Mendapatkan Uang Melalui YouTube : Anda Bisa Pertimbangkan Sponsorship!

Mendapatkan uang melalui YouTube
22 November 2017
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Mendapatkan uang melalui YouTube memang sudah bukan hal yang asing lagi.

Ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan lebih dan menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan.

Selain tergolong mudah dijalankan, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses dan berkompetisi di bisnis ini.

Tapi bagaimana sebenarnya cara memanfaatkan konten video untuk mendapatkan uang melalui YouTube?

Apakah Anda sekarang ini terpikir untuk bekerja dengan sponsor?

Kalau begitu Anda berada di artikel yang tepat!

Kali ini kita akan berbicara bagaimana cara YouTuber bisa mendapatkan uang dengan video sponsorships.

Mari kita mulai saja pembahasannya.

Mendapatkan Uang Melalui YouTube dengan Sponsorship

Menurut data dari Hootsuite, YouTube munduduki peringkat 1 di tahun 2017 dengan jumlah pengakses terbanyak dibandingkan dengan platform social lainnya.

ilustrasi

Ini artinya, peluang untuk menggunakan YouTube sebagai platform untuk bisnis sangatlah besar.

Video sponsorship adalah cara yang bagus dan bisa digunakan untuk mendapatkan uang melalui YouTube.

Mirip ketika Anda menggunakan Google AdSense untuk Website atau Blog Anda.

Kalau Anda benar-benar awam dengan YouTube, Anda bisa mencari tahu dulu tentang YouTube Ads.

Mari kita lanjutkan. Yang harus Anda lakukan dengan konten video Anda adalah memasang dan memention Sponsor di Video Anda.

cara ini merupakan yang paling umum digunakan para YouTuber. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan sponsorship, tugas Anda adalah memperkenalkan sebuah brand ke audience Anda.

Tapi kembali lagi ke perjanjian awal dengan sponsor, bisa jadi Anda harus memberikan rincian tentang brand tersebut, promosi, dan menunjukkan produknya.

Ketika Anda live, ini merupakan moment yang tepat untuk memasukkan sponsor ke dalam konten video Anda.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa waktu live? Kenapa tidak di video yang sudah direkam dan diedit?

Anda harus memperhatikan hal ini. Waktu yang real akan meningkatkan engagement dengan para audience.

Dengan tingginya tingkat engagement dengan audience, mereka tidak akan melewatkan apa pun yang Anda sampaikan lewat konten video. Termasuk juga penawaran yang Anda berikan pada mereka.

Berikut ini ada beberapa jenis memention sponsor yang perlu Anda ketahui.

  1. Mengungkap produk dengan menjelaskannya

Anda pernah memperhatikan video-video YouTuber yang suka terdapat deskripsi di bagian bawah tanggal video yang dipublish?

Seperti contoh ini nih.

vertical sponsor

Nah, ini merupakan jenis mention vertical yang sudah sering digunakan oleh YouTuber.

Pembuat video pada contoh di atas akan menampilkan pakaian yang ia beli dan akan berbicara tentang produk tersebut. (produk itu adalah produk yang sudah disponsori).

  1. Menunjukkan produk melalui kegiatan sehari-hari

show product

Jenis mention yang ini lebih ke arah kegiatan harian pembuat video, seperti memulai hari sebelum pergi ngegym atau kerja.

Saat merekam video, ia akan memention produk sponsor yang digunakan dan menambahkan poin-poin bagus tentang produk tersebut.

Selain terlihat lebih natural, jenis mention ini cukup efektif dan berdampak besar jika Anda ingin mendapatkan uang melalui YouTube.

  1. Menyebutkan produk pada pre-roll, mid-roll atau end-roll video

Kalau Anda suka mengakses YouTube, begitu Anda klik 1 video, begitu Anda menonton sampai habis video tersebut, akan ada beberapa video lain yang muncul.

end-roll

Nah itu yang dinamakan dengan iklan end-roll. Sebenarnya ada 3 jenis iklan yang bisa Anda pasang secara terpisah dari konten utama video Anda.

  • Pre-roll : Iklan pada awal video.
  • Mid-roll : Iklan pada pertengahan video.
  • End-roll : Iklan pada akhir video.

Jenis mention yang berikutnya berhubungan dengan kegiatan integrasi sponsor ke dalam konten video Anda.

Video ini berfokus pada sponsor. Bukan cuma itu, dengan cara yang kreatif, Anda bisa membuat video itu selalu evergreen (selalu dicari audience untuk ditonton walaupun videonya sudah lama).

  1. Membuat review produk

review product

Misalnya brand produk itu baru untuk market, membuat video review adalah jalan yang bagus untuk meningkatkan awareness audience.

Sebuah brand biasanya akan menggunakan video review untuk bisa bersaing dengan competitor lain.

Hal ini didasari oleh konsumen. Kebanyakan dari mereka akan memutuskan membeli sebuah produk jika mereka melihat review yang bagus dari channel YouTube yang terpercaya.

Video review sangatlah efektif untuk jangka panjang karena konsumen yang mencari review produk di Google atau YouTube, bisa langsung dihubungkan ke video Anda yang berisi sponsor produk tersebut.

