Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda
18 Mei 2016

Facebook telah membuka publishing tool yang disebut dengan Artikel Instan Facebook untuk semua penerbit atau semua orang.

Pihak Facebook resmi membuka platform ini untuk semua orang pada tanggal 12 April 2016 yang lalu pada Facebook konferensi F8.

Sejak pembaruan itu, Facebook telah menjadi salah satu referer atas lalu lintas ke situs berita dan blog dari semua ukuran, dan pada musim panas 2015, perusahaan analisis traffic parsely mengungkapkan bahwa Facebook bahkan telah menyusul Google sebagai nomor 1 pengarah traffic ke situs/website berita.

Sebelum peluncuran, lebih dari 1.000 penerbit yang menguji platform. Kali ini, DigitalMarketer.id akan membahas seluk-beluk platform artikel instan Facebook ini:

  • Bagaimana Anda bisa memulainya?
  • Bagaimana platform ini bekerja?
  • Berapa banyak keterlibatan yang mereka terima?

Langsung saja mari kita mulai!

Pertama: Apa itu Artikel Instan Facebook?

Artikel instan Facebook dibuat untuk memecahkan masalah waktu loading/memuat halaman yang lambat pada artikel yang ada di website Facebook versi mobile.

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 1

Artikel Instan ini dapat memuat sampai 10 kali lebih cepat dibandingkan web artikel vesi mobile.

Platform penerbitan Facebook mencakup seluruh fitur yang membantu artikel dapat bercerita secara interaktif, termasuk auto-play video, galeri gambar yang dapat di zoom dan map interaktif.

Josh Roberts, Product Manager di Facebook menjelaskan lebih lanjut tentang format dalam sebuah posting di blog Facebook :

Tujuan facebook adalah untuk menghubungkan orang ke cerita, tulisan, video atau foto yang paling penting bagi mereka. Membuka Artikel Instan akan memungkinkan penerbit untuk memberitahu cerita besar, loading yang cepat, untuk orang di seluruh dunia. Dengan Artikel Instan, mereka dapat melakukan hal ini sementara tetap mempunyai kontrol atas pengalaman, iklan mereka dan data mereka.

Platform ini telah diuji dengan mitra operator sejak Mei 2015, dan data yang didapat adalah sebagai berikut:

Artikel instan menerima 20% lebih banyak klik daripada artikel versi web mobile dari News Feed.

Setelah seseorang mengklik Artikel Instan, mereka 70% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan artikel sebelum membacanya.

Rata-rata artikel instan mendapatkan share 30% lebih banyak daripada artikel versi web mobile.

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 2

Facebook juga menemukan bahwa rata-rata orang-orang yang berada di koneksi lambat 20-40% lebih banyak membaca artikel instan daripada artikel versi web mobile.

Cara membuat Artikel Instan Facebook

Langkah 1: Mendaftar

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat artikel instan Facebook adalah mendaftar untuk menggunakan fitur ini. Anda dapat melakukan pendaftaran atau sign up di sini instantarticles.fb.com .

Catatan: Untuk memulai penerbitan artikel instan, Anda harus memiliki Facebook Page yang aktif dan memiliki Admin atau Editor untuk Facebook Page tersebut.

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 3Langkah 2: Pilih Facebook page Anda

Setelah mendaftar Anda akan diberi kesempatan untuk memilih Facebook Page Anda yang ingin digunakan untuk mengaktifkan artikel instan ini

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda (4)Langkah 3: Klaim URL Anda

Setelah Anda memilih Facebook Page Anda, Anda akan diminta untuk memberikan URL yang akan Anda aktifkan untuk menggunakan artikel instan.

URL ini akan berfungsi sebagai dasar untuk semua URL posting Anda (dan, biasanya adalah URL blog dan website Anda, misalnya, blog.DigitalMarketer.id).

Untuk mengklaim URL Anda Anda perlu menambahkan meta tag untuk HTML <head> tag Anda dan kemudian menambahkan URL ke pengaturan Anda. Semua informasi yang perlu Anda lakukan ini dapat ditemukan di Setting/pengaturan Artikel Instan:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 5

Langkah 4: Buat artikel

Dalam masa pengujian, Facebook menemukan bahwa penerbit ingin satu tool untuk mempublikasikan artikel ke website, aplikasi mobile, atau tempat-tempat lain di mana pembaca dapat melihat konten mereka.

Dengan demikian,  artikel dapat dipublikasikan langsung dari Content Management System Anda, tidak perlu untuk membuat ulang artikel tersebut dalam Facebook.

Anda dapat menyinkronkan blog atau website Anda dengan Artikel Instan melalui tool penerbitan Facebook, RSS feed atau dengan menggunakan API. Berikut adalah penjelasan singkat dari pilihan-pilihan yang tersedia tersebut.

Menghubungkan dengan WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress sebagai platform blog atau website Anda, Facebook telah menciptakan sebuah plugin untuk merampingkan proses pembuatan Artikel Instan. Hal ini mungkin menjadi cara tercepat dan termudah untuk mendapatkan suatu set dengan Artikel Instan.

Facebook telah bekerja dengan sekelompok kecil penerbit di WordPress untuk pengujian plugin beta sebagai cara cepat dan mulus untuk adaptasi konten web dengan format Artikel Instan .

Di bawah ini Anda dapat melihat Artikel Instan yang dihubungkan dengan WordPress menggunakan plugin:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 6

Dalam posting blog mereka, Facebook menyampaikan bahwa plugin dapat mendeteksi gambar dalam artikel foreign policy tersebut dan menentukan markup yang pas, sehingga foto merender dengan benar dalam artikel Instan.

Foto akan meluas memenuhi layar ketika diketuk dan memungkinkan eksplorasi hanya dengan memiringkan ponsel.

Contoh lain adalah di bawah  artikel Zap2it dari Tribune Broadcasting:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 7

Dalam contoh ini, pemutar video pihak ketiga secara pas terpasang untuk pengalaman membaca Artikel Instan yang lebih baik. Plugin ini juga mendukung video autoplay asli serta sematan sosial dan grafis interaktif.

Setelah plugin WordPress telah diinstal, Artikel Instan dihasilkan melalui RSS feed dibuat oleh plugin dan terhubung ke halaman Facebook Anda.

Bagaimana Anda bisa menjalankannya?

Plugin dapat diinstal melalui Github  dan bisa segera ditambahkan ke direktori Plugin WordPress. Untuk memulai, download file ZIP dari Github:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 8

Setelah download file ZIP dari Github, maka Anda harus menginstalnya ke WordPress. Untuk melakukan hal ini, arahkan kursor pilihan Plugin di sidebar WordPress Anda dan klik ‘Add New’:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 9

Sekarang Anda akan dibawa ke halaman ‘Add Plugins’ dan file ZIP perlu upload secara manual, pilih ‘Upload Plugin’ dan pilih meng-upload file ZIP yang telah Anda download dari Github:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 10

Setelah menginstal plugin, tipe baru pakan akan ditambahkan ke situs Anda, dengan alamat dalam bentuk /?feed=instant-articles or /feed/instant-articles, tergantung pada pengaturan permalink WordPress Anda. Feed baru ini mirip dengan RSS feed tradisional tetapi mencakup data tambahan dan markup yang dibutuhkan oleh spesifikasi Facebook .

Anda dapat memeriksa feed tersebut apakah bekerja dengan mengunjungi [domain blog Anda] /? /?feed=instant-articles atau  [domain blog Anda]/feed/instant-articles. 

Menghubungkan RSS feed ke Halaman Facebook Anda

Selanjutnya, Anda perlu untuk menghubungkan feed baru Anda ke halaman Facebook Anda.

Untuk menghubungkan RSS feed ke halaman Facebook Anda, Anda perlu untuk mengunjungi pengaturan Admin untuk Halaman Facebook Anda. Dari bagian atas Halaman Anda, klik settings/pengaturan atau klik Publishing Tool/alat penerbitan:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 20

Kemudian pilih Artikel Instan

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 13

Dari halaman Instan Artikel, Anda akan dapat menambahkan RSS feed, ini akan menjadi feed yang dibuat oleh plugin WordPress:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 12Setelah Anda mengirimkan feed Anda, itu akan ditinjau oleh Facebook untuk memverifikasi bahwa semua Artikel Instan yang dihasilkan dari situs web Anda diformat dengan benar dan mematuhi standar  dan kebijakan konten sebelum Anda akan dapat membuat konten pada platform tersebut.

Setelah RSS feed Anda telah disetujui, semua artikel baru yang diterima dari RSS feed Anda akan secara otomatis diberikan kepada pembaca di Instan Artikel pada perangkat iPhone dan ponsel Android dengan konten dalam bentuk artikel Instan.

Untuk mematikan penerbitan otomatis, periksa ‘Impor semua artikel sebagai konsep’ kotak centang, yang akan memastikan bahwa semua artikel baru yang diterima dari RSS feed Anda disimpan sebagai draft dan dipublikasikan sampai Anda secara manual mempublikasikan mereka melalui dashboard Halaman admin Anda.

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 14

Anda dapat menyimak tentang RSS feed ini, pada panduan facebook berikut ini>>> Menerbitkan Melalui Kabar RSS Anda

Tool publikasi

Bersamaan plugin WordPress, Facebook telah bekerja sama dengan banyak platform penerbitan untuk membuat integrasi dengan Artikel Instan.

Alat Penerbitan atau publishing ini dapat terintegrasi dengan:

  • Drupal, Atavist, Medium, Perk Distributed, RebelMouse, ShareThis, Sovrn, Steller, Tempest.

API

API memungkinkan Anda untuk membuat, menerbitkan, memperbarui dan menghapus Artikel Instant langsung dari sistem manajemen konten Anda dan memberikan alternatif yang sangat baik untuk menghubungkan melalui RSS.

Panduan untuk menggunakan Artikel Instan API dapat ditemukan di sini.

Langkah 5: Sesuaikan Gaya Artikel Anda

Facebook memberikan pilihan untuk menyesuaikan gaya dari artikel Anda saat pengaturan. Di sini Anda dapat meng-upload logo dan memilih font yang digunakan di seluruh artikel Anda. pilihan Font saat ini terbatas pada font keluarga Helvetica Neue dan Georgia.

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 15

Langkah 6: Kirim untuk di-preview oleh Facebook

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas Anda dapat mengirimkan feed Anda untuk ditinjau oleh Facebook dan memverifikasi bahwa semua artikel yang dihasilkan dari website Anda diformat dengan benar.

Facebook saat ini bertujuan untuk meninjau semua kiriman dengan rentang waktu 24-48 jam.

Berikut sumber yang dapat Anda simak tentang Artikel instan:

➤ Developer Artikel Instan

➤ Blog Artikel Instan

5 hal yang perlu Anda ketahui tentang Artikel Instan Facebook

  1. Anda mendapat profit dari Artikel Instan

Penerbit bisa memperoleh profit dari konten mereka. Jika Anda menjual iklan dalam konten Anda, Facebook memberikan publisher 100% dari pendapatan dan akan dipotong 30% jika iklan yang ada di artikel tersebut melalui jaringan Audience Facebook.

Facebook Audinece Network menawarkan publisher kesempatan untuk memanfaatkan kekuatan iklan Facebook untuk memperoleh profit dari konten mereka, dan ketika Anda memulai dengan Artikel Instan Anda memiliki kesempatan opt-in untuk jaringan Audience Facebook:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 16

Jika Anda menjual iklan Anda sendiri, Anda dapat menayangkan iklan video, iklan animasi dan iklan banner dalam artikel. Informasi lebih lanjut tentang mengintegrasikan iklan dapat ditemukan di Facebook Docs Developer .

