Bagaimana Cara Mendesain Gambar Facebook Ad Selayaknya Profesional?

18 September 2015
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagikan artikel ini :

Anda tidak perlu menjadi Grafik Desainer profesional untuk mendesign sebuah gambar Facebook Ad yang convert!

Kami sudah mendesain banyak gambar Facebook Ad untuk berbagai macam bisnis. Dan pada Artikel kali ini, DigitalMarketer.id akan membagi metode sukses untuk membuat gambar Facebook Ad yang berhasil. Juga, sebuah tool yang dapat membuat gambar-gambar tersebut hanya dengan beberapa klik mouse Anda.

Pertama, mari kita bicara tentang 4 karakteristik dari sebuah gambar Facebook Ad yang berhasil.

1. Sederhana, Representasikan Secara Jelas Makna dari Pesan Marketing

Saat membuat sebuah gambar untuk iklan, tanya kepada diri Anda sendiri 3 pertanyaan ini.

  • Apa Tagline/ Copy untuk gambar iklan Anda? ( id biasanya menggunakan bagian ini dari tagline di landing page )
  • Siapa yang ingin kita target?
  • Apa produk/promosi/penawarannya?

Sebuah gambar iklan Facebook yang efektif adalah lebih dari sekadar gambar cantik. Citra yang baik akan membuat pesan pemasaran mendapatkan klik sebanyak mungkin.

Sebagai contoh, di bawah ini adalah gambar iklan Facebook untuk penjualan produk perangkat lunak Fresh Key.

Karena Fresh Key adalah tools penelitian kata kunci yang membantu pemilik usaha mencari tahu apa yang pelanggan mereka inginkan.

Gambar pada iklan tersebut mengomunikasikan bahwa manfaat dari produk tersebut dengan gambar menggunakan peta dan kaca pembesar.

Iklan tersebut juga memiliki konsep “Tools kata kunci” sehingga sangat tepat apabila direpresentasikan melalui gambar tangan yang sedang mengarah ke sebuah peta.

Termasuk, simbol Fresh Key dalam kaca pembesar adalah sentuhan halus yang bagus untuk merek iklan.

Facebook Ads 1Berikut ini adalah variasi gambar yang telah di test dari iklan yang sama.

Facebook Ads 2

Dalam contoh lain di bawah ini, menawarkan ide “Game Plan” dengan produk “Email Marketing Game Plan”.

Perhatikan bagaimana gambar kongruen (sama/sebangun) dengan penawaran dibawah ini. Target market telah diberitahu bahwa permainan sepak bola ini sangat tidak masuk akal. Tapi, tetap saja iklan ini masih convert).

Facebook Ads 3

2. Gunakan Warna yang Kontras

Bagaimana Anda dapat membuat orang-orang untuk berhenti scroll dan melihat iklan Anda?

Bagaimana Anda dapat mengatur iklan Anda secara terpisah dengan postingan lainnya ?

Untuk itu, iklan Facebook harus POP!

Gunakan beberapa pilihan warna komplementer yang akan membantu mendapatkan tujuan di atas. Anda tidak perlu sampai menambahkan 10 warna yang berbeda untuk iklan Anda!

Misalnya, lihatlah iklan berikut  ini:

Facebook Ads 4

Gambar ini akan menjadi pusat perhatian mata Anda, karena warna kontras ungu dan hijau. Pilihan font putih kontras dengan latar belakang berwarna akan membantu mempresentasikan iklan Anda agar terlihat lebih POP.

Dan juga, coba pilih Call-To-Action (CTA) dalam bola lampu seperti gambar di atas. Bola lampu tersebut membantu mata Anda untuk memerintahkan tangan Anda menggerakkan mouse ke arah yang tepat.

3. Tambahkan Teks ke Gambar Anda (Lebih Disarankan untuk CTA atau Penawaran Anda)

Tempat yang sempurna untuk menambahkan Call-To-Action atau beberapa kata-kata penting adalah pada gambar.

Beberapa orang tidak akan membaca tulisan iklan karena mereka scroll newsfeed . Tapi, mereka akan melihat gambar iklan Anda.

Jika Anda mampu menangkap perhatian mereka dan kemudian menambahkan sedikit tulisan sebagai CTA atau deskripsi dari apa yang Anda tawarkan. Maka, Anda tidak perlu hanya mengandalkan tulisan Facebook pada bagian deskripsi untuk mendapatkan klik.Facebook Ads 5Dalam contoh ini, mereka mampu menggambarkan pesan pada sebuah gambar. Ini adalah penjualan cepat – hanya $7! Kami juga ingin memicu rasa ingin tahu dengan menggunakan kata-kata “Boomerang Traffic”.

4. Gunakan Hanya 1-2 Font yang Berbeda untuk Gambar Anda

Terlalu banyak pilihan font membuat pembaca Anda hanya akan terganggu dengan pesan keseluruhan yang ingin Anda sampaikan.

Gambar abstrak dan kompleks juga sulit untuk mendefinisikan iklan Anda dan hanya akan menghalangi pembaca.

Dalam gambar ini, kita terjebak dengan 2 pilihan font. Hal ini justru menjadikan pesan terbaca dengan jelas dan mudah dilihat oleh mata. Perhatikan warna kayu cokelat netral yang digunakan, dan bagaimana warna putih membuatnya POP secara keseluruhan.

Facebook Ads 6

Sekarang, Anda telah memahami mengapa mereka membuat gambar iklan Facebook seperti yang telah dijelaskan di atas.

Lalu, tidakkah Anda ingin tahu cara untuk membuat gambar iklan Facebook tersebut?

Di bawah ini, Anda akan menemukan petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuat konversi tinggi pada gambar iklan Facebook menggunakan tools drag dan drop secara gratis.

Saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan Canva.

STEP 1

Scroll ke atas, pada bagian “Create a Design” , dan pilih desain atau format dokumen yang ingin Anda inginkan.

Facebook Ads 7

STEP 2

Setelah memilih, pada bagian sidebar sebelah kiri, Anda ditawarkan banyak pilihan gambar gratis, tata letak, latar belakang, teks, dan bahkan ada pilihan untuk meng-upload foto Anda sendiri, logo dan background.

Facebook Ads 8

STEP 3

Memulai Editing! Sekarang Anda dapat menyesuaikan gambar yang Anda pilih untuk membuatnya sesuai dengan iklan Anda.

Dalam contoh di bawah ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana dapat menambah pada kotak teks, bentuk, atau gambar background yang akan memiliki pilihan menu pop-up untuk setiap elemen.

Berikut ini adalah gambar yang kami pilih untuk disesuaikan. Anda dapat memilih layout atau gambar yang Canva berikan. Atau, Anda dapat mengupload milik Anda sendiri:

Facebook Ads 9

Ketika Anda mengklik pencarian pada sisi kiri menu bar, bagian ini memiliki banyak pilihan yang bebas dan banyak untuk Anda pilih. Mulai dari bentuk, panah, spanduk, garis, ikon, dan lainnya.

Tools ini merupakan aset penting yang dapat Anda gunakan untuk kebutuhan pembuatan iklan Anda.

Facebook Ads 10

Sekarang, saatnya untuk menyesuaikan dan membuat gambar lebih “bermerek”.

Canva memungkinkan Anda untuk membuat gambar Anda sendiri menggunakan unsur-unsur yang berbeda.

Bereksperimen dengan berbagai fitur, seperti:

  • Perubahan warna
  • Menambah atau menghapus teks atau bentuk
  • Mengubah ukuran font
  • Mengatur ulang tata letak atau komposisi

Catatan: Hati-hati ketika menggnakan background biru pada iklan Facebook. Alasannya, kemungkinan besar nantinya terlalu berbaur dengan post lain di Facebook sehingga berpotensi besar diabaikan.

Facebook Ads 11Anda dapat melihat ketika kami klik pada kotak teks dan elemen lainnya, menu akan tersedia untuk mengubah warna, memutar teks, mengubah font, ukuran font, dan ada penurunan lagi down menu untuk pilihan yang lebih rinci.

Facebook Ads 14

STEP 4

Sekarang, Anda telah selesai membuat iklan Anda. Selanjutnya, upload atau bagikan melalui social media Anda dengan mengklik share di bagian kanan atas!

Facebook Ads 13

Atau jika Anda ingin membuat iklan lain untuk kampanye Anda, klik “Add New Page” di bawah gambar. Anda juga dapat menyalin iklan yang baru Anda buat dengan mengklik “copy” (icon di sebelah kanan gambar).

Facebook Ads 14 Facebook Ads 15

Hal ini sangat bermanfaat, sehingga Anda dapat membuat beberapa gambar dari konsep yang sama untuk kampanye iklan dan membuat perubahan halus untuk tujuan testing.

Sekarang, Anda tidak hanya memahami karakteristik dari Facebook dan gambar iklan yang sukses. Anda juga dapat membuat gambar iklan secara GRATIS tanpa perlu desain atau keterampilan teknis.

Apalagi yang menjadi penghalang Anda untuk memulai?

Ingat, semua kampanye Facebook yang sukses adalah tentang menempatkan pesan yang tepat, di depan orang yang tepat, dan didukung oleh penawaran yang tepat.

Jadi, silakan membuat gambar Anda dan beritahu kami dengan mengisi form di bawah ini jika Anda memiliki pertanyaan!

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *