui perangkat mobile.

penempatan iklan facebook

Iklan news feed Anda akan muncul di antara postingan teman dan keluarga, penampilannya seperti sebuah posting Facebook biasa dan bukan sebuah iklan.

Manfaat Menempatkan Iklan di Desktop News Feed

Banyak yang menyukai iklan umpan berita desktop karena kemiripannya dengan pos biasa membuat mereka lebih menarik bagi pengguna Facebook.

Menurut survei konsumen, orang membenci iklan yang mengganggu, termasuk iklan pop-up dan iklan video yang dimainkan secara otomatis dengan suara aktif. Iklan feed berita desktop, sebaliknya, berbaur dengan lingkungannya dan tidak mengganggu pengalaman pengguna.

Tujuan layak untuk penempatan ini: Clicks to Website, Desktop App Engagement, Desktop App Installs, Event Responses, Local Awareness, Page Likes, Page Post Engagement, Offer Claims, Video Views, Website Conversions.

Facebook Mobile News Feed

Bila Anda memilih menempatkan iklan di news feed mobile Facebook, iklan Anda akan muncul di news feed yang diakses orang melalui perangakt mobile. Sama seperti news feed desktop, iklan Anda akan muncul di antara postingan teman dan  keluarga Anda.

penempatan iklan facebook

Manfaat Menempatkan Iklan di Mobile News Feed

Beberapa pengiklan lebih suka menempatkan iklan mereka di news feed karena dua alasan:

  • Ada kemungkinan yang lebih tinggi bahwa orang akan melihat iklan Anda

Karena news feed memenuhi layar ponsel dan karena posting muncul di layar ponsel satu per satu, orang tidak punya pilihan selain melihat iklan Anda saat iklan muncul. Berbeda dengan news feed desktop, tidak ada sidebar kiri atau kolom sebelah kanan untuk mengalihkan perhatian mata.

  • Lebih banyak orang mengakses Facebook melalui mobile

Pada Desember 2016, Facebook memiliki 1,23 miliar pengguna ponsel setiap bulannya. Dari 1,23 miliar pengguna, 1 miliar akses Facebook hanya melalui mobile saja.

Tujuan yang layak untuk penempatan ini: Clicks to Website, Event Responses, Local Awareness, Mobile App Engagement, Mobile App Installs, Offer Claims, Page Likes, Page Post Engagement, and Video Views.

Kolom Kanan (Right Column) Facebook

Iklan kolom kanan muncul di bar yang terletak di sisi kanan Facebook, terjepit di antara news feed dan tickerTidak seperti iklan news feed yang menganggap tampilan posting biasa, iklan kolom kanan, yang hanya tampil di desktop, muncul dalam bentuk iklan yang sebenarnya.

penempatan iklan facebook

Target yang layak untuk penempatan ini: Clicks to Website, Desktop App Engagement, Desktop App Installs, Event Responses, Offer Claims, Page Likes, Page Post Engagement, and Website Conversions.

Manfaat Menempatkan Iklan di Kolom Kanan

Karena iklan kolom sebelah kanan lebih kecil dan muncul di samping daripada depan dan tengah di layar, iklan kolom kanan kurang invasif.

Jika Anda tidak ingin mengganggu orang dengan iklan Anda, jika Anda menginginkan pendekatan iklan yang halus, maka Anda harus memilih kolom kanan sebagai penempatan Anda.

Audience Network

Saat Anda menayangkan iklan ke audience network , iklan Anda akan muncul di aplikasi dan situs web mitra penerbit Facebook.

Baru-baru ini Facebook mengumumkan bahwa pengiklan dapat menjangkau 1 miliar orang melalui audience network dan baru-baru ini memasukkan beberapa mitra baru, termasuk Univision, Washington Post, Wenner Media, Daily Mirror, BBM, juga banyak lainnya.

penempatan iklan facebook

Jenis Iklan yang mendukung penempatan ini: Clicks to Website, Mobile App Engagement, Mobile App Install, Product Catalog Sales, dan Website Conversions.

