Kuasai 26 Istilah Penting Dalam Dunia Digital Untuk Mendongkrak Bisnis Anda

Kuasai 26 Istilah Penting Dalam Dunia Digital Untuk Mendongkrak Bisnis Anda
15 Desember 2015

Banyak hal yang berubah saat teknologi digital masuk dalam kehidupan sehari-hari.

Dari buku yang dulu menggunakan kertas, sekarang sudah menjadi ebook yang mudah diakses.

Komunikasi juga mengalami perubahan.

Jika dulu Anda bertatap muka jika ingin berbincang dengan orang lain, sekarang Anda bisa melakukan hal yang sama melalui media digital.

Berbicara soal digital.

Apakah Anda pernah mendengar atau menemukan istilah-istilah digital tetapi tidak mengetahui arti dari istilah tersebut?

Istilah digital apa yang pernah Anda dengar atau temukan?

Artikel ini akan membahas 26 istilah penting yang akan membantu Anda untuk lebih mengetahui tentang dunia digital guna meningkatkan bisnis Anda.

Mari kita mulai.

Agile

Digunakan untuk metodologi manajemen proyek.

Bekerja dalam dunia digital memerlukan keterampilan dan kerjasama tim yang sangat erat.

Contoh. Jika salah satu anggota tim melakukan cuti, maka semua anggota lainnya duduk dan bekerja bersama-sama.

Bahkan keputusan yang akan diambil harus dengan persetujuan semua anggota.

Jika hal ini tidak terjadi, bisa berdampak buruk.

Misalnya, seorang desainer yang membuat desain praktis tanpa arahan.

Atau developer yang mungkin membangun sistem manajemen konten, yang tidak dimengerti oleh pembuat konten.

Di sinilah agile sangat berguna sebagai pendekatan manajemen proyek. Yaitu memaksa tim untuk

bekerja secara cekatan dan kolaboratif.

Benchmarking

Diartikan sebagai perbandingan atau tolak ukur sebuah perusahaan.

Hal ini dapat dilakukan melalui kemampuan audit, penilaian keterampilan atau review strategi.

Customer Focus

Didorong dari kebutuhan customer.

Sebagian besar melalui fokus pada konsisten, pribadi dan menyenangkan pengalaman customer.

Data

Keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian.

Anda dapat memperoleh data customer dengan membuat lead magnet.

Bila Anda memiliki produk yang dijual, data didapat dari setiap orderan yang masuk.

Education

Adalah memahami produk digital Anda sendiri, teori di balik strategi akuisisi customer Anda, atau praktik pelayanan customer.

Failing-Fast

Kelengkapan dari sebuah sistem atau modul yang berhubungan dengan respon terhadap kegagalan.

Sebuah sistem failing-fast dirancang untuk segera melaporkan kegagalan atau kondisi yang mungkin menyebabkan kegagalan. Biasanya istilah ini digunakan pada perusahaan IT.

Government Digital Service

Adalah unit Kantor Kabinet Pemerintah Inggris yang bertugas mengubah penyediaan layanan digital pemerintah. Bentuk perpindahan dari penerbitan untuk model transaksional.

Government digital service memiliki pengalaman yang dibentuk oleh prinsip-prinsip digital dan desain, dan didukung oleh strategi digital yang jelas.

GDS

Hurdles

Hambatan umum untuk digital experience yang lebih baik. Termasuk regulasi (dalam industri seperti Jasa Keuangan), teknologi warisan (yang membutuhkan waktu, uang dan keahlian).

Hambatan ini hanya dapat dihilangkan dengan investasi dan perubahan budaya, dua faktor besar dalam setiap inisiatif transformasi digital.

Innovation Labs

cats

Tujuannya adalah untuk melahirkan keunggulan baru, memberikan ruang perusahaan untuk berdamai dengan pergeseran budaya, dan laboratorium kebebasan untuk membuat percobaan.

Pemisahan ini memungkinkan laboratorium untuk menargetkan lokasi yang diinginkan dan menciptakan lingkungan kerja yang cenderung untuk menarik talent.

Laboratorium biasanya diatur dengan pengembangan produk sebagai tujuan utama.

Job Descriptions

Deskripsi pekerjaan dalam digital sudah berubah.

Peran baru yang muncul, seperti Head of IT.

Diversifikasi keterampilan mengambil alih, berarti spesialis harus memiliki keterampilan fungsional utama dan bekerja dengan tim lain.

KPIs

performance-blog-flyer

Kepanjangan dari Key Performance Indicator.

Merupakan jenis pengukuran kinerja. KPI menilai keberhasilan suatu organisasi atau kegiatan tertentu.

Long-term Value

Atau dalam bahasa Indonesia nilai jangka panjang. Bisa diartikan sebagai bentuk kegiatan investasi pada sebuah produk.

Memprioritaskan nilai jangka panjang pada produk atau ciptaan pendapatan jangka pendek sulit bagi banyak perusahaan fokus pada target akhir bulan.

Namun, usaha berinvestasi di produk atau layanan pengembangan telah menunjukkan bagaimana arus pendapatan baru dapat diciptakan atau keunggulan kompetitif dicapai.

Management

Adalah fungsi yang mengkoordinasikan upaya orang untuk mencapai tujuan dan sasaran dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien dan efektif.

