Panduan Membuat Facebook Page untuk Bisnis Anda

Panduan Membuat Facebook Page untuk Bisnis Anda
15 April 2015
Bagikan artikel ini :

Mungkin Anda tahu, bahwa media sosial telah mendarah daging dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan, banyak publik figur yang namanya mulai terangkat melalui media sosial. Ini dikarenakan, media sosial mampu menyebarkan informasi dengan lebih cepat. Bukan hanya itu, media sosial mempunyai jangkauan informasi yang lebih luas lagi, bahkan hingga multinasional. Inilah yang harus Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis Anda. Dengan mempromosikan produk atau jasa Anda melalui media sosial, maka hal itu akan membuat pertumbuhan bisnis Anda semakin berkembang pesat.

Facebook merupakan salah satu media sosial dengan angka pengguna terbesar di Indonesia. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial ini. Lalu, bagaimana langkah awal yang harus Anda ambil? Ya, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah, dengan membuat Facebook Page. Berikut adalah tata cara membuat Facebook Page untuk keperluan bisnis Anda!

1.) Buat Facebook Page Anda

Sebagai langkah awal untuk membuat Facebook Page, sebelumnya login lebih dahulu ke Facebook menggunakan akun pribadi Anda. Klik option dan pilih menu ‘Buat Halaman’.

1a

Setelah itu, pilih jenis Facebook Page yang relevan dengan kepentingan bisnis Anda. Setelah setuju, maka klik dan muncul lah menu ‘Pilih Kategori’. Jika tidak ada kategori yang sesuai, maka cara termudah adalah mencari kategori lain yang hampir sama dengan kategori yang Anda inginkan.

2

Setelah memilih kategori, langkah selanjutnya yakni memilih nama untuk Facebook Page Anda. Ada baiknya Anda memilih nama yang masih berkaitan dengan rencana awal Anda untuk membuat Facebook Page ini. Hal tersebut akan semakin tepat apabila nama Facebook Page Anda mudah dihafal dan diingat. Untuk itu, usahakan agar tidak membuat nama Facebook Page terlalu panjang. Selanjutnya, klik untuk memulai.

2.) Rincian Lengkap untuk Facebook Page Anda

Pada menu ini, Anda perlu menjelaskan deskripsi singkat mengenai rencana Facebook Page yang akan Anda buat, terutama tentang rencana bisnis Anda. Anda juga diharuskan untuk mengisi alamat website Anda sekaligus nama Facebook Page Anda. Kali ini, DigitalMarketer.id sedang membuat sebuah Facebook Page untuk dengan memilih fashion wanita sebagai niche market.

3

Langkah selanjutnya adalah dengan memasang/ meng-upload foto profil Facebook Page Anda. Nantinya, foto profil ini akan muncul di setiap Anda melakukan posting dan juga komentar yang dibuat oleh Facebook Page Anda. Foto tersebut juga akan muncul pada tampilan muka Facebook Page Anda sendiri. Agar pengikut Facebook Anda mengerti tentang bisnis yang Anda jalankan, maka alangkah baiknya untuk memasang foto profil logo bisnis Anda atau headshot dari orang-orang yang banyak dikenal oleh publik. Gambar yang Anda upload pun juga harus mempunyai ukuran dan proporsi persegi yang tepat. Jika Anda memaksakan mengupload gambar dengan proporsi dan ukuran yang tepat, maka foto profil Facebook Page akan terpotong dan hal tersebut akan menutupi identitas bisnis Anda. Untuk itu, sesuaikan proporsi ukuran yang bisa Anda edit di Photoshop atau media untuk mengubah dimensi ukuran gambar lainnya.

4

Pada tahapan selanjutnya, Anda harus menambahkan Facebook Anda ke Favorit. Jika Anda setuju, maka tinggal klik ‘Tambah ke Favorit’ dan Halaman Facebook Page Anda akan bergeser ke arah kiri yang artinya sudah masuk ke daftar favorit. Dengan menambahnya ke favorit, maka Anda akan lebih cepat dan mudah untuk mengakses page Anda melalui akun pribadi Facebook Anda.

5 Copy

Pada tahapan ke empat seperti pada gambar di bawah ini, Anda hanya diharuskan untuk mengisi rincian yang lebih lengkap tentang siapa saja nantinya yang Anda inginkan untuk dapat menemukan Facebook Page Anda. Ini sama halnya dengan menentukan target market bisnis Anda. Jika Anda sudah mengisinya sesuai dengan target market bisnis Anda, selanjutnya tinggal klik ‘simpan’.

6
 3.) Atur Halaman Sampul

Tampilan muka yang menarik dari Facebook Page tentunya akan mempengaruhi seseorang untuk memutuskan menjadi pengikut Anda. Bahkan, hal tersebut juga memungkinkan mereka menjadi customer untuk produk-produk yang Anda jual melalui Facebook Page. Untuk itu, inilah kesempatan Anda untuk memberikan tampilan Facebook Page terbaik melalui foto sampul. Sebelum benar-benar memutuskan untuk meng-upload foto sampul Facebook Page, ada baiknya untuk memperhatikan hal berikut ini:

  • Jika Anda mempunyai biaya tambahan untuk menggunakan jasa desain grafis, maka gunakan kesempatan itu. Untuk membuat foto sampul yang unik dan mencerminkan bisnis Anda, maka hal itu membutuhkan sedikit keahlian dari desain grafis.
  • Namun jika Anda terbatas untuk anggaran dana, maka cari foto sampul yang cukup menarik dan Anda yakin bahwa foto tersebut dapat menggambarkan usaha bisnis Anda.
  • Anda harus mengubah dimensi ukuran foto sesuai yang ada di foto sampul Facebook Page Anda. Ukuran yang harus Anda sesuaikan yakni 851 x 315 pixel.
  • Setelah Anda selesai memilih foto sampul, maka selanjutnya upload gambar dan klik ‘simpan’ untuk mengakhirinya.

7 copy

Ini tampilan setelah Anda berhasil mengupload foto sampul untuk Facebook Anda. Jika Anda merasa bosan dengan tampilan muka Facebook Page Anda, maka tidak ada salahnya untuk mengganti foto sampul ataupun foto profil sesuka hati Anda.

8
  4.) Membuat 5 Update Status Awal

Sebelum Anda mulai mengundang orang untuk mengunjungi halam Facebook Anda, maka perlu bagi Anda menambahkan beberapa konten (status) pada Facebook Page Anda. (Baca juga: Bagaimana Menarik Lebih Banyak Customer dengan Content Marketing?)

Tentunya, Anda tidak ingin mengundang orang dengan keadaan Facebook Page yang masih dalam keadaan kosong. Ini masih terlalu awal untuk Anda menjual produk melalui Facebook Page. Untuk itu, Anda perlu menambahkan setidaknya 5 status awal ke Facebook Page Anda. Berikut adalah beberapa jenis status update yang yang akan membantu pertumbuhan bisnis Anda melalui Facebook Page.

  • Gambar

Facebook Page Anda akan benar-benar hidup jika Anda menambahkan gambar yang menarik. Jika Anda mempunyai gambar yang Anda ambil sendiri dan itu masih berkaitan dengan bisnis Anda, maka tidak ada salahya untuk meng-upload-nya. Jika Anda tidak mempunyai gambar tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mencari di internet. Banyak gambar yang tersedia. Ingat, Anda jangan dulu menjual produk Anda melalui gambar-gambar yang Anda upload sebelumnya.

  • Berbagi Link

Jika Anda memiliki konten-konten yang menarik (artikel atau berita) yang telah Anda buat sendiri, maka Anda bisa menyertakan link ke halaman blog Anda. Jika Anda tidak mempunyai hal tersebut, maka Anda bisa berbagi link melalui artikel menarik yang terdapat banyak di situs internet. Sekali lagi ingat, bahwa tahapan ini belum saatnya untuk menual produk Anda. Sebagai langkah awal, Anda harus menambah nilai ke pengunjung halaman Facebook Page Anda. Itu yang terpenting.

  • Quote

Anda dapat memberikan status seperti quotes atau kata-kata bijak yang menarik. Percaya atau tidak, hal itu mampu memberi pengaruh baik.

  • Berbagi Sumber Niche Market

Anda dapat berbagi link ke sumber-sumber yang juga mempunya niche market yang sama dengan Anda. Jika disertai gambar, maka hal itu lebih baik.

  • Memberikan Diskon Tinggi

Anda perlu berhati-hati untuk ini. Jika Anda menggunakan halaman Facebook Page untuk menjalankan promosi, maka itu itu tidak masalah. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda mendapatkan sesuatu yang sepadan dengan hal tersebut.

Facebook Page Anda tidak berpengaruh apa-apa jika Anda tidak mengisinya dengan konten atau status yang tepat. Bahkan, ketika Facebook Page Anda kosong (tanpa konten), maka Anda tidak akan mendapatkan banyak keterlibatan. Karena, Anda tidak mempunyai banyak pengikut saat ini. Setidaknya, Anda harus mampu memiliki 100 penggemar atau lebih untuk meminta penggemar terlibat dalam usaha pemasaran Anda melalui Facebook Page.

10

 

Selamat! Anda benar-benar telah berhasil membuat Facebook Page untuk menunjang bisnis Anda. Selanjutnya, Anda tinggal mengundang beberapa orang untuk menyukai Facebook Page Anda. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menambah fans pada Facebook Page Anda. Untuk itu, Anda dapat menyimak artikel ‘Bagaimana Cara Menambah Fans Pada Facebook Page Anda?‘ Semakin banyak Facebook Page Anda mendapatkan banyak like, maka bisnis Anda juga akan semakin tumbuh.

Cukup mudah bukan? Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan Facbook Page untuk menunjuang bisnis Anda. Jika Anda menemui masalah dalam membuat Facebook Page ini, atau ingin berbagi bagaimana cara Anda memanfaatkan Facebook Page untuk kepentingan bisnis, maka Anda bisa mengisi kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini :

Related Posts