Bangun Loyalitas Customer, Buat Mereka Mengambil Setiap Penawaran Anda

Bangun Loyalitas Customer, Buat Mereka Mengambil Setiap Penawaran Anda

Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan pada website dan landing page Ada untuk membangun kepercayaan antara Anda dengan calon customer Anda?

Ingat, ada terdapat perbedaan besar antara membutuhkan atau memperoleh kepercayaan dan juga menjaga kepercayaan dari masyarakat terkait dengan bisnis Anda.

Jika bisnis Anda tergolong baru, maka sulit rasanya agar orang mau mempercayai bisnis yang sedang Anda jalankan. Ya, kredibilitas sering dikaitkan dengan pengalaman. Itu memang benar. Semakin lama Anda berkecimpung dalam dunia bisnis yang sedang Anda geluti, itu artinya Anda telah berpengalaman.

Sayangnya, semua itu hanya dapat dirasakan oleh seseorang yang telah lama mendirikan bisnis Onlinenya. Lalu, bagaimana dengan Anda yang termasuk baru dalam bisnis ini? Tenang saja, Anda tak perlu khawatir dengan hal ini. Kredibilitas bisnis Anda memang penting, namun Anda masih dapat memperolehnya dengan membentuk loyalitas customer Anda yang sudah ada.

Apa maksud customer yang sudah ada? Maksudnya adalah, customer yang pernah melakukan transaksi pembelian produk bisnis Anda. Lalu, bagaimana cara membentuk loyalitas customer agar mereka tetap melakukan pembelian terhadap produk bisnis Anda? Berikut adalah tips-tipsnya yang dapat Anda coba.

Produk Anda Punya Kelebihan Dibandingkan dengan Kompetitor

Salah satu hal mendasar yang harus Anda perhitungkan untuk mempertahankan loyalitas customer adalah, dengan melakukan riset kompetitor. Hal ini dilakukan sebagai pembanding agar Anda mengetahui kelemahan produk bisnis Anda. Terlebih, jika Anda mempunyai banyak pesaing yang menjual produk serupa dengan Anda, maka hal itu akan menyulitkan Anda untuk meraih loyalitas dari customer Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, produk Anda perlu untuk memiliki kelebihan dibanding pesaing. Misalnya saja, kelebihan ini bisa dalam hal ukuran, fitur, harga, ataupun hal lainnya misalnya rasa ataupun kemasan packaging. Hal-hal semacam ini dapat menjadi daya tarik bagi customer agar tidak melirik ke produk yang ditawarkan oleh customer Anda.

Loyalitas CustomerStudi Kasus:

Seperti yang kita ketahui, dalam dunia kebugaran sering kita temui suplemen tablet protein seperti amino yang dikemas dalam bentuk tablet dengan ukuran yang besar. Itulah sebabnya, Ultimate Nutrition, melalui Xtreme Amino menyediakan produk amino dengan ukuran tablet yang lebih kecil dan mempunyai varian rasa. Sehingga, customer akan lebih mudah mengonsumsinya.

 

 

Ciptakan Sebuah Inovasi yang Belum Banyak Dilakukan

Cara lainnya untuk mempertahankan loyalitas customer adalah dengan memberikan inovasi secara terus menerus terhadap produk atau pelayanan Anda. Produk yang melakukan inovasi, secara tidak langsung akan membangun loyalitas konsumennya. Perlu Anda ketahui, kebutuhan konsumen selalu berubah-ubah dan cenderung ingin mendapatkan lebih. Itulah sebabnya, perlu untuk melakukan inovasi dan perbaikan dari segala lini bisnis Anda. Misalnya, inovasi bisa saja datang dari segi kemasan, konten, pelayanan, atau hal-hal lainnya yang menangani customer support.

Cup Carrier Coffee

Studi Kasus:

Misalnya saja, Anda mendirikan sebuah cafe dengan konsep modern. Tentunya Anda bukan hanya memanjakan fasilitas bagi customer yang makan di tempat saja, melainkan Anda juga harus memperhitungkan bagi customer dengan sistem take away. Untuk memudahkan konsep take away tersebut, maka Anda dapat memberikan cup coffee carrier untuk memudahkan customer Anda apabila melakukan pembelian dengan jumlah banyak.

Varian Baru untuk Menjawab Keinginan Customer

Seperti yang kita ketahui, sifat dasar manusia selalu tidak pernah puas dengan apa yang diraihnya. Hal yang sama juga terdapat pada sifat customer. Ya, customer cenderung cepat bosan, oleh sebab itu penting sekali untuk menerapkan strategi pengembangan produk. Strategi yang dimaksud adalah pengembangan produk melalui varian baru. Bahkan, banyak merek-merek besar yang berhasil mempertahankan pelanggan dikarenakan mereka membuat varian baru untuk produk bisnis mereka.

nordstrom_mens_shop_daily_blog_publish_brand_legacy_jogger_pants_launch_2Studi Kasus:

Salah satu hal yang paling cepat perkembangannya dalam dunia bisnis adalah fashion. Ya, baik itu fashion pria dan wanita, semuanya sama-sama mengalami arus perkembangan yang selalu update. Lihat saja, celana pria yang sebelumnya hanya bermodelkan biasa, kini sedikit dikombinasikan dengan model sporty, dan lahirlah celana jogger pants. Modelnya lebih casual dan sporty, dan kebaruan inilah yang begitu disenangi oleh customer.

 

Berikan Promosi yang Menarik Minat

Setiap pelaku bisnis tentu mempunyai strategi sendiri dalam memajukan bisnisnya. Ya, penerapan program promosi sangat diperlukan sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan loyalitas customer Anda. Banyak jalan yang dapat Anda ambil untuk memilih strategi promosi Anda, misalnya saja dengan memberikan diskon, paket produk, paket bundling, serta hal-hal lainnya yang menjadi strategi Anda untuk menjual produk bisnis Anda. Telah terbukti, cara ini sangat ampuh membangun loyalitas customer Anda.

Flash-sale-Lenovo-A7000-di-LazadaStudi Kasus:

Tentu Anda pernah melihat Market Place sekelas Lazada, Zalora, dan lain-lainnya menerapkan flash sale untuk menjual produk tertentu dengan harga yang sangat murah. Namun bukan tanpa alasan, mereka sebelumnya telah membatasi flash sale tersebut dengan jangka waktu yang sangat cepat (berlaku hari ini saja) ditambah produk yang dijual hanya beberapa buah.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk meningkatkan loyalitas customer terhadap bisnis Anda? Lalu, tunggu apa lagi, segera terapkan cara-cara di atas untuk mempertahankan customer yang sudah ada. Intinya, jika loyalitas customer berhasil Anda bentuk, maka apapun produk yang Anda tawarkan,customer Anda akan tertarik untuk melakukan pembelian dari bisnis Anda.