Cara Membuat Iklan Instagram Stories untuk Bisnis Anda

iklan instagram stories
20 April 2017
Bagikan artikel ini

Apakah Anda beriklan di Instagram? Sudah tahu tentang iklan Instagram stories? Sekarang Anda dapat menjalankan iklan dalam Instagram stories.

Iklan Instagram stories muncul di antara stories di Instagram Anda dan muncul secara fullscreen. Hal ini dapat menciptakan pengalaman melihat iklan yang lebih mendalam.

Pada artikel ini, DigitalMarketer.id akan menunjukan cara membuat iklan di Instagram Stories. Tapi sebelumnnya kita akan bahas sedikit tentang Instagram Stories terlebih dahulu.

Instragram Stories

Untuk mendorong pengguna agar membuat dan menshare content lebih banyak lagi pada platform, Instagram telah mengumumkan Instagram Stories, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengirim foto dan video yang menghilang setelah 24 jam.

Fitur ini seperti Snapchat Stories, fitur Snapchat yang diperkenalkan pada 2013 dan menjadi bagian penting dari pertumbuhan perusahaan.

Seperti Snapchat, foto dan video yang dishare dalam Instagram bersifat sementara dan tidak dapat dilihat setelah 24 jam.

Content yang dishare ke stories juga tidak akan muncul pada profil grid Anda atau dalam Instagram feed.

Instagram Stories muncul pada bar bagian atas feed Anda, dan semua akun Instagram dapat menshare stories mulai dari teman-teman Anda sampai akun popular favorit Anda.

Untuk melihat story seseorang, Anda tinggal tap pada foto profil mereka. Story mereka akan muncul secara full-screen, dan kemudian akan muncul semua content yang mereka post dalam 24 jam terakhir.

Content yang di-play mulai dari urutan yang terlama ke terbaru.

Setelah Anda melihat sebuah story, Anda dapat tap untuk kembali dan maju atau menggeser untuk melompat ke story orang lain. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa menyimak artikel berikut ini >>>  Social Media Instagram Meluncurkan Instagram Stories

Apa itu iklan Instagram Stories?

Pada bulan Januari yang lalu, Instagram meluncurkan iklan fullscreen untuk Instagram Stories pada 30 brand pilihan, dan sekarang jenis iklan ini diluncurkan ke semua bisnis secara global.

Iklan Instagram Stories adalah jenis iklan pertama yang memungkinkan tampilan yang fullscrenn 9:16 pada platform.

Iklan yang dapat diskip muncul di antara Stories dalam transisi yang mulus dan ditandai dengan label “Disponsori”. Anda bisa menyertakan satu gambar atau video hingga 15 detik .

Saat ini, Anda tidak dapat menambahkan tombol Call to Action (CTA) atau sebuah link, namun Facebook akan segera menambahkan fungsi tersebut .

Karena pengguna Instagram lebih banyak dari Snapchat, kini pengguna Instagram stories juga mulai mengalahkan Snapchat.

Menurut Business Insider, sebanyak lebih dari 200 juta orang menggunakan Instagram Stories setiap harinya, naik dari jumlah penggunanya pada bulan Januari, yang hanya mencapai 150 juta orang.

Itu berarti, Instagram Stories memiliki pengguna lebih banyak dari pengguna Snapchat, yang dilaporkan memiliki 158 juta pengguna harian per Februari

Menururt CEO sebuah perusahaan analitik Delmondo, Nick Cicero mengatakan bahwa secara garis besar, dari Agustus hingga November 2016, rata-rata unique viewer per satu Snapchat Story telah turun sekitar 40 persen.

Jadi, ini adalah peluang yang cukup bagus jika Anda mulai membuat iklan yang muncul stories Instagram.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu Iklan di Instagram Stories, mari lihat elemen apa yang dapat disertakan dalam desain Anda dan bagaimana meluncurkan kampanye iklan di Instagram Stories pertama Anda.

# 1: Rencanakan Desain Iklan Anda

Ingat bahwa pengguna memiliki opsi untuk skip atau mengabaikan iklan Instagram stories, sehingga gambar atau video yang Anda gunakan di iklan Anda, perlu untuk segera menarik perhatian audience .

Untuk merancang iklan Anda, Anda dapat bekerja sama dengan menggunakan jasa desainer grafis, jasa agensi iklan yang memahami platform tersebut, atau menggunakan tool design online untuk membuat iklan Anda sendiri.

Jika Anda memilih untuk menggunakan satu gambar untuk iklan Anda, pastikan Anda memulai dengan gambar yang berkualitas tinggi .

