Cara Mengoptimalkan Facebook page Anda untuk Penjualan Produk

mengoptimalkan facebook page
19 Juli 2017
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apakah Anda ingin menjual produk bisnis Anda di Facebook?

Bingung bagaimana meningkatkan penjualan produk tanpa harus berinvestasi di iklan Facebook?

Pada artikel ini, Anda akan menemukan cara mengoptimalkan Facebook page secara organik untuk penjualan lebih banyak.

# 1: Pilih Tipe dan Kategori Page Facebook yang Tepat

Setiap bisnis berbeda, bagaimana cara mengoptimalkan Facebook page Anda untuk penjualan tergantung pada apa yang Anda jual dan bagaimana Anda menjualnya.

Misalnya, seorang konsultan membutuhkan orang untuk membuat janji pertemuan dengannya, restoran atau salon rambut ingin mengarahkan pelanggan ke lokasi fisik mereka, dan bisnis e-commerce menjual produk secara online.

Facebook memiliki template page awal untuk membantu mempromosikan produk Anda dengan sangat efektif. Untuk menemukan template ini, masuk ke Settings dan klik Edit Page di sebelah kiri.

mengoptimalkan facebook page

Untuk mengubah template Facebook page Anda, masuk ke Edit Page di Settings Anda.

Facebook page secara otomatis dimulai dengan template “default” namun Anda dapat mengubahnya menjadi salah satu dari berikut ini:

  • Jasa
  • Perbelanjaan
  • Bisnis
  • Politisi
  • Tempat
  • Organisasi nirlaba
  • Restoran dan Kafe

Sebelum memilih template yang berbeda, lihat pengaturan yang disarankan untuk template (termasuk urutan tab).

Mengubah template secara otomatis akan mengubah Call to Action (CTA) dan tombol yang tersedia pada toolbar. Tab yang ada jika tidak sesuai dengan template juga dapat dihapus.

Untuk menjelajahi berbagai template dan mengubah template Facebook page Anda, klik tombol Edit di sebelah kanan template yang ada.

mengoptimalkan facebook page

Di kotak pop-up, scroll ke bawah ke template yang Anda minati dan klik View Details untuk melihat informasi lebih lanjut tentang template Facebook page tersebut.

mengoptimalkan facebook page

Tinjau terlebih dahulu pengaturan yang direkomendasikan untuk template, dan jika perlu, sesuaikan halaman Anda secara manual sebelum Anda benar-benar memilih template.

mengoptimalkan facebook pageTemplate Facebook page yang berbeda memiliki CTA yang berbeda, tombol toolbar, dan tab yang dipilih dan diatur secara khusus untuk jenis bisnis

Hanya template Service dan Shopping yang memiliki Shop section di dalamnya, yang memungkinkan Anda menampilkan produk secara ekstensif di Facebook.

Namun, Anda dapat menambahkan tab Shop atau Services secara manual ke template manapun.

Jadi, Anda dapat secara manual menambahkan tab ke Facebook page Anda, meskipun tidak secara otomatis menjadi bagian dari template halaman Anda.

Untuk melakukan ini, scroll ke bagian bawah bagian Edit Page. Di bagian bawah daftar tab yang ada di halaman Anda, klik Add a Tab .

mengoptimalkan facebook pageLalu pilih tab mana yang akan ditambahkan ke situs Anda.

mengoptimalkan facebook page 6Menambahkan tab Shop atau Services ke Facebook page Anda dapat membantu Anda memamerkan produk Anda, mendorong lebih banyak penjualan

# 2: Pilih Tombol CTA Berorientasi Penjualan

Tombol Call to action (CTA) page Anda adalah unsur penting yang bisa mengarahkan apa yang harus dilakukan pengguna selanjutnya.

Apakah Anda ingin mereka berbelanja produk Anda atau menghubungi Anda untuk membuat janji bertemu? Pilih tombol CTA terbaik untuk bisnis Anda.

mengoptimalkan facebook page 7Memilih tombol CTA yang tepat untuk Facebook page Anda akan meningkatkan kemungkinan pengguna beralih ke konversi dan pembelian. Jadi ini adalah cara mengoptimalkan Facebook page Anda yang perlu dilakukan.

