Rahasia Meningkatkan Profit Hingga Jutaan Rupiah Hanya dengan Bermodal Kata-Kata

mendongkrak profit dengan copywriting
26 Juni 2015
Bagikan artikel ini :

Jika Anda ingin menjalankan bisnis online yang sukses, ataupun bisnis yang dalam strategi pemasarannya menggunakan digital marketing, maka Anda harus menguasai teknik copywriting untuk menawarkan produk bisnis ke calon customer Anda. Jika hanya berpikir ini mudah, maka hal itu salah besar!

Bahkan, sekalipun pernah menjadi seorang wartawan, penulis artikel, ataupun penulis karya sastra lainnya, maka belum tentu seorang tersebut pun juga menguasai teknik copywriting. Copywriting sendiri adalah sebuah seni menjual sesuatu melalui tulisan. Ya, kekuatan terbesar dari copywriting ini berasal dari tulisan yang Anda buat. Copywriting ini tidak hanya akan muncul dengan sendirinya, namun ini merupakan salah satu kemampuan yang  dapat diperoleh hanya dengan mempelajarinya.

Jika teknik copywriting ini Anda kuasai, maka Anda akan lebih mudah menguasai hal-hal berikut ini:

  • Menguasai dalam menulis script iklan yang menarik bagi customer Anda
  • Membuat penawaran yang sulit ditolak oleh customer
  • Mampu membuat sebuah headline yang dapat mempengaruhi customer untuk membeli
  • Mendongkrak omzet bisnis Anda hanya dengan bermodal tulisan yang telah Anda buat
  • Tidak terbatas pada empat poin di atas, melainkan akan lebih banyak lagi hal-hal lainnya.

Setidaknya, hal di atas telah memberikan gambaran Anda tentang apa itu copywriting. Selanjutnya, untuk memfasihkan kemampuan Anda dalam menulis sebuah copywriting, maka DigitalMarketer.id akan membantu Anda untuk merangkai sebuah kata yang dapat menghipnotis customer Anda agar sulit menolak penawaran yang sebelumnya telah Anda berikan.

Namun sebelum itu semua Anda lakukan, ada hal yang perlu Anda perhatikan. Bahkan, hal tersebut berkali-kali lipat lebih penting dibandingkan dengan copywriting. Lalu apa itu?

Sebelumnya, Tentukan Target Market Lebih Dulu

Tentu, target market adalah sesuatu hal paling penting yang harus ditentukan sebelum kita memulai menerapkan strategi dalam bisnis apapun, termasuk di dalam bisnis online sekalipun. Mengapa target market ini sangat penting, bahkan lebih penting dari copywriting?

Jelas lebih penting, karena target market akan membantu Anda menemukan kata-kata atau istilah yang dapat Anda gunakan untuk materi copywriting sesuai dengan target market Anda. Dengan hal tersebut, maka calon customer yang menjadi target market Anda akan lebih mudah terjaring dan membuatnya sulit menolak penawaran Anda.

Misalnya, DigitalMarketer.id ingin memberikan contoh tentang produk dari Ultimate Nutrition yakni, Ultra Ripped. Berdasarkan fungsinya, suplemen ini bertujuan untuk menurunkan berat badan. Melalui produk tersebut, berarti jelas target market untuk produk tersebut adalah seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Lalu, berikut ini adalah penawaran sebagai iklan yang diberikan kepada target market Anda.

Untitled-1Jelas, kalimat “Bakar lemak berlebih, buat tubuh semakin proporsional” ditujukan bagi orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan. Melalui hal ini, jelas bahwa target market merupakan suatu hal yang pertama ditentukan, sebelum menggunakan strategi-strategi bisnis untuk mengembangkannya.

Aspek Penting yang Perlu Diperhatikan

Jika Anda membuat sebuah iklan, maka Anda harus membuat kalimat yang pas. Dan semua kalimat tersebut harus mengandung aspek penting yang mampu membuat seorang customer sulit menolak produk Anda.

Coba bayangkan, Anda telah membuat iklan dan menyebarkan iklan tersebut di berbagai sumber. Tentunya, hal tersebut akan banyak mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Lalu, bagaimana jadinya jika iklan tersebut tidak memiliki penawaran yang baik, sehingga tidak mampu mengonversi banyak customer Anda? Anda sendiri bukan yang akan dirugikan?

Bahkan, hal ini juga dibenarkan oleh Tung Desem Waringin, seorang motivator dan pelatih bisnis sukses Indonesia. Dirinya mengungkapkan, akan menjadi sia-sia bila iklan penawaran sebuah perusahaan dibuat dengan biaya besar tanpa disertai dengan Irresistible Sensational Offer (ISO), atau suatu penawaran yang kuat dan menimbulkan daya tarik orang lain.

Menurut Dewa Eka Yoga, seorang pakar selling dan Business Coach, terdapat beberapa poin penting pada iklan yang memicu customer untuk melakukan closing. Berikut adalah poin-poin tersebut:

⦿Headline

Mendengar kata Headline, mungkin Anda dapat menebak apa itu artinya. Benar sekali, headline sendiri biasanya berisikan tentang hal yang penting atau sebuah kalimat yang dapat mewakili keseluruhan isi konten yang disajikan. Lihat saja, ketika Anda mendatangi sebuah toko buku ketika hendak mencari sebuah majalah, tentunya Anda akan memilih sebuah majalah yang mempunyai headline yang begitu menyentak keingintahuan Anda.

Hal tersebut-lah yang juga terjadi pada headline sebuah iklan. Sama saja, sebuah headline pada iklan juga sangat penting. Hal tersebut dikarenakan, kalimat dalam headline tersebut lah yang mewakili seluruh isi iklan yang akan Anda tawarkan.

Kunci untuk membuat headline yang dapat mendongkrak rasa ingin tahu dari calon customer adalah, tergantung jenis kata yang Anda pilih dan bagaimana Anda menyusunnya. Untuk itu, menurut Dewa Eka Prayoga, terdapat beberapa kata PERANGSANG untuk membuat sebuah headline. Adapun kata-kata tersebut seperti:

HeadlineBukan hanya pada penggunaan kata-kata tertentu, melainkan Anda juga dapat membuat headline Anda dengan pemilihan frase yang tepat. Setiap frase tertentu dalam sebuah kalimat akan mampu menghasilkan susunan kata yang membuat seseorang sulit untuk mengabaikannya. Misalnya, seperti frase berikut ini:

Frase HeadlineYa, tentunya dari jenis kata dan frase yang terdapat pada contoh yang dibuat oleh Dewa Eka Prayoga tersebut dapat menjadi pengantar Anda untuk lebih handal lagi dalam membuat headline sebuah iklan yang menarik. Contohnya saja seperti headlineheadline di bawah ini:

  • Bagaimana Anda Bisa Menurunkan Berat Badan 7-8 kg dalam Satu Minggu dan Tidak Merasa Lapar!
  • Bagaimana Caranya Menghasilkan 5 juta per hari, Bekerja dari Rumah, dan Tanpa Harus Pergi ke Mana-mana
  • Rahasia Melejitkan Follower Instagram Anda dengan Cara Praktis yang Tak Pernah Anda Duga

Mengingat posisi headline yang berada strategis dan mencolok mata, maka dari itu headline sangat menentukan dalam hal menarik keingintahuan customer Anda. Untuk itu, dibutuhkan teknik copywriting yang tepat untuk membuat headline yang berkualitas. Sehingga, customer Anda akan sulit menolak penawaran yang telah Anda berikan.

Dengan menerapkan seluruh teknik pada ebook ini, maka dengan mudah Anda dapat  meningkatkan omzet bisnis hanya dengan bermodalkan kata-kata >> Kuasai copywriting untuk tingkatkan profit bisnis

jb_instagram_cw

⦿ Membuat Penawaran

Selain dengan headlineheadline di atas, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan agar iklan Anda lebih mudah untuk menjangkau emosi customer Anda. Ya, tidak ada hal terbaik selain dengan memberikan penawaran dalam iklan tersebut. Penawaran? Bagaimana maksudnya? Maksud penawaran di sini adalah dengan membuat sebuah kalimat yang berisi pengalaman dari customer Anda. Anda dapat menyinggung hal ini dari dua sisi. Yakni, dari pengalaman yang tidak menyenangkan atau hal yang diinginkan (benefit) dari customer .

Misalnya, seperti:

  • Apakah Anda Ingin Mengubah Perut Buncit Anda Menjadi Datar?
  • Bagaimana Cara Anda Dapat Meningkatkan Profit Bisnis Online Anda?
  • Ingin Bisnis Online, Tapi Bingung Cara Memulainya?

Hal-hal seperti pertanyaan di atas adalah penawaran yang sangat tepat untuk menyentil keingintahuan ataupun permasalahan yang dialami oleh calon customer Anda. Ya, seolah-olah kita tahu apa yang diinginkan oleh customer Anda dan bagaimana kita memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Penawaran-penawaran semacam ini akan kita bahas pada poin selanjutnya.

⦿ Memberi Sebuah Alasan yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, pada poin penawaran, Anda telah membuat pertanyaan-pertanyaan yang menyentil dan mengorek permasalahan ataupun keinginan dari customer dalam target market Anda. Selanjutnya, apa langkah yang Anda lakukan selain menggunakan penawaran tersebut?

Ada cara lainnya yang mampu membuat iklan Anda lebih diinginkan oleh para customer. Ya, ini adalah kebalikan dari poin sebelumnya. Artinya, ini merupakan jawaban yang menjadi alasan mengapa seorang customer harus membeli produk ataupun menggunakan jasa Anda. Singkatnya, pada poin alasan ini, Anda harus menyebutkan benefit yang akan diperoleh melalui penggunaan produk atau jasa Anda.

Untuk memudahkan Anda, berikut adalah frase kata yang dapat menjadi pilihan untuk Anda ketika membuat sebuah copywriting dengan model ‘Alasan’.

Frase Alasan

⦿ Berikan Bonus

Tentu, hal ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing dalam sebuah iklan penawaran. Ya, itu adalah bonus. Bahkan, ketika Anda sendiri mengetahui sesuatu iklan yang terdapat bonus pembelian atau penggunaan jasa, maka Anda sendiri pun akan tertarik. Untuk itulah, dalam membuat sebuah copywriting untuk kebutuhan iklan, ada baiknya tambahkan bonus.

Tapi, jangan asal memberikan bonus. Karena, terdapat syarat yang harus Anda perhatikan ketika Anda memberikan sebuah bonus tersebut. Berikut adalah syarat yang dimaksud:

  • Relevan – Bonus harus relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam iklan.
  • Berkualitas – Berikan bonus yang berkualitas yang fungsional dan dapat dimanfaatkan oleh customer.
  • Ada harganya – Pemberian bonus tidak selalu berupa produk atau jasa gratis. Bisa saja, Anda memberikan bonus potongan harga, ataupun paket pembelian produk lainnya.
  • Cantumkan Benefit – Ingat, orang akan lebih suka jika Anda langsung menjelaskan manfaat dari produk atau jasa yang Anda tawarkan

⦿ Berikan Testimoni

Jika Anda pernah melakukan transaksi pembelian melalui online, maka Anda akan melihat pemilik bisnis online tersebut tak hanya menunjukkan produk-produk yang akan dijualnya. Ya, selain produk-produk tersebut, Anda akan melihat banyak testimoni dari pembeli sebelumnya yang di posting dan diperlihatkan kepada Anda, sebagai calon customer.

TestimoniJika posisi Anda merupakan calon pembeli dari produk online tersebut, lalu melihat testimoni yang diberikan, apa reaksi Anda? Tentu, Anda akan menjadi lebih yakin dan mantap hati bahwa produk yang dijual dapat memberikan apa yang Anda butuhkan.

Sama, itulah yang harus Anda lakukan jika membuat sebuah copywriting iklan. Gunakan testimoni untuk meyakinkan calon customer Anda. Jangan dibuat-buat, sebuah testimoni haruslah asli dari customer yang pernah melakukan transaksi dengan Anda. Jangan pernah mempertaruhkan kredibilitas bisnis Anda dengan kebohongan-kebohongan. Jika sekali saja Anda bermain dengan hal itu, maka kepercayaan customer Anda menjadi taruhan.

Menurut Dewa Eka Prayoga, terdapat beberapa tips dalam memberikan testimoni. Hal-hal tersebut seperti:

Tipe Testimoni⦿ Berikan Garansi

Dalam melakukan bisnis online, tentunya akan terjadi di mana produk yang dikirimkan ke customer terdapat cacat atau rusak yang terjadi pada saat pengiriman, atau karena faktor lainnya. Untuk itu, kebanyakan pengiriman akan memiliki kriteria dan ketentuan tertentu terkait dengan apa yang dapat dan tidak dapat dikembalikan. Sehingga, sebagai pelaku bisnis Anda perlu untuk memastikan bahwa Anda telah melihat ketentuan dan persyaratan dengan jelas (sebelum transaksi pembelian dan sebelum menerima kembali dari customer) dan memenuhi ketentuan tersebut.

Mengapa membuat sebuah garansi merupakan hal yang penting? Tentu, setiap customer menginginkan produk yang diterimanya melalui pembelian online dapat dikirimkan tanpa cacat hingga berada ke tujuan. Namun, jika hal yang terjadi malah sebaliknya, maka customer akan kecewa dan merasa kapok melakukan pembelian dari Anda. Hal ini pula lah yang akan merugikan bagi pelaku bisnis. Karena, kunci dari setiap bisnis yang berhasil adalah pelayanan terbaik akan menghasilkan kepercayaan customer terhadap bisnis Anda.

Tentunya, apabila Anda akan memberikan garansi kepada customer Anda, maka terdapat beberapa syarat yang harus Anda perhitungkan, misalnya seperti:

Tipe Garansi⦿ Berikan Call To Action (CTA)

Jika Anda telah memperhatikan hal-hal yang terdapat pada poin sebelumnya, maka tindakan terakhir yang harus Anda perbuat adalah dengan membuat sebuah Call To Action (CTA). Ya, hal ini banyak Anda temui ketika Anda melihat penawaran-penawaran melalui online.

Mengapa harus ada CTA? CTA sendiri merupakan sesuatu hal yang biasanya berupa tombol atau button yang mendorong calon customer Anda untuk melakukan pembelian atau konversi dari produk yang Anda tawarkan. Melihat pentingnya fungsi CTA sendiri, maka terdapat beberapa pilihan kalimat persuasif yang dapat Anda gunakan untuk sebagai button CTA Anda.

CTA

⦿ Terakhir, Berikan Penekanan (NB / PS)

Sebelum mengakhiri langkah-langkah untuk membuat copywriting yang handal, maka perhatikan kembali apa pesan penting yang belum terdapat dalam iklan yang sebelumnya Anda buat. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda menambahkan kembali penekanan terhadap pesan yang sebelumnya Anda sampaikan pada poin-poin sebelumnya. Hanya saja, ini lebih singkat dan tidak lebih dari beberapa kalimat.

Lalu, apa yang harus Anda tulis dalam sebuah penekanan NB/ PS ini? Pertanyaan ini begitu penting, hal ini untuk membatasi pesan yang ingin Anda sampaikan. Ingat, semakin panjang dan banyak pesan yang ingin Anda sampaikan, maka calon customer Anda akan semakin bosan. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda tekankan pada sebuah NB/ PS:

  • Penekanan – Tekankan pesan utama yang ingin Anda sampaikan secara lebih singkat.
  • Penambahan Pesan – Cek kembali seluruh copywriting yang telah Anda buat, tambahkan jika terdapat pesan yang belum tersampaikan.
  • Double CTA – Jika CTA sebelumnya telah ada, maka posisi paling akhir copywriting, tambahkan CTA kembali.

Terdapat kalimat-kalimat yang harus Anda perhatikan untuk memberikan penekanan semacam ‘NB/ PS’ dalam sebuah copywriting yang telah Anda buat. Hal-hal tersebut seperti:

Contoh NB

Bagaimana, cukup menarik bukan? Jika Anda melihat contoh-contoh pemilihan kata atau kalimat yang diberikan oleh Dewa Eka Prayoga tersebut, memang terlihat simpel dan bahkan sangat sederhana. Justru karena pemilihan kata atau kalimat yang sederhana itu lah yang membuat calon customer mudah mencerna pesan yang kita sampaikan. Jangan lupa untuk mengisi komentar terkait dengan copywriting ini pada kolom komentar di bawah, DigitalMarketer.id sangat antusias mendengar cerita Anda.

*Diolah berdasarkan sumber dari Dewa Eka Prayoga

(Note: Setelah menerapkan apa yang ada pada ebook ini, maka setiap penawaran yang Anda buat akan sulit ditolak oleh customer. Sehingga, berpengaruh besar pada peningkatan omzet bisnis Anda ==> Klik di sini)

Teknik Mudah Copywriting

 

 

Bagikan artikel ini :

Related Posts