Menggunakan Snapchat untuk Berbisnis : Panduan untuk Marketer

Menggunakan Snapchat untuk Berbisnis : Panduan untuk Marketer

Dari hari ke hari, perkembangan sosial media semakin meledak.

Berbagai macam aplikasi sosial media muncul.

Snapchat adalah salah satu sosial media yang fenomenal, tetapi belum begitu banyak orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berbisnis.

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak pebisnis yang ingin memanfaatkan peluang untuk meningkatkan bisnis Anda?

Kalau begitu, Anda telah membuka artikel yang tepat.

Artikel kali ini akan memandu Anda, para marketer untuk menggunakan Snapchat untuk memulai bisnis online.

Mari kita mulai.

Apa itu Snapchat?

Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu Snapchat sebenarnya.

Snapchat merupakan sebuah aplikasi mobile yang mengijinkan Anda untuk mengirimkan snaps gambar ke public atau pribadi.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengirimkan video kepada orang-orang dari smartphone Anda.

Pembahasan selanjutnya, Anda akan menemukan cara untuk menggunakan fitur Snapchat untuk terhubung dengan customer Anda.

Demografi Snapchat

Sebelum kita mengetahui lebih dalam bagaimana bisnis dapat menggunakan Snapchat, mari kita melihat secara sekilas mengenai demografi yang Snapchat sediakan di Snapchat Ads page.

  • Snapchat memiliki 100 juta pengguna aktif harian.
  • 86% dari pengguna Snapchat ini berusia 13 – 37 tahun.
  • 5 + miliar video ditonton pada Snapchat setiap hari.

Yang perlu diperhatikan adalah untuk pemasangan iklan di Snapchat baru-baru ini turun dari harga $ 700.000 menjadi $ 100.000.

Itu sebabnya untuk saat ini, kecuali Anda seorang merek besar, Anda harus fokus pada pertumbuhan audiens Anda dan berbagi konten dengan mereka dengan cara sederhana serta simple terlebih dahulu.

  1. Menyiapkan Akun Snapchat Anda

Langkah pertama untuk menggunakan Snapchat untuk bisnis Anda adalah menyiapkan serta mengatur akun Snapchat Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu men-download aplikasi dari toko iTunes atau Google Play. Setelah diinstal, Anda akan dapat mendaftar untuk akun Snapchat baru.

1

Anda akan memasukkan alamat email, password dan tanggal lahir.

2

Kemudian Anda akan memilih nama Anda dengan menggunakan 15 karakter. Ini berupa sesuatu yang orang harus ketik untuk menemukan Anda jika mereka tidak memiliki snapcode Anda (yang akan dibahas pada bagian tentang membangun audiens Anda).

Dengan demikian, Anda ingin membuat sesuatu yang orang otomatis akan pikirkan ketika mereka mencari untuk bisnis Anda, seperti tacobell, grubhub, wwe, philadelphiazoo atau sesuatu yang serupa.

3

Setelah Anda memilih username Snapchat Anda, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel Anda.

Orang-orang yang memiliki nomor telepon Anda dalam daftar kontak mereka akan dapat menemukan Anda. Kecuali Anda mengubah bahwa pilihan dalam pengaturan Anda.

4

Setelah Anda membuat akun Anda, Anda akan dibawa ke layar di mana Anda dapat mulai membuat snaps dan stories, yang akan bahas nanti secara rinci.

Sebelum Anda mulai melakukan hal ini, Anda dapat menekan pada ikon hantu di bagian atas layar untuk mengkonfigurasi pengaturan profil Anda.

5

Pada layar berikut, tekan ikon pengaturan wheel di kanan atas.

6

Masukkan nama Anda dalam pengaturan. Anda juga dapat memasukkan atau memperbarui nomor telepon dan alamat email ponsel Anda.

7

Jika tidak ingin orang-orang untuk menemukan Anda berdasarkan nomor telepon, tekan pada nomor Anda dan ubah pilihan untuk memungkinkan teman-teman Anda menemukan Anda.

8

Di bawah bagian Who Can… Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan privasi untuk siapa saja yang dapat mengirimkan snaps dan siapa saja yang dapat melihat stories Anda.

