Alasan Kenapa Anda Perlu Membangun Bisnis Online Sekarang

membangun bisnis online
13 Desember 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika Anda ingin ingin sukses di era digital seperti ini, Anda perlu membangun bisnis online.

Namun, masih banyak perusahaan yang bertanya, “Haruskah mereka membangun bisnis secara online?”

Bagi Anda yang perlu dilakukan adalah meyakinkan diri untuk membangun bisnis online.

Dengan kondisi ekonomi yang kian tidak menentu, jika tidak memanfaatkan internet isnis Anda bisa secara perlahan mulai gulung tikar.

Internet telah menciptakan perusahaan dengan model baru, yang mengubah persepsi tradisional dalam melakukan sebuah bisnis.

Keberadaan sebuah bisnis online merupakan tool marketing dan komunikasi yang kuat.

Bisnis online bisa sangat efisien dari segi harga dan simbol profesionalisme yang banyak dibutuhkan saat ini. Internet menciptakan lingkungan bisnis yang tidak lagi sangat bergantung dengan waktu dan jarak.

Orang memiliki akses untuk mendapat lebih banyak informasi yang bisa membantu mereka membuat keputusan, dan konsumen memiliki akses untuk mengetahui produk dan layanan yang lebih luas jangkauannya.

Anda perlu pertimbangkan fakta berikut.

Berdasarkan riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI research mengungkapkan nilai belanja online pada 2014 mencapai 21 triliun.

Sedangkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai  Januari 2016, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 88,1 juta, dimana 48 persen di antaranya merupakan pengguna internet harian.

Riset Markplus Insight dan majalah online Marketeers  tahun 2013 menunjukkan, dari 74,6 juta pengguna internet di Indonesia, 20%  melakukan belanja online.

Ada juga data berikut ini:

0906_Penyaluran Dana Kartu Indonesia Pintar (revisi)

Bila fakta di atas belum bisa meyakinkan Anda untuk mulai melakukan bisnis secara online, berikut beberapa alasan kenapa Anda perlu membangun bisnis online sekarang ini juga.

Bisnis Online Menciptakan Pertumbuhan Usaha

Untuk berhasil di dunia internet, bukan berarti Anda harus menjadi perusahaan raksasa.

Banyak perusahaan skala kecil dan menengah berhasil membangun bisnis online yang cukup menguntungkan.

Bahkan penelitian menunjukkan perusahan kecil dan menengah jadi kekuatan pertumbuhan e-commerce yang utama di tahun-tahun mendatang.

Tidak Ada Batasan Akses Dan Lokasi

Internet menjangkau berbagai penjuru dunia dan semua zona waktu. Ini berarti ketika bisnis dilakukan online, terbentuk kapabilitas yang sama.

membangun bisnis online

Pada toko fisik atau offline, pelanggan dibatasi oleh jam buka-tutup toko. Sebaliknya, bisnis online Anda bisa diakses internet dari lokasi mana saja dan bisa diakses 24 jam setiap hari sepanjang tahun jika.

Selain itu, dengan peningkatan mobile marketing, bisnis online Anda mendapat keuntungan lainnya.

Yaitu, bisa diakses siapa saja yang memiliki mobile device seperti smartphone. Hanya jaringanlah yang membatasi oleh jangkauan mereka.

Investasi Awal Yang Rendah

Manfaat signifikan untuk bisnis berskala kecil adalah investasi awal untuk membangun bisnis online umumnya lebih rendah dibanding harga untuk memulai bisnis yang sama menggunakan model tradisional.

Teknologi yang digunakan untuk mendirikan dan mengoperasikan bisnis online lebih terdepan dan juga lebih murah diperoleh.

Banyak bisnis online yang sukses dimulai dengan menggunakan rumah tinggal sebagai kantor dengan komputer biasa, beberapa software dasar, dan koneksi internet.

Membangun Image Perusahaan

Jika bisnis Anda ada secara online, ini dapat membangun kredibilitas dan profesionalisme Anda.

Pelanggan berharap melihat alamat website Anda di kartu nama dan materi promosi lainnya.

Mereka bertanya, “Apakah Anda memiliki website?” atau “Saya ingin tahu lebih rinci tentang produk dan layanan Anda di website saja.” Baik Anda menjual produk atau layanan secara online atau tidak, Anda tetap perlu memiliki eksistensi di internet.