Anda juga dapat menjalankan iklan video dengan memilih Clicks to Website, Mobile App Engagement, Mobile App Install, dan Website Conversions.

Manfaat Menempatkan Iklan di audience network

Melayani iklan Anda audience network meningkatkan jangkauan Anda . Anda tidak hanya dapat berpotensi menjangkau pengguna aktif Facebook 1 miliar setiap hari , namun Anda juga dapat menjangkau 1 miliar pengguna Pemirsa.

Audience network memungkinkan Anda beriklan melampaui Facebook, di website dan aplikasi yang sering dikunjungi orang.

Artikel Instan

Artikel Instan adalah fitur yang membuat artikel dapat diakses melalui aplikasi seluler. Saat pengguna Facebook meng-klik artikel, artikel tersebut akan terbuka di aplikasi Facebook dengan pemformatan serupa ke artikel di situs web penayang.

Memilih Artikel Instan akan menempatkan iklan Anda di dalam artikel yang dibaca pengguna Facebook. Sering kali iklan Anda akan muncul di antara paragraf.

penempatan iklan facebook

Sasaran yang layak untuk penempatan ini: Video Views, Traffic, Conversions, Engagement, App Installs, Product Catalog Sales.

Manfaat Menempatkan Iklan di Artikel Instan

Menempatkan iklan di Artikel Instan memungkinkan untuk membuat produk Anda ada dimana-mana  dalam pengalaman pelanggan Anda menggunakan Facebook.

Iklan Anda tidak hanya akan muncul di news feed desktop dan mobile Facebook (jika Anda memilih untuk melakukannya), iklan Anda juga akan muncul di artikel yang dibaca pelanggan Anda dari aplikasi.

Instagram

Menggunakan Instagram sebagai penempatan berarti iklan Anda akan muncul di feed Instagram, di antara entri pengguna Instagram lainnya.

Perhatikan bahwa Instagram tidak mendukung semua format iklan Facebook. Meskipun iklan gambar tunggal, video, dan carousel layak untuk penempatan di iklan Instagram, tapi tidak untuk canvas dan slideshow.

penempatan iklan facebook

Sasaran yang layak untuk penempatan ini: Clicks to Website, Mobile App Engagement, Mobile App Installs, Page Post Engagement, Video Views, and Website Conversions.

Manfaat Menempatkan Iklan di Instagram

Jika Anda ingin menceritakan kisah merek Anda di pusat representasi visual, penempatan Instagram direkomendasikan untuk Anda. Instagram diisi dengan konten berbasis visual.

Instagram saat ini memiliki 400 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, menghabiskan sekitar 21 menit untuk setiap feed sehari.

Kesimpulan

Sebagai pengiklan (Advertiser) di Facebook, Anda memiliki enam pilihan untuk penempatan iklan:

  • News feed desktop Facebook
  • News feed mobile Facebook
  • Kolom kanan Facebook
  • Audience Network
  • Artikel instan
  • Instagram

Ingatlah bahwa Anda dapat memilih lebih dari satu penempatan saat Anda membuatnya. Melakukan hal ini sangat dianjurkan karena memungkinkan Anda menjangkau audience yang lebih luas.

Namun, untuk mengetahui mana penempatan paling menguntungkan bagi Anda, selalu lakuakn tes dan analisis hasilnya.

Beberapa bisnis mungkin menemukan lebih banyak kesuksesan di Instagram dan kurang di Facebook. Beberapa mungkin menerima lebih banyak konversi di desktop daripada di seluler. Uji dan lihat mana yang sesuai untuk produk atau bisnis Anda.

Apakah panduan untuk penempatan iklan Facebook dari DigitalMarketer.id bermanfaat bagi Anda? Jika ya, Anda bisa share ini ke teman-teman Anda di sosial media juga. Jika ada pertanyaan, Anda bisa beri komentar pada kolom di bawah ini.

 

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 14
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    14
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>