Untuk sebuah bisnis, Anda mungkin memulainya dengan mengijinkan semua orang untuk mengirimkan snaps mereka dan melihat story Anda.

Jika Anda mulai menerima snaps yang vulgar atau tidak pantas, Anda dapat mengubah pengaturan Anda untuk hanya mengizinkan teman (orang yang Anda add) mengirimkan snaps dan hanya orang yang Anda percaya sebagai teman.

  1. Add Friends untuk Inspirasi

Jika Anda baru untuk Snapchat, Anda pasti ingin menambah teman untuk inspirasi.

Ketika Anda menambahkan orang sebagai teman di Snapchat, Anda dapat melihat berita terbaru mereka (berdasarkan pengaturan mereka) dan memungkinkan mereka untuk mengirimkan snaps.

Mereka tidak akan dapat melihat stories Anda kecuali mereka menambahkan Anda sebagai teman, dan berdasarkan pengaturan mereka Anda mungkin atau mungkin tidak dapat mengirim mereka snaps.

 

Mulailah dengan menekan pada ikon hantu di bagian atas layar untuk melihat pilihan Anda untuk menambahkan teman. Pada layar berikut, Anda akan melihat opsi untuk Add Friends.

Ketika Anda ketuk pada Add Friends, Anda diberikan empat pilihan.

9

Pertama, Anda dapat mengetik username tertentu dari orang yang Anda kenal untuk menambahkan mereka sebagai teman.

Anda dapat search Google untuk melihat apakah brand favorit Anda atau selebriti yang menggunakan Snapchat.

Anda juga dapat mencari dijejaring sosial untuk menemukan pengguna Snapchat.

Misalnya, Anda bisa melakukan pencarian berikut di Facebook dan kemudian tekan pada pilihan untuk melihat lebih banyak dari teman atau kelompok untuk menemukan orang yang Anda kenal di Snapchat.

10

Atau Anda dapat scrolling melihat pos publik di mana orang-orang dan brand men-share username Snapchat mereka.

11

Anda dapat search di Twitter untuk hal yang sama dan menggunakan More Options untuk menemukan username dari orang yang Anda follow atau semua orang.

12

Anda juga dapat search di Google+. Dalam layout baru, postingan yang cocok dengan pencarian Anda akan ditampilkan setelah Komunitas, Masyarakat dan Pages.

13

Selain menemukan username dari orang-orang di Snapchat, Anda akan menemukan banyak snapcodes dalam pencarian media sosial Anda.

Ini adalah gambar hantu, yang dapat disesuaikan dengan foto username Snapchat.

14

Situs seperti Snapcodes juga men-share puluhan snapcodes yang dibagikan secara publik untuk brand, selebriti, politisi, bintang olahraga dan banyak lagi.

15

Kalau Anda menemukan snapcodes seperti contoh di atas, ambil screenshot atau simpan gambar ke ponsel Anda.

16

Kemudian Anda dapat memilih opsi untuk Add by Snapcode. Hal ini akan memunculkan foto terbaru yang disimpan ke ponsel Anda.

17

Tekan pada snapcodes yang Anda simpan sehingga Snapchat dapat memindai mereka dan mengundang Anda untuk menambahkan pengguna ke daftar teman Anda.

18

Selain username dan snapcodes, Anda dapat menambahkan teman dengan memiliki Snapchat melalui contact list ponsel Anda atau address book.

Snapchat akan menampilkan pengguna yang sesuai atau memungkinkan Anda untuk mengundang orang untuk Snapchat.

Akhirnya, jika Anda dengan sekelompok orang selama acara networking, Anda dapat mengundang semua orang untuk menekan pada opsi Add Nearby.

19

Hal ini akan memungkinkan semua orang untuk menge-add satu sama lain pada Snapchat.

 

Menemukan Stories

Setelah Anda menambahkan orang sebagai teman di Snapchat, Anda dapat tekan pada tiga baris atau nomor di bagian kanan bawah layar atau geser ke kiri.

20

Ini akan membawa Anda ke halaman Stories. Di sana Anda akan menemukan cerita yang dibagikan oleh teman Anda di bawah Recent Updates.

21

Pikirkan hal ini sebagai news feed Snapchat Anda karena Anda akan melihat updatean umum dari para user yang telah ditambahkan sebagai teman.

Perhatikan bahwa stories di bawah Discover dan Live berasal dari pengiklan, dan fitur yang tersedia untuk mereka sangat berbeda dengan fitur yang tersedia untuk Anda.

Ketika Anda melihat stories, Anda bisa “fast-forward ” melalui mereka dengan menekan pada layar.

Anda juga dapat geser ke bawah jika Anda ingin keluar story tanpa menyelesaikan itu.

Jika ada seseorang yang tersedia untuk chatting, Anda akan melihatnya di bagian bawah layar.

  1. Bangun Audience Anda

Saat Anda menambahkan seseorang sebagai teman pada Snapchat, mereka akan diberikan notifikasi pada bagian Added Me setelah mereka mengetuk pada ikon hantu pada bagian atas layar mereka.

Kemudian mereka memiliki opsi untuk menambahkan Anda sebagai teman juga dengan mengetuk pada + di sebelah username Anda.

22

Menambahkan orang lain sebagai teman adalah langkah pertama untuk mulai membangun audiens Snapchat Anda, mirip dengan taktik “ikuti di Twitter untuk diikuti”.

Langkah berikutnya adalah screenshot Snapchat Anda, yang muncul ketika Anda menekan ikon hantu di bagian atas layar.

Anda dapat memotong gambar yang di ponsel Anda untuk menunjukkan Snapchat Anda, username dan Snapchat score.

23

Jika Anda mengetuk pada snapsocre, Anda akan mendapat opsi untuk mengambil selfie untuk mengisi hantu.

Snapchat akan mengambil 5 foto Anda dan kemudian akan mengubahnya menjadi animated GIF.

24

Tapi jika Anda tidak menyukainya, Anda dapat mengetuk undo ikon hantu pada kiri atas untuk kembai menggantinya menjadi default.

25

Anda juga dapat men-download snapcode Anda dari situs web pada browser desktop Anda dengan login ke akun Anda.

Dalam file itu, Anda akan mendapatkan panduan untuk mengedit snapcodes serta versi PNG dan SVG yang dapat digunakan untuk membuat custom snapcode dengan foto profil biasa, logo bisnis Anda atau gambar lainnya di ruang hantu.

Anda akan membutuhkan editing tool gambar untuk melakukan hal ini.

Pengguna Mac dapat membuka snapcode dan gambar lain di Preview. Pilih gambar lainnya (foto profil, logo, dll), copy dan kemudian paste ke snapcode Anda.

26

Atau, Anda dapat menggunakan editing tool foto gratis sederhana seperti Gimp untuk memilih putih pada gambar dan membuatnya transparan dengan mewarnai untuk Alpha (belajar bagaimana melakukan ini di sini).

Selanjutnya, buka foto profil atau foto lainnya, pastikan itu lebih kecil dari ukuran gambar snapcode (1024 x 1024), dan paste ke gambar Snapchat.

Kemudian gunakan opsi untuk Raise Layer (di bawah Layer > menu Stack).

Hasilnya akan terlihat ketika Anda memindahkan gambar Anda ke spot yang tepat.

27

Sekarang Anda dapat berbagi custom snapcode di jejaring sosial Anda yang lain untuk mendorong user Snapchat lain untuk mengikuti Anda.

Disarankan untuk share snapcode dan username Anda, sehingga orang dapat dengan mudah menge-add Anda.

28

Anda juga dapat menambahkan username dan custom snapcode Anda ke situs web Anda dalam postingan blog khusus atau pada page About atau Follow Us untuk mengajak pengunjung situs untuk mengikuti Anda di Snapchat.

29

Anda dapat mengubah foto profil Anda di Facebook, Twitter dan jejaring sosial lainnya. Jadi, user Snapchat lain dapat menemukan snapcode ketika Anda membangun audience Snapchat Anda.

30

Keputusan untuk berteman dengan seseorang harus didasarkan pada apakah Anda ingin dapat melihat stories mereka dan apakah Anda ingin mereka untuk dapat chatting dengan Anda atau mengirimkan snaps.

Saat Anda menelusuri daftar teman, Anda akan melihat bahwa beberapa user memiliki emoji oleh username mereka.