Untuk mengubah tombol CTA Anda, klik pada page Facebook Anda. Anda kemudian akan melihat banyak pilihan berbeda yang dapat Anda pilih.

mengoptimalkan facebook page 8Meskipun Anda mungkin  sudah tahu CTA mana yang akan dipilih untuk bisnis Anda, berikut beberapa panduan umum:

Pilih Book Service jika layanan Anda cukup mudah dan Anda ingin mengoptimalkan appoinments.

Pilih dari opsi Get in Touch jika bisnis Anda dapat dipercaya dan menjawab dengan cepat di Facebook, dan cara terbaik untuk memenangkan pelanggan adalah komunikasi satu per satu. Contoh bagus dari bisnis yang akan merasakan bawha pilihan ini berguna adalah freelancer, dan konsultan.

Pilih Shop Now (seperti Book Services) jika bisnis Anda menjual produk yang bisa dibeli dengan cukup cepat dan tanpa banyak pertanyaan yang perlu dijawab terlebih dahulu.

mengoptimalkan facebook page 9Tambahkan tombol Shop Now ke Facebook page Anda untuk memudahkan pengguna membeli dari produk Anda.

Pilihlah Start Order atau CTA yang bisa dimodifikasi lainnya jika Anda adalah restoran yang ingin mengoptimalkan pesanan antar.

Pilih opsi Learn more (Pelajari Lebih Lanjut) jika produk atau layanan Anda rumit, mahal, atau tidak biasa bagi pengguna. Mereka cenderung klik learn more daripada Register jika mereka tidak terbiasa dengan bisnis atau produk Anda; Ini adalah opsi tekanan rendah.

Setelah Anda memutuskan CTA, Anda harus mengaturnya. Untuk Contact Us, sebagai ilustrasi, masukkan halaman Contact Me tertentu tempat pengguna dapat mengirimkan email kepada Anda.

Selesaikan pengaturan tombol Facebook CTA Anda dengan link atau informasi kontak sehingga berfungsi penuh.

mengoptimalkan facebook page 10 1# 3: Mengatur Shop Section

Jika Anda lebih ingin menjual produk  langsung dari Facebook, menyiapkan bagian Shop (jika berlaku untuk bisnis Anda) adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini.

Buka tab Shop untuk membuat etalase Facebook Anda. Pertama, setujui Persyaratan dan Kebijakan.

mengoptimalkan facebook page 11Selanjutnya, pilih metode checkout Anda. Anda dapat memilih dari dua pilihan: mengizinkan orang membeli dari Anda melalui Facebook atau dengan mengarahkan ke website Anda saat mereka klik sebuah produk. Untuk contoh ini, kami akan mengilustrasikannya nanti.

mengoptimalkan facebook page 12Sekarang isi bagian “ describe what you sell dengan informasi tentang bisnis dan produk Anda sehingga pengguna pertama kali mengunjungi page Anda akan merasa lebih nyaman membeli dari Anda.

mengoptimalkan facebook page 13

Menjelaskan produk Anda di etalase Facebook Anda bisa membantu meningkatkan penjualan.

Klik Add Products untuk mulai menambahkan produk ke toko Anda. Anda dapat menambahkan beberapa foto, harga (bahkan harga on-sale), deskripsi, dan link tempat pengguna dapat membeli item tersebut. Mengatur produk menjadi koleksi memudahkan pengguna berbelanja.

Anda dapat menambahkan harga jual sementara (on-sale) ke produk sesuai kebutuhan. Berikut ini ada contoh dari page Ana Gotter dalam menambahkan produk.

mengoptimalkan facebook page 14Bila Anda menambahkan produk ke toko Anda, Anda dapat update bersama-sama dengan timeline Anda secara otomatis.

Jika Anda menambahkan produk baru yang ingin diketahui pengguna, hal tersebut dapat mendorong penjualan langsung. Anda dapat mengedit dan membagikan produk dan toko Anda kapan saja.

mengoptimalkan facebook page 15

Anda dapat mengelompokkan produk individual ke dalam koleksi dan mengeditnya setiap saat.

