Mencari Produk Bisnis Online: 8 Tipe Produk untuk Dijual Online

produk bisnis online
23 Maret 2015

Memang, alasan Anda melirik dan menjalankan bisnis online adalah, banyak kemudahan yang ditawarkan. Selain Anda dapat menjalankannya di rumah, peluang pasar bisnis online juga sangat luas. Namun begitu, Anda harus tetap cerdas dan selektif untuk memilih produk bisnis online yang akan di jual.

Kecuali jika Anda tengah mempunyai rencana besar untuk menjual produk yang Anda anggap itu menjanjikan, maka hal itu akan memudahkan Anda dalam memuali bisnis online. Namun jika Anda bingung memilih produk bisnis online untuk dijual, langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah, pandai-pandai mengenali peluang untuk menemukan produk yang tepat.

Berikut ini adalah 8 tipe produk bisnis online yang harus Anda perhatikan sebelum akhirnya menemukan produk untuk di jual di toko online Anda. Coba pahami delapan tipe produk ini sebagai kunci untuk membantu Anda mengidentifikasi peluang dalam memulai bisnis online.

Sebagai langkah awal, mari kita lihat apa saja tipe produk tersebut. Selanjutnya, mari kita pahami bersama-sama secara lebih rinci:

Menemukan peluang dengan manfaatkan kata kunci (keywords)

  • Membangun merek produk semenarik mungkin
  • Memilih produk yang dapat mengatasi rasa sakit konsumen
  • Menyediakan produk sesuai minat dan kebiasaan customer
  • Memilih produk dengan mengikuti minat dan kemauan Anda
  • Menemukan peluang dalam kesenjangan
  • Memanfaatkan pengalaman dan keahlian Anda sendiri
  • Mengetahui dan memanfaatkan trend lebih awal

1.) Menemukan Peluang dengan Memanfaatkan Kata Kunci (Keywords)

Traffic dalam search engine sangat erat kaitannya dengan ecommerce. Jika dilakukan dengan benar, Google dan search engine lainnya akan memberikan manfaat yang besar bagi Anda dalam menentukan produk bisnis online yang akan Anda jual. Memanfaatkan peluang dengan menggunakan kata kunci merupakan strategi yang bisa digunakan untuk mencari produk atau topik bahasan secara online yang berbasis kata kunci. Selanjutnya, yakni dengan mencarinya melalui search engine seperti Google dan Bing. Untuk melakukannya, sebelum itu diperlukan terlebih dahulu identifikasi untuk mengetahui kata kunci yang sering dicari, namun dengan indeks persaingan yang rendah. Riset kata kunci ini dapat Anda lakukan secara teknis, sehingga hal ini melibatkan pemahaman dasar yang kuat dari kata kunci dan Search Engine Optimization (SEO).

Contoh 1

Contoh: Ketika Andrew Youderian ingin memilih produk untuk bisnis online, maka sebelumnya dirinya mengambil pendekatan dengan melakukan riset kata kunci. Dengan menggunakan pendekatan ini, Andrew berhasil menemukan kesempatan untuk menentukan peringkat produk yang akan dijualnya dengan kata kunci ‘CB Radio’

2.) Membangun Merek Produk Semenarik Mungkin

Berbeda dari metode sebelumnya, membangun sebuah merek berarti juga akan membangun pola pikir konsumen. Untuk melakukan hal ini, maka Anda perlu mengembangkan pemahaman Anda untuk mengidentifikasi pelanggan yang potensial. Untuk itu, Anda harus bisa memilih produk bisnis online dengan merek yang unik. Sehingga, produk bisnis online Anda dapat memperoleh tempat di hati para konsumen. Dalam memulai bisnis online, hal ini juga sangat efektif untuk membedakan diri dan membentuk ciri khas produk bisnis online dari pesaing dengan market yang sama.

Contoh 2

Contoh: Merek DODOcase, adalah produsen yang menyediakan case untuk ipad dan smartphone sejenis tablet. Melalui namanya saja, terdengar sangat berbeda dan unik, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu dari konsumen. Meskipun banyak kompetitor yang menjual produk yang sama, namun DODOcase dapat menembus pasaran dan laris di kalangan pencinta gadget. Hal ini dikarenakan, proses produksinya yang menggunakan teknik tradisional. Inilah alasan mengapa produk dengan nama-nama unik seperti ini dapat Anda jadikan rekomendasi untuk produk bisnis online Anda.

3.) Memilih Produk yang Dapat Mengatasi Rasa Sakit Konsumen

Salah satu cara terbaik untuk membangun sebuah bisnis online yang sukses adalah dengan menyediakan produk yang dapat mengatasi rasa sakit konsumen. Mengapa ini merupakan produk yang baik untuk bisnis online Anda? Ini dikarenakan, hal ini sama halnya dengan produk yang masuk ke dalam golongan ‘mendesak’. Untuk itu, banyak orang aktif mencari solusi untuk mengatasinya dengan produk-produk terrtentu. Perlu diingat, hal ini tidak hanya terfokus pada rasa sakit fisik, melainkan juga hal-hal yang berkaitan dengan produk yang memudahkan seseorang, tidak menghabiskan banyak waktu, dan hemat biaya.

Contoh 3

Contoh: Terdapat beberapa produk bisnis online yang menggunakan langkah ini. Salah satunya adalah Hard Night Guard. Ini merupakan produk pelapis gigi, sehingga dapat menjadi solusi bagi mereka yang mempunyai gigi sensitif terhadap suhu makanan panas atau dingin.

