12 Tips dari TOP Entrepreneur dalam Membangun & Menggunakan Personal Brand untuk Bisnis

membangun dan menggunakan personal brand
14 Desember 2016
Bagikan artikel ini
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Bagikan artikel ini :

Membangun dan menggunakan personal brand untuk membantu bisnis Anda dalam mencapai kesuksesan? Wow, siapa yang tidak tertarik dengan topik ini?

Ok, mungkin ada beberapa yang tidak tertarik, tapi jumlah yang tertarik dengan topik ini jauh pasti lebih banyak!

Pada beberapa waktu yang lalu, kita sudah sempat membahas soal perlukah pemilik bisnis kecil membangun personal brand.

Tapi kali ini, kita akan fokus ke bagaimana menggunakan personal brand untuk membantu bisnis agar mencapai kesuksesan.

Artikel kali ini akan membahas 12 tips dari para professional dalam membangun dan menggunakan personal brand agar menjadi lebih kuat dan memberikan impact yang bagus untuk bisnis ke depan!

Penasaran? Kalau begitu mari kita mulai bahas!

Membangun dan Menggunakan Personal Brand untuk Meningkatkan Bisnis? Caranya?

personal brand

Anda pasti sering melihat orang yang berhasil keluar dari kesulitan dalam bisnis dan hidup mereka jauh lebih baik dari sebelumnya?

Apa yang membuat mereka menjadi seperti itu? Ternyata bukan hanya berhasil bangkit dan menata kembali bisnis mereka dari NOL, tapi mereka juga membangun dan menggunakan personal brand mereka yang kuat!

Mungkin Anda berpikir, “Ya, tapi tidak semua orang bisa bangkit dengan mudah seperti yang Anda bilang di atas.”

Ok, memang tidak semua orang. Tapi, Anda bisa mendapat inspirasi dari 12 veteran entrepreneur berikut yang mau berbagi strategi mereka dalam membangun dan menggunakan personal brand untuk bisnis.

Dalam prosesnya, Anda akan menciptakan customer yang akan membeli produk atau menggunakan service dari Anda.

12 Tips dari Top Entrepreneurs dalam Membangun & Menggunakan Personal Brand

  1. Ubah Diri Anda menjadi Seorang Superstar!

1Cara yang pertama untuk membangun personal brand Anda adalah menjadi seorang superstar dimana pun Anda berada.

Tom Brady, Gelandang American football menjadi sangat luar biasa untuk tim England Patriots New dengan membangun seluruh waralaba di sekelilingnya.

Jangan pernah mencoba untuk pergi keluar sendiri dan membangun sebuah nama. Karena nama Anda akan terlihat baik sesuai dengan prestasi Anda!

- Grant Cardone, top sales expert yang telah membangun kerajaan real-estate $500 miliar, Penulis buku terlaris NYT berjudul  Be Obsessed or Be Average, dan host dari The Cardone Zone.

  1. Publikasi, publikasi, publikasi!

2Publikasikan buku, artikel di penerbit top, video, dll. Tools ini membangun kredibilitas Anda, membuat Anda terlihat stand out dari para pesaing Anda serta meningkatkan reputasi Anda!

Sebelum saya mempublikasikan buku pertama saya, saya membantu para selebritis seperti Tony Little dan Billy Mays dalam membangun brand mereka.

Walaupun saya bisa meningkatkan profil mereka dengan sangat baik, tapi tidak ada yang tahu siapa saya.

Saat itulah saya tahu bahwa saya harus mulai mempublikasikan content milik saya sendiri sehingga dapat membangun, menggunakan personal brand, dan mendorong diri saya ke dalam pasar yang baru.

Jadikan kegiatan publikasi buku Anda sendiri sebagai goal Anda, tetapi mulailah dari sesuatu yang kecil seperti artikel, feature, dan digital magazine.

- Kevin Harrington, Founder infomercial, pelopor industri “As Seen On TV”, dan original Shark di Shark Tank dengan kekayaan bersihnya mencapai $ 450 miliar.

  1. Berpura-pura Anda Membuat Acara Blockbuster

3Kebanyakan orang mencoba untuk membangun personal brand melalui postingan random social media tentang apa pun yang terjadi dalam hidup mereka.

Tapi, strategi yang paling penting adalah menceritakan kisah-kisah besar dan seru, sama seperti acara blockbuster Game of Thrones lakukan.

Misalnya seperti saya memposting sebuah video YouTube tentang Lamborghini dan menjadi kemudian menjadi viral.

