5 Alasan untuk Memulai Bisnis Affiliate Marketing di 2017

Bisnis Affiliate Marketing
9 Desember 2016
Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bisnis affiliate marketing? Apakah jenis bisnis ini menguntungkan?

Mungkin pertanyaan akan muncul ketika Anda ditanya soal bisnis affiliate marketing.

Setiap manusia pada dasarnya memiliki keinginan yang mau dicapai.

Pernahkah Anda bertanya kepada diri sendiri seperti, apa yang harus saya lakukan dalam hidup? Bagaimana caranya saya bisa mendapat tempat tinggal yang nyaman? Bisakah saya stop untuk bekerja sampai mati dengan boss yang menyebalkan?

Kalau Anda punya pertanyaan semacam ini, tandanya pikiran Anda sedang membimbing diri Anda untuk melihat ke masa depan dan bagaimana caranya memperoleh apa yang Anda inginkan.

Di sinilah bisnis affiliate marketing bisa membantu Anda untuk memperoleh uang lebih untuk mewujudkan keinginan Anda.

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal apa itu bisnis affiliate marketing dan alasan-alasan mengapa Anda perlu melirik jenis bisnis ini sebagai salah satu resolusi pendapatan Anda di tahun 2017.

Mari kita mulai saja.

Bisnis Affiliate Marketing? Apa itu?

Kita mulai dari pertanyaan yang paling sering diajukan lebih dulu soal bisnis affiliate marketing.

Apa itu affiliate marketing? Menurut Small Business Trends, pada dasarnya affiliate marketing merupakan sebuah kegiatan dalam pembagian pendapatan yang melihat sebuah perusahaan membayar seseorang dengan komisi sebagai imbalan karena mereferensikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Konsep ini sudah ada dari berabad-abad yang lalu, tapi berkat kemajuan dalam e-commerce dan teknologi digital dalam beberapa dekade terakhir, affiliate marketing sudah berkembang menjadi industri yang dinamis.

Affiliate marketing pertama kali digunakan secara online oleh start-up yang disebut PC Flowers & Gifts di tahun 1994.

Dengan meluncurkan sebuah platform bagi hasil yang terorganisir melalui Prodigy Network, pendirinya, William J. Tobin yakin ribuan perusahaan lain dan publisher akan secara pasif mempromosikan produk perusahaannya dengan imbalan komisi kecil.

PC Flowers & Gifts mendapatkan jutaan dolar dalam penjualan affiliate, dan affiliate yang terdaftar mampu memperoleh penghasilan kecil dengan usaha yang sedikit. Tobin melanjutkan untuk mematenkan ide pada tahun 1996.

Amazon meluncurkan program asosiasi yang sangat sukses pada tahun 1996 dan memberikan pemilik website sebuah penghargaan untuk mempromosikan perusahaannya.

Memang banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, tetapi menulis blog dan bisnis affiliate marketing adalah yang paling populer dibandingkan jenis bisnis online lainnya. Dan bagusnya, ini bekerja dengan baik.

Ada banyak orang kreatif yang sangat menyukai bisnis affiliate marketing, hidup nyaman, bekerja sesuai dengan jam mereka sendiri, dan bekerja dimana pun mereka berada.

Mengapa Memilih Bisnis Affiliate Marketing?

1

Affiliate marketing adalah sebuah praktik untuk Anda, dimana Anda akan berpartner dengan penjual dari barang/produk dan jasa.

Anda akan menciptakan situs independen, kemudian mempromosikan produk mereka dan biasanya dengan iklan akan menghubungkan kembali ke pengiklan.

Kalau mereka mendapatkan customer melalui Anda, Anda akan mendapatkan persenan dari profit.

Hal ini terjadi dengan 3 cara yang berbeda, tergantung persetujuan awal Anda dengan penjual.

  • Pay-per-Sale : Anda akan mendapatkan persenan tetap dari harga jual saat website Anda menghasilkan penjualan.
  • Pay-per-Click : kalau Anda melakukan versi pay-per-click, Anda akan mendapatkan uang untuk setiap pengunjung yang diarahkan dari situs affiliate Anda. Anda tidak perlu pusing soal penjualan, karena Anda akan mendapat uang.
  • Pay-per-Lead : kalau yang ini, bisa dibilang gabungan dari PPS dan PPC. Pengunjung yang Anda arahkan ke situs penjual harus memberikan info kontak (biasanya diminta dalam bentuk form) agar Anda mendapatkan uang.

Anda masih belum tertarik untuk menjadi affiliate marketing? Kalau begitu Anda perlu tahu alasan-alasan mengapa harus menjadi affiliate marketer berikut ini!

5 Alasan untuk Menjadi Affiliate Marketer di 2017

  1. Ini Merupakan Bisnis yang Murah Bagi Anda untuk Mulai Melakukan Hal-Hal yang Anda Sukai

cheap

Anda hampir tidak perlu mengeluarkan biaya start-up. Selain itu Anda tidak punya barang untuk disimpan atau diproduksi, bahkan Anda tidak harus mengembangkan service.

Yang harus Anda lakukan adalah membuat sebuah situs web dan sign up untuk program affiliate.

Program affiliate biasanya gratis. Awalnya Anda harus membayar untuk website hosting dan site domain Anda. Biayanya mulai dari Rp. 500.000,- sampai Rp. 2.000.000,- / bulan. Tergantung dari website hosting dan site domain yang Anda pilih.

Biaya utama lain adalah site content Anda, yang harus berkualitas tertinggi. Untuk sekarang, ini adalah hal biasa yang akan Anda lakukan sendiri (setidaknya, pada awal-awal Anda mulai).

  1. Anda Mendapat Keuntungan sebagai Professional yang Independen

Mengapa bisnis affiliate marketing hal yang bagus untuk Anda?

Karena Anda adalah boss untuk diri Anda sendiri! Anda menentukan sendiri waktu kerjanya, juga Anda bisa bekerja dari rumah, kafe, di tempat yang Anda suka. Selama ada koneksi internet.

Tidak ada batasan dalam gaji. Faktanya, Anda bisa mendapat sebanyak apa pun yang Anda mau asalkan Anda terus berupaya dengan baik dan jujur.

Satu polling menunjukkan affiliate marketer mendapatkan penghasilan mulai dari ribuan hingga jutaan per tahun. Yes, jutaan!

Walaupun Anda baru beberapa saat dalam bisnis ini, Anda sudah mulai menghasilkan passive income.

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan dari ini, Anda bersenang-senang dan pada saat yang bersamaan Anda tahu kalau uang juga mengalir secara konsisten ke rekening Anda.

  1. Mudah untuk dikembangkan Menjadi Sesuatu yang Benar-Benar Luar Biasa

grow

Mengapa bisnis affiliate marketing merupakan bentuk meguntungkan dari marketing?

Karena bisnis ini sangat terukur. Kalau bisnis ini berjalan baik dan Anda memiliki banyak pekerjaan untuk ditangani, Anda dapat meng-hire orang-orang.

Pengeluaran tambahan Anda masih tetap rendah karena Anda tidak perlu menyewa kantor dan Anda tidak perlu customer support.

Sekali lagi, dari sini Anda dapat membangun white label dan mempekerjakan afiliasi Anda sendiri untuk memasarkan label Anda.

Dari sana, Anda bahkan dapat menjadi penjual dengan memperkenalkan selling dan shipping milik Anda sendiri.

  1. Ini Bisnis Cocok untuk Orang yang Mencintai Kompetisi

kompetisi

Kegiatan dalam mengukur dan menganalis itu menyenangkan, Anda dapat mengamati bagaimana kinerja situs website dengan iklan, tipe content, gaya, dan tone yang berbeda.

Pada dasarnya Anda berkompetisi dengan orang lain, cobalah untuk tampilkan performa terbaik dari produk atau niche Anda. Apa perbedaannya? Bukan dalam pengalaman, tapi Anda mendapat uang yang nyata!

Anda melakukan tes dan mengukur kinerja dengan setiap perubahan. Mungkin terdengar membosankan tapi bisa membuat Anda menjadi adiktif.

  1. Anda Tidak akan Menjual Apa Pun yang Anda Tidak Mau

indep-contract

Soal integritas dan kejujuran tetap utuh. Tidak ada yang akan memaksa Anda untuk bekerja dengan orang yang Anda tidak suka, atau menjual produk yang Anda sendiri tidak percaya.

Di sinilah enaknya bisnis affiliate marketing! Anda dapat menciptakan dan membentuk karir Anda sendiri!

Memang sebaiknya Anda bekerja dengan brand yang Anda respek, mempromosikan produk yang secara personal menurut Anda memiliki value.

Bukan hanya etis untuk dilakukan, tapi akan membuatnya jauh lebih efisien.

Mengapa demikian?

Karena mudah untuk menjual sesuatu yang Anda sukai, Anda tidak perlu berbohong atau membuat sesuatu yang tidak ada menjadi ada! Itu seperti memanipulasi.

Selain itu, kalau Anda bisa mendapatkan uang dari berbicara tentang sesuatu yang menarik menurut Anda, ini bisa diartikan sebagai pekerjaan, kan?

Kesimpulannya…

Setelah membahas tentang bisnis affiliate marketing di atas, apa yang terlintas di pikiran Anda sekarang ini?

Semua alasan yang disebutkan dalam artikel bisa memberikan motivasi kepada Anda untuk memulai bisnis ini?

Yang perlu Anda ingat adalah tidak ada uang yang datang secara gratis di bisnis yang kompetitif ini.

Anda masih harus mencurahkan waktu dan usaha untuk belajar serta mengatur bisnis Anda, sebelum Anda dapat menuai manfaat nyata dari pekerjaan Anda.

Jika Anda merasa bekerja dari jam 9 sampai 5 kurang pas untuk Anda dan Anda ingin menjadi boss atas pekerjaan Anda sendiri, serta ingin mewujudkan mimpi Anda di masa depan, bisnis affiliate marketing adalah jenis bisnis yang cocok untuk Anda!

Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Baca juga artikel menarik yang berhubungan dengan bisnis online seperti :

Memasuki tahun 2017, semua orang pasti ingin mempersiapkan yang terbaik untuk bisnisnya. Terutama bagi mereka yang terjun dalam bisnis dunia digital. Apakah Anda salah satunya?

Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi pasar dunia digital di 2017?

Jika belum, Anda perlu tahu tentang sebuah acara seminar akbar berikut ini!

Banner 21 jan

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik atau pengalaman tentang menjalankan bisnis affiliate marketing, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.


Bagikan artikel ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>