Kemudian tuliskan teks sederhana namun kuat di bagian atasnya . Iklan gambar akan berlangsung tidak lebih dari 10 detik, jadi pesan Anda harus jelas.

Biarkan audience mengetahui bisnis Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka.

iklan instagram stories

Saat Anda membuat iklan yang nanti muncul di Instagram Stories, pastikan untuk menggunakan video yang menarik atau gambar berkualitas tinggi dengan teks Call to Action (CTA) yang kuat dan sederhana. Ingat bahwa Anda hanya memiliki beberapa detik saja untuk membuat koneksi dengan pengguna.

Facebook merekomendasikan agar Anda menggunakan ukuran gambar 1080 x 1920 dan aspek rasio 9:16.

Jika Anda lebih suka menggunakan video daripada foto, pastikan video Anda dalam format .MOV, .MP4, atau .GIF dan durasi waktunya tidak lebih dari 15 detik.

Ukurannya bisa mencapai 2,3 GB dan resolusinya minimal 720p.

Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menggunakan teks yang berdiri sendiri seperti judul, deskripsi, pesan, dan teks lainnya.

Begitu Anda memiliki gambar akhir atau video yang akan Anda gunakan dalam iklan Anda, Anda siap untuk membuat kampanye Kisah Instagram.

# 2: Buat Iklan Anda

Anda dapat menggunakan Facebook Ads Manager atau Power Editor untuk membuat iklan Instagram stories Anda.

Jika sebelumnya Anda belum pernah membuat iklan di Instagram, pertama-tama Anda harus menghubungkan akun Instagram Anda ke halaman Facebook Anda.

Saat membuat iklan, langkah pertama adalah memilih sasaran kampanye Anda . Saat ini, Reach adalah satu-satunya tujuan yang dapat Anda pilih untuk jenis kampanye ini.

Namun, Facebook mengatakan bahwa dalam waktu dekat, tujuan lain akan tersedia seperti Website Clicks, Web Conversions, Mobile App Installs, dan masih  banyak lagi.

iklan instagram stories 2

Selanjutnya, beri nama kampanye Anda lalu klik Continue.

iklan instagram stories 3

Setelah menentukan target Audience mana untuk kampanye Anda, buka placement dan pilih opsi Edit Placement.

Lalu di bawah Instagram, pilih Stories . Perhatikan bahwa setelah Anda memilih stories, penempatan lainnya akan dicentang karena Anda tidak dapat menjalankan iklan Instagram stories untuk penempatan lainnya.

iklan instagram stories 4

Saat Anda membuat iklan Kisah Instagram, pilih opsi Edit Penempatan lalu pilih stories di bawah Instagram.

Setelah menyiapkan anggaran iklan dan penjadwalan, Anda siap merancang iklan Anda. Pertama, Anda harus memilih format iklan.

Anda dapat memilih untuk menggunakan satu gambar atau satu video untuk iklan Anda.

iklan instagram stories 5

Setelah Anda memilih format, Anda perlu upload file gambar atau video Anda.

iklan instagram stories 6

Jika Anda memilih Single Image sebagai formatnya, klik upload images yang ingin disertakan dalam iklan Instagram stories Anda.

Jika Anda mengupload video, Anda akan mendapatkan opsi untuk memilih gambar preview saat upload selesai.

iklan instagram stories 7

Jika Anda memilih Single Video sebagai formatnya, upload video yang ingin Anda gunakan di iklan Instagram Stories Anda.

Saat upload selesai, Anda akan mendapatkan pilihan untuk memilih gambar preview dari video.

Setelah Anda selesai mengupload media Anda, Anda dapat memeriksa apakah Anda ingin melacak atau memasukkan tag untuk kampanye Anda. Kemudian Anda siap meluncurkan kampanye Anda .

Kesimpulan

Dengan Instagram, Anda bisa menceritakan sebuah cerita dan mempromosikan bisnis Anda menggunakan opsi iklan foto platform: iklan foto, iklan video, iklan carousel, dan sekarang fitur terbaru, iklan di Instagram Stories.

Lebih dari 150 juta akun menggunakan Instagram stories setiap hari. Menggunakan Instagram stories adalah cara yang hebat bagi sebuah bisnis untuk berinteraksi dengan follower mereka dan meningkatkan kesadaran merek (Brand Awareness).

Dengan iklan Instagram Stories, bisnis Anda bisa terus eksis dilihat oleh para follower dan mendapatkan penggemar baru untuk Instagram bisnis atau merk Anda.

Pa pendapat Anda tentang iklan Instagram stories? Apakah Anda akan menggunkannya pada bisnis Anda? Anda bisa berbagi pendapat Anda bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

 


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>