Mencari Pekerjaan Lewat Sosial Media dengan Fitur Lowongan Kerja Facebook

Fitur Lowongan Kerja Facebook
30 Agustus 2017
Bagikan artikel ini
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Bila Anda memikirkan jaringan rekrutmen profesional, LinkedIn mungkin yang muncul dalam pikiran Anda.

Tapi itu mungkin akan berubah. LinkedIn harus mulai waspada karena Facebook kini mulai terjun ke dalam bidang spesialisasinya.

Perusahaan sosial media terbesar ini terus berinovasi pada aplikasinya dengan menambah fitur-fitur baru. Setelah mengakuisisi Instagram, kemudian mengembangkan Instagram Stories dan Live, tidak ketinggalan juga dengan Facebook Messenger dan Facebook Live yang kian digemari, juga upaya-upaya membatasi hoax.

Kini, Facebook menambah fitur baru, yaitu perusahaan atau Business Page bisa memasang lowongan kerja pada page mereka.

Facebook baru-baru ini mengumumkan pengenalan fitur “Jobs” baru, termasuk lowongan kerja. Ini memberi pelamar kemampuan untuk memposting dan langsung melamar pekerjaan di Facebook.

Seperti yang dikutip oleh TechCrunch:

“Mereka [fitur “Jobs” baru] bisa berdampak pada prospek pertumbuhan LinkedIn dan mengalihkan uang iklan rekrutmen.” 

Apakah Anda penasaran?

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang Fitur Lowongan kerja Facebook (Facebook Jobs) dan bagaimana pengaruhnya terhadap halaman bisnis Anda.

Lihat lebih dekat fitur lowongan kerja di Facebook

Facebook telah menguji fitur lowongan kerja Facebook ini sejak November tahun lalu.

Pada Februari yang lalu mereka secara resmi mulai meluncurkan fitur lowongan pekerjaan untuk halaman bisnis, dimulai dengan Amerika Serikat dan Kanada.

Ide dibalik fitur tersebut adalah mempermudah proses aplikasi pekerjaan.

Menurut Business Insider, pada februari yang lalu, perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat (AS) mulai bisa menerbitkan lowongan kerja di Page dan News Feed. Fitur ini muncul setelah sebuah hasil survei Facebook menunjukkan 40% pemilik bisnis kecil di AS kesusahan menemukan karyawan yang cocok dengan keinginan mereka. Kata Wakil Presiden Periklanan Facebook, Andrew Bosworth:

“Mereka (pelaku bisnis kecil di AS) menempatkan hal itu lebih dahulu daripada mendapatkan konsumen baru dan penjualan.”

Perusahaan yang mencari pekerja dapat mencari dan menemukan prospek yang berbakat hanya dengan memasang daftar pekerjaan dengan cara yang sama seperti update status.

Fitur Lowongan Kerja Facebook

Berikut pernyataan dari Facebook:

“Kami berfokus untuk membangun cara baru untuk membantu mempermudah bisnis berinteraksi dengan lebih dari 1 miliar orang mengunjungi berbagai Pages setiap bulan. Bisnis dan orang-orang sudah menggunakan Facebook untuk mencari dan menemukan pekerjaan, jadi kami mengeluarkan fitur baru yang memungkinkan lowongan kerja dan aplikasi langsung di Facebook.”

Sosial media yang mempunyai pengguna terbanyak ini juga mencatat bahwa, pengalaman baru ini akan membantu bisnis menemukan orang-orang berkualitas di mana mereka menghabiskan waktu mereka-di Facebook dan di ponsel.

Cara kerja fitur lowongan pekerjaan Facebook

Jika Anda ingin masuk ke posting pekerjaan Facebook dan menggunakannya untuk merekrut talenta baru, Anda harus membuat lowongan pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan di dalam kotak untuk update post, sama seperti postingan lainnya.

Tulis sebuah intro, upload foto, dan berikan beberapa informasi dasar seperti:

  • Jabatan/posisi pekerjaan
  • Rincian
  • Gaji
  • Tipe pekerjaan

Postingan ini gratis tapi akan kedaluwarsa dalam 30 hari.

Segera setelah daftar pekerjaan diterbitkan, iklan tersebut akan muncul di tab jobs di page bisnis, bersamaan dengan lowongan pekerjaan lain yang diposting oleh perusahaan.

Daftar itu juga akan muncul di feed orang-orang yang follow pagetersebut. Itu juga dapat ditemukan di facebook.com/jobs (bagian baru yang memungkinkan pengguna mencari pekerjaan menurut lokasi, industri, dan jenis pekerjaan).

