Dongkrak Profit Bisnis Anda Dengan Lifecycle Marketing

65
26 Desember 2015
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Banyak orang memiliki segudang ide untuk memulai bisnis.

Awalnya mereka sangat bersemangat. Modal nekat dan tekad istilahnya.

Begitu sudah berjalan, mereka mengalami kebingungan apa yang harus dilakukan.

Terutama pada bagian strategi penjualan dan pemasaran.

Hal ini sangat berbahaya, karena modal nekat dan tekad tidak cukup untuk mengembangkan bisnis.

Apalagi jika jenis usaha mereka termasuk usaha kecil.

Apakah Anda juga salah satu pebisnis yang mengalami kebingungan untuk membuat strategi penjualan dan pemasaran?

Kalau begitu, Anda tepat dengan mulai membaca artikel ini.

Artikel kali ini akan membahas mengenai fase-fase penting dalam lifecycle marketing.

Yang akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dari strategi penjualan dan pemasaran.

Mari kita mulai.

Apa itu Lifecycle Marketing?

Siklus Hidup Pemasaran atau yang lebih dikenal dengan lifecycle marketing mengacu pada kampanye pemasaran dan penjualan yang memenuhi kebutuhan customer.

Di dalam lifecycle marketing, terdapat kerangka sederhana yang terdiri dari 3 fase.

Masing-masing bagian memiliki peran penting untuk meningkatkan bisnis. 3 fase itu terdiri dari:

3 fase

  • Attract

Fase attract, akan membantu Anda dalam memperjelas siapa customer terbaik Anda.

Mengidentifikasi apa yang mereka butuhkan. Serta memahami bagaimana menjalin hubungan dengan mereka.

  • Sell

Fase sell, akan membantu Anda untuk membuat konten yang menghubungkannya dengan customer Anda dan menuntun mereka sepanjang proses pembelian.

  • WOW

Pada fase WOW, Anda akan belajar bagaimana untuk mengantisipasi kebutuhan customer Anda, bekerja ekstra dan memberikan lebih dari apa yang Anda janjikan.

Berikut ini akan kita bahas secara mendalam mengenai 3 fase yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Attract

Mari kita akui, sebagian besar customer tidak aktif mencari nama perusahaan Anda.

Mungkin mereka sedang mencari solusi yang memenuhi kebutuhan tertentu yang mereka miliki, dan secara tidak sengaja menemukan Anda.

Atau karena Anda memiliki strategi besar yang menarik pengunjung website baru.

learn-attract

Ada 3 kunci dalam fase attract, yaitu

  • Target
  • Menarik Interest
  • Mengumpulkan Leads

Ketahui Target Market Anda

Sebagai seorang pebisnis, Anda pasti memiliki impian besar.

Anda ingin seluruh dunia tahu tentang produk dan jasa yang Anda sediakan.

Terutama bagi orang yang memiliki uang untuk dibelanjakan.

Seringkali Anda merasa sangat ingin mencapai kesusksesan yang besar.

Kemudian Anda menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk mencoba menarik perhatian dunia agar mereka tahu tentang produk dan jasa Anda.

Padahal yang Anda harus sadari adalah sebenarnya Anda telah melakukan overspent terhadap uang Anda tanpa menambah customer baru.

Mencoba untuk mencapai semua orang dengan produk atau jasa bukan hanya tidak efisien, tetapi juga sangat mahal.

Tidak ada yang mampu untuk menargetkan semua orang.

Itulah mengapa penting untuk menentukan target customer Anda, dan fokuskan pada pasar yang lebih mungkin untuk membeli daripada pasar lainnya.

Anda dapat dengan jelas menentukan target pasar dengan mengambil melihat basis customer Anda saat ini.

Mengevaluasi mengapa mereka membeli dari Anda, dan mengelompokkan mereka berdasarkan minat yang sama.

Menarik Interest

Setelah Anda mengidentifikasi target customer, Anda perlu mencari tahu dimana mereka sering datang untuk mengontak serta memesan merek produk Anda.

Juga di mana mereka akan dengan mudah mengaksesnya.

Pikirkan tentang lokasi, baik online dan secara pribadi.

Apakah mereka akan mengakses lewat platform media sosial tertentu? Apakah mereka menghadiri acara bisnis lokal? Apakah mereka anggota dari masyarakat setempat?

Setelah Anda mengidentifikasi di mana mereka menghabiskan waktu mereka, mulailah upaya pemasaran Anda di tempat-tempat tersebut.

Mungkin Anda perlu bergabung dengan kelompok jaringan lokal, membuka akun Twitter, atau menghabiskan uang untuk iklan. berbaur dan terlibatlah dengan mereka.

Jalin hubungan dengan cara yang otentik, saling membantu, dan menarik.

Mengumpulkan Leads

Ketika Anda menarik lebih banyak customer untuk bisnis Anda, Anda pasti ingin memastikan mereka tidak meninggalkan dan melupakan Anda.

