10 Fitur Iklan Facebook Teratas yang Bisa Anda Coba Sekarang

fitur iklan facebook
28 Juni 2017
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Banyak yang mengatakan melalui iklan Facebook, Anda dapat memperkuat jangkauan pos organik Anda. Selain itu, melalui berbagai fitur iklan Facebook, Anda juga bisa mendorong prospek atau penjualan.

Iklan Facebook juga punya format yang “engaging” dan kumpulan pilihan penargetan yang tak tertandingi. Sehingga Anda bisa menggunakan berbagai jenis kampanye yang cukup untuk membantu Anda mencapai hampir semua tujuan pemasaran.

Hal itu semua menambahkan satu hal: peluang iklan sangat besar untuk bisnis dari semua ukuran.

Pengguna Facebook 1,8 miliar menghabiskan waktu sekitar satu jam per hari untuk berkutat antara Facebook, Messenger, dan Instagram.

Apakah Anda menjual tali sepatu atau berbagai macam kue, ada orang yang menggunakan platform ini yang suatu hari nanti bisa menjadi pelanggan Anda. JIKA mereka tahu Anda ada.

Untungnya, Facebook membuatnya relatif mudah untuk:

a) mengidentifikasi audience ideal Anda, dan

b) menghasilkan konversi melalui iklan yang menarik.

Berikut adalah 10 fitur iklan Facebook teratas yang perlu Anda gunakan jika ingin menjangkau customer masa depan Anda.

# 1: Iklan Carousel

Konten visual dan storytelling adalah yang digemari sekarang ini, dan Facebook telah menemukan cara untuk menggabungkan kedua elemen tersebut dengan Iklan carousel.

Anda dapat menggunakan Iklan Carousel untuk menjelaskan fitur produk yang Anda jual (atau keseluruhan koleksi), menampilkan keunikan dari brand Anda, atau menegaskan promosi yang Anda jalankan.

Dengan menggunakan fitur iklan Facebook ini, Anda dapat memanfaatkan:

  • Hingga 10 gambar atau video
  • Judul (untuk setiap gambar / video)
  • Link
  • Call to Action

fitur iklan facebook

Simak contoh ini dari Target . Slah satu raksasa ritel tersebut mendorong orang untuk menelusuri Iklan Korsorsnya untuk melihat rangkaian produk baru yang berwarna-warni, semua dapat dibeli secara online atau di Target lokal Anda.

Yang sangat menarik adalah cara model muncul berjalan di antara frame video. Facebook menjelaskan  ini sebagai “immersive panoramic.” Fitur iklan facebook yang sangat menarik bukan.

So, pamerkan kreativitas Anda, tonjolkan apa yang menjadi keunikan produk ataupun bisnis Anda, dan hal itu dapat meningkatkan metrik engagemanet (keterlibatan):

# 2: Pixel Facebook

Pixel adalah fitur iklan facebook yang sangat powerful.  jika Anda tidak menggunakan pixel Facebook, Anda membuang-buang waktumu.

Anda harus menggunakan pixel Facebook . Begitulah cara Anda mengukur konversi, mengoptimalkan iklan dan penargetan Anda, dan mendapatkan wawasan (insight) tentang pengguna Facebook yang mengunjungi  website Anda.

fitur iklan facebook

Kode Pixel Facebook

Tanpa itu, Anda tidak dapat memanfaatkan fitur remarketing facebook yang sangat luar biasa dan fitur audience sejenisnya. Anda mungkin juga akan membuang-buang budget Anda dengan sia-sia.

Untuk menggunakan implementasi pixel Facebook, cukup buka Ads Maneger, buat pixel, beri nama, klik buat, copy kode ke halaman website Anda untuk mulai melacak tindakan, dan selesai.

Sekarang, Anda dapat tracking tindakan yang dilakukan orang, seperti melihat konten Anda, menambahkan item ke keranjang belanja mereka, atau melakukan pembelian.

Anda bisa menggunakan insight atau data tersebut untuk memindahkan prospek ke Funnel Anda dan menemukan (kemudian mengiklankan pada) pengguna yang memiliki demografi yang mirip dengan Pelanggan Anda yang sudah ada.

# 3: Kampanye Konversi Website

Setelah Anda menerapkan pixel Facebook Anda, saatnya untuk mulai menjalankan kampanye Konversi wesbite.