Ada juga pilihan berbayar (iklan) agar lowongan pekerjaan muncul di news feeds lebih banyak orang.

Setiap lowongan pekerjaan akan menyertakan tombol “Apply Now”, yang dapat diklik pengguna untuk membuka formulir aplikasi standar.

Form tersebut akan diisi dengan informasi dari profil publik pengguna, untuk mempercepat proses aplikasi.

Segera setelah permohonan lowongan pekerjaan tersebut diajukan, Anda dapat mengaksesnya dan menghubungi pelamar melalui Facebook Manager.

Masa Depan Fitur Lowongan Kerja Facebook

Fitur Posts  Job tersedia untuk page bisnis yang berbeda di AS dan Kanada.

Ini hanya masalah waktu sebelum mereka memperluasnya ke seluruh dunia.

Satu hal yang jelas adalah masa depan terlihat cukup cerah untuk Facebook Jobs.

Fitur Ini bisa memecahkan salah satu masalah besar yang dimiliki sebuah brand/perusahaan, menemukan orang untuk bekerja bergabung dalam tim mereka.

Itu berarti bahwa brand akan memiliki alasan baru untuk mengarahkan traffic ke Halaman Facebook mereka, selain hanya mempromosikan produk atau layanan mereka.

Posting iklan semacam itu bahkan bisa meningkatkan like di Page. Karena banyak orang like brand yang mereka ikuti, list pekerjaan tersebut akan tetap berada di depan dan di tengah newsfeed mereka.

Masih ada juga ruang besar untuk pertumbuhan dan perbaikan.

Untuk yang satu ini, Facebook bisa memperkenalkan pilihan penargetan iklan khusus untuk pekerjaan baru.

Hal ini akan memungkinkan untuk menjangkau orang-orang yang memiliki posisi serupa atau memiliki profil serupa dengan posisi/jabatan pekerja Anda saat ini. Ada banyak potensi disana.

Dan itu berarti Facebook bisa menjadi ancaman nyata bagi LinkedIn dan website rekrutmen pekerjaan lainnya seperti Jobstreet.

Apakah Facebook Jobs adalah The New LinkedIn?

Meskipun sepertinya Facebook bersaing langsung dengan LinkedIn, namun itu belum tentu terjadi … setidaknya untuk saat ini.

Keduanya tidak berfungsi dengan cara yang sama, kemungkinan besar, dalam menarik berbagai jenis pencari kerja.

LinkedIn adalah jaringan perekrutan pekerjaan profesional yang pada umumnya menarik individu dengan keterampilan menengah dan tinggi.

Sebagian besar orang ini hanya mengunjungi jaringan tersbut untuk mengupdate profil mereka atau mencari pekerjaan baru.

Facebook, di sisi lain, akan menargetkan orang-orang yang kurang terampil atau pekerja paruh waktu (part time) yang baru saja menemukan lowongan pekerjaan sambil melihat melalui news feed mereka.

Apakah Anda sudah bisa menebaknya? Ya, Facebook akan bisa menjangkau orang-orang yang bahkan mungkin tidak sedang mencari pekerjaan saat ini.

Mereka mungkin melihat daftar pekerjaan di newsfeed mereka dan mengajukan kesempatan pada gaji yang lebih tinggi atau kondisi yang lebih baik.

Hal lain yang membedakan dua jaringan sosial media ini adalah isi profil.

LinkedIn dibuat untuk menampilkan sisi profesional individu (prestasi mereka, posisi yang sebelumnya dijabat, dll.).

Facebook, di sisi lain lebih berfokus pada sisi pribadi (berbagi kenangan, foto keluarga, pandangan, artikel menarik, dll).

Orang mungkin sama sekali tidak ingin seorang pekerja melihat semua info pribadi itu.

Kedua jaringan sosial media tersebut sangat berbeda dalam pengertian itu.

Kesimpulan

Facebook baru saja memulai dengan fitur lowongan kerja Facebook.

Hanya waktu yang akan memberi tahu apakah popularitas mereka meningkat lalu cukup untuk menyalip LinkedIn.

Namun, satu hal yang jelas, bila kita lihat beberapa fitur sebelumnya yang cukup sukses di facebook, kemungkinan hal itu terjadi sangat nyata.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Apakah Fitur lowongan kerja Facebook akan menjadi LinkedIn berikutnya? Atau bahkan menggeser LinkedIn? Anda bisa utarakan pendapat Anda tentang Fitur lowongan kerja Facebook pada kolom komentar DigitalMarketer.id di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Related Posts