Email vs Sosial Media: Menggunakan email dan sosial media marketing untuk Promosi Penjualan

menggunakan email dan sosial media marketing
9 Agustus 2017
Bagikan artikel ini
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Ketika berhubungan dengan promosi dengan waktu terbatas atau diskon liburan, seperti di US ada Labor Day dan Black Friday, atau di Indonesia  seperti diskon lebaran atau tahun baru, tujuan utama pemilik bisnis adalah menginvestasikan waktu dan budget mereka di platform yang akan menghasilkan dampak terbaik.

Banyak perusahaan mengandalkan email marketing untuk promosi, sementara itu ada juga yang menggunakan iklan sosial media. Tapi sebenarnya menggunakan email dan sosial media marketing, masing-masing memberikan manfaat unik untuk membantu mencapai tujuan promosi Anda.

Manfaat email marketing untuk penjualan

Email adalah salah satu saluran pemasaran terbaik dan paling hemat biaya untuk menjangkau audience dan konsumen yang telah menunjukkan ketertarikan pada produk atau layanan Anda.

Lebih baik lagi, pengguna email sangat aktif, 91 persen pengguna email melakukan cek setidaknya sekali sehari, dan sebagian besar pengguna memeriksa email mereka terlebih dahulu di pagi hari.

Ingatlah bahwa email Anda akan mendarat di antara puluhan (jika bukan ratusan) pesan kompetitor yang lain, jadi buatlah email Anda menarik.

menggunakan email dan sosial media marketing

Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa email marketing telah usang tapi jelas dari statistik bahwa email ini masih merupakan saluran yang sangat kuat .

Pertimbangkan ini: tingkat terbuka open rate untuk email adalah 21,73 persen, sementara Facebook organik mencapai telah menurun menjadi sekitar 6 persen. Pikirkan Anda mungkin lebih beruntung dengan Twitter?

Seorang marketer menemukan bahwa kurang dari 2 persen followernya yang benar-benar melihat tweetnya. Jadi, sosial media bisa menjadi tool yang mengagumkan untuk menjangkau orang-orang baru, sementara email mungkin untuk lead nurturing.

menggunakan email dan sosial media marketing

Email marketing juga menawarkan rasio konversi yang lebih tinggi daripada saluran pemasaran lainnya. Satu laporan menemukan bahwa  66 persen konsumen online melakukan pembelian sebagai hasil email marketing.

Sebaliknya, hanya 20 persen melakukan pembelian sebagai hasil promosi Facebook. Hal ini terutama karena sebagian besar konsumen terbiasa dan merasa nyaman menerima pesan marketing melalui email, sementara iklan sosial media bertarget mungkin tampak terlalu invasif atau mengganggu, dan promosi sosial media organik mungkin terlewatkan sepenuhnya.

Dan karena kemampuan email marketing untuk mencapai tingkat konversi yang tinggi dengan biaya lebih rendah daripada iklan sosial media berbayar, maka potensi tersebut dapat memberikan ROI yang lebih baik daripada sosial media.

Kapan Anda harus Menggunakan Email Marketing?

Jadi, kami telah melemparkan banyak statistik pada Anda, tapi apa artinya ini bagi promosi dan pemasaran penjualan Anda? Di bawah ini, kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk memaksimalkan email marketing untuk promosi Anda:

Kirimkan promosi terbaru ke daftar email Anda

Karena konsumen telah datang untuk mengharapkan materi pemasaran di kotak masuk mereka, mereka cenderung merespons konten penjualan di email daripada di sosial media.

Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan membiarkan semua orang di daftar email Anda mengetahui promosi diskon liburan Anda yang terbaru.

Jika Anda menawarkan diskon atau kupon, Anda dapat memasukkan kode atau barcode secara langsung ke dalam email. Ketika datang ke penjualan khusus, sampaikan brosur ke daftar email Anda yang mencakup tanggal dan rincian untuk setiap promosi.

