8 Elemen Penting Sosial Media Marketing untuk Bisnis Anda

elemen penting sosial media marketing
20 Oktober 2016
Bagikan artikel ini

Apakah Anda perlu bantuan untuk memulai strategi sosial media marketing Anda? Ada 8 elemen penting sosial media marketing yang perlu Anda perhatikan.

Tujuan dan target dari strategi sosial media adalah untuk membantu Anda berhasil terhubung dengan pelanggan Anda.

Dalam artikel ini akan dibahas elemen penting sosial media marketing sehingga dapat langsung bekerja dari hari pertama.

# 1: Mengidentifikasi Tujuan Bisnis

Elemen penting sosial media marketing yang pertama adalah, sebelum memulai strategi sosial media marketing, Anda perlu tahu apa tujuan dari bisnis Anda.

Setiap bagian dari strategi sosial media harus sesuai dengan tujuan Anda. Anda tidak bisa bergerak maju tanpa mengetahui tujuan apa yang ingin dicapai.

elemen penting sosial media marketing

Meskipun Anda mungkin mempunyai tujuan tersendiri dari bisnis Anda , Ada beberapa tujuan yang sama dari setiap bisnis yang harus dimasukkan dalam setiap strategi tersebut.

Yaitu meningkatkan kesadaran merk (brand awareness), mempertahankan pelanggan dan mengurangi biaya pemasaran itu sendiri.

Kami sarankan Anda memilih dua tujuan utama dan dua tujuan sekunder sebagai fokus Anda.

Memiliki terlalu banyak tujuan akan mengalihkan perhatian Anda dan akhirnya malah tidak tercapai semua.

# 2: Tentukan Tujuan Pemasaran Anda

Untuk elemen penting sosial media marketing yang kedua adalah menentukan tujuan pemasaran yang spesifik.

Sebuah tujuan atau goal akan sangat tidak berguna jika Anda tidak memiliki sebuah parameter atau ukuran tertentu yang menentukan apakah masing-masing tujuan tersebut telah tercapai.

Misalnya, jika salah satu tujuan utama Anda adalah menghasilkan pelanggan potensial dan penjualan, berapa banyak pelanggan potensial dan penjualan yang harus Anda dapatkan?

elemen penting sosial media marketing

Tujuan pemasaran menentukan bagaimana Anda dari Poin A (tujuan yang belum terpenuhi) ke Poin B (tujuan Anda terpenuhi ).

Anda dapat menentukan tujuan Anda dengan pendekatan berikut: Membuat tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan ada batas waktunya.

Pengukuran ini penting untuk strategi Anda.

Menggunakan contoh kita sebelumnya, jika tujuan Anda adalah untuk mendapatkan pelanggan potensial dan penjualan, contoh tujuan pemasaran yang spesifik adalah meningkatkan perolehan pelanggan potesial sebesar 50%.

Selain itu, untuk mengukur kemajuan Anda, perlu untuk memilih tool analytic yang dapat melacak atau mengetahu kemajuan tersebut .

Dan juga, menentukan tujuan yang kelihatannya tidak bisa Anda capai juga bukanlah hal yang bagus.

Jika Anda menetapkan tujuan untuk meningkatkan penjualan sebanyak 1.000%, akan sangat meragukan untuk Anda dapat mencapai hal itu.

Pilih tujuan yang dapat Anda capai, realistis dengan sumber daya yang Anda miliki, baik itu biaya dan sumber daya manusianya.

Selain itu pastikan tujuan Anda relevan dengan visi perusahaan secara keseluruhan .

Menyertakan timeline atau batas waktu untuk upaya marketing Anda sangat penting.

Ketika Anda berniat untuk mencapai tujuan Anda, apakah Anda dapat mencapainya bulan depan? atau pada akhir tahun ini?

Tujuan Anda meningkatkan  jumlah pelanggan potensial sebesar 50% mungkin adalah hal yang cukup spesifik, terukur, dapat dicapai dan relevan,.

Tetapi, jika Anda tidak menetapkan batas waktu untuk mencapai tujuan tersebut, usaha Anda, sumber daya dan perhatian Anda dapat teralihkan ke hal yang lainnya.

# 3: Identifikasi Pelanggan ideal 

Jika bisnis Anda tidak mempunyai interaksi dengan pengikut Anda di sosial media, itu biasanya karena mereka tidak memiliki profil pelanggan ideal yang akurat .

Persona pembeli membantu Anda menentukan dan menargetkan orang yang tepat, di lokasi yang tepat, pada waktu yang tepat dengan pesan yang tepat.