4.) Melayani Minat dan Kecintaan Customer

Ya, hal ini merupakan sebuah fakta. Konsumen cenderung menghabiskan lebih banyak uang untuk mendukung minat dan kebiasaan mereka. Contoh nyatanya adalah pegolf. Banyak di antara mereka yang menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan-peralatan golf dan menyewa lapangan untuk bermain golf. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan untuk lebih banyak mencetak skor. Jika Anda melayani minat dan kecintaan customer untuk produk bisnis online Anda, maka hal ini sangat erat kaitannya dengan sebuah merek dan loyalitas merek. Jika hal ini berjalan lancar, maka konsumen lah yang nantinya akan membantu pemasaran Anda dengan teknik mulut ke mulut.

Contoh 4

Contoh: Black Milk Clothing mulai dipasarkan tahun 2009, setelah pendirinya mendirikan blog TooManyTights. Hal ini begitu laris dipasarkan, karena telah menjawab keinginan banyak wanita yang ingin tampil modis dengan pakaian yang mempunyai desain menarik.

5.) Mengikui Minat dan Kecintaan Anda

Beberapa orang menganggap bahwa dengan memilih produk bisnis online berdasarkan minat dan kecintaan Anda sendiri, maka hal tersebut dapat menggagalkan usaha bisnis online Anda. Namun, hal tersebut belum tentu terjadi. Justru dengan memilih produk bisnis online sesuai dengan minat dan kecintaan Anda, hal itu justru dapat menguntungkan bagi jalannya bisnis online Anda.

Salah satu manfaat terbesar untuk membangun bisnis dengan minat dan kecintaan Anda adalah, bahwa Anda akan memiliki semangat yang gigih agar tetap terus melanjutkan bisnis online Anda, bahkan ketika sedang mengalami masa-masa sulit. Meskipun terlihat sangat remeh, namun hal ini merupakan motivasi yang menjadi kunci untuk membangun bisnis online yang sukses.

Contoh 5

Contohnya: Seseorang yang menerapkan cara ini untuk memulai bisnis online adalah Eric Bandholz dengan produknya BeardBrand. Eric adalah seseorang yang hobi merawat jambangnya (rambut yang tumbuh di sekitar rahang dan dagu). Untuk itu, dirinya mencoba memulai bisnis online dengan menjual produk Bearbrand untuk merawat jambang. Dan benar, ternyata produk tersebut cukup laris di pasaran.

6.) Menemukan Peluang dalam Kesenjangan

Dengan memanfaatkan kesempatan ini, maka akan menguntungkan bagi bisnis online Anda. Hal ini merupakan jenis kesempatan yang memanfaatkan kekurangan dalam sebuah produk, dan menyempurnakannya dengan mencari alternatif produk lain yang sama, namun dengan fitur yang berbeda. Dengan demikian, kesempatan ini bisa terjadi karena banyaknya peminat produk, namun belum banyak direalisasi dan dilirik oleh pesaing atau kompetitor Anda. Untuk itu, Anda harus jeli dalam menangkap peluang. Jika pemilihan produk bisnis online Anda berdasarkan cara ini, maka bisa dipastikan bisnis online Anda akan berjalan dengan baik.

Contoh 6

Contoh: Produk yang dapat menggambarkan dari poin ini adalah Hipe Shower Radio. Ya, produk ini diproduksi dengan mencari peluang dalam kesenjangan dari produk asli. Seperti namanya, produk ini merupakan radio dengan ukuran yang lebih mini, yang dapat digantung pada shower Anda. Jadi, ketika mandi pun Anda tetap bisa mendengarkan musik favorit Anda.

7.) Memanfaatkan Pengalaman dan Keahlian Anda Sendiri

Dengan memanfaatkan pengalaman dan keahlian Anda sendiri, maka hal tersebut merupakan keuntungan kompetitif yang kuat apabila Anda memulai bisnis online. Dengan memanfaatkan keahlian Anda, hal tersebut dapat menjadi  menjadi cara yang jitu untuk memulai usaha dan membuat Anda mempunyai fondasi yang kuat, meskipun banyak kompetitor baru dalam bidang usaha yang sama.

Contoh 7

Contoh: Jonathan Snook, seorang yang ahli dalam bidang desain dan pengembangan web memanfaatkan ilmunya dengan menulis dan menerbitkan sebuah buku tentang pengembangan web dan CSS. Buku tersebut diberi nama SMACSS.

8.) Mengetahui dan Memanfaatkan Trend Lebih Awal

Dengan mengetahui dan memanfaatkan trend lebih awal, maka hal tersebut akan memiliki dampak lebih besar dalam bisnis online Anda. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan tempat di hati konsumen dan mengukuhkan diri sebagai pembentuk trend paling awal, sebelum akhirnya banyak orang lain mengikutinya.

Memanfaatkan trend lebih awal daripada yang lain juga akan memiliki dampak yang signifikan pada Search Engine Optimization (SEO). Hal ini dikarenakan, toko online Anda akan menjadi salah satu situs pertama yang berbicara tentang trend tersebut, hingga akhirnya diindeks oleh search engine seperti google dan Bing untuk istilah pencarian baru. Tentunya, dengan hal ini Akan membantu Anda mendaki ke puncak search engine teratas dengan cepat.

Purple Feathers

Contohnya: Sophie Kovic, pendiri Flockstocks, sebelumnya melihat tren untuk bulu rambut akan segera membumi. Sebelum menghabiskan uang untuk membeli banyak bahan, Sophie mengujinya di pasar dengan menjualnya dio sebuah toko. Hasilnya, dalam waktu 4 jam, telah terjual 11 produk. Mengetahui bahwa ini merupakan peluang, dirinya membuat website dan menjualnya secara online dengan kategori pakaian dan asesoris.

Memahami delapan langkah untuk menentukan produk bisnis online di atas sangatlah penting untuk menangkap peluang. Terlebih, jika Anda termasuk baru memulai dan merintis bisnis online ini.

 

Related Posts