Membuat Iklan di Instagram untuk Mempromosikan Bisnis Anda

iklan Instagram
4 Agustus 2016
Bagikan artikel ini
  • 26
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    26
    Shares

Bagikan artikel ini :

Dengan 500 juta pengguna aktif per bulannya, Instagram menawarkan kesempatan unik bagi pemasar untuk menjangkau target audience mereka dengan membuat kampanye iklan. Anda ingin membuat iklan di Instagram?

Iklan di Instagram terlihat hampir tidak ada yang berbeda dari posting biasa, membuat mereka jauh kurang terlihat beda dibandingkan jenis iklan lainnya.

Tapi menyiapkan dan membuat iklan pada platform apapun membutuhkan banyak pemikiran: Siapa target audience Anda? Copywriting seperti apa yang ditulis? Gambar apa yang harus Anda gunakan? Belum lagi, aspek yang lebih teknis berapa ukuran gambarnya atau berapa lama iklan harus dijalankan.

Untuk itu, DigitalMarketer.id akan membahas tentang cara membuat iklan di Instagram, yang bisa Anda ikuti langkah demi langkahnya.

Cara Membuat Iklan di Instagram

Jika Anda pernah membuat iklan Facebook , sekitar 75% Anda telah menyelesaikannya untuk membuat iklan di Instagram. Setelah Facebook mengakuisisi Instagram pada tahun 2012, sehingga membuat pengaturan iklan Instagram dan Facebook berbeda  hanya dengan beberapa klik.

Jadi meskipun niat Anda adalah untuk membuat iklan di Instagram, semua setup iklan, mengatur anggaran, penjadwalan, dan pembuatan dilakukan melalui platform Facebook .

Untuk memulai, masuk ke Portal Facebook Bisnis Anda dan pilih akun yang ingin Anda gunakan. (Catatan: Untuk membuat iklan di Instagram Anda harus menggunakan Facebook Pages)

1) Pilih editor dan membuat kampanye.

Anda dapat membuat iklan di Instagram menggunakan beberapa tool yang berbeda:

Ketika memilih tool yang digunakan, Anda perlu mempertimbangkan jumlah iklan yang Anda rencananya untuk dijalankan sekaligus.

Jika Anda mengelola beberapa kampanye iklan, atau Anda sedang mencari kontrol yang akurat pada kampanye Anda, Anda mungkin ingin menggunakan Power Editor. Namun, Ads Manager sesuai dengan sebagian besar kebutuhan marketer ‘, jadi kami akan membahas bagaimana cara membuat iklan di instagram dengan Ads manager ataupun Power editor yang kurang lebih sama. (Untuk lebih lanjut tentang  Facebook ads API pilihan, lihat halaman ini)

Setelah Anda memilih editor, Anda akan melihat pilihan untuk melihat semua kampanye, atau membuat yang baru. Untuk memulai dengan iklan Instagram, Anda akan membuat kampanye baru.

2) Pilih tujuan.

Anda akan melihat bahwa ada beberapa pilihan tujuan kampanye berbeda yang dapat dipilih dari sini. Namun, agar iklan Anda layak untuk tampil di Instagram, Anda harus memilih dari daftar sedikit lebih pendek:

  • Promosikan Kiriman Anda
  • Giring orang ke situs Anda
  • Tingkatkan konversi pada situs web Anda
  • Ajak orang memasang aplikasi Anda
  • Tingkatkan interaksi dalam aplikasi Anda
  • Giring orang untuk menonton video Anda

iklan Instagram 1

Sebagai contoh, kami akan pilih: “Giring orang ke situs Anda”

Ketika Anda memilih opsi ini, Anda akan diminta untuk mengisi nama kampanye. Hal ini mungkin tampak seperti sebuah tugas sederhana (dan itu) tapi sebaiknya Anda memiliki semacam format penamaan yang teratur dalam bisnis Anda.

Ini akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk menjaga kampanye lurus seperti Anda terus menciptakan mereka.