Website perusahaan yang baik akan meningkatkan image perusahaan yang baik juga, terlebih lagi bila produk dan layanannya juga bagus.

Informasi Lebih Mudah Sampai Ke Pelanggan

Beberapa tahun lalu, perusahaan membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengantarkan update informasi tentang produk atau jasa mereka ke pelanggan.

Tapi kini semua telah berubah, kini Anda bisa menambahkan atau membuat konten terkait perubahan pada perusahaan dan produk dalam hitungan jam, menerbitkannya di situs, dan membagikannya ke seluruh dunia.

Support Pelanggan Jadi Lebih Baik

Website Anda menjadi sarana berkomunikasi untuk Anda, dan manfaatnya jauh lebih baik dibanding kartu nama.

Pelanggan bisa menghubungi dan berbicara dengan Anda, karena email dan software live-chat.

Bisnis online tidak menemukan kesulitan untuk melakukan kontak dengan pelanggan melalui telepon, email, ataupun sosial media seperti Facebook, dan sebagainya.

meningkatkan kredibilitas bisnis

Ini jadi cara yang sangat baik untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Ketika pelanggan menghubungi Anda, mereka ingin jawaban yang cepat. Selain itu, bentuk layanan pelanggan yang fleksibel ini bisa memperpanjang jam operasi fisik sebuah toko.

Bisnis online juga menawarkan kenyamanan dalam mengantarkan produk langsung ke rumah pelanggan, mereka tak perlu susah seperti  mengalami kemacetan hanya untuk mengunjungi dan bertransaksi di toko Anda.

Biaya Operasional dan Pemeliharaan yang Rendah

Mengoperasikan bisnis online jauh lebih efektif dari segi harga dibanding menjalankan perusahaan fisik.

Teknologi membuat Anda bisa menjalankan bisnis online, termasuk menangani manajemen persediaan, pembayaran, pengiriman, dan seterusnya.

Melakukan proses bisnis ini melalui sistem online membuat Anda memotong biaya secara signifikan pada hampir semua area bisnis.

Selain itu, segala hal jadi jauh lebih mudah karena satu orang bisa melakukan pekerjaan beberapa orang. Misalnya saat komunikasi massal dengan pelanggan.

Mengirimkan banyak email ke daftar pelanggan lebih mudah dibanding mengirim 100 orang untuk membagikan brosur.

Keuntungan lain, harga transaksi berkurang, karena tidak ada kebutuhan untuk mempekerjakan kasir ketika software kereta belanja membuat pelanggan bica check out sendiri.

Jika dalam bisnis offline biasa,biaya sewa gedung, tagihan listrik, biaya keamanan, dan pengeluaran umum kantor lainnya di lokasi fisik bisa meningkat.

Dengan bisnis online, Anda bisa mengurangi bahkan menghilangkan banyak pengeluaran ini.

Strategi Pemasaran yang Lebih Disukai

Dengan kemajuan di sosial media, mesin pencari, dan sebagainya, internet membuat lebih mudah dan lebih efektif mempromosikan bisnis online mereka.

Banyak platform seperti iklan sosial media seperti Facebook ads, email marketing, dan mobile marketing kini hadir untuk membantu mempromosikan bisnis ke pelanggan.

membangun bisnis online

Ini juga memudahkan pengatur bisnis untuk melacak dan menganalisa pola pembelian pelanggan mereka, dan bisnis jadi lebih baik dalam menyesuaikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.

Bisnis Tetap Relevan

Internet kini jadi bagian besar dari kehidupan kita. Suka atau tidak, masyarakat mulai tergantung dengan internet.

Jadi, mengapa kita tidak mengambil manfaatnya secara maksimal?

Membangun bisnis online membuat Anda berhubungan dengan sesuatu yang baru, seperti berbagai blog yang Anda temukan dan bisa memberitahukan informasi terbaru.

Agar tetap relevan, bisnis Anda perlu secara konsisten menerbitkan konten yang menarik bagi konsumen.

Ditambah lagi, eksistensi secara online di sosial media jadi bagian besar untuk memperoleh nama dan bisnis di luar sana.

Jangkauan Global

Bisnis online bisa membawa usaha Anda ke masyarakat yang lebih luas, yang global.