Persona pembeli adalah sebuah representasi gambaran dari pelanggan ideal Anda berdasarkan riset pasar dan data nyata tentang pelanggan yang ada.

elemen penting sosial media marketing

Ketika Anda tahu target audiens Anda usia, pekerjaan, pendapatan, minat, masalah, hambatan, kebiasaan, hal yang disukai, hal  yang tidak disukai, motivasi dan keberatan , maka itu lebih mudah dan akan mengahabiskan biaya yang lebih murah untuk menargetkan mereka di sosial media yang lain.

Semakin spesifik persona pembeli Anda, konversi akan sering terjadi dari setiap saluran sosial media yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih tentang persona, Anda bisa menyimak artikel berikut ini:

Mengembangkan Persona Pembeli untuk Facebook Ads

# 4: Riset kompetisi sebagai elemen penting sosial media marketing

Riset kompetisi dalam Industri Anda juga menjadi elemen penting sosial media marketing.

Dalam sosial media marketing, meneliti kompetitor Anda tidak hanya tahu tentang aktivitas mereka.

Tetapi juga memberikan Anda gambaran tentang strategi apa yang dapat berhasil.

Sehingga Anda dapat mengintegrasikan strategi mereka yang telah berhasil dalam bisnis Anda sendiri.

Mulailah dengan menyusun daftar setidaknya 3-5 kompetitor utama.

elemen penting sosial media marketing

Cari jaringan atau platform sosial media apa yang mereka gunakan dan menganalisa strategi konten mereka.

Lihatlah jumlah fans atau follower mereka, seberapa sering mereka posting dan pada hari apa saja mereka posting.

Juga perhatikan jenis konten apa yang mereka posting dan konteksnya (humor, promosi, dll) dan bagaimana mereka berinteraksi dengan fans atau follower mereka.

Kegiatan yang paling penting untuk dilihat adalah interaksi dengan para follower.

Jika di Facebook, meskipun admin dari page adalah satu-satunya orang yang dapat menghitung tingkat keterlibatan/interkasi, tetapi  Anda juga bisa mendapatkan ide yang bagus dari apa yang Anda lihat di sosial media mereka.

Sebagai contoh, katakanlah Anda sedang melihat 20-30 update terakhir kompetitor Anda di Facebook.

Ambil jumlah total kegiatan interaksi dari tiap postingan dan membaginya dengan jumlah total fans yang like page tersebut. (Aktivitas interaksi termasuk like, komentar, share, dll)

Anda dapat menggunakan rumus tersebut pada semua profil sosial pesaing Anda (misalnya, di Twitter Anda dapat menghitung retweets,  favorit, dan follower, untuk Instagram Anda dapat menghitung like, komentar dan follower).

Perlu diingat bahwa perhitungan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran umum tentang bagaimana sebuah kompetisi berlangsung.

Sehingga, Anda dapat membandingkan bagaimana Anda dapat bersaing dengan yang lain.

# 5: Pilih Platform sosial media dan strateginya

Banyak bisnis membuat akun pada setiap sosial media populer tanpa meneliti terlebih dahulu platform mana yang bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Jadi memilih platform sosial media dengan riset terlebih dahulu, menjadi salah satu elemen penting sosial media marketing.

Anda dapat menghindari membuang-buang waktu Anda di sosial media yang salah dengan menggunakan informasi dari persona pembeli untuk menentukan platform terbaik untuk Anda .

Jika pelanggan atau target pelanggan Anda menunjukan mereka menghabiskan banyak waktu mereka di Facebook daripada di Twitter , Anda tahu mana sosial media yang menjadi fokus utama Anda.

Strategi Anda untuk setiap saluran sosial media bergantung pada tujuan dan target, serta praktek-praktek terbaik dari setiap platform.

Misalnya, tujuan Anda adalah meningkatkan pelanggan potensial dan jaringan sosial utama Anda adalah Facebook.

Salah satu taktik yang efektif adalah menggunakan iklan Facebook (Facebook Ads).

Iklan Facebook memang bisa sangat efektif untuk meningkatkan pelanggan potensial.

Ingin tahu bagaimana membuat iklan Facebook yang efektif untuk mendapatkan banyak pelanggan potensial? Anda bisa bergabung di Digital Marketer.id Labs.

Di DigitalMarketer.id Labs kami telah menyiapkan 2 Execution Plan (materi pembelajaran) khusus Facebook Ads untuk Anda pelajari >>> Dapatkan Execution Plan Facebook Ads dengan bergabung bersama DigitalMarketer.id Labs

CTA LABS FB ADS

# 6: Buat Strategi Konten

Konten dan sosial media memiliki hubungan yang sangat erat: Tanpa konten yang bagus dan berkualitas sosial media Anda tidak berarti.

Hal ini cukup krusial sebagai elemen penting sosial media marketing Anda.

Dan juga, tanpa sosial media tidak akan ada banyak orang yang tahu konten yang Anda buat.