Seperti semua cerita besar di film atau buku, jarang sekali hanya ada satu karakter, pasti selalu ada karakter lain yang bermunculan.

Ada central plot dengan drama, ketegangan, kejutan, perkembangan karakter dan beberapa bentuk resolusi.

Kalau Anda tahu keluarga Kardashian, inilah cara mereka sehingga menjadi besar dan mereka tahu bagaimana cara untuk menggunakan personal brand dengan baik.

Karena ini bukan hanya sekedar Kim Kardashian ; tentang keluarga, sejarah mereka, orang-orang yang pernah mereka kencani, bahkan sampai cerita tentang bodyguardnya.

Feed Snapchat saya tidak pernah hanya tentang diri saya, dan persona branding Anda seharusnya tidak hanya sekedar tentang Anda.

Buat cerita-cerita seru tentang orang-orang yang ada di sekitar Anda (bisa pasangan, anak, hewan peliharaan, atau tukang kebun Anda), lakukan postingan ini secara konsisten.

Secara tidak langsung sebenarnya Anda sudah termasuk dalam membangun dan menggunakan personal brand diri Anda dengan baik.

- Tai Lopez, investor dan mitra atau penasihat untuk banyak bisnis jutaan dolar.

  1. Mempublikasikan Hasil Report Anda Sendiri

4Publikasikan report statistic industri dan cantumkan nama Anda. Reporter dan produsen selalu perlu statistic untuk mendukung cerita yang ingin mereka tulis dan hasilkan.

Jadi yang dapat Anda lakukan adalah beri mereka statistic dan sebagai gantinya, mereka akan mengutip dari Anda.

Saat saya pertama kali mempublikasikan report dari The Corcoran di NYC real-estate market, report itu hanya berdasarkan 11 penjualan tetapi hal itu menempatkan saya di halaman depan New York Times sebagai industri expert.

- Barbara Corcoran, Founder dari The Corcoran Group dan Shark pada Shark Tank.

  1. Bicaralah Dimana pun Audiens Anda Hadir

5Tidak ada kegiatan yang lebih membangun, menjadi cara terbaik menggunakan personal brand serta menambah value kepada audiens Anda melalui edukasi.

Berbicaralah di event, webinar, konferensi, dan pada saat berkumpul dengan mereka.

Buat daftar orang yang dapat dikumpulkan secara bersama-sama untuk network Anda.

Buat juga pendekatan komunikasi yang sederhana : jangkau mereka dengan memasukkan testimonial Anda, identitas, dan track record. Kemudian, keluar dan bicaralah! Edukasi dan tambahkan value kepada audiens Anda!

Bukan personal brand Anda saja yang akan tumbuh, tapi juga audiens serta pendapatan bisnis Anda!

- Com Mirza, CEO dari Fitness Expo Dubai dan “The $ 500 Million Man”; pernah gagal dalam 8 perusahaan dan hari ini telah menjalankan 9 kerajaan perusahaan dengan lebih dari 600 orang karyawan.

  1. Jadikan sebagai Personal

6Setiap orang itu unik dengan caranya mereka masing-masing, dan orang ingin terhubung dengan mereka secara langsung.

Share tentang cerita Anda. Saya juga sering melakukan hal yang sama, share tentang bagaimana saya memulai pada usia 14 tahun dan hampir mengalami bangkrut 2 kali sebelum mencapai kesuksesan saya hari ini.

Manny Khosbin, presiden Perusahaan The Khoshbin dan penulis Playbook Contrarian. Ia tiba di Amerika pada usia 14 tahun dan hampir tunawisma dan sekarang memiliki kekayaan bersih 9 angka.

  1. Mendapatkan Bentuk yang Terbaik dari Kehidupan Anda

7Maksudnya adalah maksimalkan kesehatan fisik Anda.

Ketika Anda merasa dalam kondisi yang terbaik, Anda berada dalam suasana hati yang baik juga dan akan memancarkan aura positif. Orang-orang di sekitar Anda juga akan mungkin merasakan hal yang positif mengalir ke dalam diri mereka.

Kondisi fisik dan pikiran yang baik dan memancarkan aura positif akan menarik perhatian semua orang 10 kali lipat!

- Ian Clark, Founder dan CEO dari Activation Products.

  1. Tampil di Depan Audiens, Secara Konsisten

8Hal terbesar yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan personal brand Anda adalah hadir di depan orang-orang secara konsisten.

Berbicaralah pada sebuah event, menjalankan event Anda sendiri, mendistribusikan video marketing Anda sendiri.

