Membangun Email List Untuk Meningkatkan Sales Bisnis Anda

vector_210_14
3 Maret 2016
Bagikan artikel ini
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Bagikan artikel ini :

Membangun email list sudah menjadi strategi penting dalam penggunaan Digital Marketing. Dan semakin hari, setiap perusahaan yang menerapkan Digital Marketing pada bisnisnya semakin sungguh-sungguh untuk membangun email list masing-msaing

Pada artikel ini, Anda akan mengerti bagaimana memulai membangun Email List dan pentingnya menggunakan Email Marketing bagi bisnis Anda dengan tools yang kami gunakan.

Yes! We Teach What We Do!

Hal utama yang perlu Anda ketahui dari membangun email list adalah Email Marketing sangatlah efektif untuk mendapatkan konversi dan sales untuk bisnis Anda.

Menurut Hubspot, perusahaan yang menggunakan Emaill Marketing dapat menghasilkan 50% leads (orang-orang yang tertarik dengan produk atau Jasa Anda) lebih besar dengan pengeluaran 33% lebih rendah.

Seiring berkembangnya teknologi, strategi Email Marketing ini pun ikut berkembang.

Tantangan yang Anda miliki adalah bagaimana mengetahui kebiasaan audience Anda membuka Email dan cara bagaimana terus membangun email list Anda.

Tentunya, goal dari Digital Marketing tetaplah sama, yaitu: Customer melakukan transaksi dengan Anda.

Bisa dilihat dari gambaran singkat bagaimana proses seorang customer dari tidak tahu apa-apa tentang bisnis Anda hingga melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

membangun-email-list

Penjelasan sederhananya seperti ini:

Traffic mengunjungi Landing Page lalu memasukan kontak data melalui form di Landing Page yang akan membuat email list Anda bertambah, setelah itu Anda akan melakukan strategi Email Marketing hingga customer tersebut melakukan transaksi dengan Anda.

Dan khusus pada artikel ini, kita akan membahas provider-provider Landing Page dan Email Marketing yang tepat untuk Anda dapat memulai membangun Email List Anda.

Apa Anda siap untuk mulai membangun Email List Anda?

Mari kita mulai!

 

Memilih Email Service Provider yang Tepat untuk Membangun Email List Anda

Hari ini, begitu banyak Provider Email Service di luar sana. Namun yang akan Anda temukan pada artikel ini adalah yang kami rekomendasikan/gunakan pada saat ini.

Kami juga merekomendasikan provider Email Marketing ini karena mudah untuk diintegrasikan dengan Landing Page.

Email Marketig Provider dan Landing Page sangatlah penting sebagai strategi untuk membangun Email List Anda.

Berikut kami bahas setiap Email Provider secara mendalam yang akan membantu strategi Email Marketing untuk bisnis Anda:

 1. MailChimpmembangun email list

MailChimp sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas untuk strategi Email Marketing. MailChimp memiliki “Forever Free Package” dengan fitur yang terbatas, namun untuk meningkatkan limit yang diberikan Anda diharuskan mengambil package berbayar.

MailChimp mungkin bisa menjadi pilihan terbaik buat Anda yang baru memiliki bisnis yang masih relatif kecil.

 (+) Kelebihan

  • Paket Forever Free

Paket Forever Free yang ditawarkan oleh MailChimp adalah yang terbaik untuk bisnis kecil, organisasi nonprofits, atau pun baru saja memulai dan memiliki budget marketing terbatas.

Dengan Paket Forever Free, Anda dapat mengirim hingga 12.000 Email/bulan jika Anda memiliki kurang dari 2000 subscribers. Selain itu, keuntungan lainnya adalah Anda tidak memerlukan Credit Card untuk mendaftar di MailChimp.

Namun yang harus digaris bawahi adalah Paket Forever Free tidak memiliki fitur autoresponder, tools untuk mencegah Email Anda masuk ke Spam Email, dan fitur-fitur lainnya yang bisa digunakan jika Anda mengambil Premium Package.

  • Learning Course Gratis

MailChimp menyediakan beberapa resource untuk membantu Anda membangun email list dengan campaign yang efektif. Beberapa resources seperti video yang akan membantu Anda untuk familiar dengan tampilan dari MailChimp dan beberapa E-book gratis yang berisikan tips dan trik tentang menggunakan MailChimp secara maksimal.

MailChimp Guides juga sangat berguna bagi Anda, karena mereka juga membahas tentang Transactional Emails, Mobile Devices, mengatur Lists, dan topik membangun email list lainnya.

  • Analitik yang Lengkap

MailChimp menyediakan report berisikan grafik data yang membantu Anda untuk lebih mengamati aktivitas dari campaign yang Anda telah buat.

Report ini terdiri dari: berapa banyak email yang dibuka, lokasi, bounce rate, unsubscribes, dan lainnya. Bahkan Anda dapat membandingkan data dengan email marketer pada industri yang sama dengan bisnis Anda.

MailChimp sudah terintegrasi dengan Google Analytic sehingga Anda akan mendapat insight tambahan di mana Anda bisa melihat berapa besar revenue yang dihasilkan dari campaign Anda. Hal ini akan sangat jauh memudahkan Anda untuk membangun email list.

Baca juga: 5 Cara Agar Email Blast Anda Medapatkan Lebih Banyak Klik

  • Akses lewat Mobile App

MailChimp dapat diakses melalui mobile app untuk iPhone dan Android. Mobile app ini dapat dihubungkan dengan akun Email Marketing Anda.

Anda dapat menambahkan subscriber pada list Anda, mendapatkan update untuk campaign, serta beberapa fitur lainnya. Untuk Anda yang sering jauh dari laptop/pc, mobile app oleh MailChimp akan sangat membantu bisnis Anda.

 

(-) Kekurangan

  • Transisi dari Paket Forever Free

Jika paket Forever Free dapat membuat Anda memiliki maksimal 2000 subscriber dengan 12.000 email/bulan secara gratis Namun jika Anda ingin menambah limit dari subscriber, Anda sudah tidak bisa menggunakan Paket Forever Free.

Sebagian besar perusahaan kecil mengirim kurang lebih 6 email/bulan, sehingga jika Anda ingin menambah jumlah pengiriman email, Anda harus meng-upgrade pada paket lainnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin membangun email list dengan kapasitas besar, mungkin MailChimp bukan pilihan utama untuk bisnis Anda.

 

($) Pricing

  • Monthly Plan
    • $10: Up to 500 subscribers
    • $15: Up to 1,000 subscribers
    • $30: Up to 2,500 subscribers
    • $50: Up to 5,000 subscribers
    • $75: Up to 10,000 subscribers
    • $150: Up to 25,000 subscribers
    • $240: Up to 50,000 subscribers
    • $375: Up to 75,000 subscribers
  • Annual Plans
    • $120: Up to 500 subscribers
    • $180: Up to 1,000 subscribers
    • $360: Up to 2,500 subscribers
    • $600: Up to 5,000 subscribers
    • $900: Up to 10,000 subscribers
    • $1,800: Up to 25,000 subscribers
    • $2,880: Up to 50,000 subscribers
    • $4,500: Up to 75,000 subscribers

Selain itu, MailChimp juga menawarkan paket bulanan dan tahunan hingga tiga juta subscriber serta paket dengan harga/pengiriman email. Kunjungi MailChimps, untuk informasi pricing lebih lanjut.

 

2. AWeber

membangun email list

 

AWeber adalah provider Email Marketing software yang populer karena memiliki sistem autoresponder yang sangat baik dan performa yang baik secara keseluruhan. Meski pada sisi meng-import contact terasa agak merepotkan, namun biasanya hal itu hanya terjadi sekali untuk Anda yang baru memulai dengan AWeber.

(+) Kelebihan

  • Fitur Autoresponder yang Sangat Baik

Mengirim email secara tepat waktu, secara pribadi, dengan email yang targeted kepada customer Anda adalah kunci dari sukses strategi Email Marketing.

Contohnya adalah: Ketika leads melakukan sign up dan masuk ke list Anda, sangat baik untuk Anda mengirimkan welcome email kepada leads tersebut. Setelah itu Anda akan mengirimkan email kedua seminggu kemudian dan email lainnya di akhir bulan yang berguna untuk menjaga image bisnis Anda di kepala leads Anda.

Fitur Autoresponder dari AWeber memungkinkan untuk membuat proses bisnis secara otomatis dan memastikan leads Anda mendapatkan email yang tepat tentang bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat beberapa email series dan megatur jadwal untuk autoresponder.

Dan dengan AWeber Anda mendapatkan akses lebih dari 150 template email untuk membuat design email Anda terlihat catchy. Jika Anda ingin meng-engage customer Anda, fitur Autoresponder dari AWeber mungkin dapat menjadi Email Marketing provider Anda.

Jika Bisnis Anda bergerak di bidang Ecommerce, baca juga: 5 Tips Email Marketing untuk Ecommerce Merchant

  • Memiliki Banyak Pilihan Integrasi

Kemampuan untuk mengintegrasikan provider Email Marketing Anda dengan online service lain memungkinan Anda untuk meningkatkan keoptimalan dalam membangun email list.

Contohnya: Anda dapat memasukan form AWeber email subscription pada website, blog, bahkan Facebook page sehingga leads Anda dapat melakukan sign up jauh lebih mudah.

Anda juga dapat mengintegrasikan akun AWeber Anda dengan banyak tool shopping cart yang memungkinkan Anda untuk memasukan customer baru kepada email list ketika mereka melakukan transaksi pada website Anda.

  • Live Webinar Secara Reguler

Jika Anda baru mulai menggunakan Email Marketing untuk bisnis Anda, AWeber menyediakan live webinar course, di mana Anda bisa mendapatkan intruksi secara real-time bahkan Anda juga bisa mengikuti sesi tanya jawab dengan AWeber experts langsung.

Baca juga: 4 Alasan Mengapa Webinar Dapat Membantu Anda Dapatkan Customer Baru

  • Analitik yang Lengkap dan Mudah Diakses

Ketika kita berbicara tentang keefektifan campaign Email Marketing Anda, banyak sekali yang harus diperhatikan selain peningkatan revenue dan perhitungan subscribers. Untuk mengerti bagaimana campaign Anda berjalan, Anda juga harus memperhatikan bagaimana customer berinteraksi dengan Anda.

AWeber menyediakan data sejenis ini, yang selalu dapat Anda akses melalui Dashboard. Anda juga bisa mendapatkan grafik seberapa banyak customer yang membuka email dan berapa banyak klik pada link di email Anda.

Data seperti ini akan memberitahu Anda untuk mengetahui area masalah yang ada dan bagaimana solusi yang lebih baik untuk mendapatkan engagement pada setiap email Anda.

Anda juga bisa melihat data dari subscriber, termasuk informasi lokasi dan detail seperti ‘kapan’ dan ‘mengapa’ mereka melakukan unsubscriber.

Meski sebagian besar provider Email Marketing menyediakan akses untuk data customer Anda, AWeber bisa dibilang salah satu yang terbaik di area ini.

(-) Kekurangan

  • Kemampuan Import Data yang Terbatas

AWeber hanya menyediakan 2 metode untuk meng-import data email list Anda:

  • Meng-upload text secara manual
  • Meng-upload spreadsheet. AWeber menerima tipe data XLS, XLSX, TSV, CSV, dan TXT.

Kelemahan AWeber adalah Provider Email Marketing lain menawarkarkan cara meng-upload yang lebih variatif seperti upload lewat accounting program ataupun jasa online customer management seperti Zoho atau Salesforce.

Namun, masalah seperti ini hanya akan Anda temukan sekali, sehingga ketika Anda sudah terbiasa melakukannya, hal ini sudah tidak akan menjadi masalah lagi.

($) Pricing

  • Monthly Plans
    • $19: Up to 500 subscribers
    • $29: Up to 2,500 subscribers
    • $49: Up to 5,000 subscribers
    • $69: Up to 10,000 subscribers
    • 149: Up to 25,000 subscribers
    • Contact AWeber Communications: 25,000+ subscriber
  • Annual Plans
    • $193.80: Up to 500 subscribers
    • $295.80: Up to 2,500 subscribers
    • $499.80: Up to 5,000 subscribers
    • $703.80: Up to 10,000 subscribers
    • $1,519.80: Up to 25,000 subscribers
    • Contact AWeber Communications: 25,000+ subscribers

 

 

3. Getresponse

membangun-email-list

GetResponse cukup populer dikalangan Digital Marketer yang menggunakan strategi Email Marketing pada bisnisnya. Melalui GetResponse, Anda dapat membuat email sekaligus memasukan embedded video, links, tombol sosial media Anda dan lainnya secara mudah.

Hal ini juga didukung dengan Anda dapat meng-import list Email secara cepat. Dengan, tambahan autoresponder, GetResponse bisa menjadi pilihan yang cukup baik bagi bisnis Anda.

 (+) Kelebihan

  • Menyediakan Email Templates yang Variatif

GetResponse menyediakan banyak sekali design template email untuk berbagai tujuan campaign Anda. Bahkan jika Anda tidak cocok dengan template-template yang diberikan, Anda bisa menggunakan tool Drag-and-Drop tanpa harus mennggunakan coding HTML.

Setelah Anda menemukan template yang dibutuhkan, Anda dapat menambahkan text atau gambar untuk membuat email Anda terlihat lebih eye-catching.

Dan jika Anda lebih suka menggunakan HTML, opsi ini selalu tersedia di GetResponse.

Banyaknya design email template yang tersedia di Getresponse akan sangat membantu jika Anda tidak memiliki pengalaman design.

  • Design yang Modern

Ketika menggunakan provider Email Marketing, tidak banyak orang yang memperhatikan design dan tampilan dari provider tersebut. GetResponse adalah salah satu provider yang sangat memperhatikan area ini.

Menyediakan tampilan yang bersih dengan font yang nyaman untuk mata Anda. Membantu mata Anda untuk bekerja lebih nyaman untuk waktu yang lama.

  • Menyediakan Inbox Preview Untuk Email Campaign Anda

GetResponse Inbox Preview menyediakan tampilan preview email campaign Anda pada hampir semua Email Service termasuk Gmail dan Outlook. Fitur ini akan sangat berguna untuk quality checking sebelum Anda mengirimkan email campaign Anda.

Tanpa Inbox Preview, Anda mungkin akan melewatkan hal penting yang harus dimasukan dalam email campaign Anda. Dan kelebihan lainnya adalah, GetResponse menyediakan tool ini kepada customer-nya tanpa tambahan biaya lagi.

  • Membuat Landing Page

Membuat landing page untuk email campagi Anda sangat penting untuk memberikan informasi kepada customer tentang bisnis Anda dan menawarkan mereka produk Anda secara online.

GetResponse menyediakan tool untuk membantu Anda membuat landing page hanya dengan Drag-and-Drop dalam waktu yang singkat.

Setelah Anda membuat Landing Page, Anda langsung dapat membuat landing page itu go live. Anda dapat memasukan link landing page Anda pada Email Campaign, setelah itu GetResponse akan secara otomatis melakukan tracking untuk traffic landing page Anda.

GetResponse juga menyediakan report data dengan menunjukan berapa banyak Click-to-website melalui Email Campaign Anda. Selain itu, Anda juga dapat membagikan landing page ke akun Facebook Anda untuk meningkatkan awareness bisnis Anda melalui sosial media.

  • Video Tutorial yang Akan Membantu Strategi Email Marketing

GetResponse sangat baik dalam membuat video tutorial untuk memberikan edukasi-edukasi kepada Anda tentang Email Marketing dan sistem dari GetResponse.

Anda dapat mengunjungi GetResponse Learning Center dan mencari video apa yang Anda butuhkan untuk meningkatkan email campaign Anda.

 

(-) Kekurangan

  • Tidak Ada Fitur Automation

Harus diakui bahwa GetResponse menawarkan jasa yang sangat baik untuk Email Marketing campaign Anda. Sayangnya, GetResponse tidak memiliki fitur Automation.

Automation adalah sebuah proses di mana sistem seperti IF-ELSE.

Contohnya begini: A mendapatkan Welcome Email dari Anda. Jika A membuka email Anda, A akan masuk proses 1 dengan menerima email kedua dari Anda.

Namun jika A tidak membuka email Anda, ia akan masuk ke proses 2 di mana Anda akan mengirimkan email lain misalnya untuk menyapa A kembali.

Automation sangat penting dalam strategi Email Marketing sekarang. Namun jika Anda baru memulai strategi Email Marketing pada bisnis Anda, tidak adanya fitur Automation di GetResponse mungkin bukan menjadi masalah.

 

($) Pricing

Monthly Plans

  • $15: Up to 1,000 subscribers
  • $25: Up to 2,500 subscribers
  • $45: Up to 5,000 subscribers
  • $65: Up to 10,000 subscribers
  • $145: Up to 25,000 subscribers
  • $250: Up to 50,000 subscribers
  • $450: Up to 100,000 subscribers

Annual Plans

  • $147.60: Up to 1,000 subscribers
  • $246.00: Up to 2,500 subscribers
  • $442.80: Up to 5,000 subscribers
  • $639.60: Up to 10,000 subscribers
  • $1,426.80: Up to 25,000 subscribers
  • $2,460: Up to 50,000 subscribers
  • $4,428: Up to 100,000 subscribers

Untuk memulai strategi Email Marketing dengan GetResponse, klik di sini.

 

4. ActiveCampaign

membangun email list

ActiveCampaign adalah provider Email Marketing untuk bisnis ukuran kecil sampai medium. ActiveCampaign menawarkan resources yang sangat lengkap untuk Anda yang baru memulai strategi Email Marketing dan juga menawarkan campaign management yang powerful jika Anda adalah Digital Marketer yang sudah berpengalaman.

 

(+) Kelebihan

  • Tool untuk membuat custom forms

Untuk membantu Anda membangun list email, Active Campaign menyediakan tool sederhana untuk membuat form sign-up sesuai dengan keinginan Anda yang dapat ditaruh di website ataupun Facebook Page Anda.

Form Sign-up ini di-design oleh ActiveCampaign untuk membantu sekalipun Anda baru memulai Email Marketing.

Anda dapat mengatur ukuran, warna, style dari form ActiveCampaign agar menyesuaikan dengan design website Anda. Setelah Anda selesai mengatur form tersebut, ActiveCampaign akan mengubah design tersebut menjadi sebuah kode yang dapat Anda taruh pada Website Anda.

  • Pengaturan Email yang Mudah

Untuk melakukan blast email ke email list, Anda dapat menggunakan beberapa tipe Advanced Email Campaign, termauk Autoresponders, RSS Emails, dan A/B Split Test.

Tipe Campaign ini ditunjukan bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam Email Marketing dan ingin menjalankan campaign Anda secara otomatis.

Pada saat Anda menjalankan campaign melalui ActiveCampaign, Anda pun dapat mengakses semua template design email. Template-template ini akan membantu Anda membuat design email yang eye catching untuk lead Anda.

Baca juga: 5 Layout yang Layak Anda Test Untuk Landing Page, Email, dan Website Anda

Setelah menulis dan memasukan gambar ke dalam template, Anda pun dapat melakukan test email campaign dengan mengirimkan email tersebut ke email personal Anda untuk melihat bagaimana tampilan email campaign pada saat sampai di inbox lead Anda.

  • Fitur Campaign Management

ActiveCampaign unggul dalam campaign automation, mereka menawarkan tool-tool yang bisa digunakan untuk mentargetkan customer Anda.

Fitur Autoresponder dari Active Campaign dapat membantu Anda mengirimkan email secara otomatis sesuai dengan behavior dari customer. Anda juga dapat menggunakan tool ini untuk membuat campaign berdasarkan tanggal.

Contohnya adalah Anda dapat memberikan email spesial untuk subscriber di hari ulang tahun dengan memberikan kupon diskon produk Anda. Hal ini akan meningkatkan engangement bisnis kepada customer Anda dan tentunya membantu Anda untuk membangu email list lebih besar lag.

Contoh fitur yang sangat powerful lainnya adalah A/B Split Testing Tool, di mana hal ini dapat membantu Anda untuk mengirimkan 2 email yang sedikit berbeda yang bertujuan untuk mengetahui email mana yang bekerja lebih baik

  • Meng-import Contact List Dari Berbagai Sumber

Seperti yang kita tahu, bahwa hamper semua provider Email Marketing menyediakan tool yang membantu Anda untuk meng-upload kontak Anda, termasuk ActiveCampaign.

Jika Anda memiliki list yang sudah teroganisir dan rapi dengan tipe file CSV, XLS, TXT, Anda langsung dapat meng-upload list Anda ke sistem ActiveCampaign.

Jika kontak Anda tersimpan di online customer management service seperti SugarCRM, SalesForce, Highrise, atau Zoho, Anda secara otomatis dapat memindahkan kontak Anda ke sistem ActiveCampaign secara mudah.

ActiveCampaign menyediakan integrasi dengan banyak sekali online customer management service, hal ini yang membuat ActiveCampaign jauh lebih unggul dibandingkan dengan Email Marketing lainnya yang sejenis.

 

(-) Kekurangan

  • Anda Tidak Diijinkan Menggunakan Strategi Affiliate Marketing

Jika Anda berencana untuk menjalankan Affiliate Marketing melalui ActiveCampaign, mungkin hal ini bukanlah pilihan yang bijak.

Active Campaign tidak mengizinkan Anda untuk mengirimkan email yang berisikan link affiliate produk lain.

Namun, ada cara untuk tetap menjalankan Affiliate Marketing melalui Active Campaign yaitu dengan membuat konten yang berkualitas tinggi dengan menyisipkan affiliate link pada email Anda. Yang patut dicatat adalah, jangan menjadikan affiliate link ini tujuan utama dari email Anda.

Tapi buatlah High Quality Content dengan menyisipkan affiliate link di email Anda.

Dengan begitu besar kemungkinan customer Anda membuka link affiliate pada email tersebut dan membantu Anda membangun email list untuk bisnis Anda.

($)Pricing

Monthly Plans

  • $9: Up to 500 subscribers
  • $17: Up to 1,000 subscribers
  • $29: Up to 2,500 subscribers
  • $45: Up to 5,000 subscribers
  • $70: Up to 10,000 subscribers
  • $135: Up to 25,000 subscribers
  • $325: Up to 75,000 subscribers
  • $415: Up to 100,000 subscribers

Annual Plans

  • $91.80: Up to 500 subscribers
  • $173.40: Up to 1,000 subscribers
  • $295.80: Up to 2,500 subscribers
  • $459: Up to 5,000 subscribers
  • $714: Up to 10,000 subscribers
  • $1,377: Up to 25,000 subscribers
  • $3,315: Up to 75,000 subscribers
  • $4,233: Up to 100,000 subscribers

Untuk memulai strategi Email Marketing dengan ActiveCampaign, klik di sini.

 

5. Infusionsoft (Tool ini yang kami gunakan!)

membangun email list

Infusionsoft merupakan provider Email Marketing untuk Anda yang merupakan digital marketer berpengalaman. Infusionsoft ini hanya dapat digunakan jika Anda sudah mempelajari terlebih dahulu, atau singkatnya Anda harus ‘sekolah’ dulu sebelum menggunakan Infusionsoft.

Namun, Infusionsoft adalah Jack-of-All-Trades untuk strategi Digital Marketing. Infusionsoft meliputi CRM dan Email Marketing software sekaligus. Hal ini yang memudahkan Anda sangat mudah untuk membangun email list dan mengatur campaign bisnis Anda meskipun hanya Anda sendiri, ataupun bersama tim.

 

(+) Kelebihan

  • 24 Jam Customer Service

Infusionsoft sangat baik dalam pelayanan bantuan melalui customer service-nya. Mereka memiliki customer service yang akan selalu siap memberi bantuan kepada Anda, bahkan di tengah malam.

Jika Anda berada di Indonesia, jauh lebih baik jika Anda mengontak customer service di jam 13.00 –  18.00 sebab perbedaan waktu Indonesia dan USA adalah 12 jam. Sehingga, ketika Anda mengontak di siang hari, waktu pada kantor Infusionsoft adalah dini hari di mana, frekuensi orang yang mengontak lebih sedikit.

  • Campaign Builder yang Sangat Fleksibel

Fitur Campaign Builder Infusionsoft ini adalah yang membedakan Infusionsoft dengan provider Email Marketing lainnya.

Hanya dengan drag-and-drop, Anda sudah bisa membuat sebuah campaign Email Marketing dengan tampilan flowchart yang terlihat lebih eye catching dan mudah dimengerti. Keuntungan lainnya adalah, fitur drag-and-drop ini sangat fleksibel.

Misalnya, ketika Anda ingin mengubah proses ditengah-tengah campaign, Anda hanya perlu mengganti proses di tengah, dan tidak perlu menghapus dari tengah sampai akhir untuk memperbaikinya.

Jika Anda seorang digital marketer berpengalaman yang mencari provider Email Marketing dan ingin membangun email list secara signifikan, Infusionsoft bisa menjadi pilihan terbaik.

membangun building list

 

  • Fitur CRM Sangat Powerful

Kepanjangan dari CRM adalah Customer Relationship Management. Singkatnya, CRM akan membantu Anda untuk memantau data-data customer hanya dalam satu tempat.

Contohnya adalah jika Anda membuka salah satu data customer, Anda dapat melihat ‘Kapan pertama kali ia bergabung’, ‘Dari mana sumber sehingga ia bergabung’, ‘Uang yang ia habiskan untuk produk Anda’, ‘informasi kontak’, dan masih sangat bayak lagi.

CRM yang powerful ini yang membuat Infusionsoft sangat efektif dan berbeda dengan provider Email Marketing lainnya.

  • Platform E-commerce

Dengan Infusionsoft, Anda dapat memproses transaksi kartu kredit dan juga Paypal. Meskipun Paypal belum terlalu familiar dengan behavior masyarakat Indonesia, namun jika customer Anda menggunakan Paypal, fitur ini akan jauh lebih memudahkan Anda.

Infusionsoft juga memiliki sistem Shopping cart, sistem Affiliate Marketing, Kupon, dan fitur-fitur lainnya yang akan membantu bisnis Anda mendapatkan lebih banyak revenue.

  • Fitur List Segmentation

Fitur list segmentation adalah area yang sangat kursial bagi campaign Email Marketing Anda. Mengsegmentasikan customer Anda merupakan cara terbaik untuk melakukan pendekatan secara personal kepada customer Anda.

Patut diingat: Orang lebih suka berinteraksi dengan orang lain, tapi tidak dengan perusahaan.

Oleh karena itu, di saat mengirimkan email, jauh lebih baik Anda mengirimkan email atas nama Anda sendiri dibandingkan dengan nama perusahaan Anda.

Infusionsoft memiliki sistem tagging yang sangat sederhana namun powerful, sehingga Anda bisa mengetahui sudah sampai mana proses setiap customer dalam bisnis Anda.

Contohnya: jika customer baru melakukan signup pada form, Anda bisa memberikan tag Indoctrination, di mana semua customer yang mendapatkan tag ini akan dikirimkan email oleh Anda yang berisikan pengenalan terhadap diri Anda dan Bisnis Anda.

Jika Anda ingin membuat sebuah campaign Email Marketing yang selalu keep in touch dengan customer Anda, Infusionsoft memiliki kapabilitas tersebut!

  • Fitur Automation

Automation adalah kunci dari provider Digital Marketing, tentunya hal ini yang Anda inginkan bukan? Anda tidak perlu memonitor campaign Anda selama 24 jam, sebab Infusionsoft akan memastikan campaign Anda berjalan secara otomatis.

Sehingga ketika User Anda melakukan hal seperti: Sign up melalui form, melakukan klik link, berpindah dari page ke page yang lain, dan lainnya- Anda hanya perlu melakukan setting hanya 1 kali, dan sisanya akan berjalan secara otomatis.

 

(-) Kekurangan

  • Investasi Yang Besar di Awal

Tidak bisa dipungkiri bahwa Infusionsoft mengharuskan Anda untuk ikut pelatihan tentang Infusionsoft dengan biayar $1500 melalui orang-orang yang sudah bersertifikat saja. Itupun belum ditambah dengan biaya subscribe per bulan untuk infusionsoft.

Jika Anda baru memulai bisnis dengan strategi Digital Marketing, mungkin Infusionsoft bukan pilihan yang bijak untuk Anda.

Namun…

Jika Anda ingin bisnis Anda melejit lebih cepat dan efektif, harga Infusionsoft sangatlah sepadan.

Dan Anda sangat beruntung sebab, Founder Digitalmarketer.id, Denny Santoso adalah satu-satunya pemegang sertifikat Infusionsoft di Indonesia.

membangun email list

 

Sehingga jika Anda ingin menggunakan Infusionsoft sebagai provider strategi Digital Marketing untuk bisnis Anda, Anda dapat mengikuti Workshop Digital Marketing Automation.

Dalam workshop tersebut, Anda dan team Anda (maksimal 3 orang) akan langsung mendapatkan pembelajaran oleh Denny Santoso dan team.

Yang membedakan workshop ini adalah Anda langsung mengimplementasikan bisnis Anda dengan Infusionsoft, pada workshop tersebut, team Anda pun akan diberikan study cases yang akan Anda solusikan dengan Infusionsoft?

Untuk informasi lebih detail, langsung kunjungi website: Workshop Digital Marketing Automation.

 

Memilih Landing Page yang Tepat Untuk 

Membangun Email List Anda

Tentunya jika Anda ingin membangun email list pada bisnis Anda, tidaklah lengkap jika Anda tidak memiliki sebuah Landing Page.

Landing Page adalah sebuah halaman website yang berguna memberikan info tentang produk/jasa Anda sehingga customer Anda tertarik dengan bisnis Anda

Tujuannya sangat sederhana, mendapatkan data customer Anda sehingga dengan email list yang ada, Anda dapat melakukan engagement untuk pada akhirnya customer melakukan pembelian pada produk/jasa Anda.

 

1. LeadPages

membangun email list

Dalam Digital Marketing, semuanya adalah tentang speed.

Penting untuk Anda mencari tool yang mudah dan cepat untuk strategi Digital Marketing Anda.

LeadPages mengakomodasi Anda jika ingin membuat sebuah Landing Page yang cepat dan mudah tanpa harus mengerti coding website sekalipun.

LeadPages juga menyediakan banyak variasi template Landing Page, dengan goal yang sama yaitu: membuat Anda membangun email list dengan cepat dan mudah.

 

(+) Kelebihan

  • Pilihan Template Landing Page yang Variatif

LeadPages memberikan Anda banyak pilihan untuk membuat landing page secara mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencari template yang sesuai dengan goal Anda. Berikut adalah contoh-contoh website yang bisa Anda buat menggunakan LeadPages:

  • Squeeze pages
  • Optin/Subscription/Lead pages
  • Webinar promotion pages
  • Sales pages
  • 404 pages (If don’t have one – you are wasting opportunities)
  • Video pages
  • Dan lain-lain.

Cara menggunakannya pun sangat mudah dan super cepat, Anda hanya perlu:

  • Memilih template Anda
  • Melakukan edit sesuai keinginan Anda (text, image, button, video)
  • Save dan publish.

Untuk tutorialnya, Anda bisa menontonnya di sini

  • Pilihan untuk Mem-publish LeadPages Anda

LeadPages sangat fleksibel dalam hal mem-publish website Anda, ada beberapa cara untuk mem-publish yaitu melalui:

  • Website WordPress: Anda dapat mem-publish LeadPages dengan WordPress Anda, hanya dengan meng-install plugin LeadPages pada website WordPress Anda.
  • Non-Wordpress: Anda hanya perlu meng-copy HTML ke dalam website Anda
  • Facebook: Membuat tab baru pada page Facebook Anda. Yes, Anda juga bisa mendapatkan leads melalui Facebook.
  • No Website: LeadPages juga dapat langsung meng-host website Anda dengan URL LeadPages langsung

 

  • Banyak Pilihan Integrasi dengan Provider Email Marketing

Seperti yang kita tahu bahwa sebuah Landing Page erat hubugannya dengan Provider Email Marketing

LeadPages, memberikan kita kemudahan dengan menyediakan banyak sekali pilihan integrasi dengan provider Email Marketing, seperti:

  • AWeber
  • MailChimp
  • Infusionsoft
  • OfficeAutopilot
  • SendReach
  • iContact
  • GetResponse
  • GetResponse 360
  • 1ShoppingCart
  • ConstantContact
  • MadMimi
  • Interspire
  • GoToWebinar

Bahkan jika provider Email Marketing Anda tidak terdapat di list, Anda tetap dapat menggunakannya hanya dengan melakukan copy-paste dari provider Email Marketing ke LeadPages Anda.

