10 Strategi Efektif untuk Membangun Brand Bisnis Online

10 Strategi Efektif untuk Membangun Brand Bisnis Online

Seberapa pentingkah membangun brand untuk bisnis online?

Sudah pasti jawabannya adalah SANGAT PENTING.

Anda mungkin setuju tentang hal ini.

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, terutama dalam dunia digital online, brand merupakan salah satu dari sekian banyak faktor utama lain yang mempengaruhi pertumbuhan bisnis Anda di masa depan.

Bagaimana tidak? Bisa Anda bayangkan jika Anda sudah lama dalam bisnis online namun hasil yang didapat hanya segitu-segitu saja? Alias tidak mengalami peningkatan.

Bisnis Anda bisa masuk zona bahaya jika keadaannya seperti itu terus.

Lalu bagaimana cara keluar dari zona bahaya tersebut?

Anda harus tahu cara yang efektif untuk membangun brand bisnis!

Artikel kali ini akan mengajak Anda, untuk para pemula maupun yang sudah lama dalam dunia bisnis online agar mengetahui strategi apa yang paling efektif dalam membangun brand.

Tujuannya sudah tentu membantu mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi!

Mari disimak.

Mengapa Membangun Brand Itu Penting?

building brand

Jawabannya sudah sedikit dijelaskan pada bagian pembuka artikel, yaitu membantu Anda dalam mengembangkan bisnis online.

Namun ada satu poin lagi yang penting dan perlu Anda ingat.

Membangun brand online akan membantu Anda mendapatkan lead yang ditargetkan sehingga Anda dapat mengubah mereka menjadi customer.

Berikut ini kita akan masuk dalam pembahasan 10 strategi yang efektif untuk membangun brand bisnis online.

Membangun Brand untuk Bisnis Online dengan 10 Strategi

  1. Memanfaatkan Social Media

social-media-networks-icons-ss-1920

Social media adalah strategi no 1 untuk membangun brand.

Hal ini telah menjadi cara terbaik untuk engaged dengan customer Anda.

Untuk membangun brand bisnis lewat social media, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun (kecuali Anda benar-benar kejar target ya).

Memang tidak perlu mengeluarkan biaya. Sebagai gantinya, mungkin waktu Anda akan sedikit tersita. Jangan khawatir, semua investasi waktu Anda di social media akan terbayar.

Goal utama bervariasi untuk setiap network. Hal yang perlu Anda sadari adalah bahwa berbagai orang menggunakan platform social media dan jika Anda tidak menggunakan kesempatan ini, Anda akan kehilangan dalam hal jangkauan.

Dan jika Anda sedang sibuk & tidak punya waktu untuk menghabiskan di social media, ada baiknya Anda menyewa seorang asisten virtual atau social media manager yang bekerja secara full time untuk bisnis Anda.

  1. Jadilah Aktif di YouTube

YT

Anda harus membuat saluran sendiri dan mengirimkan video berkualitas secara teratur untuk membangun brand Anda di YouTube.

Tujuannya di sini adalah untuk mengumpulkan banyak customer dengan menciptakan dan marketing video dalam niche Anda.

Setelah memiliki follower, dengan mudah Anda akan menjadi lebih viral dan secara otomatis video YouTube Anda akan memasarkan diri.

Jika Anda dapat mencapai persentase yang sangat kecil dari orang-orang yang membuka YouTube setiap hari, maka ini merupakan cara yang bagus untuk membangun brand Anda.

Jika Anda memiliki blog atau website maka Anda harus link ke profil YouTube Anda di halaman depan.

Seperti search engines, ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan video Anda sehingga dapat peringkat tinggi di Google & YouTube dengan keyword yang Anda targetkan.

  1. Gunakan Press Release

Press-Release-Template

Strategi berikutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan fokus menggunakan press release yang berkualitas sehingga Anda bisa masuk ke berita Google.

Juga pastikan, Anda memiliki beberapa jenis berita untuk dijadikan report karena itu adalah tujuan dari press release.

Alasan metode ini bisa sangat efektif adalah karena begitu banyak orang membaca berita online.

Selain itu, banyak orang yang akan menyebar artikel Anda dan membantu memberikan traffic pada website Anda serta pengikut pada social media.

  1. Membangun Otoritas

dmid

Anda dapat membangun sebuah otoritas untuk web atau blog Anda dengan menjadi seorang ahli dalam niche Anda. Bagaimana cara melakukannya?

Simple saja. Anda hanya perlu menunjukkan pembaca bahwa Anda tahu apa yang Anda bicarakan.

Dengan kata lain, Anda perlu menulis postingan berkualitas baik untuk website atau blog Anda. Tujuannya selain mengembangkan brand, Anda juga memberikan manfaat kepada pembaca lewat postingan Anda.

Cara terbaik untuk membangun otoritas adalah melakukan research dan update dalam industri Anda sehingga Anda dapat memberikan informasi yang relevan kepada orang-orang yang mengikuti Anda.

  1. Tuliskan Guest Web / Blog

guest-blogging-guide-header-image-624x338

Ada situs web atau blog di seluruh internet yang mendapatkan ribuan pengunjung setiap hari.

Mereka adalah tipikal orang yang akan mengklik dan membaca artikel pertama yang mereka lihat dan banyak biasanya akan melakukan share artikel ini.

Jadi, bagaimana ini menjadi sangat important untuk Anda?

Banyak blogger saat ini menerima postingan tamu untuk menjaga traffic dan hal ini juga membantu blogger untuk memposting konten yang lebih berkualitas.

