[UPDATE TERBARU] Snapchat : Mengupas Aplikasi Populer ini dari Sejarah sampai Fitur Terbarunya

Fitur terbaru Snapchat
20 April 2016
Bagikan artikel ini
  • 11
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    11
    Shares

Bagikan artikel ini :

Di jaman sekarang ini segala teknologi dan informasi dalam dunia digital mengalami perubahan yang sangat cepat.

Banyak sekali social media yang berlomba-lomba meluncurkan serta mengupgrade fitur dan aplikasi baru untuk menjaring perhatian pengguna internet.

Snapchat merupakan salah satu aplikasi social media yang booming saat ini.

Apakah Anda salah satu pebisnis yang menggunakan Snapchat untuk melancarkan promosi bisnis?

Kalau begitu Anda perlu tahu segala sesuatunya tentang Snapchat agar dapat memaksimalkan penggunaannya untuk mengembangkan bisnis Anda.

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk menyelam lebih dalam mengenai aplikasi yang fenomenal dan sudah dilirik oleh para pebisnis dan marketer.

Bukan hanya itu, dalam artikel ini akan membahas updatean terbaru dari Snapchat.

Mari kita mulai pembahasannya.

Snapchat dan Sejarah Singkatnya

que-es-snapchat1

Snapchat adalah aplikasi pesan gambar yang diciptakan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan dirilis pada September 2011.

Menurut statistik yang dipublikasikan Snapchat, pada bulan Mei 2015, pengguna aplikasi telah mengirimkan 2 miliar foto dan video per hari. Sementara itu Snapchat konten Stories dilihat 500 juta kali per hari.

Pada bulan November 2015, jumlah dari video yang dikirim per hari mencapai 6 miliar. Perusahaan ini memiliki valuasi $10 – $20 miliar, tergantung pada source.

Di tahun 2016, video yang ditayangkan pada Snapchat menembus angka 7 miliar setiap hari.

Dalam Snapchat, terdapat istilah kata yang digunakan. Seperti Snaps, Story, dan Chat.

Snaps adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan foto dan video yang nantinya akan hilang. Ini adalah fungsi utama aplikasi Snapchat.

Sedangkan Story adalah kumpulan Snaps yang dapat dilihat oleh semua follower Anda. Biasanya story akan kadaluarsa setelah 24 jam.

Bagaimana dengan chat? Di Snapchat Anda dapat memulai percakapan hanya dengan menggeser ke kanan pada nama mereka dari halaman Snaps terbaru Anda.

Jika Anda masih awam dengan Snapchat dan ingin mencoba aplikasi ini, Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari panduannya.

Di artikel Menggunakan Snapchat untuk Berbisnis : Panduan untuk Marketer Anda akan mengetahui langkah-langkah awal dalam membuat username untuk Snapchat.

Lalu mengapa para pebisnis perlu mencoba aplikasi snapchat ini untuk bisnis mereka?

Seperti yang diketahui, snapchat merupakan jaringan sosial yang cepat berkembang.

Dari kebanyakan bisnis yang pemasarannya di social media, sebagian besar menggunakan Facebook, tetapi hanya 2% yang menggunakan Snapchat.

Kurangnya kompetisi di Snapchat, mengartikan bahwa Anda memiliki kesempatan besar untuk terlihat menonjol dan bersinar.

Dari segi penyajian konten, Snapchat berbeda dengan platform lain. Snapchat secara tegas memberitahukan kepada penggunanya bahwa konten yang dipostingkan akan segera hilang.

Karena snaps menghilang setelah dilihat satu kali, Anda memiliki perhatian penuh pengguna Snapchat.

Marketer akan mendapat keuntungan karena audience akan memberikan perhatian penuh terhadap snaps yang Anda update.

Tahukah Anda, terdapat cara untuk mengintregasikan Snapchat ke social media marketing.