Siapa saja yang memiliki koneksi internet bisa melihat produk atau layanan Anda secara online.

Internet bisa jadi jendela belanja dunia untuk produk Anda.

Anda juga memiliki kebebasan untuk hidup dan bekerja dimana saja yang Anda suka. Anda bisa bepergian ketika menjalankan bisnis online. Bukankah itu menyenangkan?

Bagus Untuk SEO

Ketika menjalankan bisnis di platform seperti Google Maps, Yelp, atau Foursquare, Anda mendaftarkan semua informasi tentang bisnis Anda, termasuk link ke website perusahaan. Contohnya seperti di bawah ini

membangun bisnis online

Ini berarti sekarang ada setidaknya 3 link pada website yang punya reputasi baik yang mengarahkan traffic ke situs Anda.

Semakin banyak backlink yang dimiliki website Anda, bisnis online Anda semakin terlihat ke audience yang lebih luas yang nantinya bisa menjadi pelanggan potensial.

Manfaat Membangun Bisnis Online Sekarang

Anda tidak perlu melakukan semua kegiatan bisnis dengan internet untuk mendapat manfaat dari bisnis online.

Bisnis skala kecil mungkin hanya membutuhkan alamat email untuk berkomunikasi dengan klien, pelanggan, dan supplier secara elektronik.

Bisnis lain mungkin perlu menggunakan website untuk melakukan keseluruhan bisnis secara online.

Banyak manfaat dari bisnis online, antara lain:

  • Akses global, 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu
  • Meningkatkan layanan klien melalui fleksibilitas yang lebih tinggi
  • Hemat biaya
  • Pengiriman barang lebih cepat
  • Meningkatkan profesionalisme
  • Bisa mengatur bisnis dari lokasi manapun.

membangun bisnis online

Pelanggan mungkin lebih suka mengunjungi website Anda untuk menemukan produk dan layanan Anda, daripada mengunjungi toko atau kantor secara langsung.

Mereka juga akan berharap melihat alamat website dan email di kartu nama dan materi promosi lainnya, yang membuat bisnis Anda lebih terlihat kredibel

Kesempatan Bisnis Online

Bagaimana Anda mengatur bisnis secara online, akan bergantung pada produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Anda bisa menggunakan internet untuk:

  • Menjalankan toko online
  • Mengatur persediaan
  • Berkomunikasi dengan pelanggan, dan memperoleh feedback mereka tentang bisnis Anda
  • Menawarkan layanan online
  • Memungkinkan pelanggan untuk membuat reservasi atau janji secara online
  • Mengatur keuangan, seperti online banking, pajak, dan pembayaran pegawai
  • Meriset kompetitor.

Kesempatan Di Masa Mendatang

Yang perlu diingat, bisnis Anda serta tool online yang tersedia, bisa terus berubah dan berkembang.

Meski Anda tidak merencakan untuk segera memiliki website ketika mulai menjalankan usaha, ada baiknya memikirkan apakah nanti Anda membutuhkannya dan untuk apa Anda menggunakannya.

Ketika merencanakan aspek online dari bisnis Anda, yang Anda perlu lakukan adalah:

  • Meriset kompetitor Anda dan binsis lain yang menggunakan tool online
  • Memutuskan aspek mana dari bisnis online yang akan bermanfaat bagi bisnis Anda
  • Memperhatikan anggaran untuk melihat apa yang bisa Anda biayai
  • Memahami hukum dan aturan yang akan diaplikasikan pada aktifitas bisnis online Anda
  • Mempertimbangkan kebutuhan Anda, termasuk software yang Anda butuhkan dan jenis komputer yang Anda perlu operasikan.
  • Memperkirakan resiko, seperti virus komputer, scam, penipuan data, dan kerusakan pada hardware.
  • Pikirkan training apa yang Anda atau staf Anda butuhkan
  • Bersikap realistis tentang waktu dan anggaran yang Anda butuhkan untuk mengatur berbagai aspek pada bisnis online Anda.

Kesimpulan

Telah kita bahas beberapa alasan mengapa Anda perlu mulai bisnis Anda sekarang.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika membangun bisnis online sekarang.

Dan bila Anda memiliki cerita menarik atau pengalaman membangun bisnis online DigitalMarketer.id akan sangat senang bisa mendengarkannya, tuliskan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>