Atau jika Anda memiliki masalah dengan integrasi dengan provider email marketing, Anda dapat langsung menghubungi LeadPages support.

  • A/B Split Testing

Split Testing sangat penting untuk meningkatkan pages Anda.

Leadpage menyediakan fitur Split Testing di mana Anda dapat melakukan test untuk 2 page sehingga Anda dapat mengetahui mana page yang memiliki konversi lebih baik.

Fitur Split Testing pada LeadPages hanya dapat di akses untuk Pro Member.

Sehingga jika Anda memerlukan fitur ini, kami merekomendasikan untuk mengambil akses Pro sehingga Anda semakin cepat membangun email list bisnis Anda.

 

(-) Kekurangan

  • Fixed Template yang Tidak Dapat Diubah

Pada LeadPages, Anda memang dapat mengubah gambar, video, button dari template yang disediakan.

Sayangnya, Anda hanya bisa mengganti sesuai dengan tempat yang disediakan. Sehingga misalnya, Anda ingin memindahkan ke tempat yang baru, Anda tidak bisa melakukannya.

Namun, kekurangan ini bukan menjadi masalah yang besar, dikarenakan LeadPages sudah menjamin template-template yang disediakan adalah template page yang menghasilkan konversi tinggi.

 

($) Pricing

Dari segi harga, LeadPages memiliki beberapa paket harga dengan benefit masing-masing, yaitu:

  1. Standar Annual: $25/month (dibayar per tahun)
  2. Pro Annual: $49/month (dibayar per tahun)
  3. Advanced Annual: $199 /month (dibayar per tahun)

Untuk Info tentang harga LeadPages lebih jauh, Anda bisa mengunjungi di sini.

2. ClickFunnels (We use this one!)

membangun email list

Tim Digitalmarketer.id menggunakan ClickFunnels untuk membuat Landing Page yang dibutuhkan.

Dengan ClickFunnels, Anda tidak perlu menguasai hardskill coding website untuk membuat sebuah landing page. Tentunya hal ini akan menghemat waktu dan biasa secara besar-besaran.

Perbedaan ClickFunnels dengan LeadPages sebenarnya hampir sedikit sekali, karena keduanya sama-sama berguna untuk membuat Landing page secara cepat dan optimal membangun email list.

 

(+) Kelebihan

  • Fokus Kepada Funneling

ClickFunnels akan mempermudah Anda dengan memiliki Funneling System.

Jika dengan Provider Landing Page Anda dapat membuat sebuah Landing Page, namun jika ingin membuat sebuah thank you page, Anda harus membuatnya lagi, lalu dihubungkan keduanya.

Namun, dengan Clickfunnels, Clickfunnels menyediakan template funneling di mana, jika Anda membuat sebuah landing page, Clickfunnels juga langsung menyediakan dan menghubungkan thank you page, atau pun page lain yang bisa Anda langsung sisipkan saja.

ClickFunnels menyediakan banyak sekali template-template funnel yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan:

  • Optin funnel
  • Webinar funnel
  • Automated webinar funnel
  • Invisible funnel
  • Launch funnel
  • Membership funnel
  • Sales video funnel
  • Two step funnel
  • Micro continuity funnel
  • Youtube pages
  • Tripwire funnel
  • Blackbox funnel
  • Thank you pages
  • Affiliate center pages
  • Presell pages
  • Podcast pages
  • 404 error pages
  • Prelaunch pages
  • Sold out pages
  • Double opt in pages
  • Squeeze pages

 

  • Template Page yang Flexibel

Tidak seperti LeadPages di mana Anda tidak dapat memindah/menambah isi template, Clickfunnels memberikan Anda kebebasan untuk mengutak-atik template yang disediakan.

Sehingga jika Anda ingin menambahkan gambar, memindahkan letak form, atau menambah tulisan, ataupun menambahkan video bukan lagi jadi masalah dengan menggunakan Clickfunnels.

Oleh karena itu, jika Anda ingin design Landing Page Anda sesuai dengan selera Anda, ClickFunnels bisa menjadi pilihan terbaik sebagai Landing Page untuk membangun email list Anda!

  • A/B Split Test

ClickFunnels memiliki fitur Split Test di mana Anda dapat membandingkan dua Landing Page yang Anda buat

Sehingga ketika sudah mendapatkan data dari kedua Landing Page tersebut, Anda bisa memaksimalkan Landing Page yang memiliki konversi paling tinggi.

  • Integrasi dengan Provider Email Marketing

Menghubungkan provider Email marketing dengan ClickFunnels sangatlah mudah dan cepat. Selain itu, ClickFunnels juga dapat terintergrasi dengan banyak provider Email Marketing maupun tools lainnya seperti:

Email Integrations:

  • InfusionSoft
  • aWeber
  • GetResponse
  • MailChimp
  • GoToWebinar Form
  • Office AutoPilot Tagging
  • Maropost
  • Constant Contact API
  • Interspire
  • ActiveCampaign
  • MadMimi
  • HTML Form Integration

Payment Integrations:

  • WarriorPlus
  • BackPackCRM
  • ClickBank
  • OntraPort
  • Stripe

 

(-) Kekurangan

  • Integrasi Dengan WordPress

Kekurangan dari ClickFunnels adalah tidak bisa langsung terintegrasi dengan website WordPress Anda.

Jika pada LeadPages, Anda dapat menginstall plugin pada website WordPress untuk membantu Anda membangun email list, dengan Clickfunnels Anda tidak dapat melakukan itu.

Namun…

Ada cara lain untuk menghubungkan Clickfunnels dengan WordPress Anda yaitu dengan menjadikannya sub.domain Anda.

Jadi misal website WordPress Anda adalah www.contoh.com. Anda dapat menghubungkannya dengan Clickfunnel menjadi www.special.contoh.com.

Dengan begitu, kekurangan integrasi dengan WordPress ini sudah bukan lagi menjadi masalah bagi Anda.

Baca juga: Cara Praktis Buat Landing Page Profesional dengan ClickFunnels

 

($) Pricing

Untuk menggunakan Clickfunnels, Anda diharuskan membayar $97 setiap bulannya. Namun jika Anda masih ragu, terdapat Free-trial selama 2 minggu sehingga Anda bisa mencoba-coba dahulu sebelum membelinya.

Untuk Informasi tentang subscribe ClickFunnel Anda bisa mengunjungi di sini

 

3. Instabuilder

membangun email list

Jika Anda seseorang Digital Marketing berpengalaman yang ingin membangun email list dengan lead magnet dengan konversi tinggi, Instabuilder bisa menjadi pilihan yang tepat buat Anda.

Instabuilder adalah sebuah plugin WordPress yang memungkinkan Anda untuk membuat Squeeze dan Sales Pages yang professional hanya dalam 5 menit.

Fitur-fitur yang Anda dapatkan adalah:

  • Create Sale-Page; Landing-Page and Squeeze-Page in a minute
  • Facebook Opt-in Option
  • 50+ Stunning Templates
  • Beautiful Optin Widget
  • Delayed Content
  • Split Testing
  • Viral Download Lock
  • Point and Click Graphics and Font Style Control
  • Autoresponder Integration

 

(+)Kelebihan

  1. User Experience yang Sangat Baik

Jika Anda seorang pemula, biasanya Anda akan sulit untuk beradaptasi dengan premium theme. Namun, dengan menggunakan Instabuilder, Anda tidak perlu memiliki skill coding atau mengetahui banyak basic technology knowledge tentang website dan custom Plugin.

Dan jika Anda adalah seorang Digital Marketer berpengalaman, Instabuilder akan memberikan Anda lebih banyak keuntungan. Biasanya dalam website WordPress, Anda memiliki  beberapa plugin terpisah seperti: Opt-in generators, sales page generators, banner graphic generators, Facebook connect plugin, dan lainnya secara terpisah.

Dalam hal ini dengan menggunakan Instabuilder, Anda bisa mendapatkan plugin-plugin tersebut sekaligus dalam satu plugin.

  1. Responsive Website

Instabuilder dirancang dan dibuat menggunakan HTML yang memungkinkan Instabuilder menjadi sangat responsive. Bahkan, semua element dalam website pun dioptimalkan secara otomatis menjadi responsive untuk tampilan mobile.

Anda mungkin bertanya-tanya, apakah Instabuilder bisa digunakan jika sebelumnya Anda menggunakan non-responsive theme?

Jawabannya tentu bisa!

Sebab Instabuilder bekerja secara independent dan tidak berhubungan dengan tema yang Anda mililki sebelumnya. Selain itu, Instabuilder juga menyediakan template page yang berkualitas dan stylish untuk Anda gunakan untuk tampilan website Anda.

  1. Extra Awesome Features

Setelah Anda mengetahui kegunaan inti dari Instabuilder yaitu untuk membuat page secara cepat dan tepat.

Instabuilder akan menyediakan fitur-fitur extra lain yang sangat powerful. Fitur-fitur ini dapat membantu Anda untuk:

  • Menambahkan social sharing embedded pada konten Anda.
  • Menambahkan Fungi Exit-Redirect pada website
  • Membandingkan website mana yang memiliki koversi tinggi dengan fitur Split Test.

Selan itu, Instabuilder juga terintegrasi dengan banyak sekali autoresponders yang pastinya akan membuat Anda membangun email list dengan optimal.

 

(-)Kekurangan

  • Hanya Dapat Digunakan Untuk Website WordPress

Dengan begitu bagus dan powerfulnya Instabuilder, tentunya plugin ini memiliki kekurangannya juga.

Satu-satunya kekurangan yang kami temukan pada Instabuilder adalah plugin ini hanya dapat digunakan melalui website WordPress.

Namun..

Jika Anda menggunakan website WordPress untuk bisnis Anda, Instabuilder bisa menawarkan fitur-fitur yang berguna untuk membangun email list pada bisnis Anda.

 

($)Pricing

Untuk menggunakan Instabuider, ada beberapa paket harga yang dapat Anda pilih. Keuntungan lainnya adalah Anda hanya perlu membayar satu kali untuk paket Instabuilder.

Oleh karena itu, harga yang ditawarkan oleh Instabuilder terhitung sangat murah dilihat dari banyaknya dan begitu powerful-nya fitur-fitur untuk membangun email list yang dimiliki Instabuilder. Berikut adalah harga untuk setiap paket:

  1. 3-site license: $77
  2. Developer License: $197
  3. Unlimited License: $97

Untuk infomasi lebih lanjut tentang paket harga Instabuilder bisa kunjungi di sini.

 

Kesimpulan

Membangun email list untuk bisnis Anda mungkin terdengar mudah. Namun, untuk mulai membangun email list, Anda perlu mengetahui faktor-faktor lainnya yaitu cara mendatangkan traffic, membuat tripwire, cara penulisan email sehingga customer merasa dekat dengan Anda, dan lain-lain.

Dengan tools yang sudah kami bahas di atas, Anda dapat memilih tools mana yang tepat untuk membangun list email dalam bisnis Anda.

 

Bagikan artikel ini :

Bagikan artikel ini
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>