Tujuan kampanye Konversi Website sangat jelas: membuat orang mengambil tindakan lewat Facebook (termasuk dalam aplikasinya) setelah melihat iklan Anda.

fitur iklan facebook

“Tindakan” di sini dapat didefinisikan sebagai, yah, hampir apa saja. Ini bisa berarti mengarahkan orang ke website Anda (atau halaman tertentu), seseorang menambahkan item ke keranjang belanja, pengunjung yang menyelesaikan pembelian, atau beberapa parameter khusus yang telah Anda tetapkan untuk mengukur nilai tindakan yang diambil di website Anda

Catatan penting: untuk menggunakan kampanye Konversi website, iklan harus memenuhi batas minimum 15 sampai 25 konversi selama jangka waktu konversi yang Anda tentukan; Jika Anda biasanya tidak melihat 15-25 konversi dalam seminggu, pertimbangkan untuk mengoptimalkan impressions atau reach.

# 4: Behavior Targeting

Anda ingin menargetkan orang-orang yang tertarik dengan produk Anda?

Penargetan perilaku atau Behaviour Targeting Facebook adalah tentang menjangkau orang berdasarkan perilaku pembelian sebelumnya, niat membeli, penggunaan perangkat, preferensi perjalanan, dan karakteristik perilaku lainnya.

Berikut macam perilaku yang dapat Anda targetkan di Facebook, dalam bahasa inggris dan ada beberapa perilaku yang hanya tersedia di US:

fitur iklan facebook 4

Facebook telah mengumpulkan jumlah besar sekali berkaitan dengan data user-behavior, dan data apapun yang tidak dapat dilacak Facebook diperoleh dari mitra data pihak ketiga.

Gunakan behavior targeting untuk memastikan bahwa Anda berada di depan segmen audience yang tepat pada waktu yang tepat.

# 5: Interest Targeting

Mirip dengan behavior targeting, penargetan minat atau interest targeting memungkinkan Anda menjangkau target audience Anda berdasarkan hal-hal yang mereka minati.

Ini bisa berupa aktivitas, hobi, Facebook page yang mereka sukai, film, dan banyak hal lainnya.

Berikut berbagai interest yang bisa ditargetkan:

fitur iklan facebook

Facebook mengumpulkan data tentang minat dari:

  • Informasi Pengguna yang mereka update dari profil mereka
  • Konten yang mereka bagikan
  • Kata kunci yang terkait dengan Facebook page
  • Aplikasi yang telah digunakan dan disukai seseorang
  • Iklan yang mereka klik sebelumnya

Facebook akan menyarankan interest pada tool iklan, atau Anda dapat mencari atau melihat sendiri.

Gunakan interest targeting untuk memastikan bahwa Anda berada di depan orang-orang yang cenderung tertarik dengan produk atau layanan Anda.

# 6: Penargetan Demografi

Facebook juga menawarkan beberapa pilihan penargetan demografis yang mengesankan bagi pengiklan.

fitur iklan facebook 6

Lokasi, usia, jenis kelamin, status hubungan, tingkat pendidikan, pekerjaan, peristiwa kehidupan, afiliasi politik – semuanya ada seperti yang Anda harapkan, tapi itu hanya puncak gunung es, permuakaan saja.

Mungkin fitur penargetan demografis yang paling menarik, tersedia bagi Anda di Facebook adalah opsi finansial. Mampu memastikan bahwa orang-orang yang melihat iklan Anda mampu membeli produk atau layanan yang Anda jual adalah cara terbaik untuk memangkas pengeluaran iklan terbuang.

# 7: Custom Audience

Pemasaran ulang atau remarketing sangat berharga.

Orang yang melihat iklan remarketing rata-rata dua kali lebih cenderung berkonversi dan tiga kali lebih mungkin terlibat. Dengan kata lain, ini bukan asal-asalan.

fitur iklan facebookVersi pemasaran ulang versi Facebook disebut custom audience. Fitur iklan facebook ini membuat iklan Anda ada pada tiga kelompok orang:

  • Pengunjung website: Orang-orang yang pernah mengunjungi  website Anda atau halaman tertentu dalam jangka waktu tertentu. ( ini alasan lain mengapa Anda membutuhkan pixel Facebook!)
  • Daftar kontak: Orang yang telah membagikan email atau nomor telepon mereka dengan perusahaan Anda (misalnya, mereka telah mendaftar ke newsletter Anda atau menghadiri salah satu webinar Anda). Anda mengunggah list (daftar) ini ke Facebook.
  • Pengguna aplikasi: Orang yang telah menggunakan aplikasi Anda

Karena orang-orang ini sudah mengenal brand Anda, Anda pasti ingin menggunakan custome audience untuk mendorong penawaran Anda dan mencoba memaksa orang-orang ini untuk melakukan tindakan. Itu bisa berarti mendaftar sesuatu misalnya seminar, mendownload e-book, atau mengikuti online course.