# 4: Mengoptimalkan Facebook Page dengan Tag Produk di Foto dan Video

Banyak bisnis memiliki gambar dan video yang menampilkan produk dan layanan mereka. Sekarang Anda dapat memberi tag (menandai) konten visual dan posting Anda di platform dengan produk Anda, termasuk cover photo (foto sampul) Anda. Di bawah ini juga contoh dari page Anda goter

Saat Anda mengklik cover photos Anda , misalnya, Anda melihat opsi untuk menandai produk dari toko Anda. Klik tombol Produk Tag.

mengoptimalkan facebook page 16Pastikan Anda klik Tag Products, bukan Tag Photo.

Kemudian  klik pada produk di foto sampul Anda . Saat Anda mulai mengetikkan nama produk, produk dari toko Anda akan muncul.

mengoptimalkan facebook page 17Anda dapat menandai produk yang ada di toko Facebook Anda, yang secara otomatis akan muncul untuk diberi tag di search bar

Anda akan melihat opsi Tag Products apakah Anda menyiapkan toko atau tidak, namun ada perbedaan dalam tag. Jika Anda memiliki toko, Anda bisa memberi tag produk seperti tag orang biasanya; Ketika pengguna klik, itu akan mengarahkan mereka ke halaman produk yang telah Anda buat di Facebook.

mengoptimalkan facebook page 18Saat pengguna mengarahkan kursor mousenya di atas gambar, label “produk yang ditampilkan” muncul.

Jika Anda tidak memiliki toko dan produk yang terdaftar, pengguna hanya akan melihat nama produk saat mereka mengarahkan kursor ke atasnya. Ini masih merupakan keuntungan karena pengguna bisa mengenali produk yang mereka suka dan mencari sendiri.

Bahkan jika Anda tidak memiliki Shop di Facebook, memberi tag pada produk Anda dapat membantu pengguna mengidentifikasi mereka, sehingga memudahkan untuk menemukan produk di website Anda sendiri.

mengoptimalkan facebook page 19

# 5: Mengaktifkan Review (Ulasan) Pelanggan

Cara mengoptimalkan Facebook page Anda selanjutnya adalah mengaktifkan review. Ini salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda bila ingin meningkatkan konversi.

Pelanggan tidak harus percaya apa bisnis katakan tentang diri mereka sendiri; Namun, mereka ingin mendengar apa yang dipikirkan pelanggan sebenarnya.

Jika bisnis Anda mendapat ulasan positif dari pelanggan , pengunjung yang pertama kali ke page Facebook Anda akan cenderung terkonversi.

Sebagai bonus tambahan, beberapa reviewer (pengulas) bahkan akan merekomendasikan produk atau layanan tertentu, mendorong pengguna lain untuk mencobanya. Berikut ini contohnya.

mengoptimalkan facebook page 20

Reviewer dapat memberikan jaminan bagus tidak hanya bisnis Anda tapi juga produk tertentu, hal ini dapat meningkatkan penjualan.

Untuk memeriksa apakah review tersebut bisa diaktifkan untuk page Anda, masuk ke Settings dan klik Edit Page. Kemudian scrool ke bawah di tab Review dan klik tombol Settings.

mengoptimalkan facebook page 21

Di setting page Facebook Anda, klik tombol setting di samping tab Review.

Pastikan review Anda disetel ke On.

mengoptimalkan facebook page 22

Kesimpulan

Jika ingin menjual lebih banyak di Facebook, mulailah dengan mengoptimalkan Facebook page Anda.

Apakah orang mencari bisnis seperti milik Anda atau secara iseng saja ke page Anda setelah melihat teman berinteraksi, laman Anda mungkin merupakan titik pertama bagi pengguna baru untuk mengubungi Anda.

Karena itu, penting untuk menyiapkan Facebook Page Anda untuk mendorong pengguna menuju konversi di semua titik sales funnel digital Anda.

Bagaiamana menurut Anda? Bagaimana cara mengoptimalkan Facebook page Anda untuk mendapatkan lebih banyak penjualan? Anda bisa berbagai pendapat Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

 


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>