Gunakan mereka secara bersama-sama untuk mencapai tujuan dan mengkonversi pelanggan potensial Anda.

Ada tiga komponen utama untuk setiap strategi konten sosial media yang sukses : jenis konten, waktu posting dan frekuensi posting.

Konten yang Anda posting di setiap jaringan sosial bergantung pada bentuk dan konteksnya.

Bentuk konten adalah bagaimana Anda menyajikan informasinya apakah dalam bentuk teks saja, gambar, infografik, link, video, dll.

elemen penting sosial media marketing

Pilih konteks yang cocok dengan ciri khas perusahaan Anda dan yang sedang menjadi trend pada platform sosial media yang Anda gunakan.

Apakah konten Anda bernuansa lucu, serius, sangat detail dan memberikan edukasi atau sesuatu yang lain?

Ada banyak penelitian yang menunjukan waktu-waktu efektif kapan harus posting di sosial media.

Namun, Anda disarankan menggunakan studi tersebut sebagai pedoman saja dan bukan aturan yang harus Anda ikuti.

Ingat, pelanggan Anda mempunyai keunikan tersendiri, sehingga Anda perlu untuk menguji dan mengetahui kapan waktu terbaik untuk posting bagi bisnis Anda sendiri .

Frekuensi posting atau seberapa sering Anda posting, sama pentingnya dengan konten yang Anda bagikan. Anda tidak ingin mengganggu fans atau follower Anda, kan?

Tahu seharusnya seberapa sering Anda posting konten itu sangat penting. Karena bisa berarti lebih banyak interaksi fans dengan konten Anda atau lebih banyak dislikes dan unfollow.

Gunakan Facebook Insights untuk melihat kapan fans Anda sedang online dan berinteraksi dengan konten Anda.

# 7: Siapkan Anggaran dan Sumber Daya

Elemen penting sosial media marketing selanjutnya, tentu Anda harus menyiapkan budget dan sumber daya.

Untuk anggaran sosial media marketing, Anda harus melihat taktik yang Anda pilih untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Anda bisa membuat daftar lengkap dari tools apa saja yang Anda butuhkan (misalnya, untuk analytic di sosial media, email marketing) dan setiap iklan yang akan Anda beli.

Banyak bisnis yang menentukan anggaran mereka terlebih, dan kemudian memilih strategi sesuai dengan anggaran tersebut. Coba untuk melakukan pendekatan yang berlawanan.

Pilih strateginya terlebih dahulu, dan kemudian menentukan anggaran yang sesuai strategi tersebut.

Jika biaya pelaksanaan strategi Anda melebihi estimasi anggaran, prioritaskan strategi Anda sesuai dengan jangka waktu untuk mendapatkan ROI (Return of Investment).

Strategi dengan ROI tercepat (misalnya, iklan dan social referral) menjadi prioritas karena mereka dapat menghasilkan keuntungan secara instan.

Dengan begitu nantinya Anda dapat berinvestasi ke strategi jangka panjang lainnya (seperti, pembuatan konten berkualitas atau mendapatkan loyalitas pelanggan).

# 8: Menetapkan tugas masing-masing

Mengetahui tugas masing- masing anggota tim Anda adalah untuk meningkatkan produktivitas, menghindari kebingungan dan pekerjaan yang tumpang tindih.

Hal ini juga termasuk dalam elemen penting sosial media marketing untuk bisnis Anda.

Mungkin akan agak berantakan di awal, tapi seiring waktu para anggota tim akan tahu peran mereka masing-masing dan tugas sehari-hari yang jadi tanggung jawab mereka.

elemen penting sosial media marketing

Ketika semua orang tahu perannya, saatnya untuk mulai merencanakan prosesnya. Anda dapat merencanakannya dalam harian atau mingguan.

Kami tidak menyarankan untuk perencanaan secara bulanan karena dalam waktu sebulan banyak hal  yang akan muncul.

Sehingga Anda mungkin membuang-buang waktu untuk terus beradaptasi dengan perubahan baru.

Anda dapat menggunakan tool seperti Basecamp atau ActiveCollab untuk mengelola tim Anda dan memberikan tugas kepada masing-masing anggota.

Tool-tool tersebut dapat menghemat banyak waktu dan membantu Anda tetap terorganisir.

Giliran Anda

Itulah 8 elemen penting sosial media marketing, yang harus Anda perhatikan.

Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin menemukan ada beberapa strategi yang mulai tidak bekerja sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Selalu coba untuk beradaptasi dengan cepat dan masukkan perubahan yang baru untuk strategi Anda secara keseluruhan .

Apakah Anda memiliki strategi sosial media yang cukup bagus? Tool apa yang Anda gunakan agar strategi sosial media marketing Anda bekerja efektif?

Kami akan senang jika Anda berbagi pendapat dan pengalaman bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>