# 8: Iklan yang ada di postingan wall

Orang-orang yang paling mungkin terlibat dengan pos Anda adalah orang-orang yang sangat berharga.

Facebook memungkinkan Anda menjangkau orang-orang yang bereaksi, berkomentar, atau membagikan postingan Anda dengan Iklan Keterlibatan atau Engagement ads.

fitur iklan facebook

Sekarang, Anda harus mengerti bahwa orang-orang ini hanyalah subset kecil dari keseluruhan pemirsa Facebook Anda. Biasanya 10 persen dari follower Anda menyumbang 80 persen dari semua engagement Anda.

Kurangnya interaksi dengan customer yang sudah ada, akan terlihat aneh bagi calon pelanggan saat mereka melihat atau memeriksa page Anda di Facebook. Sungguh, itu mungkin karena hanya 5 persen pengikut Anda yang pernah melihat posting organik Anda berkat algoritma Facebook.

Tetapi dengan tidak mengeluarkan lebih dari $25 untuk fitur iklan facebook engagement ads, Anda akan menjangkau superfans Anda. Mereka akan bereaksi, memeberikan like dan mengomentari posting Anda.

Anda akan terlihat menakjubkan. Dan Anda mungkin akan menang atas orang-orang yang mengunjungi page Anda, menemukan bisnis yang hebat dan menarik.

# 9: Fitur iklan Facebook video

Pengguna menonton 100 juta video di Facebook setiap hari. Video bukan hanya masa depan Facebook – tapi sekarang benar-benar bagus.

Anda ingin membuat video yang mudah diingat dan inspiratif sehingga orang mengingat Anda saat berada di target market untuk produk atau layanan Anda.

Iklan video membantu orang yang masih ragu bisa jadi membeli dari brand Anda.

Oh, dan bagian yang terbaik? Iklan video bisa dikatakan murah. View dapat dikenakan biaya yang relatif murah.

Sekarang, jika Anda menganggap audience Anda tidak bereaksi dengan video berdurasi penuh, pertimbangkan untuk memanfaatkan kekuatan iklan GIF Facebook: warnanya sama dinamis, namun jauh lebih mudah dicerna.

fitur iklan facebook

# 10: Leads ads

Terakhir tapi yang pasti, adalah fitur iklan facebook Lead Ads yang sangat bagus. Jenis iklan ini adalah solusi bagus jika Anda menginginkan prospek untuk:

  • Mendaftar newsletter email perusahaan Anda.
  • Menawarkan penawaran terbaru atau diskon.
  • Meminta follow up call.
  • Membuat janji.

fitur iklan facebook

Berkat Lead Ads, orang tidak pernah meninggalkan Facebook untuk menjadi pelanggan potensial, ini menghilangkan tahap mengunjungi website dari  funnel konversi Anda.

Namun terkadang Anda mengarahkan orang ke landing page mobile yang sangat lambat, tidak terlalu penting dan  rumit. Dimana kemungkinan konversi sekitar 2,35 persen.

Orang yang menggunakan samartphone sekarang ini tidak ingin mengetikkan banyak informasi. Mereka ingin solusi untuk masalah mereka SEKARANG. Jadi, gunakan fitur iklan Facebook Lead Ads untuk mempermudah Anda memperoleh informasi kontak berharga pelanggan potensial Anda.

Kesimpulan

Nah, Anda sudah mengetahui 10 fitur iklan Facebook teratas, Anda bisa mencobanya sekarang.

Bagi Anda yang belum pernah beriklan di Facebook tapi ingin tahu membuat iklan yang bekerja efektif agar bisa meningkatkan perkembangan bisnis online Anda, Anda bisa belajar di Facebook ads Mastery Workshop.

Di Facebook ads Mastery Workshop Anda akan dibimbing oleh expert yang sudah terbukti menghasilkan jutaan dollar menggunakan Facebook Ads.

Ada Denny Santoso yang penghasilannya di akhir tahun 2016 mencapai 1 juta USD, melalui bisnis International Dropship dengan mempromosikannya melalui Facebook ads. Ada juga Albert Leonardo, seorang Facebook advertising specialist yang mendapatkan 5 milyar rupiah hanya dalam 62 hari. So, jika Anda benar-benar serius mempelajari Facebook ads, Anda bisa klik gambar di bawah ini.

gdn_image_FB_ADS__22-23_JULI__2017-04


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts