Tips Jitu Mengasah Skill Copywriting Anda (Part 2)

Tips Jitu Mengasah Skill Copywriting Anda (Part 2)
26 Agustus 2016

Skill copywriting yang perlu diasah sudah dibahas pada artikel sebelumnya beberapa waktu yang lalu. Anda belum membaca atau melewatkan artikel tersebut? Kalau begitu bisa langsung cek di sini.

Disarankan untuk membaca artikel pertama terlebih dulu sebelum Anda lanjut membaca artikel sambungannya.

Tapi kembali lagi, tidak ada larangan untuk Anda jika ingin membaca yang ini dulu baru yang bagian pertama. Bebas.

Secara ringkas, artikel sebelumnya sudah membahas tips yang berguna untuk setiap bagian ketika Anda mulai mengasah skill copywriting Anda.

Bagian yang sudah dibahas adalah

  • Inspirasi dan Pembelajaran
  • Melakukan Penelitian
  • Mengorganisir dan Memulai
  • Headline
  • Lead
  • Content
  • Kesimpulan

Pada setiap bagian terdapat tips yang membantu Anda agar dapat meningkatkan skill copywriting menjadi pro.

Jadi, tanpa basa-basi lagi ayo kita bahas bagian selanjutnya!

Skill Copywriting Lain yang Perlu Diasah

Style

copywriting (1)

Anda masih ingat, tujuan dari berlatih menulis? Ya, salah satunya adalah agar Anda dapat menemukan style menulis Anda sendiri.

Anda akan mendapatkan perkembangan dalam copywriting jika Anda sudah mencoba ini dan itu.