Misalnya Anda bisa mempunyai format namanya seperti berikut ini

Nama Perusahaan | Konten / Offer / Asset yang Diiklankan | Tanggal | Nama Pembuat

3) Pilih audiens Anda.

Jika Anda baru mulai keluar dengan Instagram iklan, kemungkinan besar Anda tidak akan tahu persis mana penonton Anda ingin pergi setelah. Ini akan datang dengan waktu, dan Anda mungkin hanya perlu bermain-main dengan hal itu pada awalnya. (Jika Anda ingin tips untuk membantu Anda memilih khalayak yang tepat, lihat halaman ini.)

Selama langkah ini, Anda akan menemukan bahwa platform built-in menargetkan dapat sesederhana atau luas yang Anda butuhkan untuk menjadi, dengan pilihan seperti:

  • Tempat
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Bahasa
  • Hubungan
  • Pendidikan
  • Pekerjaan
  • Status keuangan
  • Asal
  • Etnis
  • Generasi
  • Orangtua
  • Politik (AS)
  • Peristiwa penting
  • Minat
  • Perilaku
  • koneksi

Anda dapat membuat apa yang disebut dengan custom audience untuk menjangkau orang-orang yang sudah berinteraksi dengan bisnis Anda, atau lookalike audience untuk menjangkau orang-orang baru di Facebook yang mirip dengan audience Anda yang paling berharga.

Platform iklan juga memungkinkan Anda untuk menyimpan audience yang Anda buat untuk digunakan lagi di lain waktu, dimana akan lebih bagus jika Anda bereksperimen dan ingin mengingat audience yang tepat Anda digunakan untuk kampanye tertentu.

Dalam hal tujuan yang kami memilih – ” Giring orang ke situs Anda ” – kami ingin menargetkan kelompok yang lebih spesifik dari orang: tipe orang yang benar-benar akan tertarik pada konten yang kami buat.

Untuk melakukan ini, Anda akan scroll ke bagian bawah “Detil Penargetan”, dan mencari demografi yang berbeda, minat, atau perilaku yang berlaku untuk target audience Anda. Berikut ini adalah contoh dari audience (yang cakupannya sempit), sebagai contoh untuk menunjukkan cara yang berbeda untuk Anda dalam menargetkan orang-orang tertentu:

iklan Instagram 2

Untuk memberikan rasa penonton yang Anda pilih, Facebook menyediakan parameter “definisi pemirsa” atau “audience definition.”

Ini memberi Anda info langsung tentang bagaimana sempit atau luas audience Anda, serta perkiraan jumlah jangkauan iklan Anda. Karena kita tidak menambahkan banyak kriteria penargetan kami, Anda akan melihat bahwa audience yang muncul “cukup luas.”

iklan Instagram 4

4) Atur penempatan Anda.

Langkah ini adalah pembeda terbesar antara membuat iklan Facebook dengan iklan Instagram.Untuk iklan Instagram, Anda hanya akan mencentang penempatan “Instagram.”

Membuat Iklan di Instagram

5) Tetapkan anggaran dan jadwal.

Anda memiliki pilihan untuk memilih anggaran harian atau anggaran seumur hidup untuk kampanye Anda. Perbedaannya adalah ini:

  • Anggaran harian: set iklan untuk terus berjalan sepanjang hari, yang berarti bahwa algoritma akan secara otomatis mempercepat pengeluaran Anda per hari. Perlu diingat bahwa ada anggaran harian minimum tergantung pada faktor-faktor yang berbeda dalam kampanye, biasanya sekitar Rp 25.000.
  • Anggaran sepanjang masa promosi: set iklan dijalankan untuk jangka waktu tertentu, yang berarti algoritma iklan pengeluaran Anda berlaku pada seluruh periode waktu yang Anda tentukan.

Aspek lain untuk menetapkan anggaran Anda adalah pengaturan jadwal Anda. Anda harus memilih dengan tepat ketika Anda ingin kampanye dimulai dan selesai berjalan, sampai per menit. Ada juga pilihan untuk mengatur parameter sehingga iklan berjalan hanya selama jam tertentu atau selama hari-hari tertentu dalam seminggu. Anda dapat menemukan opsi ini di bagian “Penjadwalan Iklan”.

Membuat Iklan di Instagram

Mengatur optimasi Anda untuk pengiriman iklan.

Di sini Anda memiliki tiga pilihan yang akan mempengaruhi siapa yang melihat iklan Anda:

  1. Klik Tautan (yang direkomendasikan):  iklan Anda akan dikirim kepada orang yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan klik paling banyak dari iklan ke website Anda dengan harga paling rendah Ini semua didasarkan pada algoritma platform.
  2. Tayangan: Iklan Anda akan dikirimkan ke orang sebanyak mungkin. Pernah melihat iklan yang sama pada newsfeed Anda sepanjang hari? Berarti pengiklan tersebut memilih opsi ini.
  3. Jangkauan Unik Harian: Iklan Anda akan dikirimkan kepada orang-orang untuk sekali sehari. Orang mungkin melihat iklan beberapa kali, tapi tidak akan melihatnya berkali-kali dalam sehari.

Menetapkan jumlah tawaran Anda.

Ini menentukan seberapa efektif iklan Anda disampaikan. Ketika Anda melihat “di belakang layar,” Anda bersaing dengan pengiklan lain mencoba untuk menjangkau audience yang sama.

Anda dapat memilih manual atau otomatis . Otomatis itu tergantung pada algoritma Facebook untuk mengirimkan iklan Anda – idealnya Anda mendapatkan klik yang paling banyak untuk biaya terendah.

Manual memungkinkan Anda untuk mengatur harga untuk klik link. Jika klik link bernilai banyak untuk Anda, cobalah menetapkan tawaran lebih tinggi dari yang disarankan, dan iklan Anda akan ditampilkan di atas kompetitor dengan tawaran yang lebih rendah.

Anda dapat memilih untuk membayar berdasarkan tayangan atau klik tautan. Ini terserah Anda.

Mengatur jadwal pengiriman Anda.

Anda memiliki dua pilihan untuk pengiriman iklan Anda:

  1. Standar: menampilkan iklan Anda sepanjang hari.
  2. Dipercepat: membantu Anda mencapai audience dengan cepat untuk iklan sensitif terhadap waktu.

(Catatan: opsi pengiriman dipercepat membutuhkan tawaran manual.)

Nama set iklan Anda

Langkah ini untuk keperluan internal. Cukup menetapkan nama set iklan yang dapat Anda identifikasi nantinya.

6) Mengatur materi iklan.

Pilih format Anda.

Di sinilah perlu kreativitas Anda. Di sini Anda akan memutuskan tentang seperti apa iklan Anda akan terlihat, yang akan tergantung pada tujuan awal Anda, tentu saja.

Pada Instagram, Anda memiliki beberapa pilihan yang berbeda untuk iklan Anda:

Membuat Iklan di Instagram

Gambar tunggal, video, atau slideshow.

Membuat Iklan di Instagram

A video posted by dunkindonuts (@dunkindonuts) on

Beberapa Gambar (juga disebut “Carousel”).

Membuat Iklan di Instagram

Hingga 5 gambar atau video bagi pengunjung untuk ditelusuri, tanpa biaya tambahan.

Setelah Anda memilih jenis iklan, klik di atasnya dan Anda akan diminta untuk isi dan meng-upload gambar Anda, apakah itu gambar atau video.

Meng-upload media.

Untuk setiap jenis iklan, platform iklan Facebook menyarankan Anda tidak menyertakan lebih dari 20% dari teks. Sebelumnya, iklan dengan lebih dari 20% dari teks bahkan tidak akan disetujui untuk berjalan, tetapi baru-baru ini berubah. Pelajari lebih lanjut tentang aturan dan pedoman pada artikel Update Iklan Facebook terbaru di sini .

Beberapa persyaratan untuk iklan Instagram:

Jenis File

  • .jpeg
  • .png

Teks / Keterangan

  • Direkomendasikan: 125 karakter
  • Maksimum: 2.200 karakter

Untuk video iklan Instagram …

  • Rekomendasi Ukuran Gambar: 1080 x 1080 piksel
  • Minimum Resolusi yang Diterima: 600 x 600 piksel
  • Image Aspect Ratio: 1: 1

Untuk gambar lanscape atau iklan video Instagram …

  • Rekomendasi Ukuran Gambar: 1200 x 628 piksel
  • Minimum Resolusi Diterima: 600 x 600 piksel
  • Gambar Aspect Ratio: 1: 1

7) Mengatur halaman Anda & link.

Hubungkan akun Facebook Page dan Instagram Anda.

Pilih Facebook Page dari akun yang ingin iklan Anda datang dari, bahkan jika Anda tidak berencana untuk menjalankan mereka di Facebook. (Jika Anda telah sampai sejauh ini dalam Manajer Iklan, Anda sudah masuk ke akun Facebook.)

Namun, karena niat kami mengirim iklan di Instagram, Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda ke akun iklan Facebook Anda. Untuk melakukannya, klik “Add Account” (Anda akan membutuhkan username dan password Instagram Anda untuk melakukannya).

Jika bisnis Anda tidak memiliki akun Instagram, Anda masih dapat menjalankan iklan di Instagram – mereka hanya akan datang dari bisnis Anda ‘page Facebook sebagai gantinya. Dengan kata lain, nama Facebook page Anda dan gambar profil akan digunakan untuk mewakili bisnis Anda dalam iklan seperti berjalan pada Instagram.

Tambahkan URL website.

Berikutnya adalah langkah yang sangat penting: menempatkan dalam URL situs yang Anda mencoba untuk mengarahkan lalu lintas. Jika Anda menggunakan pemasaran perangkat lunak otomasi, pastikan untuk membuat URL pelacakan yang unik dengan parameter UTM untuk memastikan bahwa Anda akan dapat melacak traffic dan konversi dari iklan ini.

Membuat Iklan di Instagram

Menambahkan judul.

Hal ini biasanya tidak ditampilkan kepada pemirsa dari iklan di Instagram, tapi baik untuk menyelesaikannya dengan menambah judul. Masukkan judul singkat yang menjelaskan di mana orang akan mengunjunginya.

Buat keterangan.

Anda memiliki hingga 2.200 karakter – tapi jangan berlebihan dalam menggunakannya. Facebook merekomendasikan Anda menyimpan teks di bawah 125 karakter, yang merupakan jumlah yang ditampilkan tanpa perlu klik “more.”

Pilih CTA.

Ada beberapa pilihan yang berbeda untuk tombol Call to Action (CTA) Anda, tergantung pada halaman apa yang Anda ingin pengunjung lihat. Anda dapat memilih untuk tidak memiliki tombol, atau pilih salah satu dari berikut:

  • Selengkapnya
  • Daftar Sekarang
  • Pesan sekarang
  • Hubungi kami
  • Unduh
  • Beli Sekarang
  • Mendaftar
  • Tonton Lainnya

Kami memilih “Selengkapnya,” karena kami mendorong orang untuk datang ke website kami.

Setelah gambar Anda upload dan teks Anda atur, memeriksa preview iklan Anda untuk memastikan semuanya terlihat benar.

Pada titik ini, Anda akan memiliki pilihan untuk mengedit “Opsi Lanjutan”, tetapi hanya jika Anda ingin. Opsi lanjutan termasuk menambahkan tag, mengubah tampilan link Anda, memasukkan parameter URL, menyiapkan sponsor, dan memilih pelacakan piksel.

8) Lakukan pesanan.