Jika emoji berada di sebelah nama user mereka, itu merupakan prestasi tertentu, seperti mengirimkan snaps dengan seseorang sebanyak 100 kali.

31

  1. Membuat Stories dan Mengirim Snaps

Ada 2 cara untuk menjaga engage audience dengan bisnis Anda di Snapchat: menciptakan stories dan mengirim snaps.

Pikirkan stories seperti tweet publik bahwa orang-orang yang telah menambahkan akun Snapchat Anda sebagai teman bisa melihatnya dalam stories mereka di bawah Recent Updates.

32

Setiap foto atau video yang Anda tambahkan ke stories Anda, akan dikompilasi ke dalam satu update untuk teman-teman Anda agar mereka dapat melihatnya dalam jumlah yang tak terbatas sampai foto dan video berakhir dalam 24 jam.

Hal ini tentu saja dengan asumsi Anda untuk membuat semua orang melihat stories di Settingan Anda.

33

Snaps lebih seperti pesan pribadi. Mereka dimaksudkan untuk ditonton hanya sekali, meskipun Anda dapat memutar ulang sekali dalam waktu 24 jam.

Untuk membuat stories atau mengirim snaps, ambillah foto atau rekam video 10 detik di Snapchat menggunakan aplikasi.

Pertama, menggunakan ikon di bagian kiri untuk mengaktifkan flash (jika diperlukan) atau pilih Modus hari / malam.

34

Untuk mengambil foto, tekan pada lingkaran di bagian bawah layar.

Photo Editing dan Posting Pilihan

Jika Anda mengambil foto, Anda memiliki beberapa pilihan untuk mengeditnya.

35

Di kanan atas, Anda dapat menekan ikon untuk menambahkan emoji, menambahkan teks atau menggambar pada foto.

36

Jika Anda geser ke kiri pada foto, Anda melihat pilihan filter.

Anda dapat menggunakan filter untuk menyesuaikan kontras dan mewarnai foto, menambahkan timestamp atau menambahkan frame berdasarkan lokasi Anda.

37

Tekan pada ikon di bagian kiri bawah untuk menentukan berapa detik foto akan tetap pada layar, download foto ke ponsel Anda atau secara otomatis menambahkan foto ke stories Anda.

38

Tekan pada ikon di kanan bawah untuk memilih untuk menambahkan foto ke stories publik atau kirimkan pribadi kepada satu atau lebih orang dalam sekejap.

39

Perhatikan bahwa jika teman tidak mengikuti Anda dan tidak memiliki pengaturannya dikonfigurasi untuk mendapatkan snaps dari semua orang, snap Anda tidak akan disampaikan.

40

 

Opsi Sharing Foto

Atau, jika Anda ingin berbagi foto yang diambil di luar Snapchat, Anda dapat mengirim foto ke Snapchat.

Bagi pengguna iPhone, menemukan foto di camera roll Anda dan menggunakan opsi Send untuk mengirimkannya ke Snapchat.

41

 

Perhatikan bahwa ketika Anda melakukan hal ini, opsi pengeditan akan dikurangi. Hanya untuk menambahkan teks atau gambar pada foto dan mengirimnya sebagai sekejap.

Foto Anda yang ambil diluar Snapchat tidak dapat di-share sebagai bagian dari story Anda.

42

Video Editing dan Opsi Postingan

Untuk merekam video, tekan dan tahan lingkaran di bagian bawah layar sampai Anda selesai merekam.

Jika Anda mengambil video, Anda memiliki pilihan yang sama untuk mengeditnya.

43

 

Untuk video, ada opsi di bagian kiri bawah untuk menentukan berapa detik gambar akan tetap di layar, Anda memiliki pilihan untuk beralih rekaman suara dalam video atau mematikan.

 

Perlu diperhatikan, jika Anda memutar musik di ponsel Anda, akan terekam dengan video Anda.

44

Tekan pada ikon di kanan bawah untuk memilih untuk menambahkan video story publik atau kirimkan secara pribadi.

Selain menambahkan video cerita Anda atau mengirim mereka sebagai snaps, Anda juga dapat menambahkan video untuk live stories jika Anda berada di lokasi yang sama pada saat event berlangsung.

Mendorong Engagement

Jika Anda ingin mendapatkan engagement untuk foto atau video dalam story Anda, Anda dapat menggunakan teks atau drawing tools untuk meminta orang mengambil screenshot dan share atau swipe up untuk chatting.

Anda dapat melihat snaps dan pesan yang dikirimkan ke Anda dengan menekan pada kotak atau nomor di bagian bawah kiri layar kamera.

46

Perhatikan, jika pengaturan Anda dikonfigurasi untuk menerima snaps dari teman saja, orang-orang yang belum ditambahkan sebagai teman tidak akan dapat chatting dengan Anda.

Anda juga bisa mendapatkan piala di Snapchat berdasarkan aktivitas Anda, seperti memukul skor tertentu atau mengirimkan snaps dengan jenis tertentu.

Anda dapat melihat piala Anda saat ini dengan menekan pada ikon piala di bagian atas layar.

47

  1. Mengedit Story Anda dan Melihat Analitik

Ketika Anda mengirim snaps, hal itu akan disampaikan segera; Oleh karena itu, Anda tidak memiliki pilihan untuk mengeditnya.

Ketika Anda menambahkan foto dan video ke story Anda, Anda memiliki beberapa pilihan.

Story Anda akan selalu muncul di bagian atas area Stories. Setiap foto atau video yang Anda tambahkan akan berakhir setelah 24 jam.

Jika Anda tekan pada titik-titik di sebelah kanan story Anda, Anda akan melihat analisis story Anda.

48

Anda dapat mengetuk tanda panah yang muncul di samping story Anda untuk men-download seperti video sebelum bagian itu berakhir sehingga Anda dapat membaginya di tempat lain.

49

Ketika Anda menekan gambar individu atau video dalam story Anda, Anda dapat menekan pada ikon di sebelah kiri untuk melihat siapa yang telah melihat story dan siapa yang telah mendapat screenshot.

50

Anda juga dapat menggunakan ikon ke kanan untuk menghapus gambar individu atau video dari story Anda atau menyimpannya ke ponsel Anda.

51

  1. Chatting dengan Teman Anda

Selain mengirim snaps, Anda juga bisa chatting dengan teman di Snapchat.

Untuk melakukan hal ini, tekan pada kotak atau nomor di bagian kiri bawah layar Anda. Kemudian klik pada chat box di kiri atas.

52Bila Anda memilih teman yang ingin di-chat, Anda memiliki dua opsi.

Jika ikon kamera di kanan bawah berwarna kuning, Anda dapat mengirim snaps dengan mengetik beberapa teks dan mengklik ikon kuning.

53Kemudian Anda akan dapat mengirim foto atau video dengan teks.

54Jika ikon kamera di kanan bawah adalah biru, teman Anda juga di Snapchat.

Ini berarti bahwa Anda dapat melakukan video chat dengan teman Anda dengan menekan dan menahan ikon kamera biru.

  1. Mengelola dan Download Konten

Apakah Anda ingin mulai mengirim snaps ke orang, tetapi Anda tidak yakin apa yang harus dikirim? Snapchat benar-benar menawarkan cara untuk mengelola konten.

Cukup tekan salah satu stories pada bagian Discover.

55Untuk berbagi foto atau video dalam story yang Anda inginkan untuk share, tekan dan tahan di atasnya.

Ini akan memberi Anda pilihan untuk mengedit gambar atau video dengan menambahkan emoji, teks atau gambar.

Anda dapat beralih off suara untuk video, download foto atau video ke ponsel Anda dan mengirim foto atau video ke teman-teman Anda sebagai snaps.

56Ini adalah cara yang bagus untuk memulai engaging dengan teman-teman di Snapchat tanpa benar-benar harus merekam sendiri.

Snapchat adalah jaringan sosial yang unik jika dibandingkan dengan Twitter, Facebook, Instagram dan lain-lain.

Dengan demikian, ia menawarkan bisnis dengan cara yang unik untuk terhubung dengan audience mereka.

Sekarang, yang Anda pikirkan? Apakah Anda menggunakan Snapchat untuk bisnis Anda? Apakah Anda siap untuk memulai?

Selamat mencoba!

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Baca juga artikel menarik ini >>> 7 Taktik Mendapatkan Lead via Media Sosial <<<