Gunakan email marketing untuk menjangkau konsumen yang berminat

Pastikan Anda menggunakan email untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan penggemar Anda. Jika Anda mengiklankan diskon atau promosi liburan Anda melalui sosial media, penting juga Anda menyampaikan informasi ini secara langsung kepada konsumen melalui email.

menggunakan email dan sosial media marketing

Arahkan Traffic ke website Anda dengan CTA tertentu

Saat memasarkan penjualan liburan Anda melalui email marketing, pastikan untuk mengambil kesempatan untuk mengarahkan lalu lintas langsung kembali ke situs Anda.

Gunakan Call to Action yang berbeda dan menarik guna mengundang pembaca untuk klik informasi lebih lanjut atau melakukan pembelian. Buat hyperlink setiap CTA ke landing page yang ditargetkan memberikan rincian lebih lanjut tentang promosi Anda. Anda juga bisa menautkan langsung ke halaman produk untuk memudahkan pembelian.

Manfaat iklan sosial media untuk promosi & penjualan

Email marketing mungkin merupakan cara yang hebat untuk menjangkau pelanggan Anda saat ini dan lama dan mempengaruhi konversi langsung, namun sosial media juga bisa menjadi taktik yang berharga untuk mengiklankan promosi liburan Anda.

Secara keseluruhan, saluran sosial media memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi daripada email marketing – konsumen lebih cenderung berbagi konten sosial media dari merek daripada konten email mereka.

Sebuah studi menunjukkan bahwa  57 persen aktivitas share konten share global terjadi di Facebook, dan 18 persen melalui Twitter. Namun, hanya empat persen share yang berasal dari email.

menggunakan email dan sosial media marketing

Meskipun email mungkin memiliki rasio konversi yang tinggi, namun email hanya memungkinkan Anda terlibat dengan mereka yang telah memilih untuk berkomunikasi.

Semakin banyak follower dan penggemar Anda berbagi penjualan liburan dan promosi lainnya, semakin baik Anda dapat memperluas jangkauan Anda ke konsumen baru.

Anda telah melihat banyak orang yang menggila pada belanja besar saat diskon. Di luar negeri sampai ada orang yang benar-benar akan berkemah di luar toko jika itu berarti mereka akan mendapatkan banyak keuntungan.

Sosial media dibangun untuk engagement dan share, jadi mempromosikan diskon Anda di sosial media adalah cara yang fantastis untuk memanfaatkan kegilaan membeli tersebut.

Pastikan bahwa Anda membuat posting dan iklan yang membuat orang ingin share postingan atau iklan tersebut.

Kapan Anda Harus Menggunakan Iklan Sosial media?

Hasil sosial media seringkali lebih baik untuk sebuah brand, saat menggunakan iklan dengan kombinasi posting organik.

Alasan utamanya adalah saluran sosial media seperti Facebook memiliki akses ke banyak data pihak ketiga. Data ini memungkinkan Anda menjangkau kelompok konsumen yang ditargetkan secara unik, yang kemungkinan besar akan tertarik dengan promosi Anda.

menggunakan email dan sosial media marketing

Berikut adalah beberapa kesempatan di mana Anda dapat menggunakan iklan sosial media daripada email marketing:

Gunakan iklan sosial media untuk menjangkau audience baru.

Ketika menyangkut email marketing, Anda hanya bisa menjangkau daftar email Anda saat ini. Kecuali posting Anda di share, hal yang sama berlaku untuk posting sosial media organik. Namun, dengan iklan sosial media , Anda dapat menjangkau audience baru.

Dorong share di seluruh platform sosial media

Bila memungkinkan, dorong follower dan penggemar untuk share konten Anda sehingga Anda dapat menjangkau audience yang lebih luas lagi. Kontes sosial media, seperti giveaway Instagram, adalah cara yang bagus untuk mempromosikan sharing, terutama pada liburan ketika semua orang mencari-cari “kesepakatan” (harga) terbaik.

Tingkatkan Brand Awareness.

Iklan sosial media juga ideal untuk meningkatkan brand awareness. Dengan menempatkan iklan di platform sosial media yang paling banyak dikunjungi audience, Anda dapat mulai membangun basis penggemar yang lebih besar.

