6 Tips untuk Mengembangkan Gaya Media Sosial Anda

95
6 Februari 2016
Bagikan artikel ini

Menguasai sosial media marketing pada tahun 2016 adalah salah strategi digital marketing penting yang harus Anda terapkan.

Namun, perkembangan sosial media terjadi dengan begitu cepatnya.

Dari jumlah karakter yang digunakan dalam setiap pesan, cara link dan gambar muncul, ada begitu banyak hal yang berubah pada berbagai platform sosial yang harus dipahami untuk terus up-to-date.

Cara mudah untuk mengelola perubahan ini, namun tetap konsisten di setiap platform adalah untuk mengembangkan gaya Anda dalam menggunakan media sosial.

Sebuah gaya atau style pada media sosial adalah untuk bagaimana sosial media manager Anda membuat pesan di media sosial.

Mirip dengan gaya tulisan atau gaya konten, gaya media sosial harus mencakup tujuh bidang berikut ini. 

  1. Persona

Gaya media sosial ini harus dimulai dengan penjelasan yang jelas dan rinci dari persona pembeli.

Deskripsi ini akan berisi informasi tentang demografi pembeli, pekerjaan, tujuan, dan banyak lagi.

CRXQ54LUcAAgnWi

Ketika mempertimbangkan kepentingan persona Anda berpikir di luar profesi mereka.

Temukan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan seperti, apa jenis musik yang mereka dengarkan? Apa jenis acara TV yang mereka tonton? Apa topik trend yang sedang mereka bahas? Semua ini bisa menjadi informasi yang berguna untuk membuat pesan sosial yang lebih relevan dengan persona Anda sendiri.

Anda dapat menemukan informasi ini dengan riset target market Anda.

Untuk memulai, Anda akan ingin untuk memantau daftar semua persona yang menyebutkan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Anda juga bisa mencoba memantau daftar persona Anda dan gunakan kata kunci yang relevan dengan peristiwa saat ini untuk belajar tentang bagaimana mereka mengonsumsi berita dan media.

Anda dapat menggunakan google analytic ataupan tool-tool lain seperti SimilarWeb taupun Alexa untuk riset target market Anda.

  1. Branding

Branding adalah tampilan dan nuansa dari bisnis Anda.

Ini akan membantu menentukan bagaimana menunjukan  pada setiap profil media sosial Anda.

Branding yang Anda gunakan pada profil media sosial Anda harus selaraskan dengan merk yang Anda gunakan pada website perusahaan, blog Anda atau website lain yang menampilkan Anda.

Berikut ini adalah contoh branding yang digunakan oleh Denny Santoso.

Website:

gyamedsos 1

Facebook:

gyamedsos 6

Di sini Denny Santoso konsisten dengan branding digital marketer dan entrepreneur.

  1. Bahasa

Sangat penting untuk menguraikan jenis bahasa yang akan Anda gunakan sebagai alamat Anda audiens Anda.

Akan Anda berbicara sebagai orang pertama atau orang ketiga? Gaya bahasa Anda apakah seperti percakapan santai atau yang formal?

Hal-hal lain untuk dipertimbangkan adalah suara dan nada  Anda pilih untuk digunakan.

Maksud dari suara ini didefinisikan sebagai persona yang tidak berubah yang ditampilkan pada sosial media Anda.

Sedangkan nada, akan berubah untuk mencerminkan emosi pesan Anda yang coba disampaikan.

Berikut ini adalah contohnya

Voice: Berikut ini adalah contoh bagaimana suara atau pesan dari fanpage Denny Santoso yaitu edukasi.

gyamedsos 2

Nada: Dalam contoh ini, nada bersimpati, ikut senang sementara suara tetap membantu.

gyamedsos 3

  1. Gambar dan Video

Gambar telah menjadi semakin penting untuk media sosial.

Bahkan, pesan sosial dengan gambar mendapatkan 75% lebih banyak klik dari pesan yang tidak menggunakan gambar.

Berikut adalah daftar tool yang bisa digunakan untuk desain gambar untuk media sosial Anda.

Selain itu, konten video pada media sosial terus meningkat dan diperkirakan akan memainkan peran besar dalam pemasaran media sosial di tahun 2016.

Pastikan untuk menentukan jenis gambar dan video yang harus dibagikan di media sosial, bersama dengan dimensi dan format dari masing-masing media.

Untuk video, jangan lupa memasukkan value yang dapat menjangkau emosi Audience Anda. Berikut adalah contohnya.

gyamedsos 4

  1. Hashtag

Jangan hanya menganggap bahwa hastag ini adalah tren untuk sesaat saja, melainkan hastag begitu membantu Anda dalam menjalankan bisnis Anda di media sosial.

Hastag

“Apa itu hashtag dan bagaimana cara menggunakannya?” Ini adalah pertanyaan umum bagi Anda yang baru menggunakan media sosial untuk bisnis mereka.

Sederhananya, hashtag adalah seperti chatroom terbuka bagi pengguna pada platform media sosial tertentu.

Hashtag mengelompokkan pesan Anda dengan pesan lain tentang topik tertentu. Hashtags bagus untuk live event, seperti webinar, konferensi, atau acara penghargaan.

Hashtag tidak diperlukan untuk setiap posting media sosial, tetapi harus memiliki tempat khusus dalam gaya sosial media yang mencakup nama-nama hashtag yang akan Anda gunakan, agar dapat tersebar pada channel media sosial lain

  1. Jangan biarkan mati

Gaya media sosial Anda harus hidup dengan kata lain, gaya tersebut akan diteruskan  oleh sosial media manager Anda selanjutnya.

Jadi jangan biarkan mati. Ingat bahwa media sosial selalu berubah, tetap up-to-date dengan mengikuti hal yang berpotensi menjadi trend.

Lalu sesuaikan trend tersebut dengan gaya media sosial Anda.

Anda telah mengetahui 6 hal untuk gaya media sosial Anda. Apakah ada hal lain yang harus diperhatikan dalam menggunakan media sosial untuk bisnis Anda?

Jika tahu ada hal yang lain, Anda bisa berbagi bersama DigitalMarketer.id pada kolom di bawah ini.


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>