9 Jenis Konten Sosial Media yang Bisa Anda Gunakan

konten sosial media
16 Agustus 2017
Bagikan artikel ini
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Bagikan artikel ini :

Pernahkah Anda bertanya-tanya jenis konten apa yang harus Anda buat dan share di sosial media? Atau di mana menemukan konten sosial media yang mendorong audience untuk like, share, klik, dan mendapat keterlibatan tinggi?

Jika Anda menggunakan sosial media tanpa strategi konten yang kuat (dan beragam), Anda berisiko jatuh di belakang.

Karena inilah kenyataannya:

Jika Anda tidak menyajikan apa yang audiens Anda cari, pesaing Anda akan melakukannya.

Karena itu, kami akan berbagi 9 jenis konten sosial media hebat yang bisa Anda gunakan!

1. Konten yang Dihasilkan Pengguna

UGC, juga dikenal sebagai User-Generated Content, adalah cara cemerlang untuk meningkatkan keterlibatan dan jangkauan.

Ini juga bisa menjadi penyambutan yang hangat bagi follower baru dan yang sudah ada.
Melalui konten yang dibuat pengguna, mereka akan melihat bahwa Anda peduli dengan audience Anda dan terlibat dengan mereka melalui membagikan konten yang mereka buat.

GoPro melakukan ini dengan sangat baik. Mereka selalu berbagi konten yang diambil oleh follower mereka dengan menggunakan GoPro.

konten sosial media

Inilah satu foto yang menakjubkan dari pengguna GoPro, yang mereka kirim ulang.

Banyak brand yang telah melihat peningkatan UGC karena keberhasilan dan keterlibatan yang mereka terima, terutama di Instagram .

Mengembalikan konten buatan pelanggan dan diposting dengan menyebutkan sumbernya yaitu mereka, akan membuat pelanggan Anda merasa “dicintai” dan diperhatikan oleh merek tersebut.

Bahkan, mereka bahkan mungkin membual kepada teman dan teman mereka ketika disebutkan di sosial media Anda.

Tapi siapa yang tahu? Teman dan kolega tersebut dapat memutuskan untuk membuat UGC juga.

Jika Anda belum berbagi konten buatan pengguna, terutama di Instagram, Anda harus menggunakannya. Hasilnya bisa sangat membantu!.

Tips: Selalu pantau platform sosial Anda, entah itu Instagram, Twitter, Facebook, dll.

Cobalah untuk menemukan konten yang dibuat dengan bantuan produk Anda, atau produk yang sesuai dengan produk Anda.

Kemudian, lanjutkan dan terapkan konten buatan pengguna ke strategi konten sosial media Anda. Tapi jangan lupa untuk tag mereka juga ketika Anda posting konten tersebut.

2. Podcast

Podcast telah ada sejak lama, tapi baru-baru ini mereka mendapatkan momentum.

Ada yang mengatakan mereka adalah radio baru (karena mereka bisa on-demand).

Karena betapa populernya mereka, dan manfaatnya, Anda harus berfokus pada pemasaran podcast Anda untuk mendapatkan lebih banyak pendengar.

konten sosial media

Karena ada sosial media, seperti Facebook dan Twitter, jangan upload audio langsung, Anda harus:

  • Bagikan link podcast
  • Buat gambar statis, letakkan audio podcast di atas, dan unggah sebagai video.

Dengan cara ini, audiens Anda dapat mendengarkan langsung podcast di sosial media tersebut tanpa perlu mengunjungi halaman eksternal.

Ini pasti akan membawa Anda lebih sukses.

Tips: Jika Anda belum melakukannya, coba untuk membuat podcast.

Kenali apa yang dapat diambil audience dari setiap episode dan buat video dengan audio podcast dari atas gambar statis.

Kemudian bagikan profil sosial media, saat memberi link ke podcast resmi.

3. Livestreams

Livestreaming di Facebook adalah suatu keharusan.

Setelah Anda selesai melakukan streaming langsung, Anda dapat memilih apakah Anda ingin konten itu tersedia untuk orang lain setelahnya.

Hal ini memungkinkan orang lain melihat live streaming jika mereka melewatkannya.

Percaya atau tidak, Anda sebenarnya bisa menggunakan Facebook Live sebagai mesin lead generation.

konten sosial media

Mintalah pemirsa untuk mengeklik link tertentu di bagian komentar dan mengisi form untuk mengakses aset yang Anda tampilkan di layar atau dibicarakan.

Itu hanya salah satu cara memanfaatkan Facebook Live untuk menghasilkan lead. Kini Instagram Live juga sudah tersedia, inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan fitur ini. Anda bisa melakukan Q & A’s, perkenalan produk

Satu-satunya kekurangan menggunakan Instagram Live adalah konten Anda akan hilang saat Anda selesai menjalani liveestreaming.

Namun, jika melihat hal itu sebagai sesuatu yang positif, Anda dapat mempromosikan Streaming Instagram Livestream Anda di sosial media sebagai eksklusif Live.

Jelaskan bahwa setelah live streaming selesai, tidak mungkin menontonnya lagi. Strategi kecil itu bisa menarik cukup banyak orang.

Tips: Coba Lakukan live testing, apakah itu Facebook live, Instagram Live, atau bahkan liveestreaming YouTube.

Upload rekamannya/footage nanti untuk mereka yang tidak bisa hadir langsung.

Pertimbangkan untuk berfokus pada mempromosikan sesuatu selama streaming langsung agar mendapatkan prospek dan terlibat dengan audience.

4. Infografis

Semua orang menyukai infografis karena eye-catching dan informatif. Karena hal itu, infografis biasanya mendapatkan lebih banyak engagement  dan terkadang bisa mengumpulkan cukup banyak share.

Jika Anda ingin membuat infografis namun tidak yakin harus mulai dari mana, Canva memiliki beberapa template yang dapat membantu Anda memulai. Kami sarankan Anda untuk mencobanya.

konten sosial media

Selain itu ada juga infografik siap pakai. Marketing Tech Blog memiliki kategori banyak infografis yang hebat.

Di situ banyak yang berkualitas tinggi dan memberikan informasi bagus tentang engagement yang didapatkan biasanya cukup baik.

Tips: Buat infografis informatif yang eye catching dengan menggunakan Canva atau tool lainnya. Kemudian, share secara teratur di sosial media Anda untuk hasil terbaik.

Pikirkan untuk berkomunikasi dengan perusahaan lain atau influencer utama dan beri tahu mereka tentang infografis Anda. Jika Anda beruntung, mereka mungkin membagikannya pada sosial mereka atau bahkan menanamkannya dalam sebuah artikel …

5. Konten VR

VR, atau dikenal sebagai Virtual Reality, menjadi salah satu tren besar pada saat ini. Dan tak heran, brand yang menciptakan dan berbagi konten jenis VR melihat peningkatan keterlibatan.

Beberapa brand bahkan menciptakan konten interaktif dengan menggunakan Virtual Reality.

Jadi, jika Anda ingin membuat brand Anda menonjol dengan bantuan konten menarik yang dapat melibatkan audience Anda, sekaligus mempunyai cukup banyak budget marketing, Anda bisa coba berinvestasi di kamera 360 VR.

konten sosial media

Bahkan jika Anda tidak memiliki headset VR, Anda masih bisa berinteraksi dengan konten VR, entah itu di Facebook atau YouTube, dll.

Tips: Berinvestasi dalam kamera 360 VR, ambil gambar berkualitas tinggi yang menarik. Dan bagikan pada konten sosial media Anda.

Pikirkan untuk menciptakan konten VR interaktif yang berpotensi menjadi virus dengan banyak share dan keterlibatan.

6.Webinars

Percaya atau tidak, webinar juga bisa dishare pada sosial media Anda.

Ketika Anda mungkin ingin mengarahkan mereka untuk mengumpulkan email dan rincian lainnya, setelah webinar selesai, Anda bisa membaginya.

konten sosial media

Pertimbangkan untuk mengupload rekaman webinar ke YouTube, atau Facebook. Kemudian link ke sana dengan syarat daftar menggunakan alamat email, dan lain-lain.

Ini memberi insight kepada pengikut Anda dan mendorong mereka untuk daftar guna menonton live webinar.

Tips Pertimbangkan untuk share rekaman webinar Anda di sosial media, seperti YouTube dan Facebook. Ingatkan pengikut Anda untuk mendaftar untuk bergabung di webinar selanjutnya secara langsung.

7. Testimonial Klien

Berbagi testimonial klien adalah cara terbaik untuk mendapatkan prospek potensial Anda merasa lebih aman memilih Anda daripada kompetitor.