Yang perlu Anda ingat ketika membuat video review ini adalah diskusikan kembali dengan brand sponsor Anda.

Lakukan negosiasi untuk berjaga-jaga seandainya ketika Anda mencoba produk dan hasilnya tidak sesuai ekspetasi.

Berikan pilihan kepada sponsor apakah produk mereka tetap akan dipublikasi atau tidak.

Misalkan mereka memutuskan untuk keep videonya, mereka akan jauh menghargai Anda karena Anda menyelamatkan mereka dari komentar negative para pengguna yang telah mencoba produk sponsor.

  1. Membuat video series yang kreatif

video-series

Kalau brand sponsor punya budget lebih, biasanya mereka mau berinvestasi untuk jangka panjang.

Ajak mereka untuk kerja sama dan ajukan membuat video series yang kreatif untuk mendapatkan uang melalui YouTube.

Di situasi ini, Anda bisa memberikan pilihan kepada mereka untuk menyampaikan ide atau ikut dalam proses produksi video tersebut.

Walaupun fee untuk membuat video seperti ini tinggi dibandingkan dengan menambah atau memention sponsor, bagaimana pun juga ada tantangan tersendiri.

Buat video ini senatural mungkin dan sebaiknya tidak menggunakan kalimat yang terlalu menjual.

Strategi ini memang tidak selalu menjadi pilihan terbaik untuk penjualan jangka pendek.

Tapi bagusnya adalah akan meningkatkan ekuitas brand melalui search result di YouTube.

Tips untuk Anda yang ingin memulai kerja sama dengan Sponsor

Begitu Anda tahu jenis-jenis sponsorship YouTube, berikut ini ada beberapa tips bagus untuk mendapatkan fee yang tinggi.

google-adsense

#1. Fokuskan diri untuk mengembangkan channel dulu

Masa-masa awal memang terasa berat, tapi tenang saja.

Selagi Anda membangun engagement dengan audience di YouTube, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan lain dari Google AdSense yang terpasang di Video Anda.

Fokuskan diri Anda untuk membangun sebuah konten yang disukai oleh audience YouTube Anda.

Ketika audience Anda semakin banyak, maka ini akan memudahkan Anda dalam mendapatkan uang melalui YouTube.

Selalu berpikir ke depan. Pilih sponsor atau iklan yang relevan dengan channel Anda.

#2. Cari Sponsor yang sejalan dengan konten Anda

Ketika Anda sudah punya audience yang besar, hal yang menantang berikutnya adalah nurturing atau merawat mereka.

Lakukan yang terbaik dengan memilih sponsor yang memang sejalan dengan konten video dan audience penonton Anda.

Karena kalau antara sponsorship dengan Anda tidak sejalan, mereka akan merasa terpaksa untuk bekerja sama dengan Anda dan proses bisa tidak berjalan lancar.

#3. Negosiasi rate Anda

Kalau Anda baru mulai, tidak masalah untuk mengambil penawaran sponsorship pertama yang kecil.

Ini sebuah langkah yang bagus untuk membangun portofolio, agar bisa dimanfaatkan ketika nanti Anda bekerja sama dengan sponsorship lain yang lebih besar, Anda sudah punya pengalaman.

Biasanya untuk menetapkan harga video, orang-orang akan menggunakan model flat-rate.

Yang bisa Anda lakukan adalah negosiasi dengan pihak sponsor.

Kalau Anda bingung dalam menentukan rate ketika kerja sama dengan sponsor yang lebih besar, ini ada bocorannya untuk Anda.

Perkirakan views yang akan Anda dapat dalam 30 hari. Setelah itu kali CPV (cost per view) yang Anda minta ke sponsor.

Kalau Anda baru mulai, pasang harga yang agak miring dulu. Perkirakan view Anda dan kali CPV yang sekitar $0.02-$0.025/ click.

Ketika kerja sama pertama Anda berhasil dan audience Anda semakin berkembang, Anda bisa meningkatkan rate menjadi $0.06-$0.09/ click untuk video biasa dan $0.10-$0.25/ click untuk video yang berdedikasi.

Siap untuk Memulai Bisnis Ini?

Jadi apa yang bisa kita simpulkan dari artikel kali ini?

Membuat video dan melakukan kerja sama dengan sponsor merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mendapatkan uang melalui YouTube.

Tapi selalu diingat untuk selalu mementingkan audience terlebih dulu.

Jangan karena ingin mendapatkan uang, Anda asal-asalan membuat channel, video dan random dalam memilih sponsorship.

Pastikan kalau Anda membuat konten video yang berkualitas dan memiliki value sesuai dengan channel Anda.

So, sekarang pertanyaannya adalah apa Anda sudah siap untuk memulai bisnis ini?

Baca juga artikel menarik lainnya seperti :

Kalau Anda punya tips dan trik lain untuk mendapatkan uang melalui YouTube atau punya pengalaman seru berhubungan tentang topik ini, bagikan saja kepada Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya yuk!

Anda bisa langsung mengisi kolom komentar di bawah ya!

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>