Seperti apa cara yang dimaksud? Berikut poin-poin utamanya :

  1. Mengembangkan Konten
  2. Undang Partisipasi
  3. Jadilah Kreatif
  4. Tambahkan Call to Action
  5. Membangun Follower

Apakah hanya itu saja? Tidak, sebenarnya terdapat penjabaran untuk masing-masing poin yang disebutkan.

Di 5 Strategi Jitu Menggunakan Snapchat untuk Bisnis Anda , Anda akan mendapat penjelasan lebih lengkap mengenai 5 cara pada bagian atas.

Snapchat Geofilter

snapchat_tw

Snapchat ini sangat menarik untuk dicoba, terutama bagi Anda para pebisnis atau marketer yang sudah jenuh menggunakan sebuah platform lama yang sepertinya hanya begitu-begitu saja alias tidak ada perkembangan.

Aplikasi Snapchat memiliki sebuah fitur yang dapat membantu Anda untuk merancang custom filters orang berdasarkan custom location yang Anda tentukan.

Fitur ini disebut Snapchat On-Demand Geofilters.

Snapchat menawarkan dua jenis On-Demand Geofilters, jenis pertama untuk pribadi dan satu lagi untuk bisnis.

Dalam submission guidelines Snapchat, terdapat perbedaan bahwa On-Demand Geofilters jenis pertama yaitu untuk pribadi tidak dapat menyertakan brand apapun, marks bisnis, nama bisnis, logo bisnis, atau konten promosi lainnya untuk bisnis atau brand.

Penggunaan untuk jenis pribadi ditujukan untuk acara pribadi seperti pesta ulang tahun, wisuda, dll.

Sedangkan On-Demand Geofilters jenis bisnis, adalah mereka yang akan mempromosikan brand atau bisnis, dan diharuskan menyertakan nama bisnis mereka.

Biasanya akan ditampilkan untuk membiarkan pengguna Snapchat lain tahu bahwa bisnis Anda disampaikan melalui filter.

On-Demand Geofilters untuk bisnis dapat menggunakan branding, marks bisnis, nama bisnis, logo bisnis, atau konten promosi lainnya untuk bisnis atau brand.

Perlu diingat bahwa ada beberapa hal yang tidak dapat ditampilkan.

Seperti menggunakan foto-foto orang, URL, nomor telepon, email, konten terkait drugs, atau tidak memiliki ijin untuk menggunakan konten tertentu.

Cari tahu bagaimana cara membuat On-Demand Geofilters untuk Snapchat di artikel Memanfaatkan On-Demand Geofilter Snapchat Untuk Event Bisnis Anda.

Fitur Terbaru Snapchat

Pada tanggal 29 Maret 2016, Snapchat meluncurkan perbaikan besar pada platform chatting. Dalam perbaikannya kali ini, pihak Snapchat memungkinkan sejumlah besar multimedia options baru yang dapat diakses bagi pengguna.

Untuk pertama kalinya, pengguna dapat membuat audio dan video panggilan melalui aplikasi, serta memilih dari lebih dari 200 stiker untuk mengirimkan pesan dan sekaligus menukar antara panggilan dan pesan.

Kefleksibilitasan Snapchat yang baru sebenarnya membantu mereka untuk bersaing dengan aplikasi pesan pribadi lain seperti We Chat, Kik, Telegram dan Facebook, WhatsApp, dan Messenger.

Snapchat Chat Versi 2.0

Updatetan Chat 2.0 membawa sejumlah fitur baru dan perangkat tambahan. Pada bagian ini, akan dibahas lebih mendalam pada setiap penambahan kunci baru.

Auto-Advance Stories

Sekarang Anda dapat swipe ke kiri pada Story untuk men-skip Story teman Anda berikutnya.

Sekali Story selesai diputar, yang berikutnya dari list Anda akan diputar secara otomatis.

Hal ini mempermudah pengguna untuk mengkonsumsi konten dan menyebabkan video yang ditayangkan pada Snapchat menembus 7 miliar setiap hari.

1

Stickers

Stiker telah menjadi bagian pelengkap dari banyak platform messaging beberapa tahun terakhir dan Snapchat telah menciptakan lebih dari 200 stiker untuk dimasukkan dalam percakapan Anda.

2

Video or Audio Calls

Anda dapat melakukan panggilan audio dan video melalui Chat interface. Untuk memulai panggilan cukup tekan ikon telepon untuk panggilan audio atau ikon kamera video untuk video call.

Yang membuat panggilan pada Snapchat unik adalah kemampuan untuk tetap ada di panggilan dan sekaligus mengirim foto yang muncul di jendela chat.

3

Video or Audio Notes

Dengan Chat interface, Anda dapat mengirim secara cepat 10 detik thumbnail video dan klip audio.

Video klip seperti GIF akan dapat diputar walaupun penerima sedang memutar audio. Jadi Video dan audio ini bisa diputar secara bersamaan. Audio notes akan segera play ketika penerima menekannya.

4

Dari Foto yang Bersifat Sementara ke Tool Komunikasi yang Dinamis

Pada tahun 2014, Snapchat merilis Chat 1.0, dan untuk pertama kalinya pengguna dapat berkomunikasi melalui teks dan video chat.

“Ketika kami pertama kali me-launching Chat, goal kami adalah untuk membuat Chat ini menjadi bagian terbaik dari percakapan tatap muka.”

Perusahaan menjelaskan dalam postingan blognya baru-baru ini.

“Chat 1.0 adalah alasan yang membuat pengguna merasakan kebahagiaan di Snapchat. Ketika kebanyakan aplikasi memberitahu teman Anda sedang mengetik, Chat akan memberitahu Anda bahwa teman Anda sedang mendengarkan.

Dengan adanya fitur Chat, Snapchat telah mampu membuktikan bahwa dirinya berbeda dari social media lain.

Jika Anda memiliki 100 teman, setengah dari mereka cenderung untuk melihat Story Anda. Snaps langsung dan chatting akan meningkatkan engagement menjadi lebih tinggi.

Goal dari Snapchat adalah “Menjadi cara terbaik untuk berkomunikasi (kedua hanya untuk bersosialisasi secara tatap muka,)” dan dari semua platform social media dan jaringan sosial di luar sana, Snapchat merupakan cara untuk berkomunikasi lebih dekat untuk berinteraksi satu sama lain secara langsung.

Kita senang untuk share, chatting, berdebat, dan berdiskusi dengan orang-orang terdekat kita dan namun ketika bertemu teman kita secara nyata, maka moment itu akan menghilang.

Snapchat meniru perilaku itu jauh lebih banyak daripada jaringan social lainnya.

Dengan Facebook dan Twitter, kita memberikan gambaran sekilas tentang kehidupan kita kepada mereka. Snapchat memungkinkan Anda untuk men-share seluruh gambar dalam cara yang lebih otentik.

melihat Story seseorang berarti memberikan perhatian penuh selama beberapa detik setidaknya. Sedangkan ketika scrolling melalui news feed Facebook atau timeline Twitter, Anda hampir tidak akan melihat apa yang paling update.

Dengan Chat 1,0 Snapchat membuat beberapa langkah besar untuk menciptakan platform yang otentik dan mengambil pendekatan yang berbeda untuk menghasilkan percakapan.

Alih-alih membiarkan Anda tahu kapan teman mengirimkan Anda pesan, Snapchat mulai mengirim push notifikasi untuk memberitahu bahwa teman sudah mulai mengetik pesan ke Anda.

Harapan mereka adalah bahwa pada saat mengirim pesan, Anda sudah ada dalam chat, siap untuk merespon.

Berikut adalah gambar evolusi dari Snapchat sejak diluncurkan pada tahun 2011

Updatean Terbaru dari Snapchat

Chat 1.0 adalah bagian penting dari evolusi Snapchat, dari sebuah aplikasi berbagi foto bersifat sementara sampai ke ruang pesan pribadi.