Bagaimanapun, mari kita lihat apa yang dikatakan customer saat ini tentang perusahaan / produk sebelum mereka membuat keputusan untuk berinvestasi.

Daripada hanya memposting testimonial berbentuk teks, Anda bisa membuat video testimonialAnda bahkan bisa melangkah lebih jauh seperti menyewa videografer untuk merekamnya secara profesional. Ini bisa menjadi sukses besar, tapi hanya jika Anda memiliki hubungan yang bagus dengan customer Anda.

konten sosial media

Tips: Bagikan testimonial customer pada profil sosial media Anda.

Kemudian, selangkah lebih maju dan mintalah mereka untuk merekam testimonial mereka jika mereka bisa melakukannya, atau bahkan menyewa videografer untuk merekamnya secara profesional.

Pertimbangkan untuk menggunakan testimonial ini di iklan video Facebook.

8. eBook

Hampir semua orang menyukai e-book, itu adalah sesuatu yang ingin mereka pelajari atau sesuatu yang memberi mereka keuntungan.

Promosikan eBook Anda di seluruh channel sosial media Anda. Anda menemukan bahwa ebook adalah sumber prospek tambahan yang fantastis.

Jika Anda sangat serius mempromosikan eBuku, pertimbangkan beriklan sosial media . Ini akan membuat e-book bisa menjangkau target audience Anda.

konten sosial media

Seharusnya ini membuat kampanye e-book Anda sukses, karena Anda telah menyiapkan opsi targeting dengan benar.

Tips: Jika Anda belum membuat e-book, mulailah menyusun rencana untuk membuatnya.

Kemudian, bagikan pada channel sosial media Anda dengan konten yang menarik perhatian dan CTA yang kuat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Pertimbangkan untuk menggunakan iklan seperti Facebook Ads untuk menjangkau target audience.

9. Panduan

Panduan biasanya punya performa cukup baik bila memang menarik dan sesuai dengan target audience Anda.

Misalnya panduan sosial media marketing, berbisnis internasional dropship , atau bahkan panduan yang mencakup bagaimana menggunakan produk / layanan Anda, hal itu dapat dengan mudah dibagikan di sosial media Anda.

Bahkan bisa mendorong banyak traffic , tergantung pada strategi promosi Anda.

konten sosial media

Jika Anda sudah memiliki panduan, maka kami akan merekomendasikan untuk share paduan tersebut di sosial media Anda secara teratur, dan bukan hanya sekali, sebanyak yang Anda lakukan.

Jangan terlalu sering melakukannya. Lakukan test dan cari tahu apa dan aman yang terbaik.

Sama seperti dengan e-book, pertimbangkan beriklan di saluran sosial media agar panduan Anda menjangkau target audience yang tepat.

Tips: buat strategi marketing untuk mempromosikan panduan informatif dan menarik terbaik Anda di sosial media.

Selain itu, Anda bisa menggunakan seperti Facebook ads untuk bisa menjangkau target agar menghasilkan lebih banyak traffic dan prospek.

BONUS – Rekomendasi tool Untuk Membuat Konten Sosial media

Setelah Anda mengetahui 9 jenis konten sosial media yang bagus untuk dibagikan di sosial media, inilah daftar tool marketing visual favorit:

  1. Canva – Buat Infografis, gambar, dll.
  2. Adobe Spark Post – Buat gambar berkualitas tinggi
  3. Adobe Spark Video – Buat video pendek yang eye-catching
  4. Audacity – Merekam audio untuk podcast
  5. VidLab – Membuat dan mengedit video on the go dengan aplikasi VidLab.
  6. THETA + – Membuat / mengedit foto dan video VR yang sesuai untuk dipasang di sosial media seperti Instagram
  7. Zoom – Host webinar berkualitas tinggi dengan kemampuan untuk broadcast Anda ke Facebook Live atau YouTube.

Kesimpulan

Kami menyarankan untuk mencoba 9 jenis konten sosial media ini.

Tambahkan ke konten sosial media Anda sudah ada, selain gambar, video, dan artikel Anda yang relevan.

Lakukan itu dan Anda pasti akan melihat peningkatan jumlah traffic website, lebih banyak prospek, dan bahkan  lebih banyak follower.

Apakah Anda menggunakan konten sosial media yang lain? Anda bisa beberbagi tentang jenis konten sosial media lainnya bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>