Menjadi Arsitek Handal untuk Bisnis Anda Sendiri dengan Digital Marketing

Headline Arsitek
4 September 2015
Bagikan artikel ini
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares

Mungkin, berkali-kali Anda telah mendengar tentang ‘Digital Marketing’ yang selalu menjadi topik pembicaraan setiap kali Anda mencari tahu formula ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, setelah Anda mencari tahu tentang pengertian ‘Digital Marketing’ secara mendasar, Anda masih belum menemukan benang merah terkait dengan bagaimana digital marketing dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

Apa Itu Digital Marketing

Masih saja, rasa ingin tahu melalui pertanyaan-pertanyaan di bawah ini terus mengusik rasa ingin tahu Anda!

  • Bagaimana Digital Marketing dapat membantu bisnis saya?
  • Apakah Digital Marketing mudah untuk dijalankan?
  • Saya belum terlalu mahir dengan dunia internet, lalu bagaimana?

Tenang saja, berondongan pertanyaan di atas akan terjawab dengan sendirinya melalui informasi yang akan Anda baca melalui artikel ini.

Pahami Peran Antara Arsitek dan Specialist

Jika Anda bertanya “Apa yang dimaksud dengan Digital Marketing,” maka jawabannya akan sangat luas. Namun, sebelumnya Anda harus dapat membedakan antara digital marketing dengan specialist.

architect-and-foam

 

DigitalMarketer.id selalu percaya bahwa seorang digital marketer merupakan arsitek dari sebuah bangunan. Karena itulah, pada “2 Days Digital Marketing Workshop 2015” yang diselenggarakan oleh Digital Marketer.id, berulang kali Denny Santoso sebagai pembicara selalu mengingatkan bahwa Anda, sebagai pelaku bisnis adalah seorang arsitek untuk bisnis Anda sendiri.

Itu artinya, seorang arsitek hanya memiliki tugas untuk mendesain dan merancang. Maka dari itu, seorang arsitek membutuhkan orang untuk membangun gedung (specialist) dan orang yang mengoperasikannya (admin).

Tapi tentu saja, kelebihan seorang arsitek dibandingkan dengan yang lainnya adalah, arsitek memiliki gambaran besar seperti apa sebuah gedung tersebut akan dibangun nantinya. Sedangkan lainnya, hanya mengikuti perintah Anda sebagai seorang arsitek.

Terpenting, Arsitek Harus Memahami Struktur ‘Bangunannya’

Bagaimana, setidaknya sampai tahap ini Anda telah paham konsep awal menjadi digital marketer bukan? Ya, jika Anda tertarik menerapkan digital marketing untuk strategi bisnis Anda, maka detik itu juga Anda menjadi seorang arsitek untuk bisnis Anda sendiri. Anda lah yang menentukan ke mana bisnis Anda akan bergerak dan sebesar apa bisnis Anda nantinya.

DigitalMarketingGraphic

Web Programmer, Web Designer, Content Marketing, Social Media Marketing, SEO, AdWords, Email Marketing, dan lainnya adalah Specialist. Jadi pertanyaannya,  apakah seorang digital marketer perlu mengetahui apa yang diketahui oleh para specialist seperti yang telah disebutkan di atas?

Jawabannya, ya! Anda perlu memahaminya, namun ingat Anda hanya harus ‘memahami’ tapi bukan untuk menguasainya. Karena, Anda adalah seorang arsitek, maka dari itu Anda perlu memahami bagaimana sebuah struktur bangunan tersebut agar tidak mudah roboh dan tetap kokoh berdiri.

Intinya adalah, digital marketing merupakan sebuah rancangan besar di mana Anda, sebagai pelaku bisnis akan membangun kerangka seperti halnya seorang arsitek. Maka setelah Anda memiliki sebuah rancangan besar seorang digital marketer akan membutuhkan tim di dalamnya. Hal itu bisa berupa tim untuk social media marketing, SEO, AdSense, dan hal-hal lainnya yang merupakan ranah seorang specialist.

Belajar dari Ahlinya Adalah Cara Terbaik

Dengan menjadi seorang digital marketer, maka Anda hanya perlu fokus dalam membuat rancangan besar bisnis Anda saja. Memiliki gambaran dan rancangan tentunya berbeda dengan seorang specialist. Anda perlu melatih otak Anda agar terbiasa dengan pemahaman seperti itu.

Belajar dengan melakukan praktek, bertanya dengan mentor akan mempercepat bagaimana Anda membangun sebuah rancangan untuk bisnis Anda sendiri. Semuanya itu akan memakan waktu yang cukup panjang. Bahkan, seorang Denny Santoso yang sejatinya merupakan ahli di bidang ini, telah menghabiskan waktu 9 tahun untuk mempelajari dunia digital marketing ini.

Namun, Anda tidak perlu menghabiskan waktu selama 9 tahun hanya untuk mempelajari digital marketing. Karena, Anda berkesempatan langsung mendapatkan ilmunya langsung dari ahlinya tanpa membutuhkan waktu yang lama >> Pelajari Cara Menghemat 9 Tahun Anda.

Banner-Ads-Event-Report

5 Kriteria Agar Bisnis Anda Berkembang  Pesat

Banyak cara untuk membantu Anda dalam menjadi arsitek untuk bisnis Anda sendiri. Berikut adalah 5 kriteria yang memudahkan Anda untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih besar:

1. Needs

Dalam membangun sebuah bisnis, Anda perlu memiliki yang namanya Needs. Tapi apa sebenarnya Needs itu? Needs di dalam sebuah bisnis merupakan kondisi di mana produk atau jasa yang Anda tawarkan benar-benar dibutuhkan oleh seseorang. Ini adalah tentang berapa banyak orang yang ingin memakai atau membutuhkan produk dan jasa Anda. Tentunya, dengan Digital Marketing Tools yang kami ajarkan di Workshop, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk mencari Needs yang tepat.

2. Entry

Seberapa sulit Anda untuk menjalankan bisnis tersebut? Entry adalah di mana ketika sebuah bisnis mudah dibangun, tentunya akan mudah pula untuk dimasuki oleh pesaing-pesaing (competitor) dan kondisi itu akan membuat kebanyakan orang melakukan persaingan harga yang sangat ketat. Sebagai contoh, ketika dulu ada warnet yang laku keras, maka dengan mudahnya akan muncul juga warnet lainnya.

3. Control

Control aControl Pointdalah di saat Anda memiliki kendali atas bisnis Anda. Jika ada sebuah toko handphone yang hanya menjual satu merek handphone saja, maka ketika perusahaan handphone itu bangkrut, secara otomatis toko Anda pun akan ikut bangkrut. Berbeda kasusnya jika Anda memiliki toko handphone yang menjual lebih dari satu merek handphone.

Kendali bisnis yang dimaksud ketika Anda memiliki database Anda sendiri (BBM, Line, Email, dan banyak lainnya). Bayangkan ketika Anda dulu menggantungkan bisnis Anda melalui Twitter. Dan sekarang, ketika Twitter tidak se-booming dulu, maka Anda bisa menutup bisnis Anda. Anda menaruh kendali bisnis Anda pada Twitter.

4. Time

Waktu merupakan hal yang paling berharga dan setiap orang hanya memiliki kesempatan yang sama, yaitu 24 jam dalam sehari. Anda perlu mencari sesuatu yang dapat membebaskan waktu Anda. Sehingga, bisnis Anda bisa menjadi besar. Caranya sangat mudah, yaitu dengan Anda memiliki sebuah team.

5. Scalable

Jika Anda adalah seorang owner dari bisnis Anda, maka hanya Anda lah orang yang mengerti bisnis Anda. Itu artinya, Anda adalah peran utama yang memegang kendali atas bisnis Anda sendiri. Ibaratkan Anda adalah seorang koki dan hanya Anda sendiri yang mengetahui resep rahasianya. Hanya Anda lah yang dapat menjalankan bisnis itu seorang diri. Anda hanya perlu untuk merekrut orang-orang yang dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih besar.

Terapkan Konsep Disney Land

DigitalMarketer.id selalu mengajak Anda untuk membuat sebuah Disneyland. Disneyland merupakan sebuah konsep atau kerangka bisnis Anda. Di mana di dalam sebuah Disneyland terdapat banyak wahana yang dapat Anda kunjungi satu persatu. Hal tersebut sama halnya ketika membuat kerangka bisnis Anda. Di mana Anda memiliki produk lebih dari satu dan membawa customer Anda berkeliling dalam wahana bisnis Anda.

Disneyland

Anda dapat membawa customer dari wahana satu ke wahana lainnya dengan cara mengumpulkan database customer. Tidak hanya sekadar menjual dan kemudian selesai, melainkan Anda perlu mengumpulkan database customer untuk dapat mengarahkannya dari satu bisnis ke bisnis lainnya, satu produk ke produk lainnya.

Namun, bagaimana caranya Anda mencari target market yang sesuai dengan bisnis Anda?

Beberapa cara yang bisa dilakukan seorang Digital Marketer untuk melakukan Market Research adalah dengan mencari Persona dan juga Pain Problem.

Persona adalah target orang yang sangat spesifik. Dan pain problem adalah sebuah kondisi penyebab yang membuat calon customer Anda ingin membeli product Anda. Buat semua produk yang Anda tawarkan dengan menjawab Pain Problem orang tersebut. Jika Anda sedang menjalankan bisnis fashion dan Anda memiliki ratusan customer wanita yang berbelanja, mengapa tidak Anda membuat bisnis baru atau menambah produk untuk wanita yang menyukai fashion tersebut? Menaikkan omzet adalah intinya.

Untuk dapat membangun bisnis yang besar, seorang Digital Marketer seperti Anda merupakan kunci dari pengembangan bisnis Anda sendiri.

(Note: Dengan mengetahui cara mengembangkan bisnis Anda secara mendetail, mendapatkan networking yang sangat luas, dan konsultasi langsung dengan banyak digital marketer profesional, maka Anda akan dengan mudah  mengembangkan bisnis Anda dan memperoleh profit yang memuaskan >> 2 Days Digital Marketing Workshop 2015)

Banner-Ads-Event-Report

 


Bagikan artikel ini
  • 12
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    12
    Shares

Related Posts

2 thoughts on “Menjadi Arsitek Handal untuk Bisnis Anda Sendiri dengan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>