Chat 2.0 akan membantu Snapchat untuk bergerak lebih jauh, yang awalnya dilihat sebagai cara para remaja untuk mengirimkan foto iseng belaka, kemudian menjadikan mereka artis populer pada sebuah aplikasi social media.

Menjadi Cara yang Lebih Familiar untuk Chatting

Snapchat selalu memiliki pendekatan yang unik dalam menyampaikan pesan dan komunikasi, tapi updatean terbaru ini membawa perasaan lebih akrab.

Chat 2.0 memperkenalkan fitur yang telah umum di aplikasi messaging lainnya, seperti stiker, audio dan video calling.

Tetapi mereka menyertakan juga cara yang unik dan tersendiri dari Snapchat (secara bersamaan bisa video chat dan mengirim gambar, misalnya).

Langkah ini tampaknya sebagai sebuah sinyal dari Snapchat untuk bergerak lebih ke dalam percakapan yang mainstream pada saat mengirimkan pesan.

Ketika Snapchat pertama kali menjadi terkenal, sama seperti hampir kebanyakan setiap platform sosial lainnya.

Para remaja mulai menggunakannya secara berbondong-bondong. Dan hari ini 41% dari remaja Amerika yang aktif di Snapchat.

Chat membantu Snapchat untuk masuk sebagai aplikasi percakapan seperti Messenger dan Whatsapp serta membuatnya mudah untuk dipahami bagi banyak pengguna.

Hal ini tidak lagi tentang mengirimkan konten yang akan menghilang, tetapi jauh lebih dari itu. Ini tentang cara berhubungan dengan orang-orang terdekat dengan menggunakan media apapun yang dinilai terbaik oleh mereka.

[UPDATE] Memperkenalkan, Memories dari Snapchat

Pada 6 Juli 2016, aplikasi Snapchat menghadirkan updatean terbarunya yaitu Memories.

Apa itu Memories? Fitur Memories merupakan cara baru untuk menyimpan Snaps dan Story Anda. Pada postingan di blognya, pihak Snapchat memberikan penjelasan bahwa Memories merupakan “suatu koleksi personal dari moment favorit Anda, letaknya ada di bawah layar kamera.”

Anda dapat menggunakan Memories untuk membuat Story dari Snaps yang Anda ambil.

Anda bahkan dapat menggunakan fitur tersebut untuk mengkombinasikan berbagai Story yang berbeda menjadi sebuah cerita.

Yang perlu Anda lakukan adalah swipe ke atas dari kamera untuk membuka Memories.

Bukan hanya itu saja, Snapchat juga menghadirkan cara baru untuk mengirim Snap dari Memories ke teman-teman Anda dan memposting Snap tersebut ke Story Anda.

Jika Anda mengupload Snaps lama (Snaps yang lebih dari sehari yang lalu) ke Story terbaru Anda, Snap tersebut akan muncul dengan bingkai yang menunjukkan keterangan bahwa Snaps tersebut sudah lama.

Yang lebih menarik dari fitur ini, Memories akan memungkinkan Anda untuk memindahkan Snaps dan Story ke sebuah folder khusus bernama ‘My Eyes Only’.

Folder khusus ini memang dibuat untuk Anda agar dapat mengakses Snaps dan Story secara pribadi dan menjauhkan Anda dari awkward moment.

Yang perlu Anda tahu adalah Memories tidak akan mem-back up foto atau video apapun dari Camera Roll Anda, kecuali Anda menggunakan foto atau video tersebut untuk membuat Story baru atau menambahkan foto atau video tersebut ke My Eyes Only.

Intinya, Snapchat hanya akan mem-back up foto atau video yang telah Anda gunakan.

Bekerja sama dengan Influencer di Snapchat

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui tentang Snapchat adalah ternyata terdapat cara untuk bekerja sama dengan para influencer di Snapchat.

Jika Anda bisa mengajak mereka untuk bekerja sama mempromosikan bisnis, maka akan menjadi kesempatan yang luar biasa untuk mengembangkan bisnis Anda.

Terdapat 5 cara untuk bekerja sama dengan para influencer di Snapchat, mari kita bahas lebih dalam.

Mengapa Bekerja sama dengan Influencer Snapchat?

Influencer Snapchat merupakan sebutan untuk orang-orang yang menjadi selebriti digital. Biasanya mereka kreatif, modern, menghibur, dan memiliki passion.

Mereka adalah pengguna paling awal dari platform dan pada dasarnya memahami cara kerja Snapchat. Mereka terampil menggunakan tools dan memahami pentingnya animated lenses dan emojis.

Influencer tahu bagaimana cara berhubungan dengan audiens mereka dan pendapat mereka dipercaya.

Anda dapat menemukan mereka di semua industri termasuk fashion, olahraga, kecantikan, kesehatan dan kesejahteraan, dekorasi rumah, makanan, dan banyak lagi.

Pastikan Anda melakukan penelitian Anda untuk menemukan influencer yang tepat untuk demografi brand Anda.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk dapat bekerja sama dengan para influencer di Snapchat.

  1. Berbagi Akses ke Acara Eksklusif

Anda dapat bermitra dengan influencer Snapchat di semua titik harga untuk menyediakan akses ke berbagai jenis acara.

Ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan kepada fans mengenai sisi yang berbeda dari bisnis Anda dibanding gambar yang sudah diatur dan difoto kemudian dicetak.

Influencer membawa fans mereka ke dalam pengalaman, yang akhirnya mengarah ke lebih brand awareness dan penjualan.

Pada New York Fashion Week, banyak brand fashion top meminta influencer Snapchat untuk menggunakan koleksi mereka.

6

Tommy Hilfiger menggunakan model yang juga social media influencer, untuk menampilkan behind-the-scenes yang menunjukkan brand.

Stories Snapchat mereka berisi kegiatan me-makeup model, latihan untuk berjalan, dan mencocokkannya dengan runway.

  1. Men-drive Traffic ke Website Anda

DJ Khaled, salah satu influencer Snapchat yang paling terkenal, memiliki lebih dari 2 juta follower yang penuh semangat mengikuti petualangannya dan mendengarkan motivasi harian dari dirinya.

7

Tidak hanya menginspirasi dan memotivasi para pendengarnya, tetapi ia juga menghasilkan uang dari pengguna dengan membuka sebuah toko e-commerce dan bermitra dengan merek global seperti Ciroc dan Apple Beats.

8

Dia menggabungkan taktik penjualan di stories Snapchat dengan produk yang ia tunjukkan sehari-hari pada snaps atau video.

Cara terbaik untuk mengarahkan traffic ke situs Web Anda adalah meminta influencer untuk menggunakan teks box untuk menuliskan website Anda atau nama perusahaan.

Ini adalah apa yang DJ Khaled lakukan ketika dia mempromosikan sesuatu di Snapchat.

Sediakan teks sehingga influencer dapat meng-copy paste ke aplikasi Notesnya dan menambahkannya ke snap.

Dengan cara ini, Anda dapat menyertakan lebih banyak konten.

Anda juga mungkin ingin mengarahkan influencer untuk bertanya ke follower mereka untuk melakukan screenshot snap sehingga mereka memiliki informasi yang cukup tentang produk Anda.

9

Karena influencer ini bercerita, call to action dapat berbentuk verbal. Orang akan tertarik, sehingga mereka akan mengikuti langkah-langkah untuk membeli produk Anda.

  1. Menyebarkan Awareness untuk Menciptakan Cause

Anda bisa menjangkau influencer untuk membantu dengan kampanye amal Anda. Mereka biasanya menerima dan jangkauan mereka dapat memiliki dampak yang kuat.