Dalam perubahan budaya, ada hal dalam manajemen yang memerlukan keputusan matang dan kadang sulit.

Seperti memberhentikan karyawan, karena sama pentingnya dengan merekrut karyawan.

Norms

Norma-norma yang ditetapkan oleh budaya organisasi dan sebaliknya. Mengubah norma dapat memiliki dampak.

Misalnya, Mac bukan PC, pakaian kasual bukannya pakaian bisnis, dan kantor terbuka.

Hal-hal ini mungkin tampak tidak penting tetapi dapat membantu mengubah budaya perusahaan dan menimbulkan transformasi.

Outsourcing 

Merupakan sistem kontrak dan kerjasama dalam proses bisnis. Dilingkupi perjanjian tertentu.

Ada tren yang jelas untuk jenis fungsi outsourcing oleh perusahaan (misalnya desain web) dan mereka dilakukan di rumah (data dan analisis, email, produksi konten).

Berencana untuk melakukan outsourcing fungsi atau membawanya di dalam rumah tergantung pada keterampilan hadir dalam bisnis.

Personality

Kepribadian berhubungan dengan perbedaan individu, dalam pola perilaku, kognisi, emosi.

Jarang tipe kepribadian masuk dalam roadmap transformasi digital , tetapi peran pemimpin transformasi tentu merupakan keseimbangan yang baik.

Sangat penting bagi tim produk baru dan spesialis digital untuk tetap mearasa ‘lapar’ tapi rendah hati dan tidak berjalan seolah-olah masa depan perusahaan tergantung pada mereka.

Quotes

Sebuah quotes dikutip dari kalimat tertentu yang sangat menginspirasi orang lain.

Walaupun demikian, quotes adalah hal yang sulit untuk didefinisikan (dan karena berubah, yang sering diperlukan untuk mengubah bisnis). Bentuknya bisa apa saja, dari meniru pendiri bisnis, untuk mengemban layanan pelanggan, untuk mengangkat mentalitas ‘fail-fast’.

Roadmaps

Berikut ini ada contoh menunjukkan perpecahan antara kemampuan (fokus awal), produk dan inisiatif.

1

Perhatikan garis putus-putus. Itu menunjukkan pengurangan yang direncanakan.

Garis yang terbagi dalam beberapa warna merupakan pendapatan yang berasal dari inti produk bisnis.

Diversifikasi ini merupakan produk yang memprioritaskan nilai jangka panjang.

Structures

Teori struktur organisasi adalah cara yang baik untuk menilai kematangan bisnis digital.

Sebuah transformasi bisnis cenderung dari departemen digital yang terisolasi. Melalui para ahli digital di setiap tim dan pengetahuan digital sebagai salah satu aspek dari skillset generalis itu.

Talent

Tidak ada keraguan bahwa merekrut talent terbaik adalah hal yang penting untuk inovasi.

Merekrut talent telah menyebabkan pergeseran yang signifikan dalam pola Human Resource. Rekrutmen sekarang lebih menekankan budaya dan kepribadian sebelum spesifik keterampilan.

User Testing

Adalah bagian matang dari desain layanan digital, tetapi lebih penting bagi perusahaan yang melakukan user-centric transformasi digital.

Meskipun riset pasar tidak bisa selalu memberitahu Anda apa yang diinginkan pelanggan, user testing dapat dengan cepat mengenalkan produk baru.

Vocabulary

Bahasa adalah hal penting bagi perubahan budaya. Sean Cornwell dari Travelex berkata, Anda harus ‘berbicara tentang kecepatan, tangkas, kegagalan, capabiltiies baru, cara kerja dan kolaborasi seperti itu akan keluar dari mode’.

Workspace Design

Ternyata desain untuk tempat kerja dapat mempengaruhi kinerja orang dalam bekerja.

Menurut agencyland, meja sepak bola akan membuat semua orang lebih inovatif.

Pada kenyataannya, ada ilmu untuk open-plan kantor, dari Harvard Business Review (dan Marissa Mayer) yang menyebutkan bahwa interaksi acak dengan rekan-rekan menguntungkan.

Xerox

Transformasi digital memiliki istilah sendiri yang bisa menyesatkan. Tidak ada template yang bisa disalin. Tidak ada proses dapat disalin persis (xeroxed) antara organisasi.

Yardsticks

Merupakan istilah untuk melakukan perbandingan transformasi digital Anda dengan perusahaan lain.

Zany Job Titles

Dalam sebuah perusahaan ada Kepala Kantor Digital , Kepala Transformasi Digital, Kepala Kantor Karyawan.

Masing-masing jabatan tersebut penyebab perdebatan tetapi masing-masing menunjukkan transformasi digital pada berbagai tahap.

Peran ini terbagi ke dalam dua jenis, pemberi kabar dan transformator. Seseorang mulai pekerjaan mengubah budaya dengan memperjuangkan digital, yang lain adalah berniat mengubah orang, proses dan teknologi.

Masih banyak sekali istilah yang digunakan dalam transformasi digital, artikel ini hanya membahas sedikit, Anda harus tetap mengeksplor untuk memperoleh informasi karena dunia digital sangatlah luas. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jika ada pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman, Anda bisa berbagi dengan DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.

Related Posts