7 Hal Positif yang Dimiliki Oleh Seorang Digital Marketer

89
23 November 2016
Bagikan artikel ini

Agar online marketing Anda bisa lebih efektif, salah satu saran yang dapat Anda ikuti adalah untuk menemukan orang lain, yang telah berhasil itu dan meniru kebiasaan kerja mereka.

Jika Anda melakukan apa yang mereka lakukan, Anda mungkin akan mencapai kesuksesan yang telah mereka capai.

Namun hal tersebut, tidak akan selalu berlaku untuk strategi digital marketing tertentu.

Misalnya beberapa hal detail yang berkaitan dengan strategi targeting iklan Facebook.

Tapi, karakter dan kebiasaan yang mengarah pada ide baru dan penerapan strategi yang sukses akan selalu menguntungkan jika Anda mencontohnya.

Berikut adalah 7 hal positif yang dimiliki oleh para digital marketer yang mungkin bisa dicontoh dalam menjalankan bisnis online Anda.

1. Berpikir Strategis

Digital marketing yang sukses, bukan hanya memikirkan tentang apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan konversi iklan tertentu.

Sebaliknya, seorang digital marketer memikirkan keseluruhan dan pandangan jangka panjang untuk promosi brand mereka.

Jadi, jika Anda belum melakukannya, pikirkan rencana keseluruhan (strategis) dan mengembangkan strategi digital marketing secara keseluruhan.

The-Mind-of-a-Digital-Marketer

Hal tersebut dirancang untuk menjangkau orang-orang di target market Anda.

Dari strategi tersebut, menghasilkan beberapa taktik berorientasi aksi (mulai membuat website, search engine optimization, sosial media marketing, content marketing, beriklan di facebook, dll) yang akan meningkatkan kesadaran merk Anda dan menghasilkan konversi.

Dengan berpikir strategis, Anda bisa menjadi seorang Arsitek dalam membangun bisnis online.

2. Digital Marketer Seorang yang Profesional

Semakin tinggi pohon semakin besar angin yang menerpanya. Bila Anda seorang pemimpin dan telah berhasil dalam mencapai sebuah kesuksesan, Anda akan berurusan dengan bagian pasti akan muncul, yaitu yang pada jaman sekarang disebut haters.

Ketika Anda menyarankan ide baru atau memberi kritik pada konsep pemasaran yang sudah ketinggalan jaman, yang dipresentasikan pada sebuah rapat, kemungkinan hal-hal yang tidak professional akan muncul yang mengarah ke Anda.

Ketika itu terjadi, tetap profesional dan hindari membungkuk ke level mereka, dan jangan sampai Anda melakukan hal yang sama dengan mereka lakukan.

meeting-cyp-2

Juga, perlu diingat bahwa haters dapat mengajarkan beberapa pelajaran berharga bagi Anda.

Seorang digital marketer akan tetap profesional dalam menghadapi hal tersebut.

3. Selalu Belajar

Seorang digital marketer adalah orang yang selalu belajar.

Digital marketing didasarkan pada teknologi, dan teknologi selalu berubah.

Jika Anda adalah seorang digital marketer, Anda harus tetap belajar untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

IMG_2804 low res

Misalnya, jika Anda ingin menggunakan sebuah tool untuk melancarkan strategi digital marketing, Anda harus belajar cara menggunakan tool tersebut agar terintegrasi dengan startegi digital marketing Anda.

Atau jika Anda bukan seseorang yang ahli dalam bidang teknis seperti programmer atau desainer web, karena Anda seorang Arsitek dalam membangun bisnis online, paling tidak Anda harus mempelajari keuntungan apa yang didapat bila menggunakan tool tersebut.

Pada umumnya, bahkan dalam pekerjaan apapun, selalu belajar adalah sesuatu hal yang bagus. Tentunya, seorang digital marketer termasuk dalam hal tersebut.

4. Penulis

Marketing adalah semua tentang komunikasi. Seorang marketer yang paling sukses telah belajar bagaimana cara berkomunikasi menggunakan kata-kata secara tertulis selain menggunakan gambar dan video.

Ingat: teks Iklan ditawarkan dalam rangkaian kata-kata.

Seorang digital marketer dapat membuat teks iklan yang menonjol karena mereka sudah “melatih” otak mereka dengan selalu menulis.

writing

Mereka mendorong diri mereka untuk menemukan kata-kata yang tepat untuk dimasukkan ke dalam sebuah kalimat.

Mereka telah memikirkan untuk jangka waktu yang lama, kata sifat yang sempurna dalam menggambarkan sesuatu.

Semua usaha tersebut membuat digital marketer untuk menjadi lebih efektif.

5. Menggunakan Data untuk Membuat Keputusan

Pemasar digital yang efektif tidak pernah menganggap bahwa kalimat Call to Ation atau teks iklan tertentu adalah yang terbaik.

Sebaliknya, mereka selalu mengetes hal tersebut dari waktu ke waktu dengan beberapa alternatif yang masuk akal. Opsi yang menawarkan tingkat konversi terbaik adalah yang digunakan.

1395698719-3-ways-use-big-data-drive-repeat-sales

Hal tersebut menunjukan bahwa seorang digital marketer mengambil keputusan berdasarkan data.

Mereka juga pasti melihat laporan-laporan tentang iklan facebook jika menjalankan campaign iklan di Facebook.

Mereka akan melihat data pada laporan tersebut, apakah campaign iklan mereka berjalan dengan baik.  Selanjutnya, memutuskan apakah campaign iklan tersebut dilanjutkan atau tidak.

6. Mempunyai Spesialisasi

Seorang digital marketer berhadapan dengan pada banyak hal. Ada terlalu banyak bagian yang harus diperhatikan.

Digital marketer sangat perlu melacak atau mengontrol semua bagian tersebut.

Itulah mengapa, jika Anda adalah seorang owner sebuah bisnis online, Anda memerlukan beberapa orang yang mempunyai spesialisasi dalam setiap bidang tertentu.

specialization

Daripada Anda mencoba menangani segalanya, seorang digital marketing biasanya mempunyai spesialisasi pada salah satu bidang.

Misalnya, ahli dalam sosial media marketing, konten marketing, email marketing atau strategi digital marketing khusus lainnya.

Ingat jika Anda adalah seorang bisnis owner, Anda seperti seorang arsitek. Anda membangun perencanaannya. Biar para ahli yang menjalankan dan mengurus hal teknisnya.

7. Berorientasi pada Detail

Seorang digital marketer sangat efektif dalam memperhatikan detail.

Itu diperlukan karena ada begitu banyak titik data untuk dilacak dan dikontrol dalam campaign iklan yang efektif.

Seperti misalnya demografi audience yang ditargetkan, interest mereka, waktu/hari campaign itu berjalan, tingkat konversi setiap channel dan sebagainya.

Digital marketer harus memperhatikan semua rincian dalam analisis mereka sehingga mereka membuat keputusan yang tepat tentang apakah startegi digital marketing yang dijalankan berhasil atau tidak.

Kesimpulan

Untuk menjadi seorang digital marketer yang bekerja efektif, Anda bisa mencontohnya dari para digital marketer yang sudah sukses.

Ambil sisi positif yang mereka terapkan dan yang cocok dengan bisnis Anda.

Anda bisa mengembangkan kebiasaan yang membuat Anda bisa lebih produktif dengan meniru kebiasaan kerja mereka.

Dan akhirnya, Anda akan meningkatkan kesadaran brand bisnis Anda dan melihat tingkat konversi yang merangkak naik.

Memasuki tahun 2017, semua orang pasti ingin mempersiapkan yang terbaik untuk bisnisnya. Terutama bagi mereka yang terjun dalam bisnis dunia digital. Apakah Anda salah satunya?

Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi pasar dunia digital di 2017?

Jika belum, Anda perlu tahu tentang sebuah acara seminar akbar berikut ini!

Banner 21 jan

Apakah ada hal positif lain dari digital marketer yang bisa ditiru dan belum disebutkan di atas? Jika Anda mengetahuinya, Anda bisa berbagi bersama DigitalMarketer.id pada kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>