  1. Membuat Artikel Instan tidak akan membuat posting dari Facebook Page Anda

Ketika Anda mempublikasikan sebuah artikel Instan, hal itu tidak secara otomatis membuat posting Facebook yang sesuai dari halaman Anda. Apa yang terjadi adalah bahwa setiap kali pembaca pada perangkat mobile diarahkan ke URL artikel tersebut di Facebook, link akan ditampilkan sebagai artikel Instan, bukannya loading di browser mobile.

  1. Kecepatan memuat halaman lebih cepat dan dapat meningkatkan jumlah pembaca

Kecepatan loading atau memuat sebuah halaman di internet sangat penting untuk blog atau website apapun, dan Artikel Instan dapat memuat hingga 10x lebih cepat pada artikel di web mobile.

Seperti disebutkan lebih awal, super-cepat kecepatan beban atau artikel instant menyebabkan 70% lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan artikel sebelum membacanya. Selain itu juga 20% mendapat lebih banyak klik.

Rentang perhatian rata-rata turun ke hanya delapan detik online, yang berarti lebih cepat waktu loading adalah keuntungan besar ketika pembaca bersemangat untuk mengakses konten dalam sekejap.

  1. Anda dapat mengontrol posting artikel yang akan diterbitkan

Setelah Anda mendapatkan suatu set dengan Artikel Instan, Anda 100% di kontrol dari mana artikel Anda berbagi ke Facebook. Ini berarti Anda dapat menerbitkan setiap artikel dari blog Anda, atau hanya beberapa pilih – karena lebih banyak data menjadi tersedia itu akan menarik untuk mengawasi strategi di sini dan melihat apa melakukan yang terbaik.

Anda dapat mengontrol artikel yang Anda publikasikan ke Facebook dari Library. Untuk melihat library Anda, klik Publisher Tool dari atas Halaman Facebook Anda dan kemudian pilih Artikel Instan  dari menu di sebelah kiri layar.

Contoh Artikel Instan Library akan terlihat seperti ini:

Artikel Instan Facebook, Publisher Tool Baru untuk Content Marketing Anda 17

Dari sini Anda dapat mengedit artikel dan memilih draft artikel yang ingin Anda publikasikan.

  1. Anda dapat menambahkan Form Sign up email untuk artikel

Email list, membangun daftar email adalah bagian penting dari strategi pemasaran konten, dan kehilangan customer potensial adalah ketakutan yang telah diantisipasi oleh Facebook dengan memungkinkan Sign up email untuk artikel instan tersebut.

“Salah satu hal lain yang kita dengar adalah bahwa penerbit ingin membangun hubungan yang lebih langsung dengan pembaca mereka melalui Artikel Instan, dan salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui interaksi yang lebih teratur dengan pembaca mereka.” Ini adalah pernyataan dari pihak Facebook.

Kini Tergantung Anda

Seperti halnya platform penerbitan lainnya, memutuskan menggunakan Artikel Instan Facebook sangat tergantung pada model bisnis dan tujuan Anda.

Jadi jika Anda ingin menggunakan platform ini, pertimbangkan terlebih dahulu apakah cocok dengan model bisnis dan goal Anda. Bagi website berita mungkin platform sangat berguna untuk mereka.

Anda bisa melakukan tes terlebih dahulu menggunakan platform ini dan melihat apakah artikel instan dapat meningkatkan jangkauan konten dan konversi Anda.

Seperti biasa, Anda bisa berbagi pendapat Anda pada kalom komentar di bawah ini. DigitalMarketer.id akan senang mendengar pendapat Anda tentang Artikel Instan Facebook ini dan apakah Anda akan menggunakannya untuk bisnis Anda, blog dan strategi content marketing Anda?

Related Posts