Setelah semuanya siap, Anda siap untuk melakukan pesanan iklan Anda. Melakukan hal ini cukup mudah: Cukup klik tombol hijau besar di sudut kanan bawah.

iklan Instagram 11

Seperti biasa, pastikan untuk memeriksa lebih dulu segala sesuatunya, terutama karena iklan Anda memiliki potensi untuk dilihat oleh audience yang banyak.

Jika ingin orang lain dalam tim Anda untuk melihat iklan yang dibuat sebelum ditayangkan, atur jadwal Anda untuk menyertakan penundaan, tapi masih menempatkan pesanan Anda.

Anda berisiko kehilangan semua pekerjaan yang telah Anda lakukan jika Anda tidak memesan segera jadi disarankan untuk Anda agar lakukan pemesanan terlebih dahulu, kemudian kembali dan menyesuaikan waktunya jika perlu.

9) Laporkan pada kinerja.

Setelah iklan Anda telah naik dan berjalan di Instagram, penting untuk mengawasi bagaimana mereka bekerja. Anda dapat pergi kembali dan edit beberapa aspek iklan, jadi jika Anda menemukan kesalahan yang Anda buat atau gambar Anda tidak melakukan sebaik yang Anda inginkan, Anda bisa masuk dan mengubah hal-hal tersbut.

Anda dapat melihat hasil dari iklan di dua tempat:

  1. Facebook Ads Manager
  2. Tool marketing Anda yang lain

Dalam Ads Manager:

Ada dashboard canggih yang menyediakan pengguna dengan gambaran dari semua kampanye mereka. Tanpa mengubah pengaturan, Anda akan menemukan data pada jangkauan, cost per result, dan jumlah yang dibelanjakan.

Di sudut kanan atas, Anda akan melihat tombol yang menunjukan “Column:. Performance” Jika Anda klik menu drop down, ada pilihan untuk menyesuaikan kolom, yang memungkinkan Anda untuk memilih data tertentu yang ingin Anda lihat. Ada Data mulai dari CPC (cost per result) atau CTR (Click Through rate, untuk hal-hal yang jauh lebih spesifik seperti “Menambahkan ke keranjang” untuk toko e-commerce.

Berikut adalah kategori bahwa metrik yang tersedia jatuh ke:

  • Performance (reach, results, frequency, etc.)
  • Engagement (post likes, post comments, post shares, etc.)
  • Videos (video views, average percent of video viewed, etc.)
  • Website (checkouts, payment details, adds to cart, etc.)
  • Apps (installs, engagement, cost per app engagement, etc.)
  • Events (event responses, cost per event response, etc.)
  • Clicks (unique clicks, social clicks, CTR, CPC)
  • Setting (tanggal mulai, tanggal berakhir, nama set iklan, delivery, bit, ID iklan, dan tujuan)

Membuat Iklan di Instagram

Dengan Tool marketing Anda:

Dengan begitu banyak metrik untuk dilacak, akan dapat dengan mudah untuk melupakan gambaran besarnya. Untuk benar-benar melacak keberhasilan Anda, ambil keuntungan dari tool marketing Anda dan kode UTM yang digunakan dalam iklan untuk mengukur efektivitas penuh funnel iklan Anda.

Melihat kode pelacakan tertentu melalui tool marketing yang Anda gunakan akan membantu melacak berapa banyak lead (atau lebih baik lagi, customer) yang benar-benar dihasilkan melalui kampanye iklan Instagram Anda. Informasi ROI ini kemudian dapat digunakan untuk menginformasikan kampanye lainnya.

Sekarang Giliran Anda

Itulah cara membuat iklan di Instagram dan sekarang Anda telah mengetahuinya. Jika benar-benar tertarik dengan iklan Instagram untuk mempromosikan bisnis Anda, Kini giliran Anda untuk membuat iklan di Instagram.

Dengan 500 juta pengguna aktif per bulannya, itulah peluang yang sangat terbuak untuk memasarkan bisnis Anda ke target Audience yang cukup banyak.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat iklan di Instagram? Kami ingin mendengar pendapat ataupun pengalaman Anda tentang membuat iklan di Instagram bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 26
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    26
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>