  • Gunakan persona kedua. Menulis dalam persona kedua membutuhkan kata ganti, seperti kata Anda (you), milik Anda (your), punya Anda (yours). Itu merupakan kata-kata yang kuat.
  • Gunakan persona pertama. Tulisan Anda akan lebih hidup ketika Anda menggunakan kata saya atau kita untuk memberikan narasi.
  • Masuklah ke dalam perahu yang sama. Taktik untuk mendapatkan pembaca akan berjalan dengan baik jika Anda menyesuaikan diri dengan para pembaca, misalnya Anda memiliki masalah yang sama dengan pembaca dan Anda akan membantu mereka untuk memecahkan masalah secara bersama-sama.
  • Kekuatan dari imaginasi. Tip ini adalah bentuk dari “fokus pada outcome” yang sudah dibahas sebelumnya pada bagian pertama. Cukup memberitahu pembaca untuk membayangkan hal ajaib yang akan terjadi.
  • Membangkitkan emosi. Yang paling penting dari copywriter adalah Anda harus bisa membuat para pembaca untuk keputusan berdasarkan emosi. Jadi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah membangkitkan emosi mereka.
  • Menulis kalimat pendek. Kalimat pendek lebih mudah dicerna ketimbang kalimat panjang. Tapi bukan berarti Anda membuat semua kalimat menjadi pendek semua. Gunakan variasi, gabungkan kalimat pendek dan panjang agar tidak monoton. Tetap perhatikan agar tidak menulis kalimat panjang yang terlalu banyak.
  • Menulis paragraph pendek. Perhatikan hal ini terutama jika Anda menulis untuk media online. Batas paragraph itu maksimal 3-4 kalimat.
  • Membaca copyan Anda dengan suara keras. Stop menulis dan bacalah apa yang telah Anda tulis dengan suara keras. Anda akan menyadari bagian mana yang kurang pas dalam tulisan yang sudah dibuat.
  • Dengarkan ritme. Seperti Anda membuat musik, ritme dan kecepatan akan membantu dan membuatnya bekerja.
  • Menulis seperti sedang berbicara. Formalitas akan terbang ketika menghadapi engagement. Jaga copyan Anda agar tetap terarah. Tulis seperti Anda sedang berbicara.
  • Menulis kalimat yang tidak lengkap sesekali. Bukan berarti membuat tata bahasa menjadi berantakan. Hal ini sah-sah saja dilakukan selama kalimat yang Anda tulis masih enak dibaca. Ini juga dilakukan untuk storytelling.
  • Tampilkan, jangan memberitahu. Seperti mencoba melukis gambar dengan kata-kata. Bisakah Anda menginject rincian yang membuat poin yang Anda sampaikan dapat dimengerti?
  • Menciptakan pola. Ini soal ritme dan juga menciptakan pengulangan agar bisa menjadi konstruksi copywriting Anda.
  • Ganti kata yang terlalu besar menjadi lebih kecil. Kata yang terlalu fancy itu berbahaya. Gunakan kata yang familiar jauh lebih diminati.
  • Aktifkan copyan Anda. Kata kerja akan memberikan pitch yang Anda inginkan. Perhatikan kata pertama pada setiap tips ini, kebanyakan menggunakan kata kerja.
  • Ledakan kata kerja. Ketika kata kerja atau verbs menyalakan kehidupan untuk copyan Anda, terlalu banyak standar yang membosankan. Coba Anda observasi tips dalam artikel ini. Ada juga kata yang tidak biasa, kan?
  • Gunakan suara aktif. Suara pasif hanya akan membuat orang mengantuk. Pastikan performa Anda berdasarkan kata kerja.
  • Masukkan kata benda tertentu. luas akan membosankan dan hambar. Contohnya, anggrek akan jauh lebih menarik dibandingkan dengan bunga atau pizza lebih menarik dibandingkan junk food.
  • Aktifkan panca indra. Sementara bagian style ini berbicara tentang kekuatan bahasa, ingatlah jika manusia bisa mencium bau, mendengar, melihat, menyentuh dan merasa. Aktifkan semua indra dalam copyan Anda.
  • Gunakan kiasan. Pembaca menyukai metafora, perumpamaan, analogi. Menggunakan kiasan akan memberikan warna pada tulisan Anda.
  • Gunakan onomatopoeia. Onomatopoeia berarti suara deskriptif. Seperti Wusssh, ka-ching, atau booom!
  • Ciptakan ketegangan. Anda bisa menggunakan “tunggu saja,” kata seperti ini akan membuat pembaca berpikir “Wah, ada apa selanjutnya?”
  • Mengejutkan pembaca. Ada kekuatan besar dalam sesuatu yang tidak terduga. Gunakan kesempatan ini.
  • Memberi sedikit gambaran. Copywriter sangat suka menggoda pembaca, dengan memberikan sedikit gambaran.
  • Menyederhanakan. Guru terbaik dalam berlatih menulis adalah menyederhanakan hal-hal yang komplek. Orang mengingat ide yang simple dan bertindak berdasarkan itu.
  • Hindari jargon. Jargon tidaklah sederhana. Perhatikan hal itu.
  • Mendiskualifikasi pembaca. Ketika Anda mengaktifkan beberapa pembaca, Anda juga akan menonaktifkan beberapa pembaca lainnya. Tidak perlu khawatir untuk mendiskualifikasi para pembaca yang salah.
  • Berwibawa. Tulislah subyek dengan keyakinan untuk mendapatkan kepercayaan pembaca Anda.
  • Temukan serta gunakan suara dari customer Anda. Anda sangat disarankan untuk membaca review dari buku dan produk dalam niche Anda. Beberapa ide yang paling relatable akan mengalir keluar.
  • Have fun! Bersenang-senang dengan tulisan Anda dan itu akan menjadi menyenangkan juga untuk dibaca. Copyan Anda akan terhenti jika rasanya seperti sedang bekerja.
  • Simpan poin penting untuk bagian akhir. Jika Anda mengungkapkan poin penting di awal tulisan, akan menjadi tidak menarik dan akan membuat pembaca Anda stop untuk menyelam lebih jauh tulisan Anda. Jadi, sebaiknya simpanlah poin penting di akhir tulisan.

Presentasi

persentationideas-300x278

Bagian terpenting dari pekerjaan Anda sebagai copywriter adalah mempresentasikan ide Anda menjadi bacaan yang layak dikonsumsi.

Kebanyakan pembaca membaca secara cepat dan melakukan skip di sekitar page. Informasi Anda harus terorganisir untuk menangkap mata mereka.

  • Memecah menjadi beberapa bagian. Jika Anda menulis potongan yang akan membutuhkan beberapa page agar dapat menjelaskannya secara detail, yang perlu Anda lakukan adalah tulis dan perbesar subjudul untuk memandu para pembaca.
  • Buat list. Gunakan bullet atau angka untuk mengatur tulisan. Selain terlihat rapi, hal ini akan memudahkan orang untuk membaca copyan Anda.
  • Gunakan gambar dan keterangan. Pembaca cenderung tertarik dengan hal yang berbau visual. Mereka akan melihat gambar Anda terlebih dulu. Memadukannya dengan caption akan membantu Anda untuk menceritakan gambar.
  • Jangan menghitung karakter. Sebaliknya, buat setiap karakter berhitung. Dengan kata lain, jangan terpaku jika ide itu harus pendek, panjang atau dengan panjang tertentu. Karena Anda tidak tahu kapan inspirasi datang menghampiri Anda.
  • Tambahkan P.S. Cara lain yang dapat menarik mata para pembaca adalah dengan menambahkan P.S pada akhir tulisan, email atau dokumen.

Kemampuan untuk Disukai

n-THUMBS-UP-628x314

Berikut ini ada beberapa tips untuk membantu Anda untuk mulai memanaskan copyan dan perusahaan Anda.

  • Gunakan humor. Anda mungkin bukan comedian yang dapat membuat pembaca tertawa, tapi cobalah! Dengan humor, semua suasana canggung akan mencair.
  • Lemparkan beberapa anekdot atau cerita singkat. Pembaca akan menikmatinya karena singkat, cepat dan relevan.
  • Jadilah rendah hati. Anda memiliki kekurangan, Anda juga pernah berbuat kesalahan dan belajar dari pengalaman itu. Bagikan wawasan dan buat diri Anda menjadi lebih ramah.
  • Berpendapat. Ada banyak kesempatan di social dan marketing komunikasi untuk mengekspresikan sudut pandang Anda. Semua orang mungkin tidak setuju dengan apa yang Anda tulis, tapi Anda akan dihargai karena memgang teguh apa yang Anda yakini.

Mengedit

redink

Ingat, tujuan dari tulisan pertama adalah untuk mendapatkan ide. Anda perlu memolesnya satu sampai dua kali walaupun Anda sedang dikejar deadline (alias memaksakan diri).

  • Rapikan. Pertama, keluarkan kapak (pen merah, key untuk menghapus) dan potonglah bagian yang tidak penting. Potong kata-kata berlebihan yang tidak terlalu Anda butuhkan.
  • Membagi kalimat yang panjang. Cari di kalimat yang panjang. Bisakah Anda membaginya menjadi 2?
  • Mengecek kembali lead. Senang dengan lead Anda? Paragraph awal selalu worth it untuk dicek ulang dan biasanya Anda dapat mengasahnya kembali.
  • Carilah pengulangan yang tidak diperlukan. Di draft pertama, Anda cenderung untuk memasukkan ide-ide berlebihan. Apakah Anda menambahkan sesuatu pada setiap paragraph?
  • Memperjelas pada bagian yang diperlukan. Anda mungkin telah masuk ke sesuatu yang teknis. Cukup tambahkan beberapa penjelasan.
  • Perhatikan superlative. Cek kembali 2-3 kali. Mungkin Anda bisa menggunakan superlative ini sebagai pertanyaan atau sebagai back up yang dapat mendukung Anda.
  • Potong itu keluar. Tidak mudah untuk menulis tanpa menggunakan kata “itu.” Sangat mudah untuk menyingkirkan sebagian besar dari mereka. Ganti kata yang sepadan namun tidak mengurangi makna yang ingin disampaikan.
  • Hindari memberi cap. Hal yang tidak baik dan sebaiknya tidak dilakukan (kecuali semua berdasarkan fakta).
  • Jangan menggunakan tanda seru. Ini tidak akan membantu! Terutama tiga tanda seru!!! Cukup gunakan tanda titik yang dipadukan dengan kata-kata yang kuat.
  • Hati-hati saat beriklan. Copywriter iklan membuat tulisan Anda menjadi terlihat keren. Anda dapat menyelipkannya tapi ingat, jangan berlebihan.
  • Atur ulang. Membaca tulisan sebelum dipublish akan sangat berguna untuk mengetahui di mana kelemahan Anda.
  • Kesampingkan sejenak. Daripada terburu-buru, beristirahat sejenak merupakan keputusan yang bijak. Segarkan kembali pikiran dan mata Anda untuk kemudian menemukan bagian tulisan yang ingin ditingkatkan.

Kredibilitas

kredilibitas

Esensi dari dikenal, disukai, dan dipercaya adalah bagian kritikal dari marketing dan penjualan. Berusahalah untuk memenangkan kepercayaan dengan meningkatkan kredibilitas Anda sebisa mungkin.

  • Gunakan statistik. Tingkatkan argumen Anda dengan penelitian dari sumber-sumber yang kredibel. Stastistik yang spesifik akan membantu Anda.
  • Tampilkan fakta. Beritahu (atau ingatkan) pembaca Anda bahwa apa yang mereka ketahui ini adalah fakta.
  • Berikan contoh. Hati-hati dalam memilih contoh yang akan membantu menambah substansi cerita Anda, meningkatkan kelayakan, dan menarik pembaca.
  • Mengutip sumber-sumber Anda. Apakah statistik Anda, fakta, contoh dan sebagainya berasal dari online, membaca, atau sebaliknya. Tampilkan sumbernya.
  • Coba mengutip. Mengutip kata-kata bagus untuk menambah kepercayaan pembaca.
  • Sertakan kutipan. Kutipan tidak perlu berasal dari orang-orang terkenal atau memiliki sejarah. Anda dapat meningkatkan kredibilitas hanya dengan menambahkan suara dari seorang ahli.

Grammar

grammar

Grammar, topik yang luas dan mungkin cenderung membosankan. Tapi artikel ini mendorong Anda untuk mempelajari segala sesuatu untuk terhindar dari penyalahgunaan aturan bahasa.

Berikut adalah beberapa hal untuk mencari tahu tentang itu.

  • Menjaga bentuk kata agar konsisten. Ketika Anda mulai menggunakan sebuah kata dalam tulisan Anda, usahakan agar terus konsisten sampai akhir, misalnya memakai kata content atau konten.
  • Gunakan titik dua : dan titik koma ; secukupnya dan tepat. Tanda baca ini dapat berguna, tapi cukup sulit. Titik koma biasanya digabung dengan dua kalimat lengkap. Titik dua biasanya mengikuti kalimat dan digunakan untuk list.

Konversi

Print

Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal? Mungkin ini akan membantu Anda dalam meningkatkan konversi.

  • Membatasi pilihan. Ketika pembaca diberikan beberapa pilihan, mereka cenderung mengalami kebingungan. Ujungnya, mereka bisa tidak memilih. Idealnya, call to action Anda satu saja.
  • Membuat permintaan kecil. Menyiratkan small action adalah cara yang produktif untuk mulai mencapai suatu tujuan yang akan meningkatkan konversi.
  • Gunakan taktik scarcity. Kita mendambakan apa yang tidak bisa dimiliki. Ketika ada sesuatu yang langka atau eksklusif, nilai yang besar tetap akan diterima dan permintaan akan meningkat.
  • Bermurah hati. Hubungan timbal balik merupakan sebuah kekuatan. Memberi lebih banyak maka Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi. Selain membuat penawaran menarik, kejutkan prospek dan customer Anda dengan hadiah.
  • Uji taktik Anda. Anda dapat menguji beberapa hal (headline, baris subjek, layout, tombol, penawaran) dengan sejumlah cara. Menjalankan test A/B akan membantu Anda untuk menentukan cara konversi mana yang lebih baik untuk diterapkan.

Bagaimana Menurut Anda?

Jadi, ini adalah akhir dari tips jitu mengasah skill copywriting. Dengan adanya tips-tips ini, diharapkan Anda tidak lagi merasa kebingungan untuk mengembangkan dan mengasah skill yang sekarang Anda miliki.

Awalnya tidak mudah, tapi jika Anda terus menerus mengasah skill Anda dan tidak menyerah, apa yang Anda pelajari sekarang tidaklah sia-sia.

Bagaimana menurut Anda? Apakah cukup jelas? Jika Anda tertarik mengasah skill copywriting Anda, mungkin buku ini akan berguna dan membantu Anda. Klik pada gambar.

buku copywriting

Baca juga artikel lainnya Rahasia Meningkatkan Profit Hingga Jutaan Rupiah Hanya dengan Bermodal Kata-Kata dan bagikan pengalaman Anda dalam mempelajari copywriting atau yang berhubungan dengan topik ini kepada Digitalmarkerter.id dan pembaca lainnya, dengan mengisi kolom di bawah ini!

Related Posts