Sebagai imbalannya, Anda dapat memposting dengan nama bisnis Anda dan mungkin mendapatkan link back ke website Anda.

Dengan kata lain, ini seperti press release tetapi free dihampir sepanjang waktu.

Selalu tampilkan nama, nama bisnis Anda & profil sosial di penulis bio sehingga pembaca mereka dapat mengetahui tentang brand Anda.

  1. Memberikan Barang Secara Gratis

ebook

Cara terbaik berikutnya untuk membangun brand Anda adalah memberikan sesuatu secara gratis.

Beberapa ide untuk item gratis mungkin seperti versi trial dari produk Anda, layanan satu kali, e-book gratis / report, dsb. Semua itu dapat membantu membangun brand Anda.

Anda juga bisa mengatakan kepada pengikut Anda bahwa mereka dapat memiliki e-book gratis selama mereka mengirimkan sebuah postingan lewat Facebook yang mengiklankan bisnis Anda.

Jika Anda mendistribusikan barang fisik, selalu mencoba untuk menyelipkan nama brand Anda di sana agar mereka selalu ingat brand Anda setiap kali mereka menggunakannya.

  1. Menspesifikkan Audience

10 Strategi Efektif untuk Membangun Brand Bisnis Online

Anda tidak dapat mengarahkan traffic yang ditargetkan ke website atau blog Anda jika Anda menulis sebuah postingan untuk audience yang luas.

Sebuah audience yang luas tidak akan secara ajaib berubah menjadi traffic yang ditargetkan. Oleh karena itu, Anda harus mulai menspesifikkan audience ke dalam niche Anda dalam rangka untuk mengarahkan jenis traffic audience yang ingin Anda tarik perhatiannya.

Jika Anda memiliki beberapa niche, maka akan menjadi lebih baik lagi bagi situs web Anda, karena dapat menarik massa lebih banyak lagi.

Goal utama di sini adalah untuk memisahkan mana audience yang memiliki kebutuhan yang cocok dengan bisnis Anda dengan mana yang tidak sama sekali.

Ibaratnya seperti ini, Anda tidak akan memberikan link website atau blog Anda yang mengenai kegiatan reboisasi kepada orang-orang yang suka dengan belanja online, karena Anda tahu bahwa itu sama sekali tidak memiliki hubungan.

  1. Membangun Reputasi Kuat di Forum yang Relevan

codiqa_forum

Forum dapat membantu Anda untuk berhubungan dengan audiens yang ditargetkan dalam niche Anda.

Cara efektif yang berikutnya adalah dengan membangun reputasi yang baik di forum yang berhubungan dengan niche Anda.

Kemudian, masukkan link website atau blog Anda di area signature Anda. cara ini bisa efektif meningkatkan traffic Anda.

Ada tips untuk Anda, sebaiknya Anda bergabung 2 forum teratas dalam niche Anda dan kemudian posting sekitar 5-10 kali per hari pada setiap forum. Ini hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit.

Kemudian, jika forum mendapat banyak traffic, maka banyak orang akan melihat link yang Anda tinggalkan dalam signature Anda. Secara tidak langsung, hal ini merupakan metode terbaik dalam pengiklanan. Bagaimana tidak? Its Free!!

  1. Menggunakan PPC (Pay Per Click) Advertising

PPC-tips

Ini mungkin menjadi metode yang mahal untuk mengarahkan traffic yang ditargetkan ke web Anda, tapi mungkin membawakan hasil yang terbaik untuk Anda.

Jadi, jika Anda sudah memiliki budget PPC untuk meng-campaign web atau blog, sebaiknya Anda lakukan.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa langkah ini membutuhkan banyak research dan Anda harus memahami layanan seperti Google Adwords sebelum Anda membuang jutaan rupiah.

Anda perlu mengiklankan opt-in page sehingga dapat secara efektif mengambil customer. Kemudian, Anda harus memastikan bahwa investasi Anda per customer bernilai setimpal pada saat Anda dapatkan kembali.

Jika tidak, maka terus sempurnakan penawaran Anda dan temukan cara untuk mengurangi biaya.

  1. Kirimkan Post Link Anda ke Banyak Situs Social Bookmarking

social-bookmarking-sites

Cara ini sangat berpotensi karena membantu website Anda menjadi lebih viral. Situs bookmark sosial seperti situs bookmark sosial seperti Reddit, Digg, StumbleUpon akan membantu Anda untuk menarik traffic yang cepat untuk bisnis website Anda.

Ada niche tertentu yang lebih sukses dengan situs ini, jadi pastikan Anda memahami di mana Anda bisa menjadi lebih efektif dalam membangun brand Anda.

Langkah Selanjutnya?

Jika Anda membaca artikel ini sampai akhir, berarti Anda sudah siap untuk mulai membangun brand bisnis online.

Mungkin setiap cara yang dijelaskan dalam artikel ini ada yang tidak cocok ataupun malah sebaliknya sangat cocok dengan bisnis Anda.

Semua kembali lagi pada pilihan Anda, apakah Anda berani mencoba mempraktikkan apa yang telah Anda ketahui dan pahami?

Dan sebagai bonus untuk Anda, ada beberapa tips dan tools yang sangat berguna dalam membantu Anda membangun brand bisnis. Anda bisa cek :

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Bila Anda memiliki kesulitan atau cerita menarik dan ingin disampaikan, Digitalmarkerter.id akan sangat antusias jika Anda berbagi pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.