Memantau Pergerakkan Social Media dan Media Marketing di 2017 (Edisi Facebook)

memperkirakan social media dan media marketing
30 Desember 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Memperkirakan social media dan media marketing dari tahun ke tahun merupakan hal yang menarik.

Bagaimana pertumbuhan serta perkembangan social media dan media marketing ke depan bukan hanya perlu diketahui oleh para pebisnis yang terjun ke dalam dunia digital, tapi semua orang perlu tahu tentang hal tersebut sebagai sebuah wawasan yang bermanfaat.

Dan tidak sembarang orang yang akan memperkirakan social media dan media marketing, semua juga berdasarkan fakta yang ditemukan dari data yang dikumpulkan.

Anda penasaran? Kalau begitu mari segera kita mulai pembahasannya berikut ini!

Memperkirakan Social Media dan Media Marketing

Bagaimana Pergerakkan Social Media serta Media Marketing di Tahun 2017?

Blogger dan social media consultant, Andrew Hutchinson sempat memperkirakan social media dan media marketing untuk tahun lalu 2016, dan kebanyakan dari poin yang dia sampaikan tepat sasaran!

Untuk tahun 2017, ia kembali mencoba memperkirakan pergerakkan social media dan media marketing.

Facebook

2016 menjadi tahun yang besar untuk Facebook. Mereka menambah 197 juta lebih pengguna aktif bulanan dan baru-baru ini mencapai 1 miliar pengguna aktif secara mobile.

Ke depannya, seperti yang ditegaskan oleh Zuckerberg, video akan menjadi fokus utama dari Facebook.

Hal ini akan menyebabkan pergeseran yang signifikan dalam platform.

  1. Video first

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Facebook telah memfokuskan pada video, dan Anda bisa berharap kalau hal ini berlanjut hingga tahun depan.

Baru-baru ini, Facebook menguji coba opsi new camera, dan Zuckerberg melihat hal ini sebagai cara untuk mengambil alih tugas dari text box sebagai default status update tool.

New camera akan mudah diakses dari layar utama, stylenya mirip Snapchat, antarmuka dan terdapat fitur visual baru seperti mask dan tools interaktif lainnya.

Ini merupakan opsi baru, upaya Facebook dalam mengalahkan Snapchat. Video first ini sedang diujicobakan di Irlandia dan kemungkinan akan diluncurkan ke semua daerah di awal tahun.

Anda bisa lihat pada video di atas, terdapat fitur tambahan visual baru yang melampaui fitur di Snapchat.

Facebook melihat bahwa generasi berikut dari pengguna adalah orang-orang yang memiliki gaya interaksi yang memilih menggunakan kamera dibandingkan teks, dan mereka ingin menarik para pengguna untuk menjaga pengguna agar tetap stay di Facebook.

Yang menarik orang untuk menjadi pengguna baru di Snapchat adalah tool visual keren seperti Lenses. Kalau Facebook bisa memberikan yang lebih baik dari Snapchat, maka orang-orang akan memilih untuk stay di Facebook.

Kalau Facebook berhasil, hal ini akan memperlambat pertumbuhan Snapchat dan memberikan tekanan pada Evan Spiegel dan Co untuk berinovasi lebih cepat.

Secara pribadi, mungkin Anda keberatan untuk beralih ke selfie dan membroadcast diri Anda. Tapi di Facebook, kegiatan ini akan menjadi lebih umum dan menyebabkan pergeseran platform yang isinya “lebih banyak ke video” pada tahun 2020.

Catatan : di pertengahan Desember, Facebook mengumumkan peluncuran global tools new camera untuk messenger.

  1. Facebook Live

Live adalah salah satu yang mengalami pertumbuhan besar dalam 1 tahun terakhir.

Menurut Facebook, jumlah orang yang melakukan broadcasting melalui Facebook Live meningkat 4 kali lipat sejak Mei. Video live juga menciptakan engagement dibandingkan dengan tipe post lainnya.

Facebook telah meluncurkan iklan baru untuk mendorong lebih banyak pengguna yang melakukan broadcasting setiap harinya dan menjadi fokus yang akan diprioritaskan pada 2017.

Facebook ingin para pengguna melihat bahwa live streaming sebagai pilihan hiburan, jika Facebook bisa melakukan hal ini, mereka bisa mengubah live streaming menjadi pesaing TV convensional.

Dan Anda tahu, ternyata Facebook telah membuat pergerakkan untuk hal tersebut! Pada bulan Oktober Facebook telah merilis cara baru dan lebih baik untuk streaming konten Facebook ke TV melalui Apple TV atau Google Chromecast.

Ini merupakan langkah pertama yang positif, tapi masih saja hanya mencapai sebagian kecil dari jumlah penonton TV (ada sekitar 25 juta unit Apple TV yang beredar dan 30 juta perangkat Chromecast).

Agar tercipta percikan, Facebook mungkin perlu memberikan alternative lain yang memudahkan orang untuk menghubungkan TV mereka ke Facebook.

Dan Anda tahu, Facebook sudah melakukan hal ini juga! Paten yang diajukan tahun lalu menunjukkan bahwa Facebook sedang mengerjakan dongle TV mereka sendiri, yang nantinya akan menjadi penghubung antara ponsel dengan TV set.

apple tv“Artinya, Facebook perlu pindah untuk  memproduksi hardware komersial, sebuah langkah besar jika diambil. Bila mereka berani mengambil langkah ini dan berhasil, maka audiens akan meningkat.” Kata Andrew Hutchinson.

  1. Virtual Reality

Inovasi terbaru dari Facebook adalah virtual reality, ini juga akan menjadi hal yang akan dibicarakan semua orang di tahun 2017.

Tapi sebaiknya jangan berharap terlalu jauh kalau VR akan langsung mengambil alih semua hiburan untuk semua pengguna.

Mengapa? Biaya untuk mengoperasikan sistem VR secara penuh masih terbatas.

Headset Oculus Rift akan membuat Anda mengocek uang sekitar $599, dan itu belum termasuk dengan pengendali Touch. Untuk headset dan touch ini Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar $798!

Anda juga membutuhkan PC yang canggih untuk menjalankan konten Oculus secara efektif, dan setelah ditotal, biaya untuk Oculus VR adalah $1.500! Harga ini tidak dapat dijangkau sebagian besar konsumen.

Untuk meningkatkan daya tarik VR, Facebook secara diam-diam bergerak maju dengan menghadirkan 360 video dan foto pada platform.

Pada tahun 2017, Facebook diharapkan menyediakan lebih banyak tools seperti 360 yang akan menjadi populer di kalangan penggunanya dan akan mendorong reach audiens di News Feed, serta memberikan kesempatan untuk brand-brand agar dapat menciptakan konten untuk kegiatan marketing.

Memperkirakan social media dan media marketing yang akan terjadi di Facebook pada 2017, Andrew memprediksi akan munculnya 360 movie.

VR akan membuat orang-orang aware tentang bentuk dan next level dari komunikasi. Dan Facebook akan berada di tengah-tengahnya.

Setelah hal itu terjadi, pengguna akan diberikan lebih banyak kemudahan untuk membuat konten 360 mereka sendiri.

360Catatan : pada Desember, Facebook mengumumkan perilisan 360 derajat video untuk Facebook Live, langkah lain untuk menuju tahap berikutnya yang lebih besar.

  1. Facebook Search

Merupakan salah satu aspek paling kecil yang dari evolusi Facebook dan telah tumbuh pada pencarian platform.

Seperti yang disampaikan oleh Zuckerberg pada bulan Juni, Facebook yang sekarang memfasilitasi lebih dari 2 miliar pencarian platform setiap hari, dengan aktivitas pencarian meningkat 33% hanya dalam waktu 9 bulan.

Platform ini sekarang sudah aktif bekerja, memperkenalkan new recomendation dan event tools untuk membantu para pengguna untuk menemukan lebih dari apa yang mereka cari.

Bukan hanya itu saja, mereka juga dapat menemukan pilihan marketplace baru untuk memfasilitasi kegiatan pencarian pada platform.

fb marketIni bukan hanya membantu Facebook untuk mem-boost engagement pada platform, tetapi juga menjaga pengguna mereka dari Google.

Kalau Facebook bisa menyediakan lebih banyak pilihan, bisa jadi akan membantu mereka untuk mencapai posisi teratas sebagai satu-satunya web yang perlu dikunjungi pengguna.

Facebook sudah mencoba untuk meningkatkan fungsi pencarian mereka beberapa kali dengan Graph Search, kemudian dengan peningkatan real-time search dan discovery tools sudah jelas ini mendorong kegiatan pencarian pada platform, tapi tidak satu pun dari opsi ini mampu memanfaatkan wawasan tentang Graph dari Facebook secara optimal.

Di sisi lain, Facebook tidak ingin memberikan terlalu banyak data akses karena wawasan tentang Graph merupakan bahan bakar untuk sistem ad targeting mereka.

Tapi semakin banyak traffic yang bisa mereka ambil dari Google, pertanda baik untuk pertumbuhan Facebook ke depan.

Pada tahun 2017, diharapkan Facebook akan merilis sesuatu yang baru seperti menggabungkan kemampuan pencarian melalui mesin pembelajaran berdasarkan apa yang pengguna ketik di updatean status mereka.

  1. Messenger Business

Facebook telah bekerja membangun Messenger sebagai platform baru untuk terkoneksi langsung dengan brand.

Zuckerberg mengatakan bahwa Messenger dalam tahap kedua dari kerangka pengembangan aplikasi mereka.

Walaupun lebih dari 33.000 bot otomatis aktif pada platform, ternyata proses konsumen dalam menggunakan Messenger masih lambat.

Hal ini mungkin terjadi karena pergeseran persepsi, orang berkomunikasi dengan teman-teman mereka melalui Messenger.

Mereka tidak berkomunikasi dengan brand tertentu melalui Messenger karena mereka dapat browsing produk atau mendapat informasi dengan mudah melalui sumber lain, seperti Google.

Ini bukti bahwa Messenger Business belum mencapai audiens secara luas.

Facebook akan terus mengembangkan Messenger, tapi pada tahun 2017, diharapkan mereka mulai menyediakan Messenger agar dapat digunaan dari perspektif bisnis.

Seperti penggunaan Messenger untuk mengotomatisasi interaksi dan ini akan menghemat uang dalam biaya tenaga kerja.

Artinya, Facebook juga perlu untuk menyederhanakan proses pembuatan bot untuk menarik brand kecil yang akan melihat manfaat besar dari pengurangan biaya tersebut.

Kalau mereka berhasil dalam hal ini maka akan banyak brand yang melirik dan mencoba menggunakan Messenger sebagai media marketing dan terhubung dengan konsumen.

Bagian yang sulit, tentu saja, adalah menyederhanakan proses pembuatan bot. diharapkan  Facebook bisa menyediakan sarana bagi perusahaan untuk menciptakan alur kerja Bot sendiri, atau memberikan lebih murah.

Ini merupakan cara yang lebih mudah untuk brand kecil agar dapat bekerja sama dan membangun mitra dengan Facebook.

Selanjutnya?

Apakah sudah selesai? Sebenarnya masih ada perkembangan dari social media dan media marketing lainnya, tapi nantikan kelanjutannya di artikel series lainnya!

Memperkirakan social media dan media marketing pada tahun 2017 akan semakin menarik jika memang terbukti nantinya.

Sampai saatnya tiba, yang dapat kita lakukan adalah terus menggali informasi untuk menambah wawasan tentang perkembangan social media dan media marketing.

Sambil menunggu kelanjutannya, Anda bisa membaca artikel seperti :

Masuk pada tahun 2017, semua orang pasti ingin mempersiapkan yang terbaik untuk bisnisnya.

Terutama bagi mereka yang terjun dalam bisnis dunia digital. Apakah Anda salah satunya?

Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi pasar dunia digital di 2017?

Jika belum, Anda perlu tahu tentang sebuah acara seminar akbar berikut ini!

Banner 21 jan

Bila Anda memiliki info menarik tentang memperkirakan social media dan media marketing atau yang berhubungan dengan topik ini, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>