Karena itu untuk tujuan baik, banyak influencer akan mendukung kampanye secara gratis. Influencer sering tertarik untuk bekerja dengan non-profit karena mereka ingin membantu menciptakan perubahan di dunia.

Ada banyak influencer Snapchat yang unggul dalam bercerita melalui bakat seni. Salah satu yang paling terkenal adalah Miologie.

Dia menyebarkan awareness ke Nigeria dengan cara yang kreatif untuk kampanye #BringBackOurChildhood UNICEF.

10

Dalam ceritanya, ia membuat karakter dari Badamassi, seorang anak muda yang mengungsi tetapi merindukan lingkungan dan hewan yang tumbuh di sekitar.

Followernya yang tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana untuk membantu.

  1. Inspire Passion

Untuk membangkitkan semangat dan antusias audiens terhadap tujuan produk Anda, mintalah seorang influencer untuk melakukan pengambilalihan cerita misalnya tentang suatu hari pada sebuah kehidupan dan menyoroti petualangan mereka dengan cara yang kreatif dan inovatif.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan kepada audiens apa yang berbeda dari gaya cerita tujuan produk Anda yang menarik dibandingkan dengan gaya cerita brand yang tradisional.

Sebagai influencer Snapchat pertama, Shaun McBride (Shonduras) menggunakan gaya cerita berupa petualangan dan menunjukkan keahlian menggambarnya, dan hal ini menyebabkan audiens Snapchat terpesona dan semakin meluas.

Banyak brand, termasuk Disney yang menaruh perhatian. Mereka mempekerjakannya untuk pengambilalihan Snapchat, di mana influencer mengambil alih akun brand untuk melaunching Snapchat mereka.

11

Dia menciptakan sebuah cerita Snapchat yang menampilkan tokoh utama Disney, dan juga ia menyelipkan tanda tangannya di bawah gambar tokoh Disney.

  1. Tampilkan Produk Anda

Anda bisa mencari seorang influencer untuk menyampaikan kepada fans tips dan trik untuk menggunakan produk Anda.

Hal ini memberikan edukasi ke masyarakat bagaimana produk Anda dapat bekerja untuk mereka.

Dengan Snapchat, tips dapat ditampilkan secara bertahap selama 10 detik, tetapi konten yang cepat akan menarik minat mereka.

Influencer kecantikan dikenal untuk memberikan tips, trik, dan tools yang sempurna untuk mengedukasi follower mereka tentang bagaimana menjadi glam.

Ingrid Nilson (juga dikenal sebagai MissGlamorazzi) adalah salah satu influencer kecantikan Snapchat yang paling terkenal. Dia membangun audiens sebagai vlogger YouTube.

12

Dia menggunakan Snapchat sebagai channel tambahan untuk menampilkan rutinitas kecantikannya, tutorial rambut, dan produk favorit.

Dia telah bekerja sama dengan brand seperti Covergirl, Dove, dan TRESemmé untuk menunjukkan kepada fans bagaimana produk mereka bekerja.

Akhirnya…

Dan Anda sudah sampai pada bagian akhir dari artikel ini. Bagaimana? Wawasan Anda bertambah mengenai aplikasi social media yang sedang populer saat ini, Snapchat.

Setelah Anda tahu dan mengenal Snapchat, apakah Anda berniat mengembangkan bisnis ke depan?

Kalau iya, sebaiknya Anda mulai mencobanya dari sekarang.

Khusus untuk Anda, ada sebuah artikel lagi tentang Snapchat. Anda bisa langsung cek di Mengenal Snapchat Lebih dekat Sebagai Sarana Mengembangkan Bisnis Anda.

Semoga bermanfaat!

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 11
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    11
    Shares

Related Posts

One thought on “[UPDATE TERBARU] Snapchat : Mengupas Aplikasi Populer ini dari Sejarah sampai Fitur Terbarunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>