Dengan melakukan ini, personal brand Anda akan tumbuh karena orang akan mulai bergaul dengan produk atau service Anda daripada hanya berhubungan dengan perusahaan atau bisnis Anda.

- Kim Barrett, Owner dari Your Social Voice.

  1. Live Streaming Setiap Hari di Facebook

9Seth Godin bilang, cara terbaik untuk menciptakan brand adalah dengan menciptakan kepercayaan di marketplace.

Untuk menciptakan kepercayaan, Anda harus memperoleh perhatian dan menambahkan value. Bagi saya, Facebook Live tidak ada gantinya.

Kalau Anda tidak melakukan live streaming pada Facebook Live setiap hari dengan content dan value, Anda akan meninggalkan banyak value dan akan semakin tertinggal di belakang orang-orang.

- Calvin Coyles, CEO dari Young & Wildly Successful; ia berusia 26 tahun dan mengembangkan YWS serta pendapatannya mencapai 9 angka dalam 10 bulan.

  1. Meningkatkan 1% setiap hari

10Kalau Anda bisa meningkatlkan setiap hal yang Anda lakukan setiap hari walaupun hanya 1% saja, sebenarnya Anda telah memperoleh keuntungan yang luar biasa.

Dengan mengadopsi konsep dari keuntungan marginal, Anda akan mulai untuk membuat keputusan yang lebih baik, dan dari waktu ke waktu, perbaikan yang terjadi secara terus-menerus akan meningkatkan kehidupan Anda.

Bisa Anda bayangkan kalau hal ini terjadi dalam hidup Anda? Membangun dan menggunakan personal brand akan membuat bisnis Anda semakin maju.

- Josh Black, investor, entrepreneur, dan CEO dari GroupM Content di Asia; GroupM adalah grup investasi media terbesar di dunia dengan lebih dari $100 miliar pada setiap billingnya.

  1. Menciptakan Sistem Membangun Brand

11Penting untuk mengembangkan sistem yang secara konsisten membangun dan memperkuat brand Anda, tidak peduli seberapa sibuknya Anda.

Tergantung pada bisnis Anda, Anda mungkin akan butuh sistem untuk mempublikasikan content blog yang fresh, berusaha untuk berbicara dengan tujuan membangun engagement, dan membangun networking.

Tapi Anda tidak butuh sistem yang kompleks atau rumit, hanya dengan menambahkan “social media” di kalender harian Anda dan “menulis entri blog” di jadwal mingguan Anda.

- Rhonda R. Swan, Founder dan CEO dari Your Brand Is My Business dan The Freedom-Preneur Movement.

  1. Temukan dan Jaga Orang-orang Anda

12

Mendapatkan kepercayaan dan relationship adalah hal yang diperlukan untuk membangun personal image, ini sudah direncanakan dan terarah.

Dimulai dari sekumpulan orang loyal yang mengikuti saran Anda dan menghasilkan uang dari itu.

Anggota saya mulanya terbentuk dari orang-orang yang telah saya latih dan mereka telah mengambil tindakan besar.

Saya menginvestasikan lebih banyak waktu ke mereka karena saya melihat adanya potensi untuk membuat mereka menjadi sukses.

Hasilnya? Keinginan saya untuk benar-benar melihat banyak orang menjadi sukses menjadi viral dan tersebar dari mulut ke mulut.

Bukan hanya itu saja, banyaknya peminat yang ingin belajar dan mendapat pengetahuan tentang satu set keterampilan tertentu dalam e-commerce!

- Neil Twa, salah seorang Founder eCom Pro Academy.

Bagaimana dengan Anda?

Setelah Anda mendapat 12 tips dari para professional tentang membangun dan mengubah personal brand, apa yang akan Anda lakukan selanjutnya?

Langsung mempraktikkan apa yang dikutip dari mereka atau ingin menggali lebih dalam lagi bagaimana membangun dan menggunakan personal brand untuk bisnis?

Apa pun keputusannya, semoga hal itu bisa mendukung dan meningkatkan bisnis Anda ke depannya!

Ingat, semua butuh proses dan waktu! Tetap tekun membangun dan menggunakan personal brand Anda dengan baik ya!

Selamat mempraktikkan dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Masih penasaran tentang branding? Kalau begitu Anda dapat membaca artikel menarik lain seperti :

Bila Anda memiliki cerita menarik atau pengalaman tentang membangun dan menggunakan personal brand untuk bisnis, sampaikan saja ke Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya dengan mengisi kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>