Anda dapat memberikan apa yang mereka inginkan tetapi dengan imbalan yang sepadan yaitu informasi kontak pribadi mereka.

Hal Ini disebut lead magnet, dan bisa apa saja dari nilai. Seperti free report, kupon atau giveaway.

Setelah Anda menarik audiens yang tepat, Anda perlu melakukan penjualan atau mendapatkan informasi kontak mereka sehingga Anda dapat menindaklanjuti dengan mereka.

Membangun kepercayaan dan memberikan prospek Anda alasan untuk opt-in.

Ebook, podcast dan webinar hanyalah aset konten yang dapat Anda tawarkan untuk membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Membuatnya mudah untuk opt-in dengan lead capture yang tepat.

Anda dapat lebih lanjut mengetahui tentang webinar untuk meningkatkan usaha Anda dengan KLIK >> 4 Alasan Mengapa Webinar Dapat Bantu Anda Dapatkan Customer Baru

2. Sell

Konsumen memiliki akses untuk mendapatkan informasi yang lebih dari sebelumnya.

Mereka akan melakukan riset sebelum mereka memutuskan untuk mengambil keputusan. Biasanya yang menjadi perhatian mereka adalah harga dan nilai.

Hasil penelitian dari North American Technographics® menunjukkan bahwa 82% dari konsumen penelitian produk sebelum mereka membeli.

Persepsi tentang permainan nilai berperan penting dalam keputusan pembelian.

Pemilik usaha kecil tahu, bahwa pengalaman dan interaksi konsumen dengan merek akan membentuk keputusan mereka untuk membeli (atau terus mencari).

Sering kali, pengalaman ini dimulai sebelum konsumen menyadari bahwa mereka memiliki kebutuhan.

Salah satu hal paling efektif yang dapat pemilik usaha kecil lakukan, adalah dengan mengembangkan strategi promosi yang menempatkan produk atau jasa mereka sebagai pilihan yang jelas ketika customer siap untuk membeli.

learn-sell

Terdapat 3 kunci dalam fase sell :

  • Edukasi
  • Offer
  • Close

Edukasi

Customer akan temotivasi untuk membeli jika mereka memperhatikan brand Anda.

Cara terbaik untuk mendapatkan perhatian mereka adalah melalui interaksi yang luar biasa dan edukasi yang berharga.

Untuk mengedukasi, Anda perlu memahami kebutuhan dan keinginan customer Anda. Hal tersebut telah diuraikan dalam fase attract.

Ketika Anda membangun strategi konten, pertimbangkan bagaimana produk atau jasa Anda berfungsi sesuai dasar dari target customer.

Bisa dari kebutuhan psikologis atau pemenuhan diri.

Kemudian, bangunlah konten di website, blog, jejaring sosial atau platform komunikasi lainnya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

 

Offer/Penawaran

Ketika Anda memahami proses pembelian dari customer yang menjadi target Anda, Anda dapat mengidentifikasi waktu yang tepat untuk penawaran spesial.

Dengan mengamati tindakan customer di masa lalu, Anda akan dapat membuat saluran proses pembelian.

Kemudian Anda dapat menyesuaikan proses penjualan Anda dengan proses pembelian mereka.

Jika Anda memiliki tim sales, optimalkan sumber Anda sehingga Anda dapat menghabiskan waktu dengan customer yang paling berpotensi untuk membeli.

Penilaian lead memungkinkan Anda untuk memberikan nilai lead berdasarkan tindakan yang telah mereka ambil.

Taktik ini menempatkan lead yang paling mungkin mengkonversi contact list customer Anda untuk dihubungi.

Dengan Anda menyelaraskan proses pembelian dengan proses penjualan, Anda dapat melihat waktu yang paling baik untuk mempromosikan penjualan.

Hal ini dapat Anda lakukan ketika customer sedang mengevaluasi.

 

Close

Melakukan closing pada penjualan lebih dari sekedar penerimaan uang atau dokumen yang ditandatangani.

Dalam penjualan langsung, close melibatkan komunikasi yang jelas, pertemuan yang baik dan dokumentasi tertulis.

Dalam sebuah bisnis e-commerce, close melibatkan kepastian bahwa ada mekanisme untuk pengumpulan-pembayaran-pemrosesan order.

Terlepas dari jenis bisnis Anda, close adalah sinyal bahwa kesepakatan telah dinegosiasikan dan sekarang Anda dapat memulai proses pengiriman.

Ada 3 hal yang harus Anda perhatikan.

  • Membuat prosedur mudah: Melaksanakan prosedur yang jelas dan efektif untuk closing Melatih staf sales Anda pada prosedur closing.
  • Buat dokumentasi yang jelas: Dokumen Penjualan biasanya berisi catatan.

Bagaimana Anda secara “bersama-sama” bekerja sebagai sebuah organisasi – apakah Anda berunding secara bersama-sama, saling memahami, menyesuaikan, atau memprioritaskan hubungan?

  • Proses pembayaran: Memiliki mekanisme yang jelas dan efektif untuk mengumpulkan pembayaran dan memproses pesanan. Mengotomatisasi proses pembayaran setiap kali Anda bisa.

3. WOW

Dalam kondisi ekonomi yang sangat kompetitif seperti saat ini, dibutuhkan usaha ekstra untuk membedakan bisnis Anda dari yang lain dalam industri yang sejenis.

Jika Anda ingin mengembangkan merek Anda, penting untuk membedakan produk atau jasa berdasarkan nilai, bukan harga.

Dengan wow-ing customer Anda setiap kali Anda berinteraksi dengan mereka, mereka akan tetap terhubung dengan bisnis Anda.

Bukan hanya itu, customer bisa mereferensikan ke teman-teman mereka.

learn-wow

Terdapat 3 kunci dalam fase wow :

  • Pengiriman & Wow
  • Penawaran Lebih
  • Mendapatkan Referrals

Pengiriman & Wow

Wow-ing customer Anda adalah tentang menyediakan lebih dari apa yang Anda janjikan dan menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Walaupun mungkin terlihat sederhana, keramaian dan hiruk pikuk pekerjaan sehari-hari menyebabkan kepuasan customer sering diabaikan.

Untuk wow customer Anda, pastikan bahwa after sales service Anda menyediakan produk atau jasa pada waktu yang tepat.

Lalu lampaui harapan mereka dengan memberikan nilai tambah yang akan memberikan kekuatan lebih pada Anda.

Penawaran Lebih

Setelah Anda memberikan pengalaman yang luar biasa kepada customer, kini Anda berada dalam posisi untuk menawarkan produk atau jasa tambahan kepada customer.

Menentukan apa yang akan ditawarkan dan saat menawarkan akan melibatkan sedikit strategi.

Menentukan produk atau jasa apa yang terkait akan membantu pelanggan Anda, dan menciptakan solusi.

Solusinya bisa produk tambahan, layanan, atau tips dan sumber yang berkaitan dengan kebutuhan mereka.

Ketepatan waktu dan posisi merupakan hal yang penting. Berikut adalah 3 cara untuk meningkatkan penghasilan Anda dengan bijaksana sambil terus membantu:

  • Cross Selling: Customer tidak selalu aware tentang produk yang sempurna atau perbaikan dalam layanan, dan mungkin bersedia untuk membeli item terkait yang meningkatkan pengalaman mereka.
  • Upsell: Dengarkan customer Anda dan coba untuk memahami kebutuhan mereka. Mereka mungkin bersedia membayar ekstra untuk perawatan khusus, jaminan atau program bulanan.
  • New Product: Bantu customer Anda dengan memberitahu mereka tentang produk baru atau layanan yang dapat meningkatkan kehidupan mereka, atau pengalaman dengan merek Anda.

Mendapatkan Referrals

Anda akan menghabiskan lebih sedikit uang untuk customer yang sudah ada daripada menarik yang baru.

Inilah mengapa begitu penting untuk wow customer dari awal.

Sangat penting untuk mengantisipasi kebutuhan mereka dan memberikan lebih dari apa yang Anda dijanjikan dalam kualitas maupun kuantitas.

Atau, coba merekomendasikan sesuatu yang baru yang memenuhi kebutuhan mereka.

Tingkatkan kekuatan Anda, karena itulah yang akan membedakan Anda dari pesaing Anda.

Referrals adalah salah satu cara termurah untuk memperluas bisnis Anda, dan wow-ing customer Anda saat ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan referrals.

Meminta dan memberi penghargaan customer untuk refferals akan melengkapi pengalaman Wow mereka.

Program referral yang efektif adalah kemenangan besar untuk usaha kecil karena hal ini membantu customer mengembangkan sesuatu hal yang mencakup perusahaan Anda.

Pertimbangkan untuk membuat program referral dengan imbalan yang mudah diperoleh.

Menyediakan hadiah kecil, diskon atau tiket film untuk referral merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan apresiasi Anda.

Bagaimana selanjutnya?

Anda telah mengetahui dan memahami apa saja yang ada di dalam lifecycle marketing.

Mulai dari fase awal Attract, berlanjut ke fase Sell, dan yang terakhir fase WOW.

Kini Anda tidak perlu lagi bingung dalam membuat strategi dan memasarkan produk serta jasa Anda kepada para customer.

Lalu apa langkah berikutnya? Anda tinggal menerapkan apa yang telah Anda ketahui dari artikel ini.

Tanpa Anda sadari, mungkin Anda sudah berada di jalan kesuskesan. Bersiaplah untuk segala hal luar biasa yang akan terjadi dalam bidang usaha yang akan/telah Anda jalankan. Semoga bermanfaat!

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>