Konsumen yang lebih akrab dengan merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian-terutama saat mereka menemukan penjualan liburan Anda. Cobalah menjalankan kampanye brand awareness di Facebook sebelum penjualan besar Anda.

menggunakan email dan sosial media marketing

Menggunakan email dan sosial media marketing bersama

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari budget kampanye diskon, Anda harus berhenti melihat email marketing dan sosial media seolah-olah mereka berselisih satu sama lain. Ini bukan situasi yang baik.

Sebagai gantinya, pertimbangkan bagaimana Anda bisa menggunakan tentang menggunakan email dan sosial media marketing bersama untuk mendorong lebih banyak penjualan dari penawaran berbatas waktu dan promosi diskon Anda yang terbatas.

Ada beberapa cara agar Anda dapat menggunakan email dan sosial media marketing secara bersamaan untuk mengoptimalkan kampanye Anda:

Tingkatkan jumlah email list Anda dengan sosial media.

Salah satu kelemahan email marketing adalah Anda hanya bisa menjangkau kontak yang sudah Anda miliki.

Namun, Anda dapat menggunakan sosial media untuk membantu mengembangkan daftar email marketing sehingga Anda memiliki audiens yang lebih besar untuk penjualan liburan Anda.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mempromosikan penawaran opt-in Anda di profil sosial media Anda. Pertimbangkan untuk menawarkan semacam insentif untuk bergabung dalam daftar email Anda, seperti kode voucher khusus.

Jika Anda ingin memperluas jangkauan lebih jauh, pertimbangkan untuk menggunakan iklan sosial berbayar sebagai bagian dari strategi Anda untuk meningkatkan keikutsertaan email.

Buat iklan yang mempromosikan penawaran daftar email Anda, dan kirimkan konten iklan ini kepada individu yang serupa dengan pelanggan terbaik Anda.

Platform sosial media seperti Facebook menawarkan fitur penargetan yang efektif (misalnya lookalike audience) yang memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang paling tertarik untuk bergabung dengan daftar email Anda.

menggunakan email dan sosial media marketing

Gunakan sosial media untuk membantu meningkatkan konversi email marketing

Gunakan sosial media untuk melibatkan followerdan penggemar Anda. Selain mendidik mereka tentang produk dan layanan terbaru Anda, Anda juga dapat menggunakan saluran ini untuk komunikasi dua arah untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang membuat audiens Anda kutu.

Mulai percakapan di sosial media untuk mengukur minat mereka terhadap produk, layanan, dan promosi baru.Kemudian, Anda dapat menggunakan apa yang telah Anda pelajari untuk mendorong lebih banyak konversi melalui email marketing Anda.

Sebagai contoh, katakanlah bahwa Anda menjalankan penjualan Hari Buruh yang memiliki fitur beli satu, dapatkan satu promosi.Anda mungkin menggunakan sosial media untuk mendidik audiens Anda dan memberi tahu mereka tentang penjualan tersebut, dan kemudian menggunakan email marketing untuk mengarahkan lalu lintas ke halaman produk.

Kesimpulan

Ketika datang untuk mempromosikan penjualan, email marketing dan iklan sosial media Anda bukan menjadi musuh besar.

Sebenarnya, tidak ada alasan mengapa Anda tidak dapat menggunakan email dan sosial media marketing untuk mencapai target penjualan Anda.

Kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari budget marketing Anda adalah mengetahui kapan harus menggunakan setiap strategi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Sosial media adalah tool yang hebat untuk menjangkau audience baru, melibatkan individu dan mengukur minat akan promosi.

Di sisi lain, email marketing dapat membantu Anda terlibat dengan mereka yang memiliki minat langsung terhadap brand Anda dan juga pengguna yang tidak memiliki akun sosial media di platform yang Anda gunakan.

Untuk kampanye promosi berikutnya, gunakan email dan sosial media marketing bersama, lihat keajaibannya!

Apakah Anda menggunakan email dan sosial media marketing bersama dengan efektif? Share pengalaman Anda bersama DigitalMarketer.id tentang menggunakan email dan sosial media marketing